Manajemen Pemasaran: Definisi, Ciri, serta Ruang Lingkupnya

Manajemen pemasaran yang dikenal sebagai proses dalam mempromosikan suatu bisnis tentu adalah salah satu aspek penting bagi perusahaan. Mengapa? Hal ini tidak lepas dari pengertian manajemen pemasaran yang merujuk pada bagaimana suatu perusahaan membuat strategi, tools, serta analisis dalam mengoptimalkan kegiatan pemasaran atau marketing dalam menjalankan bisnis. Proses-proses dalam mengoptimalisasi kegiatan marketing itulah yang membuat manajemen pemasaran menjadi penting untuk dipelajari lebih lanjut lagi. 

Dengan memahami definisi manajemen pemasaran, Anda akan dapat mengaplikasikan strategi pemasaran yang cocok dalam menjalankan bisnis Anda. Simak artikel berikut untuk memahami seluk beluk pembahasan ciri-ciri serta ruang lingkup dari marketing management.

Ciri-ciri Manajemen Pemasaran

Setelah mengetahui bahwa manajemen pemasaran adalah proses dalam mengontrol kegiatan pemasaran dalam suatu bisnis, terdapat beberapa ciri atau karakteristik dari apa yang disebut sebagai manajemen pemasaran yang perlu Anda ketahui sebelum mulai menerapkannya dalam bisnis Anda. 

Proses manajerial

Manajemen pemasaran sebagai proses manajerial, menurut Stanley Vance, adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan pengambilan keputusan, yang mana terkait dengan pengawasan dan pengendalian dari kegiatan marketing suatu produk dalam suatu bisnis atau perusahaan. Sehingga, seluruh langkah atau keputusan dalam proses pemasaran akan diambil dengan pertimbangan yang matang untuk mengoptimalkan kegiatan mempromosikan barang.

Pelanggan sentris 

Aspek penting dalam kegiatan pemasaran tentu berfokus pada kepuasan pelanggan atau konsumen. Ciri manajemen pemasaran yang sangat mengutamakan kepuasan konsumen ini disebut dengan pelanggan sentris atau customer centric. Kepuasan pelanggan harus dimasukkan dalam pertimbangan-pertimbangan yang akan diambil ketika akan mengambil keputusan-keputusan dalam kegiatan marketing suatu produk. Semakin tinggi kepuasan konsumen, akan semakin tinggi pula jumlah keuntungan suatu bisnis atau perusahaan.

Analisis penelitian

Analisis penelitian juga merupakan ciri penting dalam marketing management. Perlu ada market research sebelum mengambil keputusan dalam membuat strategi pemasaran dalam suatu bisnis. Data dari keinginan dan tingkat kepuasan konsumen yang Anda dapatkan dapat membantu Anda mengambil langkah selanjutnya dalam mempromosikan produk. Analisis penelitian akan membantu Anda sebagai sumber referensi dalam pengambilan keputusan dari kegiatan pemasaran dalam bisnis Anda.

Perencanaan dan pengembangan

Dalam marketing management, keinginan dan kepuasan konsumen tentu akan sering berubah. Anda perlu membuat perencanaan dan pengembangan yang matang untuk mengakomodasi berubahnya keinginan dari target pasar Anda sehingga barang atau jasa yang Anda tawarkan akan tetap relevan dan menarik bagi konsumen-konsumen Anda. Proses perencanaan dan pengembangan yang matang juga akan mengefisiensikan pekerjaan Anda dalam kegiatan pemasaran.

Membangun kerangka pemasaran

Kerangka pemasaran dalam marketing management adalah ciri yang akan dibahas selanjutnya. Seluruh proses dalam pemasaran harus memiliki outline atau kerangka terlebih dahulu supaya dapat berjalan secara sistematis. Proses produksi, inovasi, penjualan hingga distribusi perlu tersusun dengan apik demi kemudahan dalam kegiatan manajemen pemasaran dan proses pemasaran dalam bisnis Anda. Adanya kerangka pemasaran menunjukkan bahwa kegiatan pemasaran telah terencana dengan baik.

