Pengaruh Brand Image sebagai Impresi Pelanggan dalam Keputusan Pembelian

Dalam dunia bisnis, brand image merupakan sebuah konsep yang dapat menentukan persepsi konsumen terhadap suatu produk. Maka dari itu, perusahaan berlomba untuk membangun sebuah brand image yang baik dan mampu memikat hati dan perhatian pelanggan. Namun untuk membangun sebuah brand image yang baik bukanlah sebuah proses yang singkat. Perusahaan perlu untuk melewati beberapa peningkatan dari produk itu sendiri untuk membangun sebuah brand image. Anda dapat menggunakan software ERP dari EQUIP yang dapat mengefisiensikan manajemen bisnis Anda. Salah satu contohnya adalah menggunakan aplikasi CRM terbaik yang mampu meningkatkan kualitas prospek dari bisnis Anda.

Dengan membangun brand image, hal ini dapat membawa pengaruh dan dampak yang besar bagi bisnis dan target audiens Anda. Keuntungan lainnya adalah dengan ini maka publik akan lebih mudah untuk mengenal bisnis Anda. Misalnya saat iklan atau campaign yang Anda jalani muncul, mereka akan langsung mengetahui apa produk tersebut dari brand image yang sudah Anda bangun. Contohnya adalah brand Aqua yang mana menjadi sebuah top mind jika seseorang ingin air mineral, atau brand Indomie yang menjadi pilihan pertama masyarakat Indonesia jika menginginkan mie instan. Dengan menggunakan bantuan aplikasi POS EQUIP mampu menghadirkan pengalaman transaksi terbaik bagi bisnis Anda. Dan aplikasi akuntansi terbaik yang dapat membantu mengotomatiskan berbagai keuangan yang terjadi pada bisnis Anda.

brand image

Daftar Isi

Pengertian Brand Image

Brand image berasal dari Bahasa Inggris yang berarti citra merek. Dalam hal ini brand image berarti merupakan sebuah upaya yang dilakukan oleh perusahaan atau bisnis untuk mengelola mereknya agar mendapatkan kesan yang mendalam dan positif di mata konsumen. Peningkatan kualitas merek ini dapat dilakukan secara berkepanjangan dan terus menerus untuk mempertahankan konsumen dan loyalitas pelanggan dengan meningkatkan kualitas dari produksi barang itu sendiri. Kemudian nantinya brand image ini akan berubah menjadi suatu strategi marketing bisnis untuk mempertahankan posisinya di antara pesaing dan menjaga ketahanan bisnis atau perusahaan Anda.

Baca juga: Fungsi Branding sebagai Strategi Sukses Membangun Brand Bisnis

Manfaat Brand Image yang Kuat Bagi Perusahaan

Seperti yang telah Anda ketahui dari penjelasan sebelumnya, brand image sangat berguna untuk mempertahankan mereknya dalam pasar. Selain itu brand image memiliki manfaat lainnya dalam prosesnya. Berikut ini adalah beberapa manfaat lainnya yang dapat Anda rasakan bagi bisnis Anda:

1. Memberikan impresi positif di mata konsumen

Kesan pertama memang selalu penting bagi siapapun, hal ini juga berlaku dalam dunia bisnis. Brand image berfungsi untuk membangun kesan pertama yang positif bagi pelanggan. Pelanggan akan memiliki kesan tersendiri melalui citra merek yang bisnis Anda bawa, meskipun angka pembeliannya belum besar. Anda bisa memulainya dengan membuat kartu nama bisnis Anda semenarik mungkin, mendekorasi toko atau kantor yang baik, cara berpakaian karyawan Anda, dan lain sebagainya. Dengan hal tersebut pelanggan akan memiliki kesan pertama yang positif berdasarkan persepsi yang mereka lihat.

brand image
Source: freepik.com

Baca juga: Leads Adalah: Pengertian, Macam, dan Pentingnya bagi Perusahaan

2. Menambah nilai produk

Dengan citra bisnis yang Anda buat nantinya konsumen akan merasa bahwa produk Anda memiliki nilai yang lebih baik sehingga konsumen memiliki kebanggan tersendiri ketika menggunakan produk Anda. Nilai ini memiliki fungsi bukan hanya sekedar merangkum pengalaman pembelian produk oleh konsumen, namun konsumen juga dapat mengubah pengalaman mereka sendiri.

3. Menciptakan brand recognition

Ketika Anda melihat logo buah apel, Anda bisa langsung menebak bahwa itu merupakan brand Apple. Meskipun hal ini terbilang remeh, kemampuan Anda dalam menebak nama brand tersebut dapat dinilai sangat penting karena hal ini tidak mudah dan tidak semua bisnis atau perusahaan dapat melakukannya. Anda membutuhkan branding yang sangat kuat hingga akhirnya pelanggan bisa menebak logo dari merek Anda. Jika suatu saat pelanggan mampu menebak dan mengenali logo dari bisnis Anda maka brand image yang sudah Anda buat sudah kuat.

