Peluang Bisnis Toko Bahan Kue, Rincian Modal, dan Tips Menjalankannya

Meningkatnya bisnis makanan, tentu saja memberikan pengaruh penting bagi usaha toko bahan kue. Karena itu, membuka bisnis jualan bahan-bahan kue bisa mejadi salah satu peluang bisnis yang menjanjikan.

Akan tetapi sebelum anda memulai usaha toko bahan kue ini, tentu saja harus mengetahui estimasi modal usaha terlebih dahulu. Dengan demikian, anda dapat membangun toko tersebut sesuai dengan ketersediaan modal yang ada.

DemoGratis

Peluang Usaha Toko Bahan Kue

toko bahan kue

Meskipun belum begitu banyak pesaing, namun potensi keuntungan bisnis toko bahan kue ini bisa sangat tinggi. Selain itu, bisnis ini juga memungkinkan para pegusahanya untuk mendapatkan bahan-bahan kue dengan mudah.

Bahan-bahan kue juga bisa tahan dalam waktu yang lama. Usaha toko bahan kue bisa menjadi pilihan yang tepat jika anda masih belum mempunyai tempat penyimpanan barang dagangan.

Hal ini tentu saja membuat anda tidak perlu mengkhawatirkan kualitas dagangan walaupun tidak habis terjual secara langsung. Terlebih usaha berjualan bahan kue ini mempunyai niche pasar tersendiri.

Toko bahan kue mempunyai target pasar secara spesifik, sehigga bisa menggunakan strategi pemasaran dengan tepat. Di samping itu, barang yang anda jual juga bisa dilakukan secara online.

Apa Saja Bahan Kue yang Bisa Dijual?

Peluang usaha toko bahan kue memang menjanjikan, apalagi dengan banyaknya bisnis-bisnis yang menjajakan atau menjual aneka macam kue.

Untuk bahan kue yang bisa anda jual, antara lain margarin,tepung, susu bubuk, ragi, gula, dan masih banyak lagi. Bukan hanya bahan-bahan kue, tapi juga menjual berbagai kemasan kue, misalnya saja toples plastik, lilin, mangkuk kertas dan kotak kue.

Selain itu, jika anda ingin memperluas atau menambah barang jualan lainnya bisa lebih bagus lagi. Seperti berjualan mixer, atau peralatan untuk membuat kue lainnya.

Tips Menjalankan Usaha Toko Bahan Kue

bisnis toko bahan kue

Bagaimana, tertarik menjalankan bisnis toko bahan kue? Jika ya, anda bisa mencoba beberapa tips dan trik berikut :

1. Harus Mengetahui Jenis-jenis Kue

Untuk berjualan bahan kue, maka anda harus mengetahui dan mengenai jenis-jenis kue terlebih dahulu. Walaupun bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue kebanyakan hampir sama, namun komposisinya tetap berbeda.

Oleh sebab itu, anda harus mengetahui jenis-jenis kue terlebih dahulu. Mungkin anda bisa menjajakan berbagai jenis bahan kue basah, kue kering, cake atau lainnya. Ada beberapa macam kue dengan bahan berbeda.

Anda dapat melakukan penjualan bahan kue musiman. Contohnya saja, saat menjelang lebaran anda dapat menjual berbagai macam bahan untuk pembuatan kue kering, antara lain kue salju, kastengel, kue nastar dan masih banyak lagi.

2. Membangun Hubungan yang Baik dengan Pembeli

Permintaan pasar memang sangat berpengaruh bagi perkembangan bisnis. Namun, tentu saja anda harus menjalin engagement positif bersama pembeli. Anda dapat menjalin hubungan yang baik lebih dari sekedar hubungan pembeli dan penjual.

Contohya saja, anda dapat memberikan referensi terkait resep kue, tips membersihkan peralatan kue dan lainnya. Dengan menjalin hubungan yang dekat dan baik bersama pembeli, maka dijamin mereka akan lebih loyal untuk membeli produk yang anda tawarkan.

3. Menawarkan Paket Penjualan

Anda juga bisa menawarkan paket penjualan sebagai salah satu tips untuk menjalankan usaha toko bahan kue. Maksudnya di sini adalah anda dapat mengadakan paket bundling atau penjualan.

Dengan strategi penjualan ini, tentu saja memungkinkan para pejual dapat mengkategorikan produk-produk ke dalam satu paket dengan harga lebih terjangkau jika dibandingkan penjualan produk satuan.

Tentu saja penjualan paket bunlding ini dapat anda sesuaikan dengan keperluan pembuatan kue itu sendiri. Contohnya adalah paket bahan kue, paket bahan kue browies, dan masih banyak lagi yang bisa anda tawarkan.

4. Cari Pemasok yang Tepat

Anda juga harus memiliki pemasok atau supplier bahan kue terpercaya dan profesional. Karena bagaimanapun, peran pemasok ini sangat penting untuk bisnis anda. Pastikan mereka mempuyai jadwal pasokan dengan tepat agar bisnis jualan bahan kue yang anda jalankan berlangsung lancar.

