Rumus NPV serta Cara Menghitungnya untuk Manajemen Bisnis Anda!

Pada sistem akuntansi yang terintegrasi, pembuatan laporan keuangan merupakan salah satu hal yang penting bagi pemilik usaha terutama di kalangan startup company. Terdapat beberapa istilah penting ketika melakukan pencatatan laporan keuangan, salah satunya NPV atau net present value. Mendalami NPV lebih dalam dengan bantuan software akuntansi terpercaya dapat membantu Anda selaku pebisnis startup dalam menilai dan mengambil keputusan keuangan terbaik. 

Perusahaan startup yang berdiri di Indonesia memiliki banyak peluang untuk memulainya. Terdapat lebih dari 1000 pebisnis startup dengan perkembangan yang relatif baik. Dengan memahami net present value di aplikasi akuntansi terbaik, maka Anda dapat memperkirakan dan meningkatkan manajemen keuangan sehingga memaksimalkan keuntungan di masa depan. Anda dapat mengetahui definisi, rumus, serta cara menghitung dari net present value untuk memaksimalkan dalam mengatur keuangan startup Anda sebelum melakukan investasi perusahaan. Simak pada artikel berikut ini!

Baca juga: Neraca Saldo: Pengertian, Jenis, dan Cara Menghitungnya

NPV

Daftar Isi

Pengertian NPV

NPV atau net present value adalah selisih antara nilai sekarang dari arus kas yang masuk dan arus kas yang keluar pada periode tertentu. Singkatnya, net present value merupakan perkiraan arus kas suatu perusahaan pada masa yang akan datang yang telah menyesuaikannya dengan arus kas saat ini. Net present value  memiliki hubungan dengan time value of money mengenai nilai uang yang akan mengalami perubahan dari waktu ke waktu. 

Perhitungan ini sering perusahaan startup gunakan dalam hubungan dengan prediksi arus kas untuk menawarkan gambaran umum tentang keuntungan dari suatu investasi. Yang berarti, apabila NPV bernilai positif maka proyeksi pendapatan dari investasi akan melebihi dari proyeksi biaya yang perusahaan keluarkan. Sedangkan, net present value yang bernilai negatif akan menghasilkan kerugian.

Maka, net present value biasanya dihitung oleh seorang ahli manajer atau yang sudah memiliki analisis tajam mengenai perkiraan pendapatan untuk beberapa tahun ke depan. Jika proyeksi pendapatan berbeda secara signifikan dari perkiraan, maka nilai NPV akan salah.

npv
Sumber: Dreamstime.com

Baca juga:

Manfaat Net Present Value

Dalam dunia startup, ketika Anda mengetahui cara menghitung net present value, Anda akan mendapatkan manfaat untuk memanajemen keuangan perusahaan agar lebih teratur dalam mengelola investasi. Selain itu, manfaat terdapat lain dari net present value, sebagai berikut:

  1. Untuk mengukur kemampuan dan peluang sebuah perusahaan dalam mengelola investasi dalam beberapa tahun mendatang. Jika investasi menghasilkan profit, maka rencana akan berlangsung. Sebaliknya, jika proyek mengalami kerugian maka rencana tidak akan dapat berjalan meskipun siklus terlihat menguntungkan.
  2. Sebagai alat analisis untuk menilai investasi, proyek, atau urusan kas sebagainya. Bertujuan untuk perusahaan dapat memahami nilai investasi apakah telah sebanding dengan usaha yang perusahaan lakukan atau belum
  3. NPV juga dapat membantu startup dalam melakukan manajemen anggaran keuangan yang efektif dan efisien. Sehingga, banyak pebisnis yang beranggapan net present value sebagai nilai perkiraan keuntungan investasi yang didapat startup.

Baca juga: Ketahui Pentingnya Pembukuan untuk Perkembangan Bisnis Anda

Rumus dan Cara Menghitung NPV

Mengenai rumus NPV sudah sering dipakai dalam penyusunan laporan arus keuangan. Sementara untuk rumusnya berguna untuk mengukur untung atau rugi dari suatu proyek yang telah berjalan. Berikut rumus dan cara menghitung net present value sebagai berikut:

Keterangan:

NPV : Net Present Value (rupiah)

Ct   : Arus kas per tahun pada periode t

C0  : Nilai investasi awal 

r : Suku bunga atau discount rate (%)

Ketika Anda sudah mengetahui rumus dari net present value, berikut cara untuk menghitungnya:

  1. Langkah pertama, menghitung present value (PV) atau dari total pengeluaran per tahun dan future value (FV) dari total keuntungan per tahun.
  2. Langkah kedua, yaitu menjumlahkan setiap present value (PV) dari total keuntungan dan total pengeluaran, kemudian hitung selisih antara jumlah keduanya.

Catatan:

  • Present value (PV) adalah jumlah nilai yang harus startup investasi dari masa sekarang jika menginginkan sejumlah nilai tertentu pada masa depan.
  • Future value (FV) adalah jumlah nilai pada masa depan dari jumlah nilai yang telah startup investasikan di masa saat ini.

Perlu Anda ketahui juga dengan menggunakan aplikasi akuntansi yang terlengkap dapat mempermudah pengerjaan dalam menghitung NPV tanpa menggunakan rumus itu sendiri.

Baca juga : Apa Itu Startup dan Bagaimana Tips Sukses untuk Memulainya?

Contoh Perhitungan NPV

Sebuah start-up KJW akan membeli sebuah mesin untuk memproduksi bahan baku. Harga perkiraan mesin tersebut adalah Rp 150 juta dengan aturan suku bunga pinjaman yaitu sebesar 10% per tahun. Arus kas yang masuk pada perusahaan sekitar Rp 50 juta per tahun yang akan berjalan selama 5 tahun. Berapakah nilai net present value-nya?

Penyelesaian Contoh Soal NPV

Baca juga: 5 Rekomendasi Aplikasi Keuangan untuk Efisiensikan Bisnis Anda!

Kesimpulan

NPV atau net present value  adalah salah satu cara untuk mengukur nilai saat ini dari suatu proyek startup yang akan Anda lakukan. Perhitungan seperti ini sangat berperan untuk memastikan Anda sebelum mengambil tindakan agar sejalan dengan tujuan yang telah Anda rancang untuk masa yang akan datang.  Hal ini pastinya akan memudahkan Anda untuk menghitung arus masuk tanpa mengabaikan arus kas saat investasi sedang berjalan. 

Dengan bantuan software akuntansi dari EQUIP maka dapat membantu start-up Anda dalam manajemen keuangan agar berjalan lancar. Memiliki tingkat akurasi yang tinggi dan Anda akan mendapatkan laporan keuangan real-time untuk perkembangan startup yang lebih efektif dan efisien.

NPV

Demo gratis EQUIP ERP sekarang untuk bantu bisnis Anda naik level!

Dapatkan demo gratis dan nikmati fitur serta modul yang sudah tersedia oleh EQUIP. Mulai dari Rp 75.000/bulan Anda sudah dapat menggunakan fitur-fitur aplikasi ERP dari EQUIP untuk menaikkan level bisnis Anda. Daftarkan startup Anda sekarang!

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
+628111775117
×
Jadwalkan Demo Via WA