Usaha Sampingan: Simak Pengertian dan Ide Menariknya!

Banyak orang menginginkan untuk dapat penghasilan atau uang saku tambahan. Dalam merealisasikan keinginan tersebut, mereka melakukan berbagai cara atau solusi. Salah satu solusinya adalah menjalankan usaha sampingan. Namun sayangnya, tidak sedikit yang ragu untuk menjalankan usaha. Keraguan tersebut diakibatkan karena kurangnya ide usaha.

Menjalankan bisnis sambil mempertahankan pekerjaan sebagai karyawan perusahaan merupakan salah satu impian dari sebagian besar pekerja. Selain menambah pendapatan, tentu saja usaha sampingan karyawan akan menambah hal positif di dalam hidupnya. Usaha sampingan karyawan bisa menjadi pilihan alternatif untuk mendapatkan sumber penghasilan tambahan selain gaji pokok dan insentif lainnya dari perusahaan. Saat ini sudah tersedia beragam ide bisnis skala rumahan yang dapat dijalankan oleh seorang karyawan.
DemoGratis

Apa itu Usaha Sampingan?

Secara umum, usaha sampingan memiliki pengertian sebagai sebuah kegiatan usaha atau bisnis yang dilakukan bersamaan dengan kegiatan lain yang sedang dijalani. Dengan kata lain, mereka dapat menjalankan usaha sampingan disamping kegiatan bekerja di kantor hingga kegiatan kuliah. Saat ini, ada banyak sekali jenis dari usaha sampingan, mulai dari penjualan produk jadi atau mentah hingga layanan jasa. Usaha sampingan kini semakin digemari oleh banyak orang. Hal ini karena usaha sampingan dapat merealisasikan impian mereka untuk mendapatkan penghasilan atau uang saku tambahan.

Alasan Mengapa Karyawan Harus Membuka Usaha Sampingan

Memiliki banyak waktu luang juga mendorong para pegawai kantoran memiliki usaha sampingan. Apalagi sekarang sudah era digital. Berbisnis bisa dilakukan melalui internet. Dengan mengisi waktu luang dan memanfaatkan internet, para karyawan bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan usaha sampingan. Misalnya, mengisi waktu luang di hari Sabtu dan Minggu. Libur selama dua hari ini bisa dirasakan terlalu lama bagi sebagian orang sehingga dapat dimanfaatkan dengan kegiatan sampingan yang menghasilkan. 

Hasil usaha sampingan tentu saja bantu target keuangan Anda tercapai. Selain memiliki mobil, banyak sekali target keuangan yang akan memotivasi sehingga merasa harus memiliki usaha sampingan. Misalnya, target memiliki rumah, target memberangkatkan kedua orang umroh atau haji, dan seterusnya.

Manfaat Membuka Usaha Sampingan bagi Seorang Karyawan

Menjadi karyawan sekaligus memiliki bisnis sampingan tentu bukanlah sesuatu yang umum dan banyak yang mempraktekkannya, tetapi banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan. Dengan membangun usaha sampingan ketika masih berstatus karyawan, Anda akan memiliki prospek yang lebih matang pada masa mendatang. Bisnis sampingan adalah aset paling berharga yang tentunya akan berdampak pada keberlangsungan hidup jangka panjang. Jika bisnis yang dimiliki dapat berjalan dengan stabil, Anda tidak perlu khawatir memikirkan penghasilan ketika nanti resign dari pekerjaan atau terkena korban PHK. Selain itu, usaha sampingan tersebut berpotensi untuk berkembang sehingga Anda tidak perlu lagi bekerja sebagai karyawan.

Ide Usaha Sampingan yang Menarik

Ide seringkali menjadi keraguan serta hambatan untuk seseorang dalam menjalankan usaha. Padahal, ide dapat berasal dari mana saja. Bahkan, kegiatan yang dilakukan oleh orang disekitar dapat menjadi ide bagi Anda dalam menjalankan usaha. Berikut adalah beberapa ide yang dapat diterapkan oleh Anda dalam menjalankan usaha sampingan. Tentunya ide yang menarik ini tidak membutuhkan modal yang besar.

Ide Usaha Sampingan yang Menarik

1. Laundry kiloan

Laundry kiloan merupakan salah satu peluang usaha rumahan yang menguntungkan. Banyak masyarakat yang memiliki berbagai kesibukan sehingga tidak sempat untuk mencuci pakaiannya sendiri. Apalagi, bisnis yang satu ini terbilang tidak membutuhkan modal yang sangat besar. Dengan modal kisaran jutaan Rupiah, Anda sudah bisa membuka usaha laundry kiloan, bahkan di rumah. Menariknya lagi, usaha ini mampu menghasilkan keuntungan bersih jutaan Rupiah tiap bulannya. Dalam usaha laundry Anda perlu menyiapkan alat seperti mesin cuci, timbangan, pewangi dan deterjen, setrika, plastik kemasan dan lainnya.

