Customer Satisfaction: Definisi Cara Meningkatkannya

Customer satisfaction merupakan sebuah istilah yag artinya adalah kepuasan pelanggan. Akan tetapi ada beberapa faktor tertentu yang berpengaruh terhadap perilaku konsumen terhadap kepuasan bisnis anda.

Apabila faktor-faktor ini dapat terpenuhi, tentu saja membuat loyalitas pelanggan dapat tercipta, sehingga membuat keuntungan usaha meningkat. Meskipun di tengah-tengah ketatnya persaingan bisnis saat ini, tentu saja perusahaan harus tetap bertahan karena Customer harus memperoleh pelayanan terbaik.

DemoGratis

Definisi Customer Satisfaction

Customer Satisfaction merupakan sebuah perasaan yang muncul sesudah pelanggan mengkonsumsi atau memakai layanan maupun produk yang perusahaan tawarkan. Lalu membandingkannya dengan harapan dan ekspektasi yang konsumen harapkan.

Dalam dunia persaingan usaha, mempertahankan sekaligus meningkatkan customer satisfaction bisa sangat berguna. Sebuah perusahaan dengan kepuasan pelangga yang tinggi biasanya cederung lebih baik dan unggul dari pesaignya.

Perusahaan juga penting sekali untuk menjaga kepuasan pelanggan supaya tetap tinggi.

Manfaat Customer Satisfaction

customer satisfaction

Ada banyak sekali manfaat yang dapat bisnis anda dapatkan dari kepuasan pelanggan, berikut ini :

1. Selalu Menjadi Pilihan Pelanggan

Saat customer merasa puas berkat pengalaman mereka menggunakan produk atau bisnis kamu, maka mereka cenderung untuk selalu kembali pada bisnis anda.

2. Loyalitas Meningkat

Customer yang merasa puas biasanya akan lebih loyal pada bisnis anda, sehingga bisa membantu mempertahankan Customer.

3. Promosi Secara Tidak Langsung

Customer yang sudah merasa puas dengan layanan dan produk yang anda tawarkan, tentu akan merekomendasikan usaha anda kepada kerabat, teman atau orang lain yang dikenalnya. Sehingga bisa membantu anda mendapatkan customer baru lewat ucapan positif terkait produk anda secara mouth to mouth.

4. Penghasilan Lebih Tinggi

Customer yang merasa puas mungkin telah bersedia mengeluarkan uang lebih banyak untuk produk maupun jasa, yang bisa menghasilkan profitabilitas dan penghasilan lebih tinggi pada bisnis anda.

5. Meningkatkan Reputasi

Penilaian terhadap kepuasan pelanggan secara positif bisa membantu anda untuk meningkatkan reputasi usaha anda yang tentu saja bisa megarah terhadap peningkatan kredibilitas dan kepercayaan pelanggan.

Faktor yang Memengaruhi Customer Satisfaction

Selain mengetahui manfaat kepuasan pelanggan, anda juga harus mengetahui faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan berikut ini :

  1. Kualitas Produk

Faktor yang satu ini berkaitan degan produk perusahaan secara langsung yang sudah anda tawarkan ke pelanggan. Apabila produk yang dibuat memiliki kualitas yang baik, tentu saja pelanggan merasa sangat puas. Sehingga, anda dapat mempertahankan sekaligus meningkatkan produk jualan anda supaya pembeli bersedia untuk menjadi customer tetap.

2. Menawarkan Pelayanan Berkualitas

Dalam sebuah bisnis, pelayanan terhadap customer merupakan hal yang wajib untuk selalu diperhatikan. Melalui pelayaan yang terbaik, tentu saja pelanggan akan merasa lebih senang dan puas. Sebab kunci mendapatkan Customer loyalty ialah lewat pelayanan terbaik.

3. Menawarkan Harga Relevan

Ketika sebuah produk mempunyai kualitas serupa dari produk yang lainnya, tapi anda menawarkan harga produk lebih murah, dengan demikian anda akan memperoleh nilai produk yang baik serta bisa memuaskan Customer anda. Selain itu, produk anda juga akan dianggap lebih baik bagi pelaggan jika produk yang anda tawarkan lebih murah harganya dari produk yang telah kompetitor tawarkan.

4. Memiliki Akses Mudah ke Produk Anda

Utuk poin keempat ini maksudnya ialah kemudahan kepada customer yang ingin mendapatkan sebuah produk atau ingin melakukan transaksi pembayaran. Maka dari itu, tidak sedikit perusahaan yang menawarkan kemudahan bertransaksi serta tidak mau membuang waktu lebih banyak untuk customer yang akan melakukan pembelian.

