Ide Bisnis Online Tanpa Modal yang Menguntungkan Tahun 2022

Belakangan ini dari kita pasti banyak melihat orang menjalankan bisnis online. Bisnis ini mudah dijalankan dimana dan kapan saja. Hanya dengan jaringan internet, maka Anda sudah bisa mendapatkan penghasilan tanpa harus mengeluarkan banyak modal. Untuk memudahkan pengerjaan, Anda dapat menggunakan sistem retail yang dapat menyederhanakan sistem. Selain itu Anda dapat mengelola beragam aktivitas bisnis ritel seperti manajemen inventaris, eCommerce, pengelolaan pelanggan, dan aktivitas lainnya dengan Software ERP Retail dari EQUIP.

Salah satu alasan banyak orang yang tidak ingin menjalankan bisnis karena masalah modal yang cukup besar. Beruntungnya, di zaman yang sudah berkembang dan maju ini, Anda dapat melakukan bisnis yang bermodal kuota internet yang setiap harinya kita pakai. Belakangan ini banyak bisnis trend yang dapat Anda lakukan tanpa mengeluarkan modal besar. Banyak potensi bisnis untuk masa kini yang bisa Anda terapkan dari rumah, mulai dari Youtuber, freelancer, reseller, admin media sosial, designer, blogger, dan copywriter. Anda dapat memakai aplikasi retail yang memiliki fitur terlengkap untuk menyederhanakan pengerjaan bisnis Anda. 

Bisnis Online

Peluang Membuka Bisnis Online pada Masa Kini

Meskipun banyak orang yang terkena dampak pandemi, namun banyak orang juga yang menjadikannya sebagai peluang membuka bisnis online saat ini. Peluang membuka bisnis online dapat Anda lakukan di rumah, dengan modal jaringan internet saja Anda sudah mendapatkan keuntungan.  

Tantangan dalam Menjalankan Bisnis Online

Berjualan online tentu harus memiliki target penjualan sebanyak-banyaknya. Tentunya Anda juga akan menghadapi berbagai tantangan untuk mencapai target tersebut. Hal ini terjadi karena beberapa faktor mulai dari kendala permodalan, stok produk, karyawan sampai dengan proses produksi dan promosi. Agar bisnismu berjalan dengan baik, simak tantangan dan hambatan ketika bisnis online yang perlu Anda waspadai:

  • Pertama adalah kompetitor yang merupakan tantangan dalam menjalankan bisnis online. Tempatkan diri Anda secara profesional agar bisa sejajar dengan mereka dan bisa memenangkan persaingan.
  • Kedua yaitu digital marketing. Ketika Anda membuka bisnis online, maka Anda harus melek terhadap trend yang sedang terjadi saat itu. Anda perlu mempelajari skill apa yang diperlukan dalam sebuah pemasaran digital. Contoh pemasaran digital bisa melalui media sosial, chat online,  mengiklankan produk, dan sebagainya.
  • Selanjutnya adalah menentukan target pasar yang tepat juga menjadi salah satu tantangan. Langkah sebaiknya, Anda lakukan riset terlebih dahulu untuk menentukan audiens. Setelah itu, Anda perlu mempertahankan audiens dengan memberikan pelayanan profesional, ramah, dan terpercaya.
  • Saat mengelola finansial juga memiliki ketergantungan dan hubungan erat dengan  hambatan pengelolaan. Keterbatasan budget bisa jadi membuat lebih khawatir. Untuk mengantisipasinya, sisihkan keuangan Anda untuk dana darurat dalam bisnis yang berguna untuk dana yang akan dipakai sewaktu-waktu ketika terjadi hal darurat ketika bisnis Anda sudah tidak memiliki pegangan uang.

Baca juga: Manfaat E-Commerce untuk Maksimalkan keuntungan Bisnis Anda!  

Tips Melakukan Pemasaran Bisnis Online yang Baik dan Benar

Setelah Anda membaca mengenai peluang dan tantangan, jadi Anda tertarik untuk membuka bisnis online kan? Ketika sudah membuka bisnis, pastikan Anda memilih langka yang tepat dan sesuai untuk promosi bisnis Anda. Berikut tips dan cara melakukan pemasaran bisnis yang baik dan benar:

  1. Pilih nama yang mudah dikenal agar mudah melakukan branding. Hal ini akan membuat masyarakat umum lebih mudah familiar dan menemukannya di pasaran. 
  2. Tampilkan foto produk yang berkualitas agar memikat banyak orang untuk melihat dan mencari tahu tentang produk yang Anda tawarkan. Jadi, pastikan Anda selalu menggunakan foto produk yang berkualitas baik.
  3. Buat akun sosial media khusus bisnis sebagai wadah untuk mempromosikan bisnis online Anda. Sosial media memiliki jangkauan yang luas untuk memasarkan produk agar bisa dilihat lebih banyak orang. Selain itu, sosial media juga dapat menjadi tempat untuk berkomunikasi dengan pelanggan. 
  4. Lakukan promosi yang tepat setelah semua konsep yang Anda rancang. Tanpa adanya promosi, maka bisnis Anda tidak dapat diketahui oleh banyak orang. Jadi, lakukan promosi dan pemasaran yang tepat agar bisnis online berjalan dengan lancar dan Anda mendapatkan keuntungan dari hasil berbisnis.

