Sistem Pick to Light: Cara Kerja, Manfaat, dan Implementasi

Meningkatkan efisiensi dan produktivitas di gudang merupakan tujuan yang dikejar oleh banyak perusahaan. Namun, apakah Anda tahu ada teknologi inovatif yang dapat membantu mencapai hal tersebut dengan lebih efektif?

Mungkin Anda pernah mendengar tentang sistem Pick to Light, namun belum sepenuhnya memahami bagaimana cara kerjanya dan manfaat apa yang dapat Anda peroleh dari mengimplementasikannya di gudang Anda. Apakah sistem Pick to Light benar-benar dapat meningkatkan efisiensi dan mengoptimalkan proses picking di gudang?

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan cara kerja sistem Pick to Light, manfaatnya, dan langkah-langkah yang perlu Anda ambil untuk mengimplementasikannya di gudang Anda. Temukan jawaban yang memperluas pemahaman Anda tentang efisiensi gudang!

DemoGratis

Apa Itu Teknologi Pick to Light?

Teknologi Pick to Light adalah sistem otomatisasi yang menggunakan lampu dan display alfanumerik untuk memandu operator dalam memilih dan menempatkan barang di gudang. Sistem ini memberikan petunjuk visual yang jelas kepada operator tentang barang apa yang harus diambil, berapa banyak yang harus diambil, dan di mana barang tersebut harus ditempatkan.

Cara Sistem Pick to Light Meningkatkan Produktivitas

Sistem Pick to Light dapat meningkatkan produktivitas dengan mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk melakukan picking. Dengan menggunakan petunjuk visual yang jelas dan akurat, operator dapat dengan mudah menemukan lokasi barang yang harus diambil. Hal ini mengurangi waktu yang biasanya dihabiskan untuk mencari barang dan memungkinkan operator untuk melakukan pekerjaan dengan cepat. Sistem ini juga membantu mengurangi kesalahan picking, karena petunjuk visual yang jelas menghindari kesalahan dalam pemilihan barang.

Integrasi Pick to Light dengan Sistem Manajemen Gudang

Sistem Pick to Light dapat diintegrasikan dengan sistem manajemen gudang yang ada untuk meningkatkan kontrol dan efisiensi operasional gudang. Dengan mengintegrasikan Pick to Light dengan sistem manajemen gudang, informasi tentang stok, pesanan, dan prioritas picking dapat dengan mudah dipantau dan diproses. Integrasi ini membantu meningkatkan akurasi, konsistensi, dan kecepatan proses picking di gudang. Coba free demo sistem manajemen gudang dari EQUIP sekarang!

Baca juga: Aplikasi Gudang Terbaik yang Wajib Dicoba

Cara Kerja Sistem Pick to Light

Sistem Pick to Light bekerja dengan menggunakan lampu dan display alfanumerik untuk memberikan petunjuk kepada operator tentang barang apa yang harus diambil dan di mana mereka harus ditempatkan. Sistem ini menggunakan barcode scan untuk mengidentifikasi item dan mengaktifkan petunjuk visual yang sesuai. Ketika operator mendekati lokasi dimana barang harus diambil, lampu akan menyala dan display akan menampilkan jumlah item yang harus diambil. Setelah operator mengambil barang, mereka dapat mengkonfirmasi dengan menekan tombol, dan sistem akan mengarahkan mereka ke lokasi berikutnya.

Langkah-langkah Operasional dalam Sistem Pick to Light

Ada beberapa langkah operasional yang perlu diikuti dalam sistem Pick to Light. Pertama, operator akan memindai barcode pada list item yang akan diambil untuk mengaktifkan petunjuk visual di lokasi penyimpanan. Kemudian, operator akan mengambil jumlah barang yang ditunjukkan oleh display alfanumerik di lokasi tersebut. Setelah mengambil barang, operator akan menekan tombol untuk mengkonfirmasi picking. Proses ini akan berlanjut hingga seluruh barang dalam pesanan diambil dan ditempatkan dengan benar.

Konfirmasi dan Akurasi dalam Proses Picking

Proses picking dalam sistem Pick to Light melibatkan konfirmasi dan akurasi. Setelah operator mengambil barang, mereka harus mengkonfirmasi tindakan picking tersebut dengan menekan tombol yang sesuai. Hal ini penting untuk memastikan bahwa barang yang diambil sesuai dengan pesanan. Sistem Pick to Light juga memungkinkan tingkat akurasi yang tinggi karena petunjuk visual yang jelas dan jumlah item yang ditampilkan di display alfanumerik.

Penerapan Teknologi LED dan Display Alfanumerik

Teknologi LED dan display alfanumerik merupakan komponen penting dalam sistem Pick to Light. Lampu LED digunakan untuk memberikan petunjuk visual kepada operator tentang lokasi barang yang harus diambil, sementara display alfanumerik menampilkan jumlah item yang harus diambil. Teknologi ini memastikan bahwa operator memiliki petunjuk yang jelas dan akurat dalam melakukan picking, sehingga mengurangi kesalahan dan meningkatkan efisiensi.

Manfaat Mengimplementasikan Pick to Light

Mengimplementasikan sistem Pick to Light di gudang Anda memberikan berbagai manfaat. Pertama, sistem ini meningkatkan produktivitas dengan mengurangi waktu yang diperlukan untuk melakukan picking. Dengan menggunakan petunjuk visual yang jelas dan akurat, operator dapat dengan mudah menemukan lokasi barang yang harus diambil, mengurangi waktu yang biasanya dihabiskan untuk mencari barang. Hal ini memungkinkan operator untuk melakukan pekerjaan dengan cepat, meningkatkan efisiensi dan produktivitas secara keseluruhan.