Cara Mengukur Customer Satisfaction

Dengan melakukan pengukuran tingkat kepuasan pelanggan, maka anda dapat menganalisa dan menentukan langkah tepat agar mendapatkan atau mempertahankan customer baru. Begini cara mengukur customer satisfaction :

1. Memaksimalkan Metode Saran dan Keluhan

Ketika ada customer yang memberikan keluhan atua saran yang disampaikan langsung, hal tersebut wajib anda gunakan dengan baik agar anda dapat mengetahui tingkat kepuasan pelanggan yang telah anda berikan.

Namun di era digital seperti sekarang, saran dan masukan biasanya sering disampaikan lewat media sosial dan email. Maka dari itu, anda dapat menggunakan kedua media tersebut dengan baik.

Setiap informasi keluhan dan saran customer dapat dijadikan sebagai masukan bagi perusahaan untuk mengatasi setiap permasalahan.

2. Memakai Layanan Ghost Shopping

Maksud dari layanan ghost shopping ini yaitu mereka yang telah disewa agar seakan-akan bersikap sebagai konsumen atau pembeli. Metode ini dapat anda terapkan untuk memperoleh gambaran mengenai kepuasan pelanggan.

Selain itu, ghost shopper nantinya bertugas mengamati bagaimana perusahaan serta kompetitor dalam memberikan pelayanan, kemudian menjawab serta menanggapi keluhan customer.

Sesudah mereka mendapatkan informasi, mereka akan langsung memberikan laporan mengenai plus minus produk perusahaan sekaligus kompetitor sesuai pengalaman mereka membeli produk.

3. Survei Kepuasan Pelanggan

Survei kepuasan pelanggan merupakan metode paling sering dan banyak dilakukan berbagai perusahaan untuk mengukur tingkat kepuasan pelanggan itu sendiri. Sebagai wirausaha, anda berwenang menanyakan sebuah pendapat kepada para pelanggan.

Ada beberapa pilihan survei yang dapat anda pakai dalam mengukur tingkat kepuasan pelanggan :

  • Customer Satisfaction Score, merupakan cara untuk mengukur kepuasan pelanggan melalui banyak varian pertanyaan mendasar serta jawaban dengan skor maupun skala tingkat tertentu, antara lain puas, sangat puas, sangat tidak puas, netral, dan tidak puas.
  • Net Promoter Score, biasanya diterapkan perusahaan supaya dapat mengecek jumlah pelanggan yang merekomendasikan bisnis atau produk perusahaan ke orang yang ada di sekitarnya.

Cara Meningkatkan Customer Satisfaction

Ada beberapa metode yang bisa anda gunakan untuk dapat meningkatkan kepuasan pelanggan, antara lain :

1. Pahami Keinginan dan Kebutuhan Customer

Pelajari kebutuhan, preferensi dan juga keinginan customer anda dengan cara melakukan wawancara, survei hingga obrolan informal bersama mereka. Jika memahami harapan dan kebutuhan pelanggan, maka anda bisa memberikan produk maupun layanan yang tepat sesuai keinginan pelanggan.

2. Perhatikan Kualitas Produk maupun Jasa

Pastikan produk maupun layanan yang ditawarkan memiliki kualitas tinggi, sesuai yang telah dijanjikan. Dengan kualitas produk yang baik bisa meningkatkan kepercayaan customer terhadap bisnis yang anda jalankan.

3. Jaga Komunikasi dengan Baik

Silakan berikan informasi dengan akurat dan jelas kepada customer mengenai produk maupun layanan yang anda tawarkan. Selanjutnya, berikan pelayanan kepada pelanggan secara profesional dan ramah.

4. Tingkatkan Pengalaman Pelanggan

Anda juga bisa memberikan pengalaman customer yang berkesan dan menyenangkan, dengan cara menyuguhkan lingkungan yang ramah, nyaman dan juga menyenangkan. Selain itu, tawarkan produk maupun layanan sesuai keinginan dan kebutuhan pelanggan anda.

5. Respon Feed Pelanggan

Anda juga harus mendengarkan kemudian menanggapi setiap feed atau umpan balik customer dengan tanggap dan cepat. Apabila ada masalah atau keluhan, langsung tanggapi.

CRM

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat kita simpulkan bahwa customer satisfaction memiliki peranan yang begitu penting untuk keberlangsungan usaha. Karena tingkat kepuasan pelanggan dapat meningkatkan loyalitas pelanggan, retensi pelanggan, dan meningkatkan reputasi usaha anda. Untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dengan software CRM, anda bisa menggunakan bantuan dari EQUIP ERP. Tingkatkan kepuasan pelanggan Anda dengan demo gratis dari EQUIP.

Aruna Citra Dewi Kartini
Aruna Citra Dewi Kartini
A highly motivated and tech-savvy individual with a demonstrated ability to produce high-quality content that engages audiences and achieves marketing goals.

Artikel Terkait

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Gabriella
Balasan dalam 1 menit

Gabriella
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami.
628111775117
×

Gabriella

Active Now

Gabriella

Active Now