8 Cara Mulai Bisnis Hijab yang Sukses dari Nol

Bisnis hijab di tanah air mempunyai peluang pasar sangat besar. Lantaran mayoritas dari penduduk Indonesia merupakan muslim. Inilah yang membuat tingginya permintaan kerudung atau hijab sebagai salah satu bagian dari pakaian syar’i.

Bukan hanya dari faktor keagamaan saja, tetapi tren fashion ini juga kian berkembang di negara Indonesia. Dengan produsen dan desainer hijab yang semakin banyak menawarkan berbagai macam hijab yang menawarkan bahan dan desain menarik, yang membuat minat masyarakat semakin tinggi.

Jika anda ingin memulai bisnis hijab dari nol, berikut beberapa langkah yang bisa anda lakukan :

DemoGratis

Baca Juga: Mengenal Tahap Proses Bisnis yang Meningkatkan Keberhasilan Bisnis Anda

Tentukan Target Pasar yang Ingin Anda Layani

Target pasar adalah hal terpenting yang harus anda tentukan. Selain itu, target pasar juga dapat menentukan kelancaran bisnis anda secara berkelanjutan.Namun, sebelum anda menentukan target market bisnis hijab, anda harus mempertimbangkan jenis yang akan anda jual.

Misalnya, apakah jenis hijab formal, sporty atau casual. Di bawah ini, ada beberapa faktor pertimbangan untuk memilih target market usaha hijab :

  • Demografi, berupa jenis kelamin, usia, agama, status agama danj juga budaya adalah faktor terpenting untuk menentukan target market. Contohnya, anda memilih menjual hijab casual yang lebih diminati wanita muda, sementara hijab formal biasanya lebih disukai wanita dewasa.
  • Gaya hidup, faktor selanjutnya adalah gaya hidup. Misalnya saja, wanita karir mungkin lebih menyukai hijab-hijab yang mudah dipakai dan praktis, sementara wanita yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga lebih memilih model hijab yang lebih nyaman menyesuaikan aktivitasnya.
  • Lokasi, faktor penentu target pasar selanjutnya adalah lokasi bisnis. Apakah lokasi di pedesaan atau perkotaan. Seperti misalnya, hijab sporty yang lebih diminati wanita di pedesaan yang banyak beraktivitas fisik.

Anda bisa meminta bantuan software CRM untuk mengakomodasi setiap aktivitas penjualan dan pemasaran perusahaan, termasuk dalam menentukan target pasar usaha hijab anda. Sehingga, anda dapat memetakan persebaran untuk target market sesuai niche tertentu.

Buat Model dan Keunikan dari Produk Hijab Anda

Bisnis Hijab

Supaya bisnis hijab anda lebih sukses, langkah selanjutnya setelah menentukan target pasar adalah membuat model hijab dan keunikan dari produk hijab anda. Jika anda memang tertarik untuk memproduksi hijab sendiri.

Ada beberapa model produk hijab yang dapat dibuat lewat berbagai macam gaya dan desain. Akan tetapi, ada beberapa jenis model hijab yang tengah populer, seperti model jilbab segi empat, pashmina, dan model turban.

Adapun keunikan produk hijab bisa dilihat berdasarkan bahan material yang anda gunakan, aksesoris yang anda pakai dan warna serta motif hijab yang dipilih.

Temukan Supplier Bahan Hijab Berkualitas

Setelah anda merancang model serta keunikan hijab, anda harus memilih bahan hijab berkualitas. Untuk mendapatkan hijab yang berkualitas, maka anda harus menentukan supplier bahan hijab terbaik.

Ada beberapa tips untuk menemukan supplier bahan hijab berkualitas, yaitu bisa dengan mencari informasi terkait supplier hijab di internet, menanyakannya lewat kolega atau teman, mengunjungi toko bahan atau pameran, memperhatikan kualitas bahan, serta mengecek harganya.

Miliki Penjahit Produksi yang Memiliki Keterampilan

Bisnis Hijab

Setelah menemukan supplier bahan hijab terbaik, langkah membangun bisnis hijab selanjutnya adalah miliki penjahit produksi yang mempunyai keterampilan yang baik. Hal ini karena penjahit adalah salah satu bagian yang berperan penting dalam menentukan kualitas produk.

Dengan memiliki penjahit hijab yang mempunyai keterampilan, bisa meningkatkan kualitas produksi, meningkatkan efisiensi produksi, jaminan konsistensi produk, meningkatka reputasi merk dan inovasi desain.