Selain meningkatkan produktivitas, penggunaan sistem Pick to Light juga mengurangi kesalahan picking yang dapat terjadi. Petunjuk visual yang jelas dan akurat membantu mencegah kesalahan dalam pemilihan barang, memastikan bahwa barang yang diambil sesuai dengan pesanan. Dengan mengurangi kesalahan, sistem ini meningkatkan kualitas dan akurasi pesanan, mengurangi risiko retur atau pengembalian barang yang salah.

Sistem Pick to Light juga membantu dalam mengintegrasikan dan memantau operasi gudang secara keseluruhan. Dengan mengintegrasikan Pick to Light dengan sistem manajemen gudang yang ada, informasi tentang stok, pesanan, dan prioritas picking dapat dengan mudah dipantau dan diproses. Integrasi ini membantu meningkatkan akurasi, konsistensi, dan kecepatan proses picking di gudang. Selain itu, penggunaan sistem Pick to Light juga memberikan kontrol yang lebih baik terhadap inventori, meminimalkan risiko kekurangan atau kelebihan stok.

Perbandingan Sistem Pick to Light Dengan Metode Picking Lainnya

Sistem Pick to Light dapat dibandingkan dengan metode picking lainnya untuk melihat kelebihan dan kekurangannya. Setiap metode picking memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing, dan pilihan tergantung pada kebutuhan gudang masing-masing.

Pick to Light vs. Voice Picking

Pick to Light menggunakan petunjuk visual langsung untuk mengarahkan operator dalam memilih barang, sedangkan Voice Picking menggunakan instruksi suara yang diberikan melalui perangkat seperti headphone. Pick to Light lebih cepat dalam memberikan petunjuk dan mengurangi kesalahan komunikasi verbal, sementara Voice Picking tidak memerlukan pemindahan pandangan. Kedua metode ini memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing, dan pilihan tergantung pada kebutuhan dan preferensi gudang.

Pick to Light vs. RF Picking

RF Picking menggunakan perangkat pembaca radio frekuensi (RF) untuk memberikan instruksi kepada operator dalam memilih barang. Pick to Light, di sisi lain, menggunakan petunjuk visual langsung melalui lampu dan display alfanumerik. Pick to Light lebih akurat dan efisien dalam memberikan petunjuk, sementara RF Picking menyediakan fleksibilitas yang lebih besar dalam gerakan dan lokasi operator. Pilihan antara kedua metode ini tergantung pada kebutuhan dan preferensi gudang.

Baca juga: Panduan Praktis Manajemen Gudang Menuju Efisiensi dan Penghematan Maksimal

Implementasi Sistem Pick to Light di Gudang

Implementasi sistem Pick to Light di gudang membutuhkan beberapa langkah. Langkah pertama adalah menentukan kebutuhan gudang dan memilih sistem Pick to Light yang sesuai. Setelah itu, langkah-langkah perencanaan dan pemasangan dilakukan, termasuk penyesuaian sistem dengan layout gudang dan integrasi dengan sistem manajemen gudang yang ada. Pelatihan karyawan juga penting untuk memastikan penggunaan sistem dengan efektif. Setelah implementasi, pemantauan dan evaluasi dilakukan untuk memastikan sistem berjalan dengan baik.

Langkah Awal Mengimplementasikan Sistem Pick to Light

Langkah pertama dalam mengimplementasikan sistem Pick to Light adalah melakukan penilaian kebutuhan gudang yang meliputi volume pesanan, ukuran gudang, dan produk yang akan diambil. Setelah itu, pemilihan sistem Pick to Light yang sesuai dilakukan. Langkah berikutnya adalah membuat rencana implementasi yang mencakup perencanaan ruang, menghubungkan sistem dengan sistem yang sudah ada, pemasangan hardware, dan konfigurasi software.

Penyesuaian Sistem Pick to Light dengan Kebutuhan Gudang

Setiap gudang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda, dan sistem Pick to Light harus disesuaikan dengan kebutuhan tersebut. Penyesuaian dapat meliputi pemilihan modul Pick to Light yang sesuai, pemasangan lampu dan display sesuai dengan layout gudang, dan integrasi dengan sistem manajemen gudang yang sudah ada. Hal ini penting untuk memastikan sistem bekerja dengan efektif dan sesuai dengan kebutuhan gudang.

Inventory

Pelatihan Karyawan untuk Penggunaan Sistem Pick to Light

Pelatihan karyawan merupakan bagian yang penting dalam mengimplementasikan sistem Pick to Light di gudang. Karyawan perlu diberikan pelatihan yang mencakup penggunaan perangkat Pick to Light, pemahaman tentang petunjuk visual, konfirmasi picking, dan integrasi dengan sistem manajemen gudang. Pelatihan ini membantu karyawan menjadi terampil dalam menggunakan sistem dan meningkatkan efisiensi operasional gudang.

Naira Ananda
Naira Ananda
I am a creative and efficient individual who thrives in fast-paced environments. I possess a deep understanding of technology and how to leverage it to create engaging content that resonates with audiences.

Artikel Terkait

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Gabriella
Balasan dalam 1 menit

Gabriella
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami.
628111775117
×

Gabriella

Active Now

Gabriella

Active Now