5 Tips Sukses Memulai Usaha Souvenir Rumahan dengan Software Retail

Usaha souvenir adalah usaha yang memiliki banyak peluang dan mendatangkan banyak keuntungan bagi Anda. Souvenir sendiri merupakan suatu benda yang biasanya dianggap sebagai simbol kenangan atas kejadian dan peristiwa yang telah dialami, misalnya souvenir pernikahan, ulang tahun, dan lain sebagainya. Era new normal memberikan peluang bagi usaha ini karena banyak acara atau event yang membutuhkan souvenir. Namun, karena besarnya peluang dalam bisnis ini maka akan menimbulkan persaingan yang ketat pula. Anda harus menjadi market leader dengan cara mengefisiensikan bisnis Anda menggunakan software retail terbaik. 

Dalam pengelolaannya bisnis ini memiliki banyak bahan-bahan baik dari jenis maupun rupa. Hal tersebut akan membuat Anda kesulitan, untuk itu gunakan software retail tercanggih yang akan membantu dalam mengotomatiskan pengelolaan bisnis retail. Anda dapat dengan mudah mengelola manajemen inventaris, e-commerce, pengelolaan pelanggan dan aktivitas lainnya dengan software ERP retail EQUIP. Selain itu, data yang dihasilkan oleh software retail terunggul ini memiliki akurasi yang tinggi dan dapat Anda lihat secara real-time.

Simak artikel berikut untuk mengetahui 5 tips sukses untuk memulai atau membuka bisnis souvenir.

usaha souvenir

1. Pilih Jenis Produk Souvenir yang Akan Anda jual

Bagi Anda para pemula alangkah lebih baiknya untuk memilih produk souvenir yang akan Anda jual. Terdapat banyak pilihan souvenir pernikahan, ulang tahun, maupun produk yang lainnya. Hal ini bertujuan agar Anda lebih fokus dalam pengelolaannya khususnya pada proses produksi. Selanjutnya setelah bisnis Anda mulai berkembang, Anda bisa memperluas jangkauan pasar dengan memperbanyak jenis produknya. 

Produk souvenir biasanya berupa tas atau dompet, masker kain, alat makan dan minum, gantungan kunci, sabun, hand sanitizer, dan lain sebagainya. Dengan memfokuskan produk apa yang ingin dijual, maka Anda juga akan lebih mudah dalam mencari supplier dan mengatur pembelian bahan baku. Anda dapat meningkatkan seluruh kegiatan pembelian bisnis mulai dari biaya procurement yang lebih efisien hingga analisa stok komprehensif dengan menggunakan sistem pembelian yang lengkap

Baca juga: Tips Mengelola Bisnis Rumahan dengan Software Retail

2. Siapkan Modal yang Cukup untuk Memulai Usaha Souvenir

Modal usaha souvenir

Tips yang selanjutnya yaitu dengan menyiapkan modal yang cukup. Sebelum memulai sebuah usaha ada baiknya untuk memproyeksikan perencanaan biaya atau anggaran. Pada dasarnya modal untuk berbisnis tidak harus besar, mengingat usaha souvenir merupakan usaha dengan produk custom yang dijual dengan sistem pre-order.

Setelah pelanggan melakukan pemesanan biasanya mereka akan membayar uang muka. Uang ini bisa Anda jadikan modal tambahan untuk proses produksi. Selain itu, apabila Anda memiliki perencanaan bisnis yang bagus, maka Anda juga bisa mempertimbangkan pinjaman modal usaha. Saat ini banyak sekali jenis pinjaman modal mulai dari bank hingga platform-platform online. Berikut ini merupakan gambaran modal untuk usaha souvenir skala kecil dan menengah: 

  • Bahan-bahan untuk souvenir: Rp 5.000.000
  • Alat-alat: Rp 1.500.000
  • Pegawai: Rp 1.500.000
  • Total modal: Rp 8.000.000 

3. Cari Supplier Souvenir yang Murah Namun Berkualitas Tinggi

Setelah mengetahui produk dan besaran modal untuk bisnis souvenir, selanjutnya Anda dapat mencari supplier. Carilah supplier yang menawarkan harga terjangkau dengan kualitas yang bagus. Anda dapat melihat dari testimoni pebisnis-pebisnis lain. Jika tidak ingin kesulitan dalam melakukan proses produksi, Anda bisa langsung mencari supplier yang menerima pesanan custom

Selain itu, Anda juga bisa membeli produk yang sudah jadi sehingga Anda nantinya hanya memberikan kemasan sesuai dengan pesanan konsumen. Bukan hanya berhubungan dengan distributor souvenir, pengusaha souvenir juga akan bekerjasama dengan percetakan. Bahkan bisa dikatakan bahwa percetakan merupakan salah satu mitra penting dalam bisnis ini. 

