7 Cara Sukses Promosi Produk bagi Pebisnis Pemula

Saat menjalankan suatu bisnis Anda pasti memerlukan promosi produk guna meningkatkan penjualan. Adanya promosi produk dapat membuat calon pelanggan lebih mengenal brand dan tertarik untuk membeli barang yang dijual. Pada kegiatan ini penggunaan software juga berperan penting. Salah satu contohnya adalah Sistem CRM terbaik yang dapat membantu pengelolaan promosi produk dengan memberikan loyalty point bagi pelanggan sehingga mereka akan tetap setia berbelanja pada toko Anda.

Tidak hanya itu, tim sales juga memiliki pengaruh pada kegiatan bisnis, sebab jika Anda memiliki tim yang kurang ramah maka tentunya sebagai konsumen akan malas membeli produk tersebut. Software CRM terlengkap memastikan Anda mendapatkan laporan mendalam terkait kinerja tim sales hingga laporan penjualan.

Memiliki banyak pelanggan memang menyenangkan. Namun, akan sulit untuk melihat perkembangan calon konsumen jika menggunakan sistem manual atau software yang tidak lengkap. Dukungan perangkat lunak tercanggih dari EQUIP mampu memantau perkembangan calon pelanggan dari satu tahap ke tahap yang lainnya secara mudah dengan fitur drag and drop.

Anda juga dapat menyederhanakan kegiatan pemetaan pelanggan dengan sistem profiling terlengkap berdasarkan tingkat pembelian, gender, kelompok umur, hingga lokasi dengan aplikasi CRM terintegrasi. Sehingga, dalam melakukan promosi produk akan lebih baik. Meski telah menggunakan perangkat lunak terbaik namun masih banyak pelaku usaha yang belum mengetahui cara promosi produk yang baik. Artikel kali ini akan membahas bagaimana cara melakukan promosi yang benar.

Baca juga: Pentingnya Brand Awareness bagi Kesuksesan Bisnis Anda

DemoGratis

Bagaimana Cara Mempromosikan Produk Agar Menarik Perhatian Konsumen?

Sebagian besar dari pelaku bisnis belum mengetahui bagaimana agar penjualan produk dapat meningkat. Padahal strategi pemasaran yang tepat mampu menarik konsumen dan mendapatkan profit yang lebih besar. Sebenarnya, ada banyak metode yang dapat Anda gunakan untuk melakukan promosi produk, berikut penjabarannya:

Membuat konsep yang unik

diskon barang
Sumber: claruscommerce.com

Melakukan strategi promosi produk tidak hanya sekadar memasang iklan atau memberikan diskon pada hari khusus. Namun, Anda dapat mencoba untuk mengadakan promo bagi pelanggan yang sedang berulang tahun, membuat diskon bagi pelanggan yang masih bersekolah atau menempuh pendidikan di Universitas. Memberikan kupon diskon bagi pelanggan baru juga terbukti efektif menarik perhatian konsumen. Jangan lupakan voucher cashback bagi pelanggan yang membeli barang dengan jumlah minimum tertentu.

Promosi produk dengan memberikan batas waktu

Pernahkah Anda terpikir mengapa banyak brand mengadakan promo dengan batas waktu? Hal tersebut bukan semata-mata mereka takut mengalami kerugian namun dengan strategi tersebut diharapkan konsumen dapat lebih cepat membeli produk supaya tidak ketinggalan masa promo. Anda dapat memikirkan batasan waktu yang perlu diberikan kepada konsumen. Apakah harian, mingguan, atau bulanan. Misalnya mengadakan promosi beli satu gratis satu hanya dari tanggal 01 Februari-10 Februari. 

Memanfaatkan platform online

Kecanggihan internet saat ini memang harus kita manfaatkan. Anda dapat menggunakan media sosial seperti Instagram, TikTok, dan lain-lain untuk mempromosikan produk yang Anda jual. Selain itu, akan lebih baik jika Anda memiliki data pelanggan sehingga Anda bisa mengirimkan katalog promosi pada email mereka. Gunakan software CRM dari EQUIP yang memiliki fitur leads management integration sehingga dalam mengelola prospek secara online dapat diintegrasikan dengan form di website dan database email untuk kebutuhan promosi dan penjualan.

