Mengenal Istilah-Istilah Dalam Bisnis Yang Wajib Kamu Ketahui!

Ketika ingin memulai bisnis tentu kamu perlu mengenal istilah-istilah apa saja yang terdapat dalam dunia bisnis. Dalam hal ini kamu akan sulit untuk membedakan apa yang di maksud dengan profit, brand, net dan lain-lain sebagainya.

Dalam menjalin kerjasama dengan para pebisnis lainnya. Kamu harus bisa mengenal berbagai macam istilah dalam bisnis kamu dengan begitu kamu akan dengan mudah berkomunikasi dengan rekan bisnis tanpa harus bingung dengan istilah-istilah yang sedang kamu bicarakan.

DemoGratis

Baca juga: Mengenal 9 Prosedur Audit dan Pentingnya bagi Perusahaan Anda

Berikut beberapa istilah dalam dunia bisnis yang dapat kamu ketahui:

membuat bisnis

Revenue

Istilah ini sering disebut sebagai pendapatan yang diperoleh oleh pebisnis dalam jangka waktu yang tertentu saja, dengan kata lain bahwa revenue ini dihasilkan berdasarkan kegiatan operasional bisnis. Namun ada beberapa cara yang perlu kamu lakukan dalam menghitung revenue bisnis kamu yaitu dengan cara mengalikan harga jual dalam suatu produk dengan jumlah yang sudah kamu jual.

Cash flow

Perlu kamu ketahui cash flow merupakan laporan keuangan, cash flow ini terdiri dari proses penerimaan maupun pengeluaran kas yang ada di suatu bisnis dalam waktu yang tertentu.

Cash flow juga dapat kamu kenal sebagai laporan arus perusahaan dan yang tentu saja ini sangat penting bagi bisnis yang kamu jalankan.

Brand

Brand merupakan salah satu identitas yang di miliki suatu perusahaan yang terdiri dari beberapa bagian. Seperti nama maupun merek yang di miliki perusahaan tersebut. Dengan adanya brand maka perusahaan tersebut gampang untuk dikenali oleh berbagai kalangan pelanggan.

Stakeholder

Stakeholder adalah orang yang memiliki kepentingan maupun peran yang besar dalam meningkat nilai dari sebuah perusahaan yang memiliki hubungan erat dalam pengaruh perkembangan bisnis dalam suatu perusahaan.

Insentif

insentif merupakan suatu bonus yang diberikan kepada karyawan sebagai penghargaan terhadap pencapaian kinerja yang dilakukan. Bonus yang di berikan ke karyawan tidak termasuk dalam gaji karyawan tersebut.

Anggaran dasar

Dalam bisnis istilah anggaran dasar merupakan dokumen atau file penting yang di miliki suatu perusahaan. Yang mana dokumen tersebut sudah terjamin sahnya di mata hukum yang terdiri dari beberapa bagian. Seperti pengaturan, visi, misi dalam bisnis dengan begitu perusahaan akan memiliki prinsip yang jelas.

Branding

membangun perusahaan

Branding merupakan salah satu cara yang di lakukan oleh perusahaan dalam meningkatkan brand yang kamu pasarkan. Hal itu pun dilakukan dengan cara mengenalkan brand atau produk sesuai dengan apa yang sudah ditargetkan oleh perusahaan tersebut. Sehingga brand yang kamu tawarkan gampang untuk di ingat oleh para konsumen. Selain itu kamu dapat dengan mudah membuat produk kamu beda dari produk yang kompetitor miliki. Dengan adanya merek yang bagus. Maka produk kamu juga akan menjadi brand terbaik di kalangan konsumen.

Brand awareness

Brand awareness atau yang biasa di sebut citra merek merupakan salah satu istilah yang mengacu pada kebiasaan pelanggan yang mampu dalam mengenali brand.

Dalam meningkatkan brand awareness yang baik  pebisnis harus bisa menerapkan langkah-langkah marketing yang tinggi. Selain itu hanya dengan mengenali logo,merek atau pun warna pelanggan dapat mengetahui brand dari perusahaan mana yang terdapat pada produk tersebut.

Baca Juga : Apa itu Intrapreneur? Pengertian, Contoh, dan Manfaat untuk Perusahaan

Market research

Dengan melakukan riset pasar maka kamu dapat mengetahui informasi maupun aktivitas yang terjadi dalam memenuhi kebutuhan pada konsumen kamu selain itu dengan adanya riset kamu dapat secara update menyiapkan produk yang tepat sesuai dengan tren maupun minat yang sedang digemari.

Profit

Dalam berbisnis istilah profit dapat diartikan sebagai pendapatan yang diperoleh perusahaan, profit mengacu pada pendapatan usaha yang didapatkan kemudian kamu dapat menguranginya dengan harga pokok penjualan ataupun harga pokok produksi. Kemudian keuntungan yang kamu peroleh baru dapat di katakan sebagai profit.

Kesimpulan

Ketika melakukan kegiatan jual beli dalam bisnis kamu perlu mengenal beberapa istilah-istilah penting dalam bisnis tersebut dengan begitu kamu akan dengan mudah melakukan transaksi maupun kerja sama dengan rekan bisnis kamu, namun jika kamu seorang bisnis pemula yang masih kurang dalam mengerti istilah-istilah dalam bisnis, maka cobalah untuk menggunakan software dari EQUIP. Selain mudah untuk digunakan, software dari EQUIP juga dapat membuat segala pengerjaan dalam bisnis kamu dapat dilakukan dengan cepat.

Baca juga: Apa itu Budget? Ini Pengertian, Jenis, dan Tips Penyusunannya

Artikel Terkait

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
628111775117
×

Aurel

Active Now

Aurel

Active Now