Apa Itu Startup dan Bagaimana Tips Sukses untuk Memulainya?

Semakin berkembangnya teknologi informasi dan internet pada saat ini sangat membuka banyak peluang bisnis yang dapat Anda manfaatkan. Salah satunya adalah bisnis berbasis startup yang saat ini banyak bermunculan di Indonesia. Istilah ini mungkin tidak terdengar asing bagi Anda karena banyak perusahaan yang menyebut dirinya adalah perusahaan startup. Selain itu menurut Kemenristek melalui skema Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (PPBT), jumlah perusahaan pada bidang ini selalu bertambah setiap tahunnya. Saat ini tercatat terdapat kurang lebih 2.200 startup yang ada di Indonesia, hal ini menempatkan Indonesia di urutan kelima sebagai negara dengan jumlah startup terbanyak di dunia. Dengan bantuan aplikasi ERP dari EQUIP mampu membantu permasalahan bisnis yang Anda hadapi. Contohnya adalah aplikasi CRM dari EQUIP yang mampu membantu meningkatkan kualitas prospek bisnis Anda.

Mengingat banyaknya perusahaan startup membuktikan bahwa jenis bisnis ini sangat menjanjikan. Namun untuk mencapai pada titik ini, bisnis harus memiliki perjalanan yang tidak singkat. Maka dari itu artikel ini akan menjelaskan lebih lanjut mengenai apa itu startup dan tips untuk Anda memulainya. Bagi Anda yang ingin mengatur promosi bisnis Anda dengan mudah dan praktis, software POS dari EQUIP adalah solusinya. Dan untuk Anda yang memiliki cabang bisnis yang banyak Anda dengan mudah untuk mengintegrasikan semua pengelolaan bisnis Anda dengan bantuan aplikasi procurement terbaik dari EQUIP.

startup

Daftar Isi

Pengertian Startup

Startup sendiri adalah jenis perusahaan yang memulai atau merintis suatu bisnisnya dengan gerakan yang cepat melalui pemanfaatan teknologi yang sudah ada. Bisnis ini lebih mengutamakan ide-ide baru dan memberi solusi bagi konsumen dengan mengandalkan kemajuan teknologi. Hal inilah yang membuat bisnis startup berbeda dengan bisnis biasa pada umumnya. Walaupun memiliki tujuan yang sama yakni untuk mendapatkan sebuah keuntungan, namun bisnis startup memberikan berbagai problem solving untuk suatu permasalahan yang ada pada masyarakat dengan lebih memanfaatkan teknologi. Berbeda dengan bisnis biasa yang tujuannya adalah untuk menjual suatu produk pada masyarakat saja tanpa memikirkan permasalahan yang masyarakat hadapi. Oleh karenanya bisnis ini membutuhkan keseriusan dan pemahaman yang mendalam untuk memulai bisnis startup ini.

Baca juga: Siap jadi UMKM Go Digital? Ini Langkah Mudah Memulainya

Ciri-ciri Startup 

Seperti yang sebelumnya sudah dijelaskan, startup merupakan perusahaan baru yang mana menjual produk atau jasa yang mampu memberikan solusi dalam masyarakat. Jenis perusahaan ini juga memiliki kaitan yang sangat erat pada dunia teknologi dan memiliki potensi pertumbuhan yang tinggi. Untuk itu berikut adalah beberapa ciri-ciri atau karakteristik bisnis startup yang membedakannya dari jenis bisnis lainnya:

    1. Modal yang mereka gunakan akan berpengaruh dengan pergerakan bisnisnya
    2. Usia dari perusahaan tersebut kurang dari 3 tahun
    3. Memiliki budaya perusahaan yang fleksibel dan berbeda dari yang lain (unik)
    4. Pendapatan yang perusahaan terima selama satu tahun kurang dari USD 100.000
    5. Mengandalkan banyak teknologi elektronik dan informasi
    6. Fokus pada perkembangan bisnis yang cepat
    7. Test market yang cenderung kecil
    8. Produk atau jasa yang mereka hasilkan adalah upaya mereka untuk menjawab kebutuhan masyarakat yang belum ada sebelumnya
    9. Memiliki karyawan yang sedikit
    10. Model bisnis adaptif sesuai dengan kebutuhan pasar

Baca juga: Fakta Penting Menentukan Target Pasar yang Wajib Pebisnis Ketahui!

