Retail Software: Pengertian, Fungsi dan Manfaat, Keuntungan, dan 5 Rekomendasi

Perkembangan teknologi sudah semakin pesat seperti yang terjadi pada perkembangan bisnis ritel. Sebagai contoh bisnis retail telah berkembang dengan adanya pemakaian software yang bertujuan dalam pengelolaan bisnisnya. Bahkan banyak pebisnis yang berupaya untuk memadukan perkembangan bisnisnya di era industri 5.0. Dengan menggunakan retail software, pebisnis ritel akan terasa lebih terbantu dalam mengintegrasikan bisnis dan tak dapat terkalahkan. Lalu bagaimana dengan fungsi, manfaat, keuntungan, jenis, dan rekomendasi top 5 retail software terbaik di Indonesia? Simak ulasan artikel selengkapnya!

retail software

Daftar Isi

Pengertian Retail Software

Retail software adalah sebuah perangkat lunak yang berfungsi untuk mempermudah dalam menyelesaikan transaksi jual beli produk barang maupun jasa secara cepat dan efisien. Dengan menggunakan sistem otomatis, maka dapat mempercepat cara kerja dari menyederhanakan proses penjualan. Mulai dari perolehan barang, pengontrolan ketersediaan barang, pengelolaan pesanan pelanggan, dan pengembalian barang. Retail software dapat diakses secara daring atau online pada berbagai perangkat teknologi seperti komputer, PC, dan gadget dengan data yang real time.  

Fungsi dan Manfaat Software Ritel

Terdapat beberapa fungsi dan manfaat memakai retail software untuk kelancaran bisnis Anda. Tidak hanya bertujuan untuk mengintegrasikan pengelolaan sistem bisnis Anda menjadi efektif dan efisien,tetapi terdapat beberapa manfaat dari penggunaan retail software untuk bisnis Anda:

1. Mencegah pelanggaran

Dengan menggunakan perangkat lunak ritel dapat meminimalisirkan berbagai pelanggaran yang terjadi. Biasanya pelanggaran juga disebabkan karena adanya human error ketika pengerjaaan dilakukan secara manual. Sebagai contoh pelanggaran yang sering terjadi ketika kesalahan dalam menghitung persediaan barang hingga terlambatnya penginputan data persediaan yang masuk.

2. Mengintegrasi layanan

Maksud dari manfaat dapat mengintegrasi layanan yaitu dengan menggunakan perangkat lunak ini, setiap layanan penjualan dan pembelian dapat  Anda kelola dengan baik. Pengelolaan layanan jual beli dengan retail software dapat meningkatkan pelayanan bisnis Anda, sehingga pelanggan mendapat rasa nyaman dari layanan yang Anda berikan.

3. Pengelolaan keuangan

Manfaat dari pengelolaan keuangan ini menggunakan modul akuntansi yang tersedia. Dengan adanya ketersediaan modul akuntansi, dapat mempermudah untuk meningkatkan pendapatan melalui sistem penjualan dan proses lainnya.

Retail Software
Sumber: freepik.com

Keuntungan Retail Software Bagi Pengelolaan Bisnis Retail

Penggunaan retail software bagi pengelolaan bisnis ritel memiliki berbagai keuntungan yang akan Anda dapatkan. Keuntungan tersebut tentunya akan mempermudah cara kerja dengan efektif dan efisien. Dengan sistem yang otomatis, maka waktu dan tenaga  Anda dapat fokus dalam pengembangan bisnis Anda. Berikut keuntungan dalam menggunakan software ERP retail EQUIP:

1. Lacak pesanan dapat mempersingkat waktu dengan retail software

Melacak pesanan pembelian dan melacak tagihan secara manual sangatlah memakan waktu dan cukup sering terjadinya kesalahan. EQUIP sudah menggunakan sistem otomatis yang dapat membantu Anda dalam mencatat dan merekam laporan transaksi pembelian. Selain itu dapat melacak berbagai tagihan dari supplier dan pihak pelanggan secara otomatis.

2. Laporan keuangan yang akurat

Menginput ribuan baris angka untuk membuat laporan keuangan secara manual sangatlah sulit dan membuat menjadi tidak efektif. Jika terjadi satu kali kesalahan dalam menginput, maka dapat berakibat fatal untuk transaksi berikutnya. Menggunakan sistem otomatis dari yang dapat mencatat transaksi dan laporan keuangan dengan teliti dan akurat.

3. Mudah untuk memantau ketersediaan barang

Jika ada pelanggan yang ingin membeli produk Anda, namun ternyata dalam gudang sudah tidak tersedia lagi, apa yang akan terjadi? Tentunya pelanggan akan mencari produk ke toko lain dan kemungkinan besar tidak akan mengunjungi toko Anda lagi. Maka, Anda wajib menggunakan sistem retail software yang otomatis untuk mengecek ketersediaan produk Anda secara otomatis juga. 

