Strategi dan Cara Mengelola Usaha Roti Bakar dengan Software F&B

Usaha roti bakar saat ini termasuk usaha yang menjanjikan, sebab roti bakar termasuk sejenis makanan populer yang banyak digemari masyarakat Indonesia. Ada banyak alasan, kenapa bisnis roti bakar sampai detik ini menjadi usaha yang menjanjikan.

Salah satunya adalah karena tingginya permintaan akan roti bakar itu sendiri. Roti bakar termasuk makanan yang cukup banyak diminati di berbagai kalangan, mulai dari anak-anak, usia remaja hingga orang tua. Belum lagi, modal usaha roti bakar kekinian yang cukup terjangkau dan terdiri dari banyak pilihan rasa membuat konsumen menjadi lebih banyak pilihan.

Anda juga bisa menjalankan usaha roti bakar secara online, untuk mempermudah atau menjangkau pasar lebih luas. Jika anda pemula, maka harus tahu strategi yang tepat dalam menjalankan bisnis roti bakar.

DemoGratis

Strategi Mudah Dalam Meningkatkan Pengelolaan Usaha Roti Bakar

usaha roti bakar

Baca Juga : Rekomendasi Aplikasi Rumah Makan untuk Optimalkan Restoran Jelang Lebaran

Baru memulai bisnis roti bakar? Jika ya, maka ada beberapa strategi mudah yang bisa anda terapkan dalam meningkatkan pengelolaan usaha roti bakar. Berikut ulasannya :

1. Tawarkan Inovasi Rasa Baru yang Berbeda dari Tempat Lain

Salah satu trik yang bisa anda terapkan jika ingin berjualan roti bakar adalah dengan membangun bisnis yang berbeda. Berbeda di sini maksudnya adalah dengan menawarkan inovasi rasa baru yang berbeda dari tempat lain. Ada banyak varian rasa roti bakar yang bisa anda tawarkan kepada konsumen.

Beberapa varian yang bisa anda sediakan adalah roti bakar saus bologness, roti bakar telur asin, roti bakar stroberi dan krim keju, roti bakar isi ayam keju, serta roti bakar topping irisan kacang dan pisang.

Dengan inovasi rasa baru yang satu ini bisa meningkatkan nilai jual roti bakar sekaligus membuat Customer merasa tertarik mencicipinya. Namun perlu diingat, agar selalu menjaga kebersihan dan kualitas produk untuk mempertahankan kepercayaan Customer.

2. Buatlah Daftar Menu yang Unik

Dengan daftar menu makanan unik pada bisnis roti bakar anda penting sekali karena bisa menjadi pembeda antara bisnis anda dengan pesaing sekaligus dapat memikat perhatian Customer baru. Tidak hanya itu saja, daftar menu ini juga bisa membantu meningkatkan loyalitas dan penjualan pelanggan sebab mereka akan merasa tertantang dan tertarik mencoba menu yang baru dan belum pernah dicicipi sebelumnya.

Ini adalah cara efektif dalam memperluas pasar sekaligus dapat menarik Customer yang berbeda. Dalam hal ini, anda bisa menawarkan berbagai pilihan menu roti bakar bagi pelanggan yang sangat menyukai makanan asin, manis, atau penyuka makanan sehat. Melalui banyak pilihan menu, usaha roti bakar menjadi semakin menarik serta bisa mengakomodasi kebutuhan Customer yang berbeda.

Anda bisa mengandalkan aplikasi F&B dengan menambahkan harga, deskripsi dan foto untuk tiap-tiap pilihan menu roti bakar. Sehingga bisa membantu Customer dalam memilih menu sesuai yang Customer pesan dengan cepat dan mudah.

Baca Juga : Cara Meningkatkan Keuntungan Bisnis Bakery dengan Aplikasi Akuntansi

3. Tingkatkan Kepuasan Pelanggan

Software Customer Relationship Management atau CRM merupakan sistem untuk membantu bisnis roti bakar anda untuk mengelola hubungan yang baik bersama Customer. Ini adalah cara yang tepat untuk meningkatkan kepuasan Customer.

Ada beberapa cara memanfaatkan software CRM dalam meningkatkan kepuasan Customer dalam bisnis roti bakar anda, antara lain :

  • Dapat memantau pelanggan menggunakan software CRM dengan melacak perilaku pelanggan dan riwayat pembelian. Hal tersebut bisa membantu anda memahami kebutuhan Customer sekaligus menyesuaikan promosi maupun produk sesuai preferensi pelanggan.
  • Melalui informasi yang anda dapatkan lewat software CRM, anda bisa melakukan personalisasi promosi dan layanan pelanggan. Contohnya, dengan pemberian diskon khusus maupun penawaran produk tambahan sesuai preferensi.
  • Software CRM bisa membantu anda tetap terhubung pada pelanggan, antara lain dapat mengirim pesan teks, email promosi, hingga melakukan panggilan demi menanyakan keadaan Customer.
  • Anda juga bisa memantau feedback atau umpan balik Customer, baik itu umpan balik negatif maupun positif. Sehingga bisa membantu anda meningkatkan kualitas layanan dan produk.