Contoh-contoh Startup Indonesia

Di Indonesia sendiri peluang bisnis startup sangat terbuka lebar, dan bahkan mendapatkan dukungan dari pemerintah. Uniknya semua bisnis startup yang berkembang dan sukses di Indonesia bidangnya sangat bervariatif mulai dari bidang pendidikan hingga moda transportasi. Berikut adalah beberapa contoh startup yang sudah sukses di Indonesia karena produk atau jasanya yang mengatasi permasalahan di Indonesia:

1. TaniHub

tanihub

Startup yang satu ini bergerak untuk membantu menyalurkan sayur dan buah segar dari petani. Dengan adanya bisnis ini masyarakat akan jauh lebih mudah untuk mendapatkan kualitas sayur dan buah yang baik tanpa harus pergi keluar rumah dan bisa memesannya dari mana saja.

Baca juga: Bagaimana Cara Sukses Berbisnis Tanaman Hias dengan Bantuan Software CRM?

2. Ruangguru

ruang guru

Mungkin Anda sudah tidak asing dengan nama dari startup ini. Ruangguru adalah salah satu bisnis pendidikan online yang paling berdominan di Indonesia. Tujuannya adalah untuk memberikan akses bimbel dari mana saja dan dapat diakses melalui sambungan internet.

3. Traveloka

traveloka

Yang satu ini merupakan pemain terkuat pada industri travel online di Indonesia. Layanan yang Traveloka berikan pun bermacam-macam mulai dari booking tiket pesawat hingga memesan kamar hotel tempat Anda ingin menginap.

4. Bibit

bibit

Berikutnya adalah jenis bisnis yang bergerak pada bidang finansial. Bibit memberikan layanan untuk Anda berinvestasi melalui reksa dana dengan mudah dan praktis, dan tentunya aplikasi ini sudah mendapat izin resmi dan terdaftar pada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Indonesia.

5. Tokopedia

tokopedia

Startup yang ini bisa dikatakan salah satu platform e-commerce terbaik yang Indonesia miliki. Dengan adanya Tokopedia para pemilik UMKM dapat memasarkan produknya pada platform tersebut dan akan mudah dijangkau oleh seluruh penduduk di Indonesia.

Baca juga: Manfaat E-Commerce untuk Maksimalkan keuntungan Bisnis Anda!

6. HaloDoc

halodoc

Selanjutnya mungkin nama HaloDoc sudah sangat melekat sebagai aplikasi kesehatan online yang mana menawarkan berbagai layanan menarik yang dapat Anda lakukan. Misalnya adalah seperti melakukan konsultasi langsung dengan dokter dan memesan obat dari apotek terdekat.

7. Gojek

gojek

Yang terakhir ini sangat populer dikalangan masyarakat karena startup ini bergerak dalam bidang transportasi yang mana semenjak kehadirannya permasalahan masyarakat untuk ingin melakukan perjalanan cepat dapat teratasi dengan mudah. Selain itu Gojek juga merekrut pada ojek pangkalan untuk menjadi driver-nya sehingga masalah pengangguran juga dapat teratasi semenjak kehadirannya.

Baca juga: 11 Ide Bisnis Digital yang Menjanjikan dan Patut Anda Coba!

Tips Sukses Memulai Startup

Mendirikan suatu bisnis bukanlah hal yang mudah dilakukan, apalagi membangun sebuah bisnis startup. Banyak para perintis yang gagal dan bahkan menyerah begitu saja sebelum bisnisnya mampu sukses. Maka dari itu berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan jika Anda tertarik untuk memulai suatu bisnis startup:

1. Miliki produk yang solutif dan bernilai bagi masyarakat

Yang pertama adalah Anda harus memiliki produk inovatif yang mana baru dan dapat mengubah sistem yang sudah ada sebelumnya. Karena startup harus mampu memberikan solusi yang berbeda dari yang sebelumnya atau bisa disebut anti mainstream. Dengan Anda memiliki produk atau jasa yang mampu memberikan solusi bagi masyarakat, tidak menutup kemungkinan bahwa startup yang Anda jalani dapat berjalan dengan baik.

