Bisnis Laundry: Jenis, Tips Bisnis, dan Contoh Perhitungan Modalnya

Sampai saat ini bisnis laundry masih menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Bagaimana tidak, gaya hidup masyarakat modern sekarang ini menuntut mereka untuk sibuk bekerja di luar rumah. Sehingga kebanyakan dari masyarakat tidak sempat mengerjakan pekerjaan rumah, termasuk mencuci baju.

Adanya usaha laundry, sangat membantu sebagian orang untuk tetap menyelesaikan tugas pekerjaan rumah tanpa mengabaikan rutinitas pekerjaan di kantor. Sehingga meringankan beban pekerjaan saat pulang ke rumah.

Kebanyakan masyarakat merasa terbantu dengan adanya usaha laundry. Inilah kenapa, bisnis laundry sampai saat ini masih banyak diminati. Karena kebutuhan akan jasa laundry selalu ada, bahkan cenderung meningkat.

DemoGratis

Pengertian Bisnis Laundry

Bisnis cucian

Laundry merupakan salah satu peluang usaha menjanjikan, yang dapat dilakukan baik dari rumah maupun dari tempat usaha. Selain itu, usaha ini juga mempunyai keuntungan berlipat. Hal ini mengingat bisnis ini selalu menjadi kebutuhan orang banyak.

Apalagi usaha laundry memiliki keahlian membersihkan banyak jenis pakaian, dan tidak semuanya bisa memahaminya. Misalnya saja, mencuci karpet bulu atau jaket.

Jenis-jenis Bisnis Laundry

Awalnya bisnis laudry ini adalah sejenis usaha murni dengan mengandalkan tenaga manusia saat mencuci. Akan tetapi, sesudah berkembang ratusan tahun, bisnis ini mulai berkembang pesat sesuai dengan perkembangan zaman.

Ini dia jenis-jenis dari usaha laundry populer yang ada di lingkungan masyarakat :

1. Laundry Kiloan

Bisnis laundry kiloan memang sudah familiar di masyarakat. Usaha ini memungkinkan pelanggannya mencuci pakaian berjumlah banyak. Sehingga mempermudah para pengusaha laundry mencuci pakaian karena dapat mencuci pakaian sekaligus menggunakan satu mesin tanpa bercampur dengan pakaian dari customer lainnya.

Tentu saja, dengan adanya usaha laundry ini lebih terjangkau mengingat lebih hemat tenaga dan waktu. Untuk pelanggan sendiri, mereka perlu mengumpulkan pakaian kotor terlebih dahulu sampai minimal bobot yang telah jasa laundry tetapkan untuk memperoleh harga lebih terjangkau. Adapun perlengkapan yang jasa laundry perlukan untuk membuka bisnis ini adalah berupa mesin cuci otomatis.

Apabila anda tertarik membuka bisnis rumahan ini dari nol, dengan demikian pilihan usaha jasa laundry kiloan sangat ideal.

2. Laundry Koin

Laudry koin atau laudromat adalah usaha jasa mencuci dengan sistem mesin untuk setiap aktivitasnya. Umumnya mesin laundry ini baru dapat anda operasikan saat pengguna jasa memasukkan koin pada slot yang telah tersedia.

Usaha laundry koin yang satu ini juga saudah sangat populer di beberapa negara maju, seperti wilayah Eropa dan Amerika Serikat mengingat budaya utama mereka adalah self service. Biasanya para pelanggan harus membeli koin sebelum memakai mesin cuci untuk laundry.

Sedangkan perkembangan jasa laundry koin yang ada di negara Indonesia sendiri tidak sepopuler seperti di luar negeri. Akan tetapi, ada beberapa pengusaha yang telah mencoba bisnis ini dari tahun 2010. Hanya saja banyak orang kurang tertarik.

Selain itu, ketertarikan masyarakat itu sendiri mengingat harga jasa laundry ini leih terjangkau daru jasa laundry yang lainnya. Sebab pelanggan biasanya lebih banyak menjalankan aktivitas mencucinya dengan cara mandiri serta tanpa bantuan orang lain.

