7 Tips Sukses Memulai Usaha Jus Buah dengan Software POS

Sejak munculnya pandemi Covid-19, banyak orang yang telah mengubah pola gaya hidup ke arah yang lebih sehat. Masyarakat mulai sadar akan pentingnya aktivitas olahraga dan konsumsi buah-sayur. Meskipun banyak berbagai macam produk berbahan dasar buah dan sayur muncul, namun jus buah merupakan produk yang harus selalu ada dari sebelum hingga pasca era new normal ini. Hal tersebut disebabkan jenis minuman jus buah yang kaya kandungan manfaat sangat mudah dalam proses pembuatannya. Mengingat banyaknya permintaan ini, tentunya membuat usaha jus buah memiliki peluang yang sangat besar.

Sebagai pemilik usaha jus buah, banyaknya pelanggan dalam proses transaksi kadang membuat Anda kewalahan dalam melayani konsumen. Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan sistem Point of Sales (POS) untuk mengefisiensikan proses bisnis toko jus buah yang Anda miliki. Usaha makanan juga memiliki risiko yang besar karena bahan makanan khususnya buah tidak akan bertahan lama.

Dengan menggunakan Aplikasi kasir terbaik, Anda dapat dengan mudah mengelola dan mengupdate data inventory atau persediaan bahan baku. Saat banyak pembeli yang datang, Anda dapat mempercepat antrian dengan fitur multi-payment method dalam sistem POS tercanggih. Selain itu, Anda juga dapat membuat berbagai laporan administrasi bisnis yang mendetail dalam hitungan menit dengan menggunakan sistem point of sales EQUIP.

Simak artikel berikut untuk mengetahui berbagai tips sukses bagi Anda yang ingin membuka usaha jus buah:

usaha jus buah

 

Peluang Usaha Jus Buah

Peluang usaha

Beberapa orang berpendapat usaha jus buah ini memiliki omzet yang sedikit atau kurang menguntungkan. Namun ternyata usaha ini memiliki omzet yang besar bila Anda mengelolanya dengan baik. Anda dapat menyederhanakan pengelolaan proses bisnis jus buah dengan solusi terlengkap dari software F&B terbaik. Tanpa berlama-lama lagi, berikut ini merupakan peluang bisnis jus buah:

1. Usaha jus buah berjangka panjang 

Usaha pada bidang kuliner atau bisnis f&b memang berjangka panjang dan tidak ada matinya apalagi jika produk Anda merupakan makanan yang menjadi kebutuhan primer. Hal tersebut memang benar karena semua orang pasti memerlukan makan dan minum. Terlebih lagi saat ini mayoritas masyarakat telah menyadari pentingnya gaya hidup sehat dengan mengonsumsi buah-buahan. 

Dari sinilah peluang usaha juga buah muncul dan dapat berjalan dengan baik, karena perilaku konsumen masa kini lebih menyukai cara mengkonsumsi buah yang lebih mudah dan praktis namun tanpa mengurangi khasiatnya. Oleh karenanya tidak heran jika bisnis jus buah bisa memenuhi kebutuhan gaya hidup sehat masyarakat modern.

2. Modal usaha jus buah yang terjangkau 

Selain usaha yang berjangka panjang dan tidak akan pernah mati, Anda juga dapat menjalankan usaha ini dengan modal minimum. Seiring dengan perkembangan zaman, saat ini juga bahkan banyak franchise yang menawarkan kerjasama usaha jus buah dengan modal yang minim. Modal tersebut nantinya bisa Anda gunakan untuk membeli perlengkapan dan bahan baku seperti buah, gula, kemasan dan lain sebagainya. Selain itu, jangan lupa untuk memproyeksikan biaya-biaya lain seperti biaya listrik dalam catatan besaran modal Anda. 

3. Bahan baku mudah didapatkan 

Seperti yang kita ketahui bahwa Indonesia merupakan negara agraris yang menghasilkan banyak buah-buahan. Sehingga Anda tidak perlu khawatir dalam memilih bahan baku yang memiliki kualitas yang terbaik karena Anda dapat mengajak kerjasama supplier buah yang terbaik. Kemudian, untuk membeli bahan-bahan perlengkapan yang cukup sulit untuk didapatkan Anda bisa membelinya secara online melalui berbagai marketplace dan e-commerce yang ada.

Baca Juga: Manfaat E-Commerce untuk Maksimalkan keuntungan Bisnis Anda!

4. Pangsa pasar yang luas

Jus buah merupakan salah satu minuman yang memiliki banyak manfaat yang bagus untuk kesehatan tubuh. Selain rasa yang menyegarkan, kandungan vitamin, mineral, dan zat bermanfaat lainnya yang terkandung dalam jus buah membuat banyak orang menjadikan minuman ini sebagai minuman favorit mereka. Tidak memandang umur, mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa menyukai minuman jus buah. Sehingga Anda tidak perlu khawatir mendapatkan kerugian, karena pasarnya luas dan selalu ada.

