16 Peralatan Kopi yang Bantu Optimalkan Bisnis Coffee Shop Anda!

Berdasarkan data Speciality Coffee Association (SCA), peningkatan penjualan kopi secara online mencapai 109% di seluruh dunia. Data tersebut menunjukkan bahwa industri kopi memiliki peluang yang besar jika Anda ingin memulai sebuah usaha. Namun, karena peluang yang besar ini membuat persaingan di industri kopi pun semakin besar. Oleh karena itu gunakanlah software F&B terbaik untuk mengefisiensikan bisnis coffee shop Anda sehingga menjadi market leader dalam industrinya. Jika Anda tertarik untuk membuat bisnis coffee shop alangkah lebih baiknya jika Anda mengetahui peralatan apa saja yang dapat mengoptimalkan bisnis Anda. Peralatan kopi tergolong sangat banyak dan jenisnya. Selain itu, bahan-bahan baku untuk membuat sebuah menu dalam coffee shop Anda juga sangat banyak.

Untuk mempermudah pengelolaan persediaannya bisnis coffee shop, Anda dapat menggunakan software inventory terbaik. Anda dapat mengatasi permasalahan manajemen inventaris bisnis Anda dengan software inventory terlengkap. Selain itu, software manajemen inventaris ini mempunyai fitur product warranty & expiry tracking yang akan memberikan notifikasi real-time seputar informasi garansi dan masa kadaluarsa dari bahan baku Anda. 

Simak artikel berikut untuk mengetahui peralatan kopi yang dapat membantu Anda dalam mengoptimalkan bisnis coffee shop Anda. 

Baca juga: Aplikasi Inventory Adalah: Pengertian, Kelebihan, dan Fitur

peralatan kopi

Peralatan Kopi yang Dibutuhkan Coffee Shop

Ketika Anda berencana untuk memulai sebuah bisnis coffee shop, menyediakan peralatan dapur dan coffee bar jelas menjadi tugas yang penting bagi Anda. Hal ini ini sangat penting karena pengadaan peralatan sangat mempengaruhi kualitas makanan dan minuman yang akan Anda sajikan kepada pelanggan. Jika Anda masih kebingungan peralatan apa saja yang perlu Anda persiapkan, berikut ini adalah beberapa peralatan kopi yang perlu Anda ketahui: 

1. Mesin Penggiling Kopi (Coffee Grinder)

Grinder atau mesin penggiling kopi adalah alat yang paling penting untuk menghasilkan kopi. Banyak coffee shop yang membutuhkan alat ini. Mesin penggiling kopi adalah alat utama yang yang harus Anda punya jika hendak membuka sebuah coffee shop. Kopi yang memiliki cita rasa yang baik biasanya dihasilkan dari proses penggilingan biji kopi yang tepat dan sempurna. Jika Anda ingin menghasilkan kopi yang berkualitas maka Anda wajib untuk memiliki mesin penggiling kopi atau coffee grinder ini. 

2. Drip Coffee Maker

Drip coffee maker adalah salah satu peralatan yang bisa membuat sajian kopi Anda menjadi lebih berkualitas. Anda harus memiliki peralatan ini karena berfungsi untuk membantu proses pembuatan kopi pada bisnis coffee shop Anda. Alat ini banyak pebisnis gunakan karena pemeliharaannya murah serta harga alat ini lebih terjangkau. Selain itu, alat ini termasuk alat yang modern karena memiliki program yang mengatur pembuatan kopi secara otomatis. Dalam kurun waktu yang bersamaan mesin ini juga dapat menyeduh hingga 12 cangkir kopi karena kapasitas yang cukup besar. Sehingga, konsumen tidak akan menunggu terlalu lama ketika pebisnis kopi sudah memiliki mesin. 

3. Moka Pot

Selanjutnya peralatan yang harus Anda miliki adalah moka pot. Moka pot akan menghasilkan seduhan kopi yang memiliki cita rasa yang berbeda, yaitu lebih lezat dan unik. Selain itu, kopi yang diseduh menggunakan moka pot memiliki karakter yang lebih kental. Terdapat tiga bagian dari peralatan ini yaitu bagian dasar yang memiliki fungsi menyimpan air, kemudian bagian tengah yang berfungsi sebagai filter, dan bagian ketiga yang berfungsi untuk menampung kopi yang telah selesai dan jadi. 

