Optimalkan Google Bisnisku dengan Strategi Berikut!

Google bisnisku adalah sebuah platform untuk memperluas jangkauan online bagi bisnis. Dalam dunia digital yang semakin berkembang, Google bisnis menjadi alat penting yang dapat membantu bisnis mengoptimalkan hasil penelusuran Google. Melalui platform ini, bisnis dapat memastikan bahwa informasi bisnis mereka selalu baru dan memiliki aksesibilitas yang baik.

Oleh karena perannya yang penting, google bisnis sering menjadi hal yang sangat diperhatikan dengan baik. Mulai dari pemahaman fitur-fiturnya hingga cara agar memiliki optimasi yang maksimal. Simak artikel lengkap mengenai google bisnisku berikut!

google bisnisku

Apa itu Google Bisnisku?

Google bisnisku adalah sebuah platform dari Google untuk membantu bisnis kecil dan menengah dalam meningkatkan kehadiran online mereka. Platform ini memungkinkan bisnis untuk mengelola dan memperbarui informasi bisnis mereka di berbagai layanan Google, termasuk pencarian Google, Google Maps, dan Google+. Salah satu fitur utama dari google bisnisku adalah kemampuan untuk mengelola informasi bisnis sehingga selalu baru dan memiliki aksesibilitas yang baik.

Selain itu, fitur lain adalah analitiknya yang akurat. Bisnis dapat melihat statistik tentang penampilan pencarian mereka, jumlah kunjungan ke situs web mereka, dan informasi tentang pelanggan. Dengan informasi ini, bisnis dapat memahami lebih baik perilaku pelanggan dan mengoptimalkan strategi pemasaran mereka.

Baca juga: 7 Rekomendasi Aplikasi Retail Terbaik untuk Bisnis Anda!

Mengapa Perlu Menggunakan Google Bisnisku?

Google bisnisku memungkinkan bisnis untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan melalui fitur ulasan dan penilaian pelanggan. Bisnis dapat mengelola ulasan dan memberikan tanggapan terhadap masukan pelanggan sehingga memperlihatkan bahwa bisnis peduli terhadap pelanggan. Hal ini dapat membantu bisnis dalam membangun reputasi positif yang pada akhirnya dapat membantu dalam pertumbuhan bisnis.

Penggunaan google bisnisku juga dapat membantu bisnis untuk memperoleh keuntungan yang lebih besar dari pemasaran mereka. Dengan menggunakan fitur iklan Google Ads, bisnis dapat menargetkan pelanggan potensial yang relevan dengan produk atau layanan mereka. Dengan kombinasi kedua fitur tersebut, bisnis dapat menciptakan pemasaran yang efektif serta retaining customer yang tetap optimal.

Fitur-fitur Utama Dalam Google Bisnisku

fitur bisnis google

Sebagai salah satu tools yang google miliki, platform ini memiliki beberapa fitur-fitur utama. Kekhawatiran untuk kesulitan mengakses fitur-fitur tersebut pun perlu dihilangkan. Berikut beberapa fitur utama dalam google bisnis yang cukup mudah untuk dipelajari:

Nama bisnis

Fitur ini menjelaskan mengenai nama bisnis yang Anda gunakan. Hal yang perlu diperhatikan untuk menulis nama bisnis adalah penggunaan keyword yang tidak terlalu banyak. Hal ini akan membuat google mendeteksi spam keyword yang pada akhirnya tidak akan memperoleh hasil maksimal.

Deskripsi bisnis

Seperti pada bagian deskripsi pada umumnya, google bisnisku juga memuat deskripsi bisnis yang berisi ringkasan mengenai bisnis Anda. Jangan gunakan kata yang terlalu banyak, yakni tidak lebih dari 750 kata. Anda dapat mengisi deskripsi bisnis ini dengan menggunakan penjelasan umum mengenai produk atau layanan yang Anda jual.

Alamat website

Pada bagian ini, bisnis harus memiliki website yang sudah memiliki isi di dalamnya. Tidak harus website profesional tetapi pastikan memilih domain yang mudah untuk memudahkan pelanggan menghafal nama bisnis Anda. Hal ini karena, alamat website ini akan menjadi salah satu sumber traffic bagi bisnis Anda yang cukup besar.