Baca juga: Ketahui Strategi Pemasaran Terbaik untuk Meningkatkan Penjualan

 

Tips Memulai Usaha Jus Buah

memulai bisnis buah
sumber: freepik.com

Setelah melihat dan mengetahui peluang usaha jus buah ini, Anda pasti tertarik untuk membuka bisnis ini. Namun, Anda pasti juga bingung harus memulainya dari mana dan apa yang harus Anda lakukan pertama kali. Oleh karena itu, kami sajikan beberapa tips dalam memulai usaha jus buah sebagai berikut: 

1. Cari supplier yang berkualitas

Langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu mencari supplier atau pemasok bahan baku, dalam hal ini adalah buah-buahan dan alat pendukung lain. Carilah supplier yang memiliki kualitas baik itu kualitas buah dan pelayanan yang baik. Selain itu, perhatikan juga penawaran harga yang mereka tawarkan karena hal ini juga akan menentukan keuntungan yang Anda peroleh.

Cari pemasok yang selalu siap memasok bahan baku pada bisnis Anda. Akan lebih baik jika Anda memiliki hubungan yang baik dengan pemasok sehingga Anda dapat mengatur pembelian dengan mudah. Selain itu, Anda dapat meningkatkan kegiatan pembelian bahan baku bisnis dengan sistem pembelian terbaik. 

2. Bangun brand usaha jus buah yang menarik

Setelah mendapatkan supplier, hal yang harus Anda lakukan selanjutnya yaitu menentukan nama brand usaha jus buah. Brand bukan hanya sekedar merk dagang tetapi juga bagaimana konsep dari bisnisnya. Untuk itu Anda perlu untuk menentukan target market agar konsep bisnis sesuai dan akan mendatangkan keuntungan bagi bisnis. 

Selanjutnya, cari nama yang mudah masyarakat ingat dan logo yang menonjol tapi tidak norak. Gunakan perpaduan warna yang cocok dan terlihat menarik. Hal ini penting karena akan menjadi identitas dari bisnis Anda. Tujuan dengan membangun brand usaha adalah agar orang-orang dapat mengenal dan mengingat usaha Anda. Lakukanlah riset pasar sebelum menentukan brand untuk usaha Anda.

Baca Juga: Dapatkan Riset Pasar yang Aktual dengan Bantuan Google Trends

3. Cari lokasi yang strategis

Banyak orang yang meremehkan lokasi usaha, mereka menganggap asal rasanya enak semua orang pasti akan membeli produknya. Namun, perilaku konsumen saat ini lebih menyukai hal-hal yang praktis. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mencari lokasi yang strategis yang berada di tengah keramaian dan mudah dijangkau oleh banyak orang seperti sekolah atau kantor. Pemilihan lokasi yang kurang tepat akan membuat usaha jus buah kurang begitu ramai karena akses yang sulit untuk konsumen.

4. Lakukan inovasi produk jus buah

Usaha bidang kuliner memang tidak ada matinya, namun bukan berarti Anda tidak perlu melakukan inovasi produk. Pelanggan akan bosan jika hanya menu itu-itu saja yang Anda jual. Di sisi lain para pesaing Anda sedang melakukan berbagai inovasi rasa agar produknya disukai oleh masyarakat luas. Hal tersebut merupakan sebab bahwa inovasi juga sangat penting untuk Anda lakukan. Inovasi yang bisa Anda lakukan yaitu dengan membuat jus untuk kesehatan, jus untuk diet, dan lain sebagainya yang sudah diukur kebutuhan gizinya sesuai tujuan dari jus tersebut. Selain itu, jangan lupakan juga presentasi atau penampilan dari produk, Anda bisa menggunakan kemasan yang unik dan menarik.

Baca juga: Sistem POS Restoran: Pengertian, Manfaat, dan Tips Memilihnya

5. Gunakan sistem POS untuk memudahkan pengelolaan usaha jus buah 

usaha jus buah

 

Sebagai seorang pebisnis, Anda pasti tidak ingin mengecewakan pelanggan karena pelayanan yang lama, kesalahan menu, hingga kesalahan pembayaran. Anda dapat menghindari kesalahan-kesalahan tersebut dengan menggunakan bantuan software Point of Sales (POS) EQUIP. Software ini berbasis web sehingga Anda dapat menggunakannya kapanpun dan dimanapun selama terkoneksi dengan internet.

Selain itu, sistem ini juga akan membantu Anda dalam proses administrasi. Sistem POS terbaik ini akan mencatat segala bentuk transaksi dalam bisnis secara akurat dan realtime. Sehingga Anda akan lebih mudah untuk menentukan strategi bisnis kedepannya dan Anda akan lebih banyak menjangkau atau melayani pelanggan.