Namun jika melihat dari modalnya, bisnis ini menawarkan modal cukup besar. Hal ini karena mesin cuci untuk bisnis ini memerlukan mesin cuci spesial yang harga jualnya mahal. Di samping itu, bisnis ini membutuhkan area luas sebab mesin cuci koin biasanya berukuran besar.

3. Laundry Sepatu

Jenis bisnis jasa laundry lainnya selain untuk mencuci pakaian, juga ada laundry sepatu khusus yang digunakan ketika mencuci sepatu. Memang terkesan sepele, namun di lingkungan kota besar aktivitas mencuci sepatu sampai bersih menggunakan tenaga profesional sangat diminati.

Terlebih bagi para kolektor model sepatu antik. Bisnis laundry sepatu tentu saja harus memiliki peralatan canggih dan keahlian sebagai garansi supaya sepatu mahal tersebut dapat tetap terawat.

4. Laudry Konvensional

Umumnya laundry banyak dijumpai, sebab menyasar kalangan masyarakat tertentu yang ingin melakukan aktivitas mencuci dengan spesifik. Contohnya, ada pelanggan yang ingin menggunakan jasa laundry untuk mencuci secara lebih detail serta membutuhkan penanganan khusus.

Harga yang jasa laundry ini tawarkan tentu saja semakin mahal jika dibandingkan laundry kiloan maupun laundry koin. Walaupun demikian, biaya yang anda perlukan untuk usaha laundry konvensional biasanya lebih besar.

5. Laundry Hotel

Sesuai namanya, laundry hotel adalah sebuah bisnis jasa laundry yang hanya fokus untuk kebutuhan hotel. Melakukan kerjasama dengan bisnis perhotelan bisa kita katakan cukup potensial.

Anda cukup mempersiapkan mesin khusus mencuci berbagai perlengkapan hotel, antara lain seperti tirai, bed cover, sprei dan sebagainya. Selain itu juga membtukhan pakaian tamu untuk hotel yang beragam dan bervariasi sehingga membuat bisnis perlu mempersiapkan berbagai macam bahan tekstil.

6. Laundry Ekspress

Seiring berkembangnya keperluan untuk mencuci dengan cepat. Pada akhirnya, semakin bermunculan bisnis laudry ekspress dengan mengutamakan kecepatan pada proses pencuciannya. Jenis jasa laundry ini memberikan garansi aktivitas pencucian dengan cepat sesuai waktu yang telah ditentukan.

Akan tetapi, untuk memperoleh layanan jasa laundry yang satu ini. Para pelanggan perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk mencuci pakaian pada waktu singkat. Jika kamu ingin membuka usaha laundry ini, tentu memerlukan mesin cuci dengan tingkat kecepatan yang tinggi serta pegawai yang memiliki dedikasi dan keahlian tinggi agar dapat mempersiapkan semuanya sesuai standar dan ketentuan.

7. Laundry Bisnis

Laundry bisnis umumnya melayani jasa laundry bagi sebuah koperasi maupun bisnis. Pelanggan bisnis laundry ini biasanya memerlukan jasa laundry untuk mencuci pakaian seragam dari karyawannya.

Jika ingin membuka bisnis ini, tentu saja memerlukan modal besar sebab perusahaan yang memakai jasa laundry biasanya mencuci sebanyak puluhan hingga ratusan seragam di waktu bersamaan. Belum lagi, untuk tiap perusahaan umumnya mempunyai standar yang berbeda dan harus dapat dipenuhi pengusaha laundry itu sendiri.