4. Mesin Kopi Espresso

Mesin kopi espresso adalah mesin idaman bagi setiap barista. Barista pasti sangat membutuhkan mesin ini. Tampilan dari mesin ini begitu gagah, kokoh, dan tangguh performance-nya. Biasanya yang memakai jenis mesin ini adalah barista profesional yang sudah sangat berpengalaman mengenai bagaimana cara mengoperasikannya. Jadi, apabila Anda ingin mendirikan coffee shop berskala besar dan Anda memiliki modal yang cukup, maka Anda bisa mempertimbangkan untuk membeli mesin ini. 

5. Peralatan Untuk Memasak

Pada setiap coffee shop pasti memiliki makanan pendamping yang lezat untuk konsumen. Oleh karena itu, Anda membutuhkan peralatan memasak untuk mengolah makanan. Saat inilah waktu yang tepat bagi Anda untuk membeli kompor dengan kualitas terbaik. Jika Anda hendak membuka coffee shop dengan skala yang besar, maka pilihlah kompor yang memiliki tungku yang banyak. Hal ini penting untuk mempersingkat waktu koki dalam memasak ketika coffee shop sedang ramai. Selain itu, Anda juga tidak akan kehilangan konsumen. 

6. Wadah Untuk Memasak

Peralatan kopi untuk memasak hidangan pendamping

Perlu Anda ingat juga, selain membeli kompor tentunya Anda wajib memiliki wadah untuk mengolah masakan Anda seperti panci stock pot, panci penggorengan, panci wok, panci braiser, dan juga panci untuk menumis sayuran. Jika Anda mempunyai coffee shop yang menyajikan hidangan seperti menu Asia atau menu Western maka Anda dapat membeli seluruh jenis panci tersebut. 

7. Peralatan Untuk Memanggang

Anda pasti juga akan memerlukan peralatan memanggang seperti grill roaster, toaster, gas torch flame gun, dan oven. Apalagi jika pada coffee shop Anda terdapat menu seperti pizza, steak, atau beef patty. Peralatan coffee shop ini tentunya akan sangat berguna. Anda juga harus mempersiapkan perlengkapan memanggang seperti alumunium foil, penjepit makanan, arang, serta spatula untuk melengkapinya.

Baca juga: Kunci Sukses Memulai Bisnis F&B dengan Software POS

8. Peralatan Menyimpan Makanan

Seperti yang kita ketahui bahwa industri F&B memiliki bahan yang cepat busuk atau awet. Untuk menyimpan bahan-bahan tersebut Anda pasti membutuhkan peralatan untuk menyimpan makanan seperti kulkas, freezer, dan showcase cooler. Hal ini dilakukan untuk terus menjaga kondisi makanan tetap segar dan saat dimasak dapat mengeluarkan cita rasa dan aroma terbaiknya. Peralatan-peralatan tersebut bisa membuat bahan-bahan makanan awet dan tidak mudah busuk.

9. Peralatan Menyimpan Air Minum

Peralatan untuk menyimpan air minum seperti dispenser galon, teko, dan juga termos sangat diperlukan. Saat memilih dispenser, ada baiknya memilih dispenser dengan galon di bawah, serta memiliki tiga tombol yaitu tombol air panas, tombol air dengan temperatur normal, dan tombol air dingin. Lengkapi pula peralatan menyimpan air minum Anda dengan membeli termos dan teko.

10. Silverware

Stainless steel, gold, atau logam adalah beberapa peralatan makanan yang tergolong silverware. Untuk memulai sebuah bisnis coffee shop, alat-alat ini wajib untuk Anda miliki. Ada banyak toko yang menjual peralatan coffee shop ini dan mudah untuk Anda cari. Silverware terdiri dari sendok untuk es atau kopi, sendok makan, sendok teh, mangkok, piring, sendok besar, sendok gula, garpu, pisau, dan lain sebagainya.

11. Glassware

Selanjutnya untuk memulai bisnis coffee shop Anda juga membutuhkan peralatan ini yaitu glassware. Glassware terbuat dari kaca bening, biasanya terdiri dari gelas bertangkai (untuk minum wine, champagne, dan cocktail), gelas tidak bertangkai (untuk minum bir, jus, dan lainnya), serta cangkir (untuk minum teh dan kopi). Peralatan yang lengkap Anda membuat bisnis Anda terlihat lebih profesional di mata konsumen.

12. Blender & Juicer

peralatan kopi blender & juicer

Anda tidak boleh meremehkan peran blender serta juicer dalam sebuah coffee shop. Hal ini karena banyak konsumen yang juga menyukai minuman yang diblender. Kualitas jus akan menjadi lebih baik ketika menggunakan peralatan coffee shop ini karena jus akan tercampur secara merata. Konsumen juga akan lebih sehat karena juicer merupakan alat yang tidak menghilangkan nutrisi pada buah saat mengolahnya menjadi minuman.