2. Usaha cuci motor dan mobil

Usaha cuci motor dan mobil menjadi salah satu usaha yang menjanjikan. ini berdasarkan tinggi angka kepemilikan kendaraan, mobilitas kesibukan, juga jika harus mencuci transportasi sendiri butuh banyak air dan tenaga. Tempat usaha cucian motor dan mobil sangat variatif, ini tergantung pada ketersedian alat dan teknologi yang ada.  

Modal usaha cuci motor dan mobil dengan modal kecil, perkiraan perlu modal awal sebanyak antara Rp 7,5 jt – Rp 8.5 jt, belum termasuk biaya tempat. Alat yang dikumpulkan seperti Tangki snow wash, disarankan tangki berbahan stainless merupakan pilihan yang bagus. Untuk bahan cucinya sendiri busa gunakan shampo wax bahan campuran salju, juga ada kompresor angin untuk menghasilkan semprotan serta bisa untuk mengeringkan mobil. Lalu alat dan bahan penyemprot dan pembersih mobil seperti Selang, lap chamois atau microfiber dan Lainnya.

3. Design grafis

Usaha sampingan ini cocok bagi karyawan yang bekerja di perusahaan desain grafis. Di sela-sela pekerjaan utama, Anda bisa menawarkan jasa ke teman terdekat yang anda kenal atau melalui beberapa toko penjualan online. Jenis desain yang bisa Anda mulai dari desain logo website, logo banner, kartu nama, dan masih banyak lainnya. Bahkan Anda bisa membuat lukisan atau karikatur lalu menjualnya secara online. Desain grafis yang Anda buat bisa juga dipasang pada gelas, baju, payung, bantal, kartu undangan, dan lainnya, lalu menjualnya untuk mendapatkan keuntungan yang lebih banyak.

4. Les privat

Salah satu bisnis yang memiliki peluang bagus saat ini adalah membuka usaha les privat. Jika Anda menekuni bisnis ini sebagai usaha yang serius, maka prospek ke depannya akan sangat menguntungkan dan berpotensi untuk terus berkembang dalam skala besar. Meskipun modal yang Anda keluarkan untuk memulai bisnis ini sangatlah ringan, bukan berarti upah yang Anda terima sedikit. 

Melalui les privat, tentunya Anda hanya melayani bimbingan kepada 1 hingga 2 siswa saja, dengan datang ke rumah anak yang bersangkutan. Hal inilah yang membuat biaya les privat lebih eksklusif daripada dengan les berkelompok. Maka, upah yang akan Anda dapatkan setiap bulannya pasti sangat menguntungkan.

5. Makelar properti

Menjadi agen makelar properti tidak butuh modal biaya, Anda hanya perlu membangun kepercayaan, dan jangan pernah bosan untuk terus menambah wawasan anda tentang dunia properti sehingga jaringan dan pengetahuan Anda kian bertambah terus setiap harinya untuk mendukung usaha ini. Beberapa skill yang wajib dimiliki oleh seorang agen properti adalah kemampuan bernegosiasi, skill marketing dan sales, serta kemampuan berkomunikasi dengan berbicara serta mendengar keluhan dan keinginan customer.

6. Waralaba makanan dan minuman

Waralaba makanan dan minuman memiliki peluang yang sangat besar dan cocok untuk menjadi usaha sampingan. Alasannya sederhana, selama masih ada manusia yang memiliki kebutuhan pokok pangan, selama itulah bisnis makanan dan minuman akan memiliki pelanggan. Waralaba adalah bisnis yang berdiri dengan menggunakan merek dagang bisnis lain dengan syarat penerima waralaba membayar biaya dan royalti kepada pemilik bisnis aslinya. Terkait biaya dan royalti, Anda tidak perlu khawatir karena dalam bisnis waralaba Anda hanya perlu membayar di awal saja.

7. Frozen food

Zaman yang serba praktis ini, makanan beku siap olah menjadi solusi untuk kebutuhan konsumsi harian. Kemudahan dalam mengolah makanan beku dan permintaan yang semakin meningkat membuat peluang usaha aneka frozen food homemade semakin besar. Dengan modal yang kecil dan cara pengelolaan barang yang mudah, tentu usaha sampingan ini akan memberikan keuntungan yang menjanjikan untuk Anda. Sebelum kamu memutuskan untuk memilih produk-produknya, maka tentukan satu jenis makanan beku yang dapat menjadi pilihan Anda. Dengan fokus pada satu jenis frozen food, maka Anda bisa menyasar pasar yang telah kamu ciptakan sendiri dan ini sangat baik untuk pengembangan bisnis selanjutnya.

8. Toko Kelontong

Toko kelontong adalah usaha yang sangat mudah untuk dijalankan. Hal ini karena toko kelontong memiliki tingkat kesulitan yang sangat rendah saat pengelolaanya. Hal ini tentunya sangat cocok bagi para karyawan atau pengusaha yang ingin menambah penghasilannya. Toko kelontong dapat menjadi alternatif sebagai usaha sampingan yang memberikan penghasilan tambahan cukup besar. Pekerjaan Anda juga tidak akan terganggu akibat membuka toko kelontong.