Baca juga: Apa Itu Forecasting Penjualan?

2. Miliki tim yang solid dan adaptif

Untuk menjalani bisnis ini harus didirikan dan dijalankan dengan tim yang solid, karena tanpanya bisnis yang akan Anda jalani tidak akan berkembang dan dapat menimbulkan kegagalan. Untuk membentuk tim yang selaras, Anda harus memiliki visi misi yang sama bersama tim Anda. Selain itu Anda juga perlu berkomitmen dengan bisnis yang akan Anda jalani secara berkelanjutan.

3. Siapkan business model dan business plan yang matang

Langkah ini adalah petunjuk untuk Anda menjalankan suatu hal agar mampu mencapai tujuan tersebut. Karena seringkali para pelaku bisnis gagal karena melupakan hal penting ini. Dengan Anda membuat business model dan business plan yang matang, hal ini berguna untuk menganalisis ide, riset, pertanyaan, dan memantau jalannya usaha Anda.

4. Percaya diri ketika pitching dengan investor

Dengan Anda memiliki tingkat kepercayaan diri yang matang, hal ini akan memudahkan Anda untuk melakukan presentasi atau pitching mengenai jenis bisnis Anda dengan para investor. Karena jika presentasi Anda berjalan dengan lancar tidak menutup kemungkinan untuk investor memberikan suntikan modalnya untuk perkembangan dan ekspansi dari bisnis yang akan Anda jalani.

startup
Sumber: freepik.com

5. Dengarkan konsumen Anda

Dengan melakukan tips ini, Anda dapat melakukan perkembangan atau improvement dari bisnis Anda. Karena tujuan dari bisnis startup adalah untuk memudahkan segala kegiatan dan aktivitas konsumen maka perlu untuk Anda mendengarkan masukan dari konsumen. Sehingga nantinya konsumen Anda akan selalu setia untuk menggunakan jasa maupun produk yang Anda jalankan.

Baca juga: Customer Relationship Management: Pengertian, Peran, serta Cara Menerapkannya dalam Bisnis

6. Terus belajar dan berinovasi

Hal ini mungkin akan terkesan sepele, namun nyatanya dengan melakukan hal ini mampu membuat Anda terus berinovasi untuk menemukan permasalahan baru yang ingin Anda dapatkan solusinya. Dengan ini Anda mungkin akan mendapatkan ide baru dan isa Anda implementasikan untuk mencari gap yang kosong di pasaran dan memberikan jawaban baru pada permasalahan yang ada.

Baca juga: Mengenal Software ERP untuk UMKM dan Tips Memilihnya

7. Kalkulasikan dengan baik keuangan startup Anda

Langkah terakhir yang Anda harus lakukan adalah dengan membuat skema keuangan yang baik untuk bisnis Anda. Untuk hal ini Ada bisa mencari investor yang selaras dengan visi, produk atau jasa, dan model bisnis yang akan Anda jalani. Karena tidak semua investor akan menguntungkan bisnis Anda, akan ada halnya yang tidak memiliki tujuan yang sama namun investor hanya ingin memanfaatkan nilai dari bisnis Anda. maka dari itu dengan Anda memiliki nilai yang baik dengan sendirinya investor akan datang sendiri pada Anda.

Baca juga: 5 Rekomendasi Aplikasi Keuangan untuk Efisiensikan Bisnis Anda!

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan tersebut bahwa bisnis startup merupakan langkah atau peluang bagi Anda yang ingin menjalankan suatu bisnis. Terlebih bisnis ini mendapat dukungan lebih dari pemerintah karena mampu memberikan solusi dan jawaban terhadap permasalahan sosial yang ada di Indonesia. Jika Anda ingin membuat bisnis startup, Anda bisa menggunakan bantuan software accounting terbaik dari EQUIP yang mampu untuk mengatur manajemen keuangan bisnis Anda. Selain itu software ini mampu mengotomatiskan bisnis Anda untuk membuat berbagai laporan keuangan bisnis Anda. Segera jadwalkan demo gratis disini!

startup

Artikel Terkait

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
+628111775117
×
Hubungi Tim Sales

Aurel

Active Now

Aurel

Active Now