Kelebihan Usaha Laundry

pakaian

Dengan adanya potensi yang begitu besar pada bisnis jasa laundry, anda tentu harus mengetahui kelebihan lain yang bisa didapatkan dari jasa ini. Simak kelebihan membuka bisnis laundry berikut :

1. Gampang Dipelajari

Seluruh aktivitas laundry tidak memerlukan keahlian secara khusus. Terlebih adanya perlengkapan mesin canggih menjadikan proses pencucian sampai pakaian yang siap pakai menjadi lebih cepat dan praktis. Cukup dengan modal materi, ketekunan, hingga mempelajari cara mengoperasikan mesin cuci, maka anda dapat membuka paket usaha jasa laundry kiloan langsung dari rumah tanpa memerlukan modal besar.

2. Fleksibel dan Dapat Beradaptasi

Melalui kecanggihan peralatan mesin cuci, sudah tentu membuat cara mencuci menjadi lebih mudah. Selain itu, banyak orang yang mengandalkan jasa laundry sebab banyak orang memerlukan pakaian bersih di setiap harinya.

3. Bisnis Rumahan

Anda tidak memerlukan ruangan secara khusus dalam memulai bisnis laundry. Setiap hari, bahkan anda sudah bisa melakukan aktivitas jasa laundry di dapur atau kamar mandi sendiri. Tanpa membutuhkan modal sewa tempat usaha, anda sudah dapat meluangkan beberapa space ruangan di dalam rumah dalam memulai usaha laundry.

Kekurangan Usaha Laundry

Sama seperti usaha pada umumnya, usaha ini juga berpotensi memiliki beberapa kerugian atau kelemahan yang perlu diantisipasi apabila terjadi saat di tengah-tengah usaha. Di bawah ini, ada beberapa kekurangan menjalankan bisnis laundry yang perlu anda ketahui :

1. Ditentukan Cuaca

Kini ada banyak perangkat mesin pengering yang dapat mempermudah pengusaha laundry untuk mengeringkan baju konsumennya. Namun mesin ini memang cukup mahal bagi yang baru memulai bisnis laudry dan bagyang belum berpengalaman. Sehingga tenaga matahari merupakan satu-satunya pilihan untuk menjemur cucian dan mengeringkannya.

Hanya saja, jika cuaca sedang kurang baik bisa merepotkan sebab cucian basah bisa membuatnya tidak akan kering sempurna dan menimbulkan bau, yang juga berpotensi pada kerusakan pakaian.

2. Memiliki Banyak Pesaing

Dengan kelebihan dapat dijalankan dengan mudah, maka siapapun dapat membuka bisnis jasa laundry langsung dari rumah. Sehingga ketika anda berencana membuka jasa laundry di lingkunga sekitar rumah, maka dapat dipastikan memiliki banyak pesaing karena ada yang sudah lebih dulu membuka bisnis ini.

Tentu saja, persaingan tersebut harus sebanding dengan kemampuan manajemen dan marketing yang solid supaya bisnis anda dapat bertahan.

3. Memerlukan Area yang Luas

Apabila anda memulai sebuah bisnis laundry langsung dari rumah, anda harus terlebih dahulu mempersiapkan ruangan secara khusus yang dapat dipakai sebagai tempat menyimpan mesin cuci beserta perlengkapan lainnya. Maka, kemungkinan besar anda perlu mengorbankan hingga setengah luas rumah anda untuk menjalankan bisnis ini. Akan tetapi, apabila masih merintis, anda masih bisa menggunakan luas area seadanya terlebih dahulu.

Modal Bisnis Laundry

Ada beberapa kebutuhan serta modal yang harus anda persiapkan untuk membuka usaha laundry. Dengan modal investasi awal sekitar :

  • 1 unit untuk mesin pengering = Rp5.000.000
  • 2 unit untuk mesin cuci = Rp5.000.000
  • 1 unit timbangan = Rp200.000
  • Set kursi dan meja = Rp300.000
  • Promosi awal = Rp500.000
  • 5 unit setrika = Rp1000.000

Berdasarkan estimasi di atas, maka total awal untuk investasi usaha laundry mencapai Rp12.000.000. Selanjutnya, untuk biaya operasional yang dibutuhkan setiap bulannya, antara lain :

  • Biaya Listrik per bulan = Rp500.000
  • Pewangi = Rp200.000
  • Detergen = Rp500.000.
  • Air = Rp400.000
  • Gaji karyawan Rp1000.000
  • Bensin untuk antar jemput cucian Rp150.000
  • Biaya lain-lain sebesar =Rp200.000

Total untuk biaya operasional di atas per bulannya sekitar Rp2.950.000.

