Tips Sukses Kembangkan Bisnis Modal Kecil dengan Software Retail

Perlu Anda ketahui kalau sebuah bisnis yang memiliki peluang bagus apabila memiliki banyak permintaan tapi belum banyak pelaku bisnis yang menuju ranah tersebut. Memang selama menjalani bisnis tidak semua berjalan mulus, ada hambatan di dalamnya. Salah satu yang menjadi penghambat saat memulai bisnis yaitu permasalahan pada modal. Dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, banyak orang sudah mulai memanfaatkan hal tersebut. Peluang tersebut dapat membuka Anda untuk memulai bisnis modal kecil. Menggunakan bantuan software retail yang terpercaya untuk memulai bisnis Anda.

Selain itu, bisnis modal kecil juga dapat menghasilkan keuntungan yang cukup besar yang menjadi impian banyak orang. Dengan memanfaatkan teknologi yang ada, Anda sudah dapat menjalankan bisnis yang Anda inginkan. Perkembangan teknologi yang dapat Anda manfaatkan salah satunya adalah pengerjaan dari pencatatan laporan bisnis yang sudah otomatis dengan bantuan sistem retail dari EQUIP.  

Ketika Anda membuka bisnis sendiri, Anda dapat fleksibel untuk melakukannya. Jika bisnis ingin sukses, maka lakukanlah dengan disiplin dan konsisten. Terdapat 7 tips ketika Anda ingin memulai bisnis modal kecil. Anda dapat menerapkannya ketika Anda baru pemula terjun ke dunia bisnis. Simak ke-7 tipsnya sebagai berikut!

bisnis modal kecil

Tentukan Konsep Awal Bisnis yang Akan Anda Mulai

Langkah pertama sebelum memulai bisnis, Anda harus tentukan konsep awal terlebih dahulu. Pilihlah jenis usaha yang sekiranya cocok dengan kemampuan dan pas untuk Anda.  Misalnya Anda dapat mencoba usaha dengan hobi yang Anda sukai. Dengan begitu, Anda tidak akan terbebani ketika menjalankannya. Ada beberapa jenis bisnis yang dapat Anda lakukan. 

Baca juga: Ide Bisnis Online Tanpa Modal yang Menguntungkan Tahun 2022

Ide bisnis modal kecil

Anda dapat menggunakan ide ini jika tidak ingin mengeluarkan banyak modal. Walaupun sudah banyak metode yang dapat Anda gunakan untuk mengembangkan bisnis modal kecil untung besar, tetapi masih banyak orang-orang yang terlalu takut untuk keluar dari zona nyaman. Padahal, dengan membuka usaha rumahan modal kecil, orang-orang akan membuka pintu wiraswasta dengan potensi profitabilitas yang tinggi. Terdapat 5 jenis usaha tanpa memerlukan modal besar dan Anda dapat lakukan di rumah.

  • Usaha jastip atau jasa titip

jastip
Sumber: entrepreneur.bisnis.com

Usaha jasa titip atau yang lebih dikenal dengan jastip merupakan bisnis bermodal kecil tetapi dapat menghasilkan untung yang cukup besar. Modal yang harus Anda keluar tidak begitu besar dan keuntungan yang Anda dapat dari jasa tutup yang membelikan barang titipan tersebut.

  • Dropshipper

droshipper
Sumber: tokotalk.com

Jenis bisnis kedua yang hanya membutuhkan modal kecil adalah dropshipper. Pada jenis ini, Anda berperan menjadi seorang penjual sekaligus pembeli untuk suatu produk tertentu. Dalam bisnis modal kecil ini, Anda memerlukan supplier produk untuk sebagai informasi produk yang akan Anda jual kepada pelanggan Anda. Kemudian Anda hanya perlu meneruskan atau mempromosikan produk dari supplier tanpa harus Anda beli dahulu produk tersebut. Anda juga tidak perlu membeli toko atau menyewa tempat untuk berbisnis karena dapat Anda lakukan secara online

  • Makanan ringan

bisnis camilan
Sumber: regional.kompas.com

Berbisnis makanan memang tiada habisnya dan tidak akan pernah mati. Semua kalangan membutuhkan makanan dan pastinya kebanyakan orang menyukai makanan ringan atau camilan. Makanan ringan yang sering digemari terbuat dari bahan dasar singkong, kentang, ubi, dan sebagainya. Camilan sangat membantu untuk menaikkan mood dikala kesibukan melakukan berbagai aktivitas. Sebagai contoh, ketika Anda membuat 300 bungkus keripik singkong yang membutuhkan 10-12 kg singkong Kemudian Anda mengolahnya dan memberi taburan topping atau bumbu berbagai rasa. Anda dapat menjualnya dengan target pasar pelajar, karyawan, atau bisa menjajakan kepada pedagang kecil dan rekan-rekan terdekat Anda. Dengan bisnis yang bermodal kecil, Ada akan mendapat banyak keuntungan.

  • Franchise atau waralaba

frachise
Sumber: freepik.com

Bisnis franchise atau waralaba merupakan usaha yang Anda jalankan dengan bentuk kerjasama atau kemitraan dengan perusahaan yang produknya sudah dikenal luas. Bisnis ini memiliki peluang bermodal sedikit yang menjanjikan. Anda menjual produk yang sudah terkenal, maka Anda tidak perlu bersusah payah untuk mempromosikannya. Dengan modal yang terbilang sedikit, Anda dapat memulai bisnis dengan produk perusahaan ternama yang bisa Anda kembangkan untuk memenuhi kebutuhan para pelanggan. Anda hanya perlu konsisten untuk melakukan bisnis ini.