Beberapa Ide Bisnis Online Tanpa Modal yang Sedang Populer

Setelah Anda memahami mengenai persiapan, tantangan, dan hambatan, serta tips dalam menjalankan bisnis online, mari beralih ke topik pembahasan selanjutnya. Ide bisnis yang berkembang dan banyak digemari saat ini. Berikut tujuh ide bisnis online tanpa modal saat ini.

1. Youtuber

Sumber: freepik.com

Menjadi salah satu platform berbagi video yang paling banyak dipakai saat ini. Melalui platform ini memberikan bayaran kepada para creator setiap bulan bagi yang rajin meng-upload video di Youtube. Modal yang Anda perlukan hanya laptop, kamera atau handphone, serta jaringan internet untuk mengunggahnya. Maka, tidak heran sudah banyak orang mulai memanfaatkan Youtube sebagai ladang bisnis dengan modal yang ada di sekitar. 

2. Freelancer

Sumber: freepik.com

Menjadi seorang freelanceeer dapat dilakukan oleh siapa saja mulai dari pelajar, mahasiswa, karyawan, hingga ibu rumah tangga. Banyak berbagai bidang pekerjaan dari berbagai situs freelancer, yaitu Sribulancer, Projects.co.id, fiverr, dan masih banyak lagi. Terdapat berbagai pekerjaan seperti penulisan artikel, pembuatan desain, entry data, dan lain-lain.

3. Reseller

reseller
Sumber: freepik.com

Selain freelancer, bisnis reseller juga tidak memerlukan modal. Anda hanya dengan menghubungi pihak supplier dan nantinya pihak supplier akan mengirimkannya ke pembeli. Jadi, Anda pebisnis reseller tidak perlu untuk menyimpan stok barang. Selain itu, ketika Anda menjadi reseller membutuhkan sistem software retail untuk melacak pesanan pelanggan secara otomatis.

4. Admin media sosial

Sumber: freepik.com

Siapa bilang media sosial tidak memerlukan admin untuk mengelolanya? Menjadi admin media sosial bisa menjadi peluang bisnis saat ini. Banyak perusahaan dan pebisnis yang membutuhkan jasa admin dalam mengelola, membranding produk mereka. Untuk menjadi seorang admin, memiliki kriteria orang yang selalu update, kreatif, dan mengikuti trend.

Baca juga: 5 Rekomendasi Aplikasi Retail Terbaik untuk Bisnis Anda!

5. Desainer

Sumber: freepik.com

Desain merupakan suatu hal yang utama dan bersifat dasar, khususnya dalam mengelola bisnis online. Sering kali, desain dalam platform bisnis menjadi pandangan pertama ketika orang awam mengunjungi web mereka. Jika Anda memiliki keahlian dalam bidang HTML dan bisa membuat desain yang bagus, Anda dapat membuka jasa untuk membuat situs web yang menarik perhatian dan mudah dimengerti oleh kaum awam untuk bisnis kecil maupun bisnis besar. Gunakan keahlian Anda untuk bisnis yang menawarkan produk secara online melalui web yang Anda rancang.

6. Blogger

Bisnis Online
Sumber: freepik.com

Hanya bermodal laptop dan jaringan internet, Anda sudah bisa menjadi seorang blogger. Penghasilan blogger berasal dari PPC, salah satu contohnya Google AdSense yang akan mendapatkan penghasilan setiap bulannya. Semakin banyak orang yang mengunjungi blog Anda, semakin banyak pula pendapatan yang akan Anda terima. Kunci kesuksesan seorang blogger adalah selalu menyajikan konten yang menarik, bermanfaat, dan berkualitas bagi para penggunaa internet.

7. Copywriter

Bisnis Onlinr
Sumber: freepik.com

Anda gemar menyusun kata-kata yang menarik? Jika iya, bisnis online menjadi seorang copywriter cocok untuk Anda. Penghasilan seorang copywriter didapat dengan menyusun dan menulis kaata-kata kreatif yang membuat orang tertarik untuk membeli atau menggunakan suatu produk. Anda harus lebih banyak menulis suatu hal yang diminta. Sebelumnya, Anda dapat berlatih dengan menulis di blog sebelum melamar di posisi copywriter sebuah perusahaan.

Gunakan Aplikasi Software Retail untuk Bisnis Online

Dari ketujuh bisnis online yang tertulis di atas dan jika Anda tertarik menjadi reseller, gunakan aplikasi retail untuk bisnis reseller Anda. Apa manfaat dari menggunakan software retail? Dalam pengelolaan bisnis, dapat menyederhanakan dan menyingkat waktu pengerjaan Anda. Sehingga pekerjaan menjadi efektif dan efisien dan tugas dapat selesai tepat waktu. Selain itu, dengan software retail dari EQUIP, maka Anda akan mendapatkan hasil data dengan akurasi yang aktual, akuran, dan real time. 

Dapatkan demo gratis dan nikmati fitur serta modul yang sudah tersedia oleh EQUIP. Mulai dari Rp 75.000/bulan Anda sudah dapat menggunakan fitur-fitur dari EQUIP untuk bisnis reseller Anda!

Kesimpulan

Bisnis online

Setelah Anda membaca artikel ini, ternyata memang sudah banyak bisnis online yang dapat Anda lakukan tanpa modal dan bahkan bisa dilakukan di rumah. Bisnis yang berbasis online ini dapat Anda lakukan di mana saja yang memiliki jaringan internet. Khususnya bagi Anda yang tertarik menjadi reseller, dapat menggunakan software retail untuk menyederhanakan pengerjaan. Dapatkan demo gratis dan daftarkan diri Anda sekarang!

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
+628111775117
×
Jadwalkan Demo Via WA