Berdasarkan total perhitungan biaya operasional dan investasi awal yang diperlukan di atas pada bulan pertama, yaitu Rp14.950.000 atau Rp15 juta.

Dari data di atas, anda juga dapat melakukan perhitungan perkiraan penghasilan setiap bulannya dengan menetapkan harga jasa landry kiloan. Contohnya, anda memperoleh orderan laundry 50kg laundry untuk tiap harinya, dan dengan harga untuk tiap kg-nya sekitar Rp6.000. Dengan demikian, omset yang anda dapatkan dari bisnis jasa laundry setiap bulannya adalah :

50 x 30 = 1500 kg x Rp6.000 = Rp9.000.000,00.

Tips Membuka Bisnis Laundry

Berikut ini ada tips-tips yang bisa anda lakukan untuk membuka usaha laundry, diantara lain:

1. Lokasi Harus Strategis

Langkah pertama yang dapat anda lakukan sebelum membuka jasa laundry kiloan yaitu harus menentukan lokasi strategis. Anda bisa mencari lokasi strategis, seperti di lingkungan kontrakan karyawan dan mahasiswa sebagai target pasar anda.

Penetapan lokasi tentu saja sangat berpengaruh bagi besarnya modal yang harus anda persiapkan, pastikan pula anda memilih lokasi strategis yang mudah dijangkau.

2. Tentukan Logo dan Nama Bisnis

Tips membuka bisnis laundry selanjutnya adalah menentukan nama bisnis serta membat logo. Sebaiknya pastikan membuat nama yang mudah diingat dan unik. Selain itu, penamaan juga perlu mendeskripsikan usaha laundry, dengan demikian pelanggan bisa mengasosiasikan jenis saha anda. Hal ini juga berlaku bagi pembuatan logo yang wajib menggambarkan jenis bisnis anda.

3. Beli Peralatan Laundry yang Sesuai

Usaha laundry termasuk salah satu bisnis yang memerlukan perlengkapan dan peralatan lengkap cukup banyak. Tidak hanya memerlukan setrika dan mesin cuci, tetapi anda juga memerlukan pewangi dan deterjen.

Apabila anda menawarkan jasa laundry dry clean, maka anda juga memerlukan peralatan secara khusus. Selain itu, perlengkapan yang diperlukan lainnya adalah keranjang laundry, timbangan, bon, plastik untuk kemasan laundry.

POS

Kesimpulan

Bisnis laundry termasuk bisnis yang menjanjikan, namun juga memiliki banyak pesaing. Oleh karena itu, anda membutuhkan tips dan trik yang tepat untuk bisa bertahan di tengah-tengah persaingan usaha laundry yang ketat.

Dengan software POS Equip, Anda dapat mengoptimalkan bisnis laundry Anda dengan mudah dan efisien. Equip dapat membantu dalam mengelola bisnis Anda mulai dari monitoring keuntungan, manajemen jadwal, transaksi, dan pembukuan penjualan bisnis Anda. Tunggu apa lagi? Segera Optimalkan bisnis laundry Anda dengan sistem POS dari Equip. Coba demo gratis dari Equip POS sekarang juga!

Aruna Citra Dewi Kartini
Aruna Citra Dewi Kartini
A highly motivated and tech-savvy individual with a demonstrated ability to produce high-quality content that engages audiences and achieves marketing goals.

Artikel Terkait

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Gabriella
Balasan dalam 1 menit

Gabriella
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami.
628111775117
×

Gabriella

Active Now

Gabriella

Active Now