Baca juga: Pentingnya Brand Awareness bagi Kesuksesan Bisnis Anda

4. Membangun kredibilitas dan kepercayaan pelanggan

Dalam membangun brand image perlu Anda lakukan secara konsisten dari segi apapun, karena dengan ini akan membangun persepsi pelanggan terhadap merek Anda. Bisnis yang kuat pasti memiliki nilai dan kode etik yang harus terpenuhi oleh setiap karyawannya Nilai dan etik ini nantinya akan terimplementasi dalam sikap mereka bekerja. Dengan inilah brand image mampu membangun sebuah perspektif kredibilitas terhadap bisnis Anda. Dan dengan adanya ini maka pelanggan akan mempercayai produk Anda lebih baik daripada pesaing Anda.

Baca juga: Strategi Content Marketing untuk Tingkatkan Brand Awareness Perusahaan

5. Menjadi ciri khas pembeda dengan kompetitor

Berikutnya adalah dengan memiliki citra merek seperti penggunaan logo, visi misi, dan tagline, hal ini akan menimbulkan ciri khas yang menarik bagi bisnis Anda. Ciri khas inilah yang menjadi pembeda bisnis Anda dengan kompetitor. Maka dari itu Anda harus membangun citra dengan unik sebagai pembeda.

Baca juga: Affiliate Marketing: Model Bisnis Afiliasi yang Fleksibel dan Menguntungkan

Strategi Membangun Brand Image

Ada beberapa hal dan langkah yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan citra merek Anda. Salah satunya Anda harus bisa fokus pada audiens Anda dan memahami apa yang mereka percayai dan tujuan mereka. Setelah itu Anda bisa mencari celah untuk mengatasi permasalahan tersebut. Berikut ini adalah strategi lengkapnya untuk membangun brand image bisnis Anda:

1. Membuat konsep dan logo yang menarik

brand image
Sumber: Canva

Tips pertama adalah dengan membuat logo dan konsep bisnis atau perusahaan Anda semenarik mungkin, kekinian, unik, dan sesuai dengan selera pasar. Hal ini tentu dapat meningkatkan citra merek Anda agar semakin berkembang. Logo yang menarik dan pengemasan yang baik sangat optimal untuk menaikan branding dan status produk di mata konsumen.

2. Lakukan strategi pemasaran yang taktis

Berikutnya adalah dengan melakukan pemasaran dan kampanye iklan yang berkelanjutan dan sesuai dengan produk Anda. Hal ini merupakan poin yang krusial untuk mengenalkan merek Anda pada khalayak luas. Walaupun nantinya pada awal pergerakan Anda kurang mendapatkan atensi dan mengeluarkan biaya yang banyak, hal ini harus tetap konsisten Anda lakukan untuk keberhasilan merek.

Baca juga: Pentingnya Penggunaan Digital Marketing dalam Aspek Bisnis

3. Tingkatkan kualitas layanan dan produk

Tentu selain melakukan hal eksternal seperti pada penjelasan sebelumnya, sebagai pebisnis Anda juga harus memperhatikan hal internalnya. Salah satunya adalah dengan turut meningkatkan kualitas layanan dan produk dari merek Anda. Hal ini akan membuat konsumen semakin percaya dan menggunakan produk yang Anda tawarkan secara terus menerus.

4. Bekerja sama dengan influencer

influencer
Sumber: Canva

Menggunakan jasa influencer juga bisa menjadi langkah yang inovatif untuk Anda lakukan pada era ini. Karena biasanya influencer memiliki jumlah followers yang banyak dan bisa menjadi potensial calon konsumen Anda. Namun Anda juga harus memperhatikan dan teliti dalam memilih influencer yang cocok dan sesuai dengan bisnis yang Anda jalankan agar hasil review yang mereka lakukan dapat dilakukan dengan baik.

Baca juga: Tingkatkan Penjualan Bisnis dengan Bantuan Brand Ambassador

5. Lakukan perbaikan secara berkelanjutan

Konsumen memiliki karakteristik yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Beberapa dari mereka ada yang sensitif terhadap suatu penilaian hingga sangat detail sekali. Maka dari itu Anda harus terus melakukan perbaikan secara berkelanjutan mengenai kualitas dari produk ANda. Hal ini untuk mengatasi demand yang sesuai dengan selera konsumen untuk menghindari dan meminimalisir komentar negatif.

Baca juga: Customer Relationship Management: Pengertian, Peran, serta Cara Menerapkannya dalam Bisnis

Kesimpulan

Maka, berdasarkan penjelasan tersebut dapat dikatakan bahwa bisnis atau perusahaan sangat penting dan butuh untuk membangun suatu brand image atau citra merek. Selain sebagai pembeda antara bisnis Anda dengan yang lainnya, hal ini juga mampu memberikan manfaat yang banyak bagi bisnis Anda. Dengan begitu Anda bisa menggunakan bantuan dari aplikasi CRM dari EQUIP yang dapat membantu bisnis Anda untuk membangun brand image yang baik di mata konsumen.

Demo gratis Equip ERP sekarang untuk bantu bisnis Anda naik level!

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
+628111775117
×
Jadwalkan Demo Via WA