Apa Itu Voice Picking? Cara Kerja, Manfaat & FAQ

Voice picking adalah salah satu teknologi canggih yang dapat meningkatkan efisiensi di gudang atau pusat distribusi. Dalam proses voice picking, para picker menggunakan suara mereka untuk melakukan tugas-tugas yang biasanya dilakukan dengan tangan. Proses ini membantu mengurangi waktu yang diperlukan untuk mencari dan memilih barang, serta meningkatkan akurasi dalam pelaksanaan tugas.

Pada artikel ini, kami akan menjelaskan cara kerja voice picking, manfaatnya, dan jawaban atas pertanyaan umum yang sering muncul mengenai teknologi ini. Dengan memahami konsep dan keuntungan voice picking, Anda bisa meningkatkan efisiensi dan akurasi dalam operasi gudang.

DemoGratis

Definisi dan Sejarah Voice Picking

Voice picking adalah sistem yang bekerja tanpa menggunakan tangan atau mata, menggunakan agen suara cerdas dan perangkat lunak pengenalan suara untuk membimbing para pekerja gudang dalam menjalankan tugas-tugas mereka.

Penjelasan Tentang Voice Picking

Voice picking, juga dikenal sebagai pick by voice atau voice-directed warehousing, adalah proses yang terbukti dapat meningkatkan efisiensi dan akurasi para picker di gudang atau pusat distribusi. Para pekerja gudang menggunakan headset dan mikrofon untuk berkomunikasi dengan sistem suara yang memberikan instruksi langsung mengenai barang yang harus diambil, lokasi pengambilan, dan jumlah barang yang dibutuhkan. Dengan menggunakan suara, para pekerja dapat bekerja secara hands-free dan mengurangi waktu yang dihabiskan untuk membaca dan memindai barcode atau mengecek daftar picking manual. Proses ini memungkinkan para pekerja untuk tetap fokus pada tugas utama mereka, meningkatkan efisiensi kerja, dan mengurangi kesalahan saat memilih barang.

Perkembangan Teknologi Voice Picking dari Masa ke Masa

Dalam sejarahnya, voice picking telah mengalami perkembangan teknologi yang signifikan. Awalnya, teknologi suara murni digunakan, di mana para pekerja menggunakan headset untuk menerima instruksi suara tanpa adanya perangkat tambahan seperti pemindai barcode atau RFID. Namun, seiring dengan perkembangan teknologi, voice picking telah terintegrasi dengan pemindai barcode atau RFID untuk memberikan tingkat akurasi yang lebih tinggi dalam proses pengecekan barang. Penggunaan teknologi RFID memungkinkan sistem untuk secara otomatis mendeteksi dan mencatat barang yang diambil, mengurangi risiko kesalahan manusia dan mempercepat proses pengecekan.

Mekanisme Kerja Sistem Voice Picking

Untuk memahami mekanisme kerja sistem voice picking, penting untuk mengetahui bagaimana sistem ini beroperasi dalam mengoptimalkan proses operasional gudang. Sistem ini dimulai dengan penciptaan tugas-tugas oleh sistem suara yang kemudian didistribusikan kepada para picker. Melalui perangkat lunak pengenalan suara yang cerdas, sistem voice picking memberikan instruksi kepada para picker untuk mengambil barang yang dibutuhkan dengan tepat.

Proses Dialog antara Operator dan Sistem Voice Picking

Proses dialog antara operator dan sistem voice picking berlangsung secara otomatis dan efisien. Setelah instruksi suara diterima oleh picker, picker memberikan respons melalui perangkat suara atau perangkat lain yang terhubung dengan sistem. Sistem kemudian memvalidasi respons dan memberikan instruksi berikutnya. Proses ini berulang hingga tugas selesai atau instruksi berikutnya diberikan.

Peningkatan Efisiensi dengan Pengoptimalan Rute Picking

Salah satu keunggulan utama dari sistem voice picking adalah kemampuannya untuk mengoptimalkan rute picking. Dengan menganalisis layout gudang, jumlah pesanan, dan faktor-faktor lainnya, sistem dapat menentukan rute picking yang paling efisien. Hal ini mengurangi waktu dan jarak yang ditempuh oleh para picker, sehingga meningkatkan efisiensi dan produktivitas keseluruhan dari operasi gudang.

