8 Ide Usaha Rumahan yang Lagi Trend Tahun 2023, Wajib Dicoba!

Usaha rumahan menjadi pilihan yang semakin diminati oleh banyak orang saat ini. Selain dapat memberikan penghasilan tambahan, usaha rumahan juga memungkinkan seseorang untuk bekerja dari rumah dan memiliki fleksibilitas waktu yang lebih besar. Dalam tahun 2023, terdapat banyak usaha rumahan yang lagi trend  yang terus berkembang dan semakin banyak orang yang mencoba untuk memulai usaha mereka. 

Usaha rumahan memiliki keuntungan bagi para pelakunya. Hal tersebut dikarenakan usaha ini dapat menghasilkan uang tanpa harus meninggalkan rumah. Selain itu, usaha ini dapat Anda lakukan dengan modal yang relatif kecil. Bagi Anda yang sedang mencari ide usaha rumahan yang lagi trend di tahun 2023, berikut adalah beberapa rekomendasi yang dapat Anda coba!

usaha rumahan yang lagi trend

Rekomendasi Usaha Rumahan yang Lagi Trend

usaha rumahan yang lagi trend

Usaha rumahan memiliki fleksibilitas waktu yang lebih besar daripada bisnis konvensional. Jika Anda sedang mencari ide usaha rumahan yang lagi trend di tahun 2023, berikut adalah beberapa rekomendasi yang bisa Anda coba:

1. Berjualan online

Berjualan online menjadi bisnis rumahan yang populer  di era digital saat ini. Modal yang bisnis ini butuhkan pun relatif kecil, tergantung pada jenis produk yang Anda akan jual. Salah satu keuntungan berjualan online adalah fleksibilitas waktu yang lebih besar, karena bisnis ini dapat dijalankan dari mana saja dan kapan saja

Anda bisa memanfaatkan berbagai marketplace atau media sosial untuk memasarkan produk yang ingin Anda jual. Anda dapat menjual berbagai macam produk seperti pakaian, kosmetik, makanan dan minuman, atau produk digital seperti e-book atau template desain. Dengan memiliki kemampuan marketing yang baik, Anda dapat meningkatkan penjualan dan keuntungan bisnis online Anda.

2. Membuka jasa katering

Jasa katering menjadi pilihan usaha rumahan yang lagi trend di tahun 2023, terutama untuk makanan yang sehat dan bergizi. Bisnis ini dapat Anda jalankan dari rumah dengan modal awal yang relatif kecil. Dengan kreativitas dalam membuat menu dan kemampuan memasak yang baik, Anda dapat menawarkan jasa catering untuk berbagai acara seperti ulang tahun, pernikahan, rapat, atau bahkan acara kantor. Untuk memperluas jangkauan bisnis, Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan jasa katering Anda.

3. Freelancer writer

Selanjutnya, bisnis rumahan yang populer tahun ini yaitu freelance writer. Usaha ini semakin berkembang seiring dengan kebutuhan konten yang semakin meningkat di era digital. Bisnis ini bisa Anda lakukan dari rumah dengan modal awal yang terjangkau. Anda bisa menawarkan jasa penulisan artikel, blog, atau konten sosial media.

Selain itu, meningkatkan kualitas konten yang ditawarkan, Anda dapat mempelajari teknik penulisan yang baik dan keahlian dalam mengoptimalkan SEO. Dengan kemampuan menulis yang baik dan keahlian dalam bidang tertentu, Anda dapat menawarkan jasa penulisan dengan harga yang menguntungkan.

Baca juga: Rekomendasi Aplikasi Akuntansi UMKM Terbaik untuk Bisnis Anda

4. Usaha pembudidayaan ikan hias

Usaha pembudidayaan ikan hias menjadi salah satu usaha rumahan yang lagi trend di tahun 2023, terutama untuk para pecinta hobi yang ingin memiliki koleksi ikan hias di rumah. Bisnis ini membutuhkan modal awal yang relatif kecil dan bisa Anda lakukan dari rumah. Anda bisa membeli bibit ikan hias dan memeliharanya dengan baik untuk dijual ke para penggemar ikan hias. Untuk memperluas jangkauan pasar, Anda bisa memanfaatkan media sosial dan forum ikan hias untuk mempromosikan bisnis Anda.