Jenis-jenis dan Kegunaan Modul pada Retail Software

Retail software memiliki beberapa jenis dan kegunaan sesuai dengan kebutuhan dan fungsinya masing-masing. Fungsi secara umum dari perangkat lunak ritel adalah untuk mengelola, mengontrol terhadap manajemen seluruh kegiatan yang terjadi pada bisnis ritel. Retail software juga menyediakan modul-modul untuk memperlancar kinerja yang otomatis. Berikut terdapat beberapa modul yang memiliki kegunaannya masing-masing untuk mengoptimasi kinerja pada bisnis Anda.

1. Modul POS

Modul pertama yang familiar bagi kaum awam yaitu jenis POS (Point of Sales) merupakan modul wajib dimiliki pada setiap perusahaan ritel. Memiliki fungsi utama untuk mempermudah proses transaksi penjualan dan pembelian secara otomatis agar lebih efektif dan efisien. Selain mempermudah transaksi jual beli, modul POS juga berguna untuk meninjau ketersediaan stok barang atau inventory, mengatur pembayaran dan retur dengan supplier, mengontrol keuangan, hingga perhitungan diskon yang otomatis dibuat untuk mencapai target. 

Modul ini biasanya untuk keperluan di kasir yang disebut cash register. Namun, seiring berkembangnya teknologi yang ada, modul POS memiliki kemajuan dan penambahan fitur-fitur yang lebih lengkap. Maka, banyak perusahaan yang sangat memerlukan modul POS untuk kelancaran bisnis mereka.

2. CRM module

Modul CRM (Supply Chain Management) adalah salah satu modul yang penting untuk meningkatkan bisnis Anda. CRM tidak hanya dapat Anda pakai pada industri manufaktur, tetapi juga pada bisnis ritel. Kegunaan modul CRM yaitu untuk memudahkan pengelolaan pelanggan melalui proses penjualan yang cepat, efektif, dan efisien. Sehingga bisnis Anda dapat berjalan dengan otomatis mulai dari pengelolaan data pelanggan dan menjalankan berbagai macam promosi tanpa kesulitan berarti.

3. Modul Accounting

Seperti bisnis pada umumnya, pada industri perangkat lunak ritel juga membutuhkan pengelolaan sistem keuangan. Maka, pada retail software memerlukan modul accounting untuk memperlancar sistem keuangan dan meminimalisir terjadinya kesalahan. Kegunaan dari modul akuntansi adalah untuk mengelola keuangan mulai dari penghitungan pendapatan, pencatatan aktivitas keuangan, hingga pembuatan laporan keuangan atau financial statement.

Baca juga: Mengapa Software Akuntansi Penting dalam Kegiatan Bisnis?

4.Purchasing module

Untuk purchasing module ini berfungsi untuk mengelola sistem request pembelian dari berbagai cabang dengan mudah, dapat mengelola tender pembelian dengan perbandingan RFQ, dan dapat membuat penilaian vendor secara otomatis.

5. Modul Inventory

Modul inventory dilakukan untuk proses pengelolaan inventaris persediaan barang sesuai dengan nama modul. Memiliki fungsi untuk mengontrol dan mengelola inventaris secara otomatis dengan sistem yang cepat dan efisien.  

Tips Memilih Retail Software yang Cocok dan Tepat untuk Bisnis Anda

Saat ini sudah banyak perusahaan yang menawarkan perangkat lunak ritel dengan masing–masing kelebihan yang tersedia. Berikut tips untuk memilih retail software yang cocok dan tepat untuk bisnis Anda:

1. Lakukan riset perusahaan

Sebelum Anda memilih perusahaan penyedia software, pastikan Anda mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya mengenai perusahaan tersebut. Informasi yang Anda butuhkan adalah cari tahu sudah berdiri berapa lama perusahaan tersebut, berapa jumlah klien yang sudah perusahaan tangani, dan bagaimana perusahaan tersebut melayani jika klien merasa ada keluhan.

2. Sesuaikan dengan kebutuhan

Meskipun kebanyakan perusahaan menyediakan fitur-fitur yang hampir sama, namun Anda juga harus menyesuaikan kebutuhan bisnis dengan perusahaannya. Mungkin ada pebisnis yang membutuhkan software yang dapat mengintegrasikan semua proses, tetapi sering ada pebisnis yang hanya memerlukan software tertentu. 