Baca juga: Supplier Adalah Elemen Bisnis yang Bantu Kesuksesan Bisnis Anda

4. Gunakan Software Retail untuk Memudahkan Pengelolaan Usaha Souvenir

Software retail untuk usaha souvenir

Banyaknya jenis produk souvenir membuat banyak pebisnis souvenir merasa kewalahan dalam menjalankan bisnisnya. Selain itu, sulitnya mencari SDM yang terampil menjadi salah satu fokus bisnis ini. Saat terlalu fokus pada permasalahan SDM maka akan membuat proses-proses lain yang ada dalam bisnis menjadi terbengkalai. Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan software retail EQUIP yang akan membantu Anda dalam mengotomatiskan proses pada bisnis retail Anda. 

Dengan software retail terbaik ini, Anda dapat mengurangi pekerjaan manual yang memakan waktu sehingga pekerjaan menjadi lebih efektif dan efisien. Waktu yang tersisa bisa Anda gunakan untuk melakukan inovasi pada bisnis. Selain itu, sistem manajemen EQUIP ini akan memastikan data yang dihasilkan adalah data yang aktual, akurat dan real time. Data ini bisa Anda gunakan untuk menentukan strategi bisnis atau toko souvenir Anda kedepannya. 

5. Promosikan Usaha Souvenir Rumahan Anda dengan Tepat

Setelah toko souvenir Anda mulai berkembang jangan lupa untuk melakukan pemasaran atau promosi produk. Dalam mempromosikan bisnis ini terbilang susah-susah gampang. Sulitnya, Anda harus mengetahui cara promosi yang tepat karena banyak kompetitor yang sudah pandai dalam melakukan promosi secara digital. Mudahnya, promosi bisa Anda lakukan secara online dan offline. 

Anda dapat melakukan promosi melakukan promosi melalui sosial media dengan menggunakan akun khusus sebagai fans page atau akun bisnis khusus. Selain itu, Anda dapat memanfaatkan layanan digital advertising untuk jangkaun pasar yang lebih luas. Jangan lupa untuk membuat logo usaha sebagai salah satu cara branding bisnis Anda. Sertakan logo atau branding produk pada setiap produk souvenir. 

Baca juga: Strategi Content Marketing untuk Tingkatkan Brand Awareness Perusahaan 

Kesimpulan

Demikianlah beberapa tips yang bisa Anda lakukan saat ingin membuka atau mengembangkan toko souvenir. Usaha souvenir memiliki peluang yang besar mengingat bisnis ini bisa dimulai dengan modal kecil, bisa dijalankan dirumah, hingga banyak ide yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan pasar. Karena besarnya peluang tersebut, banyak orang yang berlomba-lomba untuk membuka sebuah toko souvenir. Hal tersebut menyebabkan persaingan dalam bisnis ini semakin ketat. 

Gunakan software retail terbaik untuk membantu Anda mengefisiensikan segala proses bisnis. Saat bisnis Anda berjalan dengan cepat maka konsumen akan lebih loyal dan dapat menjadi pelanggan tetap Anda. Permudah segala proses bisnis mulai dari proses operasional hingga administrasi menggunakan software retail terlengkap dari EQUIP

Tunggu apalagi? Segera jadwalkan demo gratis dengan tim kami agar Anda dapat merasakan secara langsung kemudahan mengelola bisnis dengan bantuan software retail EQUIP.

Sepdia Qurrota Aini
Sepdia Qurrota Aini
A Junior Creative Content Writer at Hashmicro with passion for creative writing, relations and journalism.

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
+628111775117
×
Jadwalkan Demo Via WA