5. Variasikan Produk Jualan

Setiap orang tentu bisa berkreasi mencoba banyak pilihan menu baru. Maka dari itu, akan ada banyak tambahan bahan untuk membuat kue dan bisa anda jadikan pelengkap.

Misalnya saja, anda tidak hanya menjajakan bahan kuenya sajat tetap juga bahan pelengkap dan topping. Beberapa diantaranya, anda bisa menjual topping mesis, manisan untuk ceri, krim, cokelat dan masih banyak lagi.

Dengan banyaknya bahan kue yang anda tawarkan, pastinya membuat bisnis ada toko bahan kue anda kerap menjadi pilihan konsumen.

6. Mempromosikan Bisnis Secara Online

Sudah banyak pelaku bisnis yang memasarkan produknya dengan cara online. Begitu pula dengan bisnis jualan bahan kue yang anda tawarkan. Dengan mempromosikan produk secara online, setidaknya anda bisa lebih berhemat biaya untuk promosi iklan.

Anda bisa memanfaatkan media sosial, baik memakai Instagram maupun Tiktok. Silakan buat konten menarik mengenai produk dan bisnis yang anda tawarkan dengan cara rutin.

Contohnya saja, anda dapat memperlihatkan kualitas dari produk bahan kue yang dijual lewat konten video. Silakan buat video yang lebih atraktif, misalnya membuat tutorial resep kue tertentu memakai bahan-bahan kue yang anda jual.

7. Tambahkan Bonus Menarik

Hal yang tak kalah penting saat berjualan bahan kue adalah anda harus memberika tambahan bonus kepada pembeli. Berikan bonus tertentu kemudian tentukan minimal jumlah item barang yang dibeli.

Misalnya saja, setiap kali konsumen membeli paket pembelian bahan kue brownies maka akan konsumen akan memperoleh bonus loyang. Dengan adanya bonus yang ditawarkan membuat konsumen lebih tertarik karena mereka merasa penjual menghargainya.

Modal Membuka Usaha Jualan Bahan Kue

bisnis toko bahan kue

Penting sekali untuk mengetahui berapa jumlah modal yang harus dikeluarkan untuk biaya operasional dan lainnya. Berikut estimasi modal yang harus anda persiapkan :

  • Sewa Tempat Usaha         : Rp15.000.000,-
  • Persediaan bahan kue       : Rp15.000.000,-
  • 2 rak untuk barang           : Rp2.500.000,-
  • Etalase Kaca                     : Rp3.000.000,-
  • Biaya transportasi             : Rp500.000,-
  • Biaya operasional              : Rp1.000.000,-
  • Peralatan baking                : Rp10.000.000,-
  • Biaya Promosi                   : Rp500.000,-

Total Modal Bisnis Toko Bahan Kue : Rp47.500.000,-

Jumlah modal di atas tentu saja masih baya awal, namun untuk biaya per bulannya tetap harus anda perhatikan dan keluarkan secara rutin. Perhatikan pula biaya operasional, transportasi, dan iaya persediaan barang.

Selain itu, rincian biaya di atas hanya berupa estimasi atau perkiraan. Ada biaya-biaya tertentu yang memang disesuaikan dengan wilayah tempat usaha anda. Bisa jadi lebih tinggi atau lebih murah jika anda bisa meminimalisirnya.

Kelebihan Membuka Bisnis Bahan Kue

Di bawah ini ada beberapa kelebihan membuka bisnis bahan kue yang bisa anda dapatkan, antara lain :

1. Meningkatnya Permintaan Kebutuhan Bahan Kue

Kelebihan pertama adalah permintaan akan bahan-bahan kue yang semakin meningkat seiring dengan meningkatnya industri makanan, termasuk bisnis bakery. Sehingga bisa memberikan dampak yang baik bagi toko-toko bahan kue.

2. Target Pasar yang Luas

Tentu saa, hobi dalam membuat kue saat ini tidak hanya disukai oleh orang dewasa melainkan juga anak-anak muda. Maka dari itu, target pasar bisnis ini sangat beragam, karena dibutuhkan oleh berbagai kalangan. Di samping itu, pembeli juga tidak hanya dari industri berskala besar melainkan industri rumahan yang menjajakan bisnis kue.

3. Dapat Menyesuaikan Modal

Bisnis jualan bahan kue memang membutuhkan modal cukup besar. Akan tetapi, jumlah modal yang dikeluarkan bisa menyesuaikan skala usaha yang anda rintis. Sehingga walaupun modal yang anda punya terbatas namun tertarik membangun bisnis ini, maka anda tetap dapat menjalankannya.

FnB
Aruna Citra Dewi Kartini
Aruna Citra Dewi Kartini
A highly motivated and tech-savvy individual with a demonstrated ability to produce high-quality content that engages audiences and achieves marketing goals.

Artikel Terkait

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Gabriella
Balasan dalam 1 menit

Gabriella
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami.
628111775117
×

Gabriella

Active Now

Gabriella

Active Now