Baca Juga: Aplikasi CRM Terbaik untuk Membantu Bisnis Anda

Bekerja sama dengan Influencer untuk Mempromosikan Produk

Hal berikutnya, untuk memperluas jangkauan target pembeli. Anda dapat bekerja sama dengan influencer di media sosial. Misalnya menjadikan mereka sebagai brand ambassador atau memberikan kode voucher khusus yang diberikan oleh influencer dengan begitu pengikutnya dapat tertarik untuk membeli produk Anda.

Menetapkan minimal pembelian

Seperti yang telah dijelaskan, memberikan minimal pembelian dapat mendorong pelanggan untuk melakukan jumlah transaksi yang lebih besar. Hal itu dikarenakan dengan menetapkan minimal transaksi maka diskon yang diberikan semakin besar. Cara ini dapat menarik perhatian konsumen yang awalnya hanya membeli satu produk menjadi berubah pikiran dengan membeli lebih banyak barang.

Misalnya pembelian 300 ribu mendapatkan diskon 15% dan 500 ribu dengan diskon 40%. Kemungkinan besar konsumen akan memilih untuk melakukan transaksi sebesar 500 rb guna mendapatkan promo yang lebih banyak. Gunakan juga software akuntansi terpercaya yang dapat membantu bisnis dalam mengelola keuangan seperti laporan arus kas, laba dan rugi, pengeluaran, dan lainnya.

Baca juga: Pentingnya Laporan Penjualan untuk Bisnis Anda, Simak Artikel Ini! 

Berikan promosi berupa produk bundling

strategi diskon barang
Sumber: wartakota.tribunnews.com

Strategi yang kerap pelaku bisnis gunakan adalah penjualan combo atau bundle. Biasanya teknik ini pelaku bisnis akan menjual barang dalam bentuk paket. Hal tersebut dapat Anda gunakan baik pada toko offline maupun online. Namun, hal yang masih menjadi kendala kebanyakan pelaku bisnis saat melakukan pemasaran seperti ini adalah sulitnya menghitung stok barang. Akan tetapi Anda tidak perlu risau karena EQUIP memiliki software inventaris terbaik yang dapat mengelola dan menghitung persediaan barang dalam hitungan detik. Anda juga bisa menggunakan fitur QR atau barcode yang tersedia untuk mengidentifikasi produk dengan lebih mudah. 

Promosi produk dengan memberikan reward kepada konsumen

Menarik perhatian konsumen baru memang perlu untuk dilakukan. Namun, menjaga konsumen lama untuk tetap setia merupakan hal yang penting. Jangan lupa untuk memberikan reward berupa kartu member, voucher, point dan lain sebagainya kepada pelanggan lama Karena dengan begitu, Anda bisa mendapatkan konsumen loyal.

Baca Juga: Loyalty Program: Strategi Efektif Perusahaan untuk Menarik Pelanggan

CRM

Kesimpulan 

Suatu bisnis yang berjalan baik tidak terlepas dari promosi produk yang konsisten. Pastikan Anda selalu mengadakan promosi guna menarik perhatian konsumen dan meningkatkan penjualan. Anda juga dapat mengikuti beberapa tips diatas untuk menciptakan promosi yang lebih baik. Permudah kegiatan promosi dan penjualan dengan aplikasi CRM dari EQUIP.

Software CRM membantu perusahaan mengotomatiskan pengelolaan data pelanggan, identifikasi prospek, dan membuat berbagai rencana promosi dengan mudah. Seluruh informasi lengkap prospek dan pelanggan tersimpan dalam satu tempat, sehingga Anda dapat memahami kebutuhan mereka dan memberikan layanan yang terbaik. Segera jadwalkan demo gratis disini!

Aruna Citra Dewi Kartini
Aruna Citra Dewi Kartini
A highly motivated and tech-savvy individual with a demonstrated ability to produce high-quality content that engages audiences and achieves marketing goals.

Artikel Terkait

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Gabriella
Balasan dalam 1 menit

Gabriella
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami.
628111775117
×

Gabriella

Active Now

Gabriella

Active Now