9. Warung Kopi

Pada masa kini, masyarakat Indonesia sering kali mengonsumsi kopi sebagai kebutuhan. Kopi adalah salah satu jenis tumbuhan yang sangat laku di pasar Indonesia bahkan dunia. Hal inilah yang membuat membuka usaha warung kopi menjadi salah satu usaha sampingan terbaik. Anda hanya perlu menyiapkan modal sesuai dengan konsep warung kopi Anda. Semakin unik konsep warung kopi maka semakin besar modal yang Anda butuhkan. Pengelolaan warung kopi juga terbilang mudah. Hal inilah yang membuat usaha warung kopi menjadi alternatif usaha sampingan.

10. Toko Online

Perkembangan dunia digital saat ini membuat seluruh industri beralih pada dunia digital. Jual beli dapat terlaksana dengan melalui e-commerce atau hanya online. Oleh karena itu, pengelolaan bisnis yang mudah membuat toko online menjadi alternatif usaha sampingan. Anda dapat memulai mengelola toko online dengan mudah untuk menambah penghasilan.

11. Dropshipper

Istilah dropship sangat familiar di kalangan pelaku bisnis online. Dropship adalah sebuah sistem penjualan yang memungkinkan penjual hanya perlu untuk melakukan pemasaran serta menjual barang dari pihak lain tanpa perlu membeli stok barangnya terlebih dahulu. Penjual dalam hal ini disebut dropshipper. Hal ini dapat menjadi salah satu ide dalam menjalankan usaha. Anda bisa menjadi dropshipper dengan menjual barang yang sedang viral seperti skincare dan pakaian. 

12. Jasa desain grafis

Jika Anda memiliki keahlian dalam menggunakan aplikasi seperti Adobe Photoshop atau Adobe Illustrator, Anda dapat mencoba menjalankan usaha sampingan dengan membuka jasa desain grafis. Saat ini ada banyak sekali orang yang membutuhkan jasa desain grafis ini. Bahkan, tidak sedikit pelaku UMKM lokal yang mencari jasa ini untuk mendesain berbagai kebutuhan promosi mereka. Adapun kebutuhan promosi yang dalam hal ini meliputi materi promosi banner dan spanduk hingga materi promosi untuk media sosial mereka. Tidak jarang, mereka juga menggunakan jasa desain grafis untuk mendesain kemasan produknya.

13. Menjual aplikasi berbayar

Anda pasti pernah menjumpai penjual aplikasi berbayar ketika melihat media sosial seperti Instagram atau Twitter. Kini, ada banyak masyarakat yang mencari penjual aplikasi berbayar seperti ini. Biasanya, para penjual ini menjual aplikasi berbayar hingga akun platform streaming dengan harga yang murah. Anda dapat mengimplementasikan ide usaha ini sebagai kegiatan kedepannya.

14. Menjual pulsa elektrik

Tanpa adanya pulsa, maka seseorang tidak dapat melakukan panggilan telepon ke orang lain. Anda bisa melakukan penjualan pulsa elektrik sebagai usaha sampingan. Lakukan penjualan kepada kerabat terdekat hingga sanak saudara Anda. Karena tentunya mereka membutuhkan pulsa untuk melakukan panggilan telepon. Anda tidak perlu khawatir mengenai modalnya karena bisnis penjualan pulsa elektrik tidak memerlukan modal yang besar. Selain itu, usaha ini tergolong mudah untuk dilakukan.

15. Affiliate marketer

Usaha ini memang memiliki prospek yang besar di era digital saat ini. Affiliate marketer adalah seseorang yang melakukan pemasaran produk dari perusahaan lain dan akan mendapatkan komisi apabila produk terjual dari kegiatan pemasaran yang dilakukannya. Apakah Anda tertarik untuk mencobanya?

Kesimpulan

Usaha sampingan menjadi sebuah langkah yang dapat seseorang lakukan dalam rangka merealisasikan keinginannya untuk mendapatkan penghasilan atau uang saku tambahan. Ide-ide menarik yang telah dipaparkan sebelumnya dapat Anda jadikan sebagai referensi dalam menjalankan usaha. Jika nantinya usaha yang Anda jalankan sukses, Anda dapat melakukan pengembangan lebih lanjut agar dapat menjadi usaha atau bisnis besar. Karena usaha atau bisnis besar berawal dari yang kecil terlebih dahulu.

Aruna Citra Dewi Kartini
Aruna Citra Dewi Kartini
A highly motivated and tech-savvy individual with a demonstrated ability to produce high-quality content that engages audiences and achieves marketing goals.

Artikel Terkait

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Gabriella
Balasan dalam 1 menit

Gabriella
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami.
628111775117
×

Gabriella

Active Now

Gabriella

Active Now