Cara Mudah Mengelola Usaha Roti Bakar

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dalam mengelola bisnis roti bakar, antara lain :

1. Gunakan Lokasi yang Strategi Seperti Pinggir Jalan

Pemilihan lokasi tentu saja sangat penting bagi bisnis anda. Pilihlah lokasi atau tempat yang mudah dijangkau dan strategis bagi konsumen. Anda sebaiknya memilih lokasi seperti di pinggir jalan, dekat sekolah, kampus, kantor-kantor atau area strategis lainnya.

2. Permudah Transaksi Usaha Roti Bakar dengan Software POS

Memanfaatkan aplikasi atau software Point of sales (POS) bisa mempermudah transaksi bisnis roti bakar kekinian anda melalui cara di bawah ini :

  • Melalui software POS, membat seluruh transaksi proses pejualan bisa anda catat secara otomatis dengan mudah. Anda tidak lagi harus mecatat semua transaksi dengan cara manual, karenanya dapat meminimalisir terjadinya risiko kesalahan sekaligus dapat mempercepat pencatatan.
  • Aplikasi berbasis POS bisa membantu anda melakukan pemantauan stok bahan baku pembuatan roti bakar dengan cara real time. Selain itu, anda bisa mengecek jumlah ketersediaan stok, mengetahui kapan waktu untuk melakukan pemesanan bahan baku yang baru dan mengelola persediaan.
  • Software POS bisa mempercepat transaksi. Melalui scanner barcode, maka produk anda bisa anda scan dengan mudah dan cepat. Tidak hanya itu, software ini juga bisa memproses transaksi secara efisien dan lebih cepat.
  • Aplikasi POS bisa memastikan keamanan proses transaksi, karena sudah memiliki fitur keamanan berupa enkripsi data, password maupun audit trail demi memastikan proses transaksi berjalan secara aman.

Baca Juga : 7 Cara Memulai Usaha Kuliner dengan Aplikasi Bisnis Makanan

3. Rekrut Karyawan yang Kompeten

Apabila bisnis anda sudah semakin berkembang, pertimbangkan merekrut karyawan. Namun tentu saja, karyawan yang harus anda rekrut adalah yang benar-benar kompeten, berpengalaman, serta terampil membuat roti bakar.

4. Permudah Kelola Berbagai Cabang Usaha Roti Bakar dengan Software Retail

Mengelola banyak cabang bisnis roti bakar termasuk hal yang cukup sulit, membutuhkan upaya besar untuk mengkoordinasikan berbagai aktivitas usaha. Akan tetapi, dengan memakai sofware retail, maka anda bisa memudahkan sistem pengelolaan usaha roti bakar hingga di beberapa cabang melalui beberapa langkah berikut ini :

  • Anda bisa memantau aktivitas usaha di seluruh cabang secara realtime.
  • Dapat mengelola persediaan produk di seluruh cabang serta melakukan orderan bahan baku dengan efisien.
  • Memungkinkan anda dapat menganalisa data sales atau penjualan hingga di setiap cabang.
  • Meningkatkan efisiensi sistem operasi.
  • Bisa menghemat uang dan waktu untuk mengelola bisnis roti bakar anda hingga di beberapa cabang.

5. Promosikan Usaha Roti Bakar Anda dengan Baik

Kini anda bisa mulai mempromosikan bisnis dengan baik. Mulai dari membangun brand image yag kuat untuk keberhasilan bisnis, menawarkan diskon dan promo di waktu-waktu tertentu, memakai media sosial, membuat situs web, bergabung dalam acara-acara tertentu, dan memberikan pengalaman customer yang memuaskan.

Baca Juga : Cara Jitu Membuat Daftar Menu yang Menarik untuk Sukseskan Bisnis F&B Anda

Kesimpulan

FnB

Jika anda menginginkan usaha roti bakar berhasil mendatangkan banyak pengunjung dan pembeli, maka praktekkan langkah-langkah mengelola bisnis di atas dengan mudah. Anda juga bisa menggunakan bantuan software F&B dan software retail EQUIP untuk mengelola cabang bisnis roti bakar anda.

Artikel Terkait

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
628111775117
×

Aurel

Active Now

Aurel

Active Now