3. Cari testimoni tentang perusahaan dari beberapa klien

Mencari testimoni dan ulasan dari klien yang sudah pernah menggunakan aplikasi software tersebut, dapat membuat Anda semakin menambah wawasan dan dapat menjadi pertimbangan pilihan tersebut. Dengan adanya testimoni dan ulasan, Anda mendapatkan gambaran bagaimana perusahaan tersebut memberikan layanan kepada klien-kliennya.

4. Sesuaikan dengan budget Anda

Setelah Anda mencari riset dan informasi mengenai perusahaan retail software, tentunya Anda memerlukan budget. Pastikan Anda memilih aplikasi dengan harga yang sesuai kebutuhan serta budget yang Anda miliki. Selain itu, Anda perlu meninjau kelebihan dan kekurangan pada perusahaan tersebut. 

Rekomendasi 5 Software Ritel ERP Terbaik untuk Bisnis Retail

Dari rangkain yang telah dipaparkan, ada 5 rekomendasi software ERP terbaik untuk bisnis ritel Anda:

1. EQUIP

EQUIP POS
Sumber: equiperp.com

EQUIP adalah serangkaian perangkat lunak atau software dengan sistem ERP, CRM, HRM, Inventaris, E-Faktur, dan masih banyak lagi yang dirancang untuk mempermudah integrasi bisnis dari berbagai industri. Perangkat lunak ini dapat membantu otomatisasi seluruh aktivitas bisnis, mulai dari manajemen akuntansi, manajemen penjualan, manajemen stok barang, manajemen pembelian, manajemen SDM, dan lain-lain.

Memiliki fitur sinkronisasi produk dan harga secara otomatis, dapat diakses dimana dan kapan saja untuk mempercepat kerja, dan memusatkan semua produk dalam sistem POS berbasis cloud. Dengan fitur yang lengkap, Anda dapat mencobanya gratis. 

2. Qontak.com

Rekomendasi software yang kedua adalah Qontak.com yang dapat menyimpan dan mengelola semua aktivitas penjualan secara otomatis. Memiliki fitur otomatisasi tugas anggota itm yang dapat dipantau setiap saat, laporan analisis penjualan yang disesuaikan dengan kebutuhan, dan otomatisasi dokumen yang dapat membuat dokumen dari word dan spreadsheet. Perusahaan menawarkan harga mulai dari Rp 200.000/bulan/pengguna.

3. Jurnal by Mekari

Jurnal by Mekari merupakan salah satu software yang cukup mudah digunakan. Memiliki fitur stok barang, maka hanya perlu melihat laporan stok barang pada program yang ada dan tidak perlu mencari satu per satu barang yang pelanggan cari. Harga yang ditawarkan dari perusahaan ini tidak tercantum pada websitenya, maka perlu menghubungi customer service Jurnal by Mekari.

4. RetailPro

Software perusahaan ini memiliki fungsi, fleksibilitas, dan kemampuan multinasional terbaik. RetailPro memiliki fitur untuk robust pricing and promotion, tailorable POS, manajemen karyawan dan pelanggan, dan lain-lain. Pada halaman website ini tidak tercantum, maka Anda perlu hubungi customer service dari RetailPro.

5. Robotill

Robotill adalah software pada bidang retail tanpa batas, namun software ini tidak memiliki fitur backup data untuk versi gratis. Jika Anda ingin memakai fitur yang lengkap, maka Anda perlu upgrade ke versi yang berbayar. Robotill memiliki fitur supplier order, management stock and reports, multiple payment methods for sale, etc. 

Software EQUIP ERP untuk Membantu Pengelolaan Pengembangan Bisnis Retail Anda

Dengan menggunakan software EQUIP ERP untuk membantu pengelolaan pengembangan bisnis retail Anda dengan optimal. Tunggu apalagi? Ayo pakai Equip sekarang!

Demo gratis Software Equip ERP sekarang!

Anda dapat melakukan demo gratis dan uji coba gratis menggunakan perangkat lunak ERP dari EQUIP sekarang!

Kesimpulan

retail software

Retail software dapat disimpulkan sebagai perangkat lunak untuk menunjang aktivitas dari kegiatan bisnis ritel. Modul-modul  yang disediakan untuk mengelola  bisnis sangat beragam dan lengkap mulai dari modul POS, modul inventory, modul CRM, modul accounting, dan modul purchasing. Sebagai pebisnis, pastinya Anda ingin segala proses aktivitas perusahaan dari produksi barang hingga distribusi ke pelanggan dapat berjalan dengan baik secara efektif dan efisien. Maka, Anda membutuhkan EQUIP dengan uji coba secara gratis dan mulai mendaftar dari harga Rp 75.000/bulan.

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
+628111775117
×
Jadwalkan Demo Via WA