Baca Juga: Tips Sukses Mengembangkan Bisnis Salon yang Menguntungkan

Buat Foto Produk yang Menarik Untuk Bisnis Hijab Anda

Setelah anda memproduksi hijab, selanjutnya mulai memasarkan produk hijab dengan membuat foto produknya terlebih dahulu. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memotret produk jilbab atau hijab yang bisa menarik pembeli :

  • Terapkan pencahayaan yang seimbang dan cukup terang agar produk hijab tampak menarik dan jelas.
  • Perhatikan warna pada hjab, supaya lebih menarik dan fotonya lebih akurat.
  • Memilih background sederhana serta netral agar fokus pada hijab yang anda foto.
  • Memakai model yang sesuai dengan hijab anda serta pastikan mereka menggunakan hijab dengan menarik dan benar.
  • Tampilkan produk secara detail, dengan memotret hijab lewat berbagai sudut.
  • Buat foto secara konsisten, terutama konsistensi latar belakang, sudut pandang dan cahaya, agar pembeli bisa melihat hijab anda dengan jelas.
  • Editing foto seperlunya dan tidak berlebihan agar produk anda terlihat menarik dan natural.

Dengan memenuhi tips di atas, bisa membantu menarik daya beli konsumen.

Jual Produk di e-Commerce Untuk Memperluas Bisnis Hijab Anda

sistem penjualan daring

Bagaimana, sudah mempersiapkan foto produk hijab anda? Jika sudah, selanjutnya anda tinggal menjual produk hijab di e-commerce. Ini adalah cara efektif yang dapat memperluas jangkauan pembeli sekaligus dapat meningkatkan penjualan.

Anda juga dapat mengandalkan aplikasi CRM yang terintegrasi dengan e-Commerce. Bisnis e-commerce yang telah terintegrasi dalam aplikasi CRM bisa melihat kecenderungan pembeli pada waktu-waktu yang telah ditentukan. Biasanya kecenderungan perilaku tersebut inilah yang dapat dimanfaatkan dalam menggagas inovasi tepat sasaran.

Baca Juga: 10 Strategi Bisnis Fashion dengan Bantuan Software CRM

Lakukan Digital Marketing yang Kreatif 

Sekarang, waktunya anda memaksimalkan pemasaran bisnis hijab dengan melakukan digital marketing yang kreatif. Dengan digital marketing tentu saja bisa menjangkau target market via online dengan efisien dan efektif.

Digital marketing memiliki banyak peran dalam memasarkan produk hijab anda, antara lain dapat meningkatkan jangkauan pasar, meningkatkan penjualan, menekan biaya promosi, memperkuat branding dan dapat meningkatkan pengalaman konsumen.

Anda juga dapat menggunakan bantuan dari software CRM untuk memaksimalkan digital marketing, yang nantinya dapat mengelola informasi kontak konsumen, membangun prospek serta dapat menilai prospek.

Bangun Hubungan Positif Dengan Pelanggan Bisnis Hijab Anda

Bisnis Hijab

Membangun relationship atau hubungan positif bersama pelanggan bisa menjaga loyalitas konsumen terhadap perusahaan atau usaha hijab anda. Dengan pelanggan yang benar-benar loyal, bisa menyebarkan berita atau review positif mengenai usaha anda kepada lebih banyak orang.

Dengan bantuan software CRM, anda bisa mewujudkan hubungan positif bersama pelanggan. Manfaat CRM ini adalah membuat segmentasi lebih baik, membuat pengetahuan konsumen lebih baik, retensi pelanggan lebih baik, dan mengetahui apa yang dibutuhkan pelanggan.

Ada beberapa komponen CRM yang dapat mengatur hubungan anda bersama pelanggan, antara lain otomatisasi penjualan, manajemen SDM, manajemen leads, customer service, pemasaran, otomatisasi alur kerja dan pelaporan.

Baca Juga : Apa itu Customer Loyalty dan Tips Untuk Mengoptimalkannya

Kesimpulan

Dengan langkah-langkah memulai bisnis hijab di atas, maka anda dapat memaksimalkan penjualan dan keberhasilan saat menjual produk hijab yang anda tawarkan. Jangan lupa, untuk membangun usaha hijab anda memerlukan akuntansi EQUIP ERP untuk mengelola kas perusahaan dengan mudah.

Mengingat bagaimanapun, hal terpenting dalam bisnis adalah anda harus bisa mengelola keuangan bisnis agar dapat memaksimalkan profit atau keuntungan bisnis. Oleh karena itu, anda membutuhkan bantuan software keuangan dari EQUIP ERP agar terintegrasi dengan bisnis anda dan tidak perlu repot-repot membuat laporan keuangan manual.

Demo Gratis EQUIP ERP Sekarang untuk Bantu Bisnis Anda Naik Level!

Retail
Eka Mulia
Eka Mulia
Hello, I'm Mohammad Eka Mulia, a junior content writer passionate about crafting compelling stories and engaging copy to help businesses and individuals reach their target audience through effective content. I bring a fresh perspective and eagerness to learn and grow in content creation.

Artikel Terkait

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Gabriella
Balasan dalam 1 menit

Gabriella
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami.
628111775117
×

Gabriella

Active Now

Gabriella

Active Now