Rating dan Review

Rating berisi penilaian dan ulasan dari pelanggan untuk bisnis Anda. Bagian ini cukup penting karena akan menjadi penilaian bagi calon pelanggan baru yang sedang menilai kualitas produk atau layanan bisnis. Oleh karena itu, perlu untuk membaca review dari pelanggan untuk menjadi sumber evaluasi masa depan.

Foto

Gambaran visual akan lebih mudah untuk memahami kualitas produk. Hal ini berlaku juga untuk pelanggan Anda. Mereka akan cenderung mencari foto untuk menilai kualitas bisnis Anda. Namun, foto ini hanya berasal dari unggahan pelanggan maupun publik sehingga pastikan untuk memiliki kualitas visual yang baik, baik dari produk maupun tempat.

Alamat

Setiap orang akan merasa jengkel jika sedang mencari alamat tetapi alamatnya tidak jelas. Oleh karena itu, pastikan bisnis Anda menuliskan alamat dengan jelas dan benar-benar sesuai. Hal ini akan memudahkan pelanggan yang sedang mencari alamat bisnis Anda.

Maps

Pernah menemui koordinat maps yang tidak akurat? Jika iya, hal itu menjadi perhatian untuk bagian ini. Pastikan menentukan titik koordinat yang sesuai dengan lokasi aslinya. Hal ini agar para pelanggan dapat dengan mudah menemukan lokasi bisnis Anda.

Jam operasional

Bagian ini berisi jam operasional bisnis Anda yang akan pelanggan gunakan untuk memperkirakan kedatangan. Pastikan selalu memberikan update untuk jam operasional Anda karena hal ini menjadi acuan bagi pelanggan. Jika tidak pelanggan akan datang dimana bisnis Anda sedang libur sehingga mengurangi kepuasan pelanggan.

Telepon

Nomor telepon menjadi salah satu hal penting untuk menghubungkan pelanggan dengan bisnis. Gunakan nomor telepon yang aktif dan benar-benar sesuai. Hal ini karena penggunaan nomor telepon masih menjadi alat paling digunakan untuk menghubungi.

Pertanyaan

Kolom pertanyaan juga menjadi salah satu tempat untuk menghubungkan pelanggan dengan bisnis Anda. Terkadang pelanggan memiliki beberapa pertanyaan sebelum membeli produk atau layanan Anda. Oleh karena itu, selalu berikan jawaban yang informatif kepada pelanggan untuk memberikan penjelasan kepada mereka.

Cara Membuat Profil Google Bisnisku

Fitur dan benefitnya yang sangat menguntungkan memang menjadi alasan penggunaan google bisnis ini. Setelah memahami fitur-fiturnya, segera untuk mendaftarkan bisnis Anda ke platform ini. Berikut adalah cara membuat profil google bisnisku:

1. Buka website google bisnisku

cara membuat akun

Lakukan pencarian di kolom pencarian google dengan kata kunci ‘google bisnisku’. Kemudian klik paling atas dan masuk ke dashboard login berikut. Setelah itu klik tulisan ‘kelola sekarang’ untuk membuat profil baru.

2. Masukan nama bisnis

cara membuat akun

Setelah Anda berhasil login dengan email Anda, lalu masukan nama bisnis Anda. Nama ini cukup penting jadi pastikan isi dengan nama yang menarik. Selain menarik juga harus berbeda dengan yang lain.

3. Pilih jenis bisnis

cara membuat akun

Setelah itu isi jenis bisnis Anda sesuai dengan yang ada kelola. Retail online jika dapat membeli melalui online. Bisnis layanan jika bisnis Anda melakukan kunjungan ke pelanggan.

4. Pilih kategori bisnis

cara membuat akun

Setelah memilih jenis bisnis Anda, kemudian pilih kategori. Di kolom sudah tersaji berbagai pilihan kategori. Anda dapat memilih yang sesuai dengan bisnis Anda.