Integrasi dengan Warehouse Management System (WMS) atau Enterprise Resource Planning (ERP)

Sistem voice picking dapat diintegrasikan dengan Warehouse Management System (WMS) atau Enterprise Resource Planning (ERP) yang ada dalam suatu perusahaan. Integrasi ini memungkinkan sistem voice picking untuk berinteraksi dengan sistem manajemen gudang yang lebih luas, sehingga memudahkan pemrosesan dan pemantauan inventaris, pemenuhan pesanan, dan pengelolaan logistik secara keseluruhan. Jangan ragu untuk meminta demo gratis software WMS dan ERP dari EQUIP dan lihat sendiri bagaimana EQUIP dapat mengubah cara bisnis Anda beroperasi menuju masa depan yang lebih cerah dan sukses.

Baca juga: Stop Repot Kelola Gudang! Pakai Aplikasi Ini

Kesempatan Voice Picking dalam Meningkatkan Produktivitas

Voice picking menyediakan berbagai kesempatan yang dapat meningkatkan produktivitas gudang Anda. Sistem ini dirancang untuk meminimalkan kesalahan dalam proses picking, meningkatkan kecepatan kerja para karyawan, serta mengurangi waktu pelatihan bagi karyawan baru.

Dengan voice picking, pengguna dapat menghilangkan ketergantungan pada tugas-tugas manual seperti membaca daftar, mencatat, dan mencari instruksi picking. Sistem ini menggunakan instruksi suara yang diberikan secara real-time kepada para pekerja gudang melalui perangkat headset, sehingga mereka dapat fokus sepenuhnya pada tugas-tugas picking tanpa terganggu oleh tugas-tugas administratif.

Dalam proses picking tradisional, seringkali terdapat kesalahan atau pengambilan barang yang tidak sesuai pesanan. Dengan voice picking, tingkat kesalahan dapat dikurangi secara signifikan karena sistem memberikan instruksi picking yang jelas dan terperinci kepada pekerja gudang.

Kecepatan juga menjadi salah satu keuntungan utama voice picking. Dibandingkan dengan metode picking manual, sistem suara dapat mempercepat waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan setiap tugas picking dengan memberikan instruksi secara langsung dan efisien.

Implementasi voice picking juga memiliki dampak positif pada waktu pelatihan untuk karyawan baru. Dalam metode picking manual, karyawan baru harus menghabiskan waktu yang cukup lama untuk mempelajari tugas-tugas picking dan sistem yang digunakan. Dengan voice picking, proses pelatihan menjadi lebih singkat dan efisien karena sistem memberikan instruksi secara langsung dan intuitif melalui suara.

Dalam kesimpulan, penggunaan voice picking dalam operasi gudang dapat memberikan berbagai kesempatan untuk meningkatkan produktivitas. Dengan mengurangi kesalahan picking, meningkatkan kecepatan kerja, dan mengurangi waktu pelatihan, voice picking membantu meningkatkan efisiensi dan kinerja gudang Anda.

Teknologi Pendukung dalam Sistem Voice Picking

Dalam mengoptimalkan sistem voice picking, terdapat beberapa teknologi pendukung yang dapat digunakan untuk meningkatkan efisiensi dan akurasi dalam proses pengambilan barang di gudang. Dua teknologi utama yang sering digunakan adalah barcode scanner dan RFID (Radio Frequency Identification).

Penggunaan Barcode Scanner dalam Memverifikasi Picking

Barcode scanner merupakan salah satu teknologi yang sangat penting dalam sistem voice picking. Dengan menggunakan scanner barcode, para picker dapat dengan mudah memverifikasi barang yang diambil dengan memindai kode barcode yang terdapat pada setiap produk.

Penggunaan barcode scanner membantu memastikan bahwa barang yang diambil sudah sesuai dengan pesanan yang diberikan melalui sistem voice picking. Hal ini meminimalkan risiko kesalahan dan memastikan pengiriman barang yang akurat kepada pelanggan. Selain itu, pemindai barcode juga membantu mengurangi waktu yang dibutuhkan dalam proses verifikasi.

Manfaat Integrasi dengan Teknologi RFID untuk Keakuratan

Selain barcode scanner, integrasi dengan teknologi RFID juga memberikan manfaat besar dalam meningkatkan akurasi sistem voice picking. RFID menggunakan gelombang radio untuk mengidentifikasi dan melacak produk dengan menggunakan tag RFID yang terpasang pada setiap item.