6. Promosikan usaha jus buah dengan menarik

Promosi produk juga merupakan hal yang penting dalam menjalankan sebuah bisnis, termasuk bisnis jus buah. Anda dapat melakukan promosi secara offline atau konvensional seperti menempelkan poster dan banner atau secara online dengan memanfaatkan sosial media, komunitas online, bahkan dengan menggunakan iklan berbayar. Keuntungan melakukan pemasaran atau promosi secara online adalah Anda bisa mendapatkan jangkauan pasar yang lebih luas. 

Dalam pemasaran online, sebaiknya gunakan gambar yang jelas dan menarik. Begitu juga dengan bahasa-bahasa promosi, sebisa mungkin gunakan bahasa yang bersifat persuasif untuk menyakinkan para konsumen. Strategi yang bisa Anda gunakan yaitu dengan memberikan promo online seperti buy one get one dan potongan harga pada hari-hari tertentu. Sedangkan secara konvensional Anda bisa menggunakan strategi kupon, misalnya apabila pelanggan telah membeli jus sebanyak tiga kali maka akan mendapatkan satu porsi jus gratis.

7. Perhatikan kebersihan bahan baku dan perlengkapan usaha jus buah Anda 

Hal penting lain yang harus Anda perhatikan saat membuka usaha kuliner khususnya usaha jus buah adalah tentang kebersihan, baik itu kebersihan bahan baku atau peralatan. Dalam memilih air mineral, sebaiknya pilih air mineral dengan kualitas terbaik. Selain itu, saat melayani satu pembeli atau satu porsi jus jangan lupa untuk mencuci blender dengan bersih. Apabila kebersihan terjaga dengan baik maka akan meningkatkan kepercayaan para konsumen maupun pembeli. Manjakan pelanggan dengan pelayanan penjualan yang cepat dengan menggunakan software CRM terbaik.

 

Modal & Estimasi Keuntungan Usaha Jus Buah

Berikut ini adalah gambaran besarnya modal dan keuntungan dari usaha jus buah: 

Modal Awal  Harga
Sewa tempat per bulan Rp 500.000
Both kecil Rp 3.000.000
Peralatan (blender, pisau, dll) Rp 500.000
Aneka buah-buahan untuk satu minggu Rp 1.000.000
Bahan-bahan lainnya (es batu, gula, air mineral, dll) Rp 100.000
Gelas plastik dan sedotan plastik Rp 100.000
Mesin cup sealer Rp 600.000
Biaya pegawai  Rp 1.500.000
Listrik per bulan  Rp 300.000
Air per bulan  Rp 150.000
Total biaya Rp 7.750.000

 

Modal awal yang perlu Anda persiapkan sekitar Rp 7.750.000. Angka tersebut bisa lebih kecil jika Anda sudah memiliki lokasi sendiri dan tidak menggunakan pegawai. Dalam satu hari tukang jus pinggir jalan bisa menjual sekitar 30 cup atau lebih dalam satu harinya. Apabila kamu menjual satu jusnya Rp 15.000, maka keuntungan yang bisa didapatkan dalam satu hari sekitar Rp 450.000 dan dalam sebulan bisa sekitar Rp 12.600.000. Jika ingin lebih mudah mengetahui berapa keuntungan yang Anda dapatkan selama sebulan, Anda bisa menggunakan sistem akuntansi terbaik untuk mencatat keuangan bisnis secara otomatis. 

Baca juga: POS (Point of Sale) Sistem Canggih yang Membantu Proses Jual Beli Bisnis Anda

 

Kesimpulan 

Demikianlah beberapa tips yang bisa Anda lakukan saat ingin membuka atau mengembangkan toko jus buah Usaha jus buah memiliki peluang yang besar mengingat bisnis ini merupakan usaha pada bidang kuliner yang tidak ada matinya. Selain itu, perilaku konsumen sekarang lebih menyadari untuk melakukan gaya hidup yang lebih sehat salah satunya dengan mengonsumsi buah-buahan. Karena besarnya peluang tersebut, banyak orang yang berlomba-lomba untuk membuka sebuah toko jus buah. Hal tersebut menyebabkan persaingan dalam bisnis ini semakin ketat.

usaha jus buah

Gunakan software POS terbaik untuk membantu Anda mengefisiensikan segala proses bisnis. Saat bisnis Anda berjalan dengan cepat maka konsumen akan lebih loyal dan dapat menjadi pelanggan tetap Anda. Permudah segala proses transaksi dan pelayanan pelanggan bisnis Anda menggunakan sistem POS terunggul ini.

Tunggu apalagi? Segera jadwalkan demo gratis dengan tim kami agar Anda dapat merasakan secara langsung kemudahan mengelola bisnis dengan bantuan software POS EQUIP.

Sepdia Qurrota Aini
Sepdia Qurrota Aini
A Junior Creative Content Writer at Hashmicro with passion for creative writing, relations and journalism.

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
+628111775117
×
Jadwalkan Demo Via WA