5. Translator bahasa asing

Anda bisa menawarkan jasa penerjemahan untuk dokumen atau website dari bahasa asing ke bahasa Indonesia atau sebaliknya. Bisnis rumahan yang populer ini bisa Anda jalankan dari rumah dengan modal awal yang terjangkau. Untuk mendukung hal tersebut, Anda dapat mempelajari bahasa asing secara mendalam dan menguasai teknik penerjemahan yang baik. Maka dari itu, Anda dapat membantu bisnis untuk memperluas jangkauan mereka ke pasar internasional dan mendapatkan penghasilan yang menjanjikan. 

6. Usaha minuman kekinian

Usaha minuman kekinian seperti bubble tea dan kopi susu menjadi salah satu bisnis rumahan yang populer karena masih sangat diminati oleh masyarakat, khususnya anak muda. Peluang ini bisa dapat Anda manfaatkan untuk memulai usaha minuman kekinian di rumah. Modal yang Anda butuhkan relatif terjangkau, tergantung pada jenis minuman yang akan Anda jual.

Selanjutnya, Anda bisa menawarkan minuman kekinian dengan rasa yang beragam dan tampilan yang menarik untuk menarik minat pelanggan. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan bisnis minuman kekinian Anda agar dapat menjangkau pasar yang lebih luas.

7. Menjadi blogger

Menjadi seorang blogger dapat menjadi peluang usaha rumahan yang lagi trend dan menjanjikan di era digital saat ini. Anda bisa memulai blogging dari rumah dengan modal awal yang terjangkau. Untuk memulai, Anda harus menentukan niche atau topik yang ingin Anda tulis di blog Anda. Selain menulis artikel yang menarik, Anda juga perlu mengoptimalkan SEO pada blog Anda untuk mendapatkan trafik organik dari mesin pencari. Dengan cara ini, Anda dapat menghasilkan uang dari iklan dan sponsor yang bekerja sama dengan blog Anda.

8. Content creator

Menjadi seorang content creator juga bisa menjadi bisnis yang menjanjikan di era digital. Seorang content creator dapat menciptakan berbagai macam konten seperti video, podcast, atau foto yang menarik untuk ditonton atau dilihat oleh pengguna media sosial. Anda bisa memulai bisnis ini dengan modal awal yang terjangkau, tergantung pada jenis konten yang ingin Anda buat. 

Selanjutnya, untuk meningkatkan kualitas konten yang ditawarkan, Anda perlu mempelajari teknik pengambilan gambar atau editing video dan menggunakan peralatan yang tepat. Dengan memiliki konten yang menarik, Anda dapat menarik pengiklan untuk bekerja sama dengan bisnis content creator Anda.

Baca juga: Apa itu Akuntansi Manajemen dan Penerapannya dalam Bisnis Anda

Kesimpulan

Dalam era digital yang semakin maju ini, peluang usaha rumahan semakin berkembang dengan adanya teknologi dan kemudahan akses internet. Dari tujuh ide usaha rumahan yang kami rekomendasikan, semuanya memiliki peluang yang menjanjikan untuk Anda jadikan bisnis yang sukses. Namun, untuk menjalankan bisnis dengan baik, perlu adanya pengelolaan keuangan yang efektif dan efisien.

usaha keuangan yang lagi trend

Oleh karena itu, penting bagi pelaku usaha, baik yang bergerak di bidang online maupun offline, untuk memiliki peralatan akuntansi yang memadai, seperti software akuntansi dari EQUIP. Dengan memiliki software akuntansi, Anda dapat mengelola keuangan bisnis, mulai dari pembuatan laporan keuangan, manajemen inventaris, hingga pengaturan pembayaran kepada pemasok. Hal ini akan membantu meningkatkan efisiensi dan produktivitas bisnis Anda.

Mohammad Alparidzy
Mohammad Alparidzy
Hello, I'm Mohammad Alparidzy, a junior content writer passionate about crafting compelling stories and engaging copy to help businesses and individuals reach their target audience through effective content. I bring a fresh perspective and eagerness to learn and grow in content creation.

Artikel Terkait

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
+628111775117
×
Hubungi Tim Sales

Aurel

Active Now

Aurel

Active Now