5. Isi alamat bisnis

cara membuat akun

Setelah itu, terdapat beberapa kolom alamat. Mulai dari negara, kota, dan provinsi. Pastikan untuk mengisi dengan akurat dan sesuai. Hal ini agar bisnis Anda mudah ditemukan.

6. Verifikasi akun

cara membuat akun

Setelah semua sukses, Anda akan menuju bagian verifikasi. Anda dapat memilih verifikasi sesuai dengan keinginan Anda. Masukan kode verifikasi yang sudah dikirim melalui kolom berikut.

Mengapa Profil di Google Bisnisku Perlu Optimasi?

Optimasi google bisnisku penting karena membantu bisnis Anda lebih mudah ditemukan di Google ketika seseorang mencari produk atau layanan yang sesuai dengan bisnis Anda. Dalam hal ini, optimasi Google Bisnisku bisa membantu meningkatkan visibilitas bisnis Anda di mesin pencari Google. Hal ini akan meningkatkan traffic dan penjualan bisnis Anda.

Dalam era digital saat ini, banyak orang mengandalkan mesin pencari seperti Google untuk menemukan informasi bisnis. Jika bisnis Anda tidak terdaftar atau tidak dioptimalkan dengan baik di Google Bisnisku, peluang untuk ditemukan dan menarik pelanggan baru akan berkurang. Oleh karena itu, optimasi Google Bisnisku menjadi sangat penting untuk memastikan bisnis Anda bisa bersaing.

Cara Optimasi Profil Google Bisnisku

Setelah membuat google bisnis, bukan berarti Anda lantas mendiamkan akun tersebut untung menarik pelanggan sendiri. Anda harus melakukan optimasi agar traffic yang kalian dapatkan cukup tinggi. Berikut adalah cara yang perlu kalian terapkan!

Perbarui informasi bisnis secara teratur

Pastikan bahwa informasi bisnis Anda selalu terbarui untuk memberikan informasi terbaru. Mulai dari alamat, nomor telepon, jam operasional, dan deskripsi bisnis Anda. Pastikan juga untuk menambahkan foto atau video berkualitas tinggi tentang bisnis Anda.

Berikan deskripsi yang informatif 

Gunakan deskripsi bisnis yang informatif dan menarik untuk menarik perhatian pelanggan. Pastikan untuk menonjolkan fitur dan layanan unik yang ditawarkan oleh bisnis Anda. Hal ini akan membuat bisnis Anda memiliki kesempatan untuk teroptimasi google sehingga mendapatkan traffic.

Dapatkan ulasan dari pelanggan

Ulasan pelanggan adalah cara yang baik untuk membangun kepercayaan dan menunjukkan kualitas bisnis Anda. Ajak pelanggan Anda untuk memberikan ulasan di halaman Google Bisnisku. Tak lupa pastikan juga untuk merespons setiap ulasan dengan baik, terutama jika ada masalah yang perlu diatasi.

Buat postingan reguler

Google Bisnisku memungkinkan Anda membuat postingan reguler untuk berbagi informasi tentang promosi, acara, atau berita terbaru dari bisnis Anda. Postingan ini juga dapat membantu meningkatkan visibilitas bisnis Anda di Google. Hal ini pada akhirnya akan memberikan traffic pada bisnis Anda. 

Baca juga: 5 Contoh Software Toko Grosir beserta Pengertian dan Manfaatnya

Kesimpulan

Google Bisnisku adalah alat yang penting untuk mempromosikan bisnis Anda secara online. Dalam era digital saat ini, Google Bisnisku memberikan cara yang efektif untuk meningkatkan visibilitas bisnis Anda di mesin pencari Google dan menjangkau pelanggan potensial yang lebih luas. Dengan memastikan bahwa informasi bisnis Anda terperbarui, pelanggan potensial dapat dengan mudah menemukan informasi tentang bisnis Anda.

google bisnisku

Salah satu bisnis yang memerlukannya adalah bisnis retail. Selain menggunakan google bisnisku, bisnis retail juga lebih efektif jika pengelolaannya menggunakan software otomatis dari EQUIP. Jadwalkan demo gratis bersama kami sekarang juga!

Artikel Terkait

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
628111775117
×

Aurel

Active Now

Aurel

Active Now