Tips Usaha Modal Kecil dengan Untung Besar yang Wajib Anda Coba!

Mempunyai usaha modal kecil saat ini tidak lagi sulit. Apalagi pada era teknologi dan media sosial yang sudah banyak penggunanya. Peluang untuk mendapatkan keuntungan besar semakin terbuka lebar. Sekarang banyak bisnis modal kecil untung besar yang menjanjikan dan cocok dilakukan oleh pemula atau pebisnis rumahan. Selain itu, banyak metode yang dapat bermanfaat untuk mengembangkan bisnis modal kecil untung besar. Salah satunya adalah software akuntansi yang mempermudah pembukuan bisnis.

Fitur unggulan dari software akuntansi yaitu manajemen dan pantau arus kas, sistem pembuatan invoice yang mudah, kategorisasi pemasukan dan pengeluaran, lacak pengeluaran, sistem laporan keuangan yang lengkap. Selain itu, aplikasi akuntansi membantu Anda mengambil keputusan lebih baik dengan sistem.

Baca Juga: Tips Sukses Mengembangkan Bisnis dengan Aplikasi Pembelian

Usaha modal kecil

Daftar Isi

Pengertian Usaha Modal Kecil

Berdasarkan UU No 20 Tahun 2008, usaha kecil sendiri merupakan usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri dan dapat dilakukan oleh perorangan atau badan usaha perorangan. Lebih dari itu usaha kecil juga tidak terlibat dari anak perusahaan atau cabang perusahaan baik dari usaha menengah.

Sementara pada bahasan lain, mengacu pada UU No.9 Tahun 1995 pasal 5 usaha kecil memiliki kriteria dengan kekayaan bersih paling banyak 200 juta, omzet Rp 1 miliar dan merupakan kepemilikan WNI. Di kehidupan sehari-hari, tentu kita dapat melihat ada begitu banyak orang yang menjalankan usaha modal kecil dan tidak terlepas apakah orang tersebut memiliki pekerjaan tetap atau tidak.

Baca Juga: Tertarik Memulai Usaha Toko Baju? Berikut 6 Tips Suksesnya!

Cara Menemukan Peluang Usaha Modal Kecil

Langkah pertama yang harus Anda lakukan  adalah menentukan usaha yang pas dan cocok untuk Anda. Cobalah pilih usaha yang sesuai dengan hobi atau hal yang Anda sukai. Maka, Anda tidak akan merasa berat dan terbebani ketika menjalankan bisnis nya.

Selanjutnya, melakukan riset pasar yang akan membantu Anda untuk menemukan peluang yang terjadi pada bisnis. Melalui riset, Anda akan menemukan apa yang sebenarnya sedang masyarakat butuhkan. Oleh karena itu bisnis Anda hadir sebagai solusi atas permasalahan yang terjadi secara tepat sasaran. Dengan riset pasar juga akan membantu menentukan siapa yang menjadi pesaing Anda.

usaha modal kecil
Sumber: Freepik.com

Daftar Ide Usaha Modal Kecil dengan Untung Besar

1. Menjadi seorang youtuber

Akhir-akhir ini, banyak orang yang sering membicarakan terkait Youtuber. Lalu apa itu youtuber? Youtuber adalah orang yang mengupload video original ke situs Youtube. Kemudian jika sudah terupload videonya, Anda dapat bergabung dengan program periklanan seperti Google Adsense atau Youtuber Network, lalu Anda akan mendapat bayaran sesuai pageviews video.

Menjadi seorang youtuber bisa dilakukan oleh siapa saja tanpa harus mengeluarkan modal sedikitpun alias gratis. Yang kamu butuhkan hanya sikap pantang menyerah, gigih dan tentunya dituntut untuk kreatif agar video yang di-upload bisa terlihat oleh banyak orang.

BBaca juga: Tingkatkan Penjualan Bisnis dengan Bantuan Brand Ambassador

2. Usaha makanan ringan

Makanan ringan adalah salah satu jenis usaha yang banyak diminati. Usaha ini bahkan dapat dilakukan sebagai pekerjaan sambilan guna menambah isi kantong. Terlebih, minat pasar terhadap makanan ringan juga tak pernah menurun. Mengingat bahwa bisnis ini sifatnya mengikuti trend. Solusinya, Anda bisa mencari snack yang kemungkinan dari waktu ke waktu tetap diminati, contohnya seperti keripik singkong, makaroni dan lain lain.

3. Usaha baju dengan sistem Pre Order 

Industri fashion memang selalu berkembang dan tidak pernah mati sehingga dapat menjadi salah satu ide bisnis modal kecil untung besar. Namun membuka bisnis pakaian membutuhkan modal yang tidak sedikit. Jika Anda hendak memulai bisnis pakaian kecil-kecilan, Anda bisa memulai dengan membuka bisnis berjualan baju secara pre order. 

Dengan modal yang tidak terlalu besar, Anda dapat memulai mengembangkan bisnis baju pre order. Dengan sistem pre order baju atau busana lain hanya akan diproduksi jika ada pemesan yang berminat membeli. Untuk memperkecil biaya produksi, Anda dapat menetapkan batas minimal pemesanan untuk bisa naik produksi.

Baca juga: Tertarik Memulai Usaha Toko Baju? Berikut 6 Tips Suksesnya!