13. Peralatan Kebersihan

Dalam bisnis makanan faktor utama selain rasa yang harus Anda perhatikan adalah peralatan kebersihan. Kebersihan coffee shop akan membuat konsumen Anda merasa lebih nyaman ketika sedang menikmati kopi dan menyantap hidangan pada coffee shop Anda. Contoh peralatan kebersihan yang bisa dibeli adalah dustpan (pengki), mop holder, window washer, botol sprayer, kemoceng, wiper karet, sikat lantai, alat pel, kop toilet, sapu, dan lain sebagainya.

14. Pendingin Udara

Coffee shop yang panas dan pengap tentunya akan sangat tidak nyaman sehingga beresiko akan dihindari oleh konsumen. Jika sudah begitu maka penghasilan coffee shop Anda tentu akan menurun drastis. Oleh karena itu sangat penting untuk memiliki peralatan pendingin udara seperti air conditioner (AC) atau kipas angin. Peralatan tersebut akan membuat suasana di coffee shop Anda cenderung lebih nyaman.

15. Peralatan Keamanan

Dalam upaya untuk meminimalisir kerugian serta melindungi kedai kopi dari bahaya kejahatan, memiliki peralatan keamanan tentunya sangat Anda butuhkan. Peralatan keamanan coffee shop ini contohnya adalah kamera cctv yang berfungsi untuk memantau keadaan coffee shop dari dalam maupun luar. Selain itu, ada pula fire extinguisher yang berguna untuk memadamkan kebakaran secara cepat.

16. Aplikasi Kasir (Point of Sales)

Hal utama dalam membuka suatu bisnis adalah adanya mesin kasir atau alat pembayaran. Namun pada saat coffee shop ramai pasti sangat sulit untuk melayani konsumen serta dengan banyaknya menu yang ada. Hal tersebut pasti membuat Anda sangat kewalahan dalam mengananinga.

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena saat ini dengan perkembangan teknologi sudah ada aplikasi kasir otomatis yang akan memudahkan Anda melayani pelanggan Anda. Aplikasi Point of Sales (POS) terbaik akan membantu Anda dalam pencatatan transaksi, pembuatan laporan keuangan, pengaturan promosi hingga pengelolaan inventaris bisnis coffee shop Anda.

 

Optimalkan Peralatan Kopi Coffee Shop Anda dengan Aplikasi Inventaris

Aplikasi inventory untuk menyimpan peralatan kopi
source: equiperp.com

Banyak sekali bukan peralatan kopi yang harus Anda miliki, belum lagi bahan-bahan baku untuk membuat menu dalam coffee shop Anda. Namun, Anda tidak tidak perlu bingung karena sekarang ada aplikasi inventaris terbaik yang akan membantu Anda dalam mengelola peralatan dan bahan baku tersebut. Dengan software inventaris terlengkap Anda dapat memantau perpindahan stok dan optimasi tingkat stok dengan lebih mudah dan otomatis. Software inventory EQUIP dirancang untuk memberikan kemudahan bagi Anda dalam pengelolaan inventaris pada bisnis coffee shop Anda. 

Baca juga: 7 Tips Menyukseskan Bisnis Coffee Shop dengan Software F&B

 

Kesimpulan

Demikianlah pembahasan mengenai peralatan yang harus Anda miliki untuk memulai bisnis coffee shop. Peralatan yang lengkap akan membuat bisnis Anda lebih optimal lagi. Dalam pengelolaan bisnis ini memang tidak mudah karena banyak proses proses kompleks yang harus Anda lakukan. Oleh karena itu gunakanlah software ERP F&B yang akan menjadi solusi terlengkap untuk mengelola coffee shop Anda.

Dengan software F&B terbaik ini, Anda juga dapat mengoptimalkan pengelolaan stok bahan, sistem POS yang mudah untuk Anda gunakan, hingga e-menu untuk meningkatkan retensi pelanggan Anda. Segera jadwalkan demo gratis sekarang dengan tim kami untuk merasakan secara langsung pengalaman terbaik menggunakan software F&B dari EQUIP

peralatan kopi

Sepdia Qurrota Aini
Sepdia Qurrota Aini
A Junior Creative Content Writer at Hashmicro with passion for creative writing, relations and journalism.

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
+628111775117
×
Jadwalkan Demo Via WA