  • Kaos pre-order

kaos pre order
Sumber: freepik.com

Bidang fashion memang akan selalu terus berkembang dan semakin banyak peminatnya. Untuk memanfaatkan peluang ini, Anda dapat membuka bisnis yang bermodal kecil dengan cara pre-order. Dengan modal yang tidak terlalu besar, Anda dapat memulai mengembangkan bisnis kaos pre order. Dengan sistem pre-order kaos yang akan diproduksi jika ada pesanan dari pembeli. Untuk memperkecil biaya produksi, Anda dapat menetapkan batas minimal pemesanan untuk bisa naik produksi.

Tentukan Lokasi Usaha Strategis dan Terjangkau

Mendirikan sebuah bisnis tentunya memerlukan pemilihan lokasi usaha yang strategis. Lokasi menjadi salah satu hal penting dalam memulai membangun sebuah usaha. Anda harus memperhatikan terlebih dahulu akses menuju toko dan memperhatikan lingkungan sekitar yang ramai dengan masyarakat. Salah satu lokasi yang strategis pada bisnis modal kecil Anda di tengah perumahan masyarakat karena toko Anda sendiri menawarkan kebutuhan sehari–hari. Tujuan usaha diletakkan di tengah perumahan agar masyarakat sekitar dapat menjangkau dan terpenuhi kebutuhan mereka. 

Gunakan Peralatan dengan Maksimal

Ketika Anda ingin memulai bisnis, tidak semuanya membutuhkan peralatan yang baru. Selama peralatan lama bisa Anda gunakan, manfaatkanlah peralatan yang ada terlebih dahulu dengan maksima untuk mengurangi modal. Jika nantinya bisnis Anda sudah berkembang besar dan membutuhkan alat,  maka Anda dapat membeli peralatan yang baru dan canggih untuk memaksimalkan produksi agar berjalan dengan lancar. Dengan begitu, pada awalnya Anda tetap bisa memulai bisnis modal kecil dengan memanfaatkan peralatan yang ada.

Kelola Modal dengan Sangat Baik

Jika Anda ingin membuka bisnis dengan modal yang minim, salah satu hal penting untung merencanakan dalam mengelola modal. Anda dapat menghindari dengan membeli barang yang Anda rasa belum dibutuhkan untuk keperluan usaha Anda. Supaya lebih aman dan pengelolaan modal teratur, Anda dapat membuat rencana belanja secara lengkap dan terperinci menggunakan software inventory terintegrasi.

Gunakan Sosial Media untuk Promosi Produk

Setelah Anda merencanakan ide-ide bisnis, selanjutnya Anda harus memasarkan bisnis agar dapat dilihat banyak orang. Anda dapat memanfaatkan sosial media sebagai alat promosi dengan harga terendah atau bahkan gratis. Misalnya, Anda bisa membuat akun khusus bisnis modal kecil Anda kemudian dipromosikan melalui akun tersebut. Selain promosi sendiri, Anda dapat meminta bantuan rekan terdekat untuk memposting toko melalui akun mereka masing-masing. Hal ini dapat meminimalisir pengeluaran Anda. 

Baca juga: 7 Cara Sukses Promosi Produk bagi Pebisnis Pemula

Selalu Inovasi Produk untuk Mendatangkan Lebih Banyak Customer

Pada umumnya bisnis memang sering berganti suasana mengikuti perkembangan trend dan zaman. Selain itu, sifat konsumen yang relatif bosan karena menginginkan inovasi produk yang baru. Jika konsumen bosan, pastinya mereka akan mencoba membeli di toko lain. Sebagai contoh warung indomie, sekarang ini sudah banyak warung atau usaha yang menjual indomie dengan berbagai macam kreasi seperti indomie bentuk kue tart.

Gunakan Software Retail untuk Mengelola Bisnis Modal Kecil hingga Sukses

Tips terakhir untuk mengelola bisnis modal kecil Anda hingga sukses, dapat menggunakan dengan bantuan software retail tercanggih untuk mengelola aktivitas keseluruhan bisnis Anda. Manfaat lain yang Anda dapatkan ketika menggunakan sistem retail yang sudah terintegrasi maka pengerjaan bisnis yang manual dapat berkurang. Sehingga Anda dapat melakukannya dengan efektif dan efisien untuk perkembangan bisnis Anda.

Kesimpulan

bisnis modal kecil

Ketujuh tips tadi dapat Anda amati, tiru, dan modifikasi untuk perintisan bisnis modal kecil Anda. Pertama, Anda dapat menentukan ide atau konsep bisnis terlebih dahulu. Sehingga konsep tersebut dapat berjalan dengan lancar dan Anda dapat memudahkan perkembangan bisnis dengan bantuan software retail dari EQUIP. Memberikan fitur-fitur seperti pelacakan pesanan yang real-time hingga pemberian laporan keuangan yang akurat. Selain itu, Anda dapat menikmati demo gratis dan daftarkan bisnis modal kecil Anda sekarang!

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
+628111775117
×
Jadwalkan Demo Via WA