4. Usaha dropship

Contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing bahkan terkadang tidak membutuhkan modal adalah usaha dropship. Namun, Anda perlu pintar untuk menebak trend dan demand dalam masyarakat. Dropship adalah sebuah konsep usaha dimana Anda dapat berjualan produk apapun tanpa harus memiliki modal. Anda dapat menjual produk milik orang lain tanpa perlu menyetok atau membeli produk tersebut terlebih dahulu. Cukup mudah, namun Anda harus benar-benar memperhatikan dan memilih toko yang layak sebagai tempat untuk Anda membeli barang. 

5. Usaha budidaya ikan lele

Usaha budidaya ikan lele tidak membutuhkan modal banyak,  namun menjanjikan untung yang cukup menggiurkan. Dalam beternak ikan lele tidak perlu membutuhkan banyak pengalaman dalam berbisnis. Memiliki modal terbatas tidak akan menjadi kendala untuk menggeluti bisnis tersebut, dan terbukti sukses menuai untung dari budidaya ikan lele yang mudah Anda jalani ini. Besarnya minat masyarakat untuk mengkonsumsi ikan lele juga membuat bisnis ini berprospek cerah. Alhasil, jika bisnisnya brkembang, para peternak lele dapat dengan mudah memasarkan hasil panen kepada para distributor sehingga pasti mendapatkan keuntungan.

usaha modal kecil
Sumber: Freepik.com

Tips Usaha Modal Kecil Untung Besar

Setelah menemukan ide usaha apa yang akan Anda lakukan, berikut tips yang sebaiknya anda perhatikan, lakukan, juga terapkan saat anda bertekad ingin sukses memulai bisnis rumahan modal kecil namun mampu meraup keuntungan yang besar.

1. Bangun visi dan misi serta strategi Anda

Sebelum Anda mengimplementasikan strategi pada usaha Anda, tentu Anda perlu yang namanya visi dan misi serta strategi untuk menentukan mau seperti apa bisnis Anda nanti, mau dibawa ke arah mana bisnisnya, dan mau menggunakan strategi apa untuk menguatkan posisi bisnis dalam kompetisi kelak.

Visi dan misi anda ini akan membentuk suatu budaya dan nilai dari usaha bisnis anda. Usaha bisnis yang tidak hanya mencari profit, namun memiliki nilai, maka usaha itu akan memiliki keunggulan kompetitif daripada pesaing, sehingga usaha bisnis anda akan terpilih dari usaha bisnis kompetitor yang melakukan usaha yang sama.

Baca juga: Siap jadi UMKM Go Digital? Ini Langkah Mudah Memulainya

2. Manfaatkan peralatan yang Anda miliki

Ketika akan memulai merintis usaha, tidak selamanya Anda membutuhkan peralatan yang baru dan canggih. Anda bisa menggunakan peralatan yang Anda miliki terlebih dahulu untuk meminimalisir modal yang keluar. Jika nanti usaha Anda sudah besar dan alat yang ada sudah tidak memungkinkan, Anda baru bisa membeli peralatan yang baru dan lebih canggih. Dengan begitu Anda akan memulai usaha dengan modal yang kecil.

3. Pintar dalam membagi waktu

Dalam mengembangkan usaha Anda harus bisa memanfaatkan dan menggunakan waktu secara tepat, efektif, efisien, dan menguntungkan. Bila perlu Anda bisa membuat timeline 1 bulan ke depan untuk melakukan apa saja, sehingga tidak ada waktu yang terbuang sia-sia. Ingatlah bahwa jika sampai Anda menunda-nunda pekerjaan, Modal akan terus terpakai tanpa ada hasil signifikan dan Anda bisa kalah saing oleh kompetitor yang sedang membangun usaha sama seperti Anda.

4. Pahami cara kerja administrasi dan pembukuan sederhana mengenai bisnis anda

administrasi ini penting untuk anda ketahui dan pahami apalagi ini menyangkut bisnis anda. Meskipun usaha bisnis yang anda jalani hanya dalam lingkup bisnis rumahan saja, namun anda tentu juga perlu menguasai administrasi meski secara sederhana saja. 

Penting bagi anda untuk selalu melakukan pencatatan administrasi dengan tertib, antara kas yang masuk dengan kas yang keluar. Meskipun arus kas usaha bisnis anda mungkin nilainya terbilang kecil, jangan pernah anda abaikan urusan yang satu ini, apalagi sebaiknya anda hindari untuk mencampurkan keuangan milik pribadi anda dengan bisnis.

Baca juga: Ketahui Pentingnya Pembukuan untuk Perkembangan Bisnis Anda

Kesimpulan 

Itulah contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing dan layak untuk Anda coba. Seluruh jenis bisnis ataupun usaha memang memiliki peluang suksesnya masing-masing tergantung pada strategi bisnis apa yang Anda jalankan. Adanya aplikasi akuntansi terbaik, memudahkan Anda dalam mengakses informasi keuangan usaha Anda. 

usaha modal kecil

Aplikasi akuntansi saat ini telah mengembangkan teknologinya dengan menggunakan cloud system, dimana Anda dapat mengakses data akuntansi kapan dan dimana saja dengan data yang ditampilkan secara aktual dan nyata seperti software akuntansi EQUIP. Jadi, sudah saatnya Anda beralih dari pekerjaan manual dengan menggunakan software akuntansi EQUIP sekarang juga!

Artikel Terkait

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
628111775117
×

Aurel

Active Now

Aurel

Active Now