Dengan menggunakan teknologi RFID, sistem voice picking dapat dengan cepat dan akurat mengidentifikasi barang yang diambil oleh para picker. Hal ini membantu mengurangi risiko kesalahan serta meningkatkan efisiensi dalam proses pengecekan barang.

Teknologi RFID juga memberikan kelebihan dalam hal pengumpulan data. Dengan memanfaatkan teknologi ini, dapat dilakukan pemantauan yang lebih efektif terhadap stok barang maupun pergerakan barang di gudang. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk melakukan analisis yang lebih mendalam dan mengoptimalkan pengelolaan persediaan.

Baca juga: Strategi Memangkas Biaya dan Meningkatkan Efisiensi Gudang

Manfaat Voice Picking untuk Keselamatan dan Kenyamanan Kerja

Voice picking memiliki manfaat yang signifikan dalam meningkatkan keselamatan dan kenyamanan kerja di gudang atau pusat distribusi. Dalam operasi gudang tradisional, para picker sering kali harus membawa daftar picking yang harus dilihat secara visual, sehingga dapat menyebabkan gangguan visual dan meningkatkan risiko kesalahan.

Dengan menggunakan voice picking, gangguan visual dapat dieliminasi karena para picker tidak perlu lagi melihat daftar picking. Mereka hanya perlu mendengarkan instruksi-suara yang diberikan oleh sistem voice picking melalui perangkat suara cerdas. Hal ini dapat mengurangi potensi kesalahan dan mengoptimalkan keselamatan kerja.

Selain itu, teknologi voice picking juga meningkatkan kenyamanan kerja para operator gudang. Mereka tidak perlu lagi membawa dan menggenggam daftar picking atau perangkat pemindai. Dengan menggunakan perangkat suara cerdas, mereka dapat memiliki kebebasan untuk bergerak dan bekerja dengan lebih lancar. Hal ini dapat mengurangi kelelahan dan memberikan kenyamanan yang lebih baik bagi para operator.

Dengan mengoptimalkan keselamatan dan kenyamanan kerja, voice picking dapat memberikan lingkungan kerja yang lebih baik bagi para operator gudang. Hal ini tidak hanya meningkatkan efisiensi operasional, tetapi juga dapat meningkatkan kepuasan dan motivasi para karyawan dalam menjalankan tugas mereka.

Inventory

Studi Kasus dan Implementasi Voice Picking di Industri

Penerapan Voice Picking dalam industri retail dan e-commerce telah membawa perubahan signifikan dalam meningkatkan efisiensi operasional. Berbagai studi kasus sukses telah membuktikan kehandalan teknologi ini dalam meningkatkan produktivitas dan akurasi dalam proses picking.

Penerapan Voice Picking dalam Industri Retail dan E-commerce

Salah satu studi kasus yang menarik adalah penggunaan Voice Picking di salah satu perusahaan retail terkemuka. Dengan menggunakan teknologi voice picking, perusahaan tersebut berhasil mengurangi kesalahan picking hingga 80%, sementara efisiensi waktu meningkat sebesar 30%. Hal ini memungkinkan untuk memberikan layanan yang lebih baik kepada pelanggannya dan mengoptimalkan kinerja gudang mereka.

Kesuksesan Voice Picking dalam Meningkatkan Efisiensi Operasional

Implementasi Voice Picking juga telah membawa kesuksesan dalam meningkatkan efisiensi operasional di industri e-commerce. Salah satu platform e-commerce telah mengadopsi teknologi voice picking untuk meningkatkan kecepatan dan akurasi dalam pemrosesan pesanan. Dengan Voice Picking, perusahaan berhasil mengurangi waktu pemrosesan pesanan sebesar 40% dan meningkatkan tingkat ketepatan pengiriman. Hal ini memberikan keunggulan kompetitif bagi perusahaan dalam memenuhi permintaan yang semakin tinggi dari pelanggan mereka.

Temukan solusi canggih lain pada artikel terkait kami tentang sistem Pick-to-Light, Automated Guided Vehicle (AGV), dan warehouse racking system.

Naira Ananda
Naira Ananda
I am a creative and efficient individual who thrives in fast-paced environments. I possess a deep understanding of technology and how to leverage it to create engaging content that resonates with audiences.

Artikel Terkait

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Gabriella
Balasan dalam 1 menit

Gabriella
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami.
628111775117
×

Gabriella

Active Now

Gabriella

Active Now