Tujuan organisasi

Kegiatan pemasaran atau marketing suatu produk tentu akan bergantung pada tujuan organisasi atau perusahaan. Tujuan dari perusahaan akan menentukan apa yang ingin perusahaan capai dari proses pemasaran yang akan Anda lakukan sehingga proses bisnis dapat berjalan sesuai dengan keinginan. Perencanaan dalam kegiatan pemasaran akan selalu kembali pada apa yang menjadi tujuan dari perusahaan. 

Proses promosi dan komunikasi

Kemudian, proses promosi dan komunikasi juga salah satu aspek yang perlu ada dalam pembahasan ini. Bagaimana Anda melakukan promosi produk dan mengomunikasikan suatu produk terhadap konsumen akan berpengaruh pada keuntungan yang akan perusahaan Anda dapatkan. Pertimbangkan cara-cara komunikasi yang konsumen Anda sukai dalam pengambilan keputusan dalam kegiatan pemasaran produk untuk memaksimalkan profit bisnis Anda.

Pengendalian kegiatan

Terakhir, manajemen pemasaran juga memiliki ciri sebagai tool dalam pengendalian kegiatan marketing. Dengan mempertimbangan hasil evaluasi kinerja dari proses serta keputusan dan strategi-strategi terkait kegiatan marketing, Anda dapat membuat strategi pun mengambil langkah yang tepat dalam kegiatan berbisnis Anda. Manajemen pemasaran juga dapat berfungsi sebagai pengendali apabila terjadi suatu penyimpangan dalam berbisnis, yang mana dapat Anda segera perbaiki secara efektif dan efisien. 

Ruang Lingkup Manajemen Pemasaran

Setelah mengetahui ciri dari marketing management, Anda perlu mengetahui apa saja ruang lingkup yang termasuk dalam pembahasan-pembahasan mengenai manajemen pemasaran sebelum terjun dalam pengaplikasiannya dalam bisnis Anda.

Riset pemasaran

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, riset pemasaran perlu ada dalam proses perencanaan strategi pemasaran. Manajemen pemasaran harus melakukan riset yang rutin untuk memantau tren dan ukuran pasar, preferensi konsumen, hingga strategi pemasaran pihak kompetitor, dsb. Hal-hal tersebut hadir demi melancarkan kegiatan berbisnis yang berpusat pada pemilihan strategi dalam mempromosikan suatu produk milik suatu perusahaan. 

Penentuan tujuan

Selain berkaitan dengan tujuan organisasi, manajemen pemasaran juga harus menciptakan tujuan pemasaran yang akan berkesinambungan dengan tujuan organisasi suatu perusahaan itu sendiri. Manajemen pemasaran perlu menentukan tujuan dari kegiatan marketing. Tujuan pemasaran antara lain, yaitu, menciptakan pembelian, membentuk citra dalam pasar atau brand image, membentuk produk sesuai keinginan pasar, dst.

Merencanakan kegiatan pemasaran

Kegiatan pemasaran yang efektif terwujud dengan adanya perencanaan kegiatan marketing yang matang. Tujuan pemasaran akan dapat terjadi ketika kegiatan-kegiatan dalam perencanaan pemasaran seperti dalam pembuatan iklan dan promosi, strategi dalam proses penjualan dan distribusi, dst., berjalan dengan baik. Maka dari itu, pembahasan mengenai manajemen pemasaran harus juga membahas hal-hal mengenai perencanaan kegiatan pemasaran itu sendiri.

Perencanaan dan pengembangan produk

Dalam kegiatan pemasaran, produk adalah elemen yang paling penting. Manajemen pemasaran harus melakukan inovasi dalam perencanaan dan pengembangan produk agar produk tetap menjadi preferensi para konsumen dan target pasar. Proses branding, brainstorming dalam pembuatan konsep suatu produk, komersialisasi produk, hingga penyajian produk kepada konsumen harus terencana dengan rapi dan sistematis.

Harga produk

Harga produk dalam kegiatan marketing pun adalah salah satu pembahasan yang harus ada ketika berbicara tentang manajemen pemasaran. Kegiatan membuat strategi dan kebijakan penetapan harga, adanya diskon, dll., bergantung pada faktor-faktor yang berkaitan dengan suatu produk itu sendiri. Faktor-faktor tersebut antara lain, yaitu, biaya produksi produk, biaya distribusi produk, hingga brand image dari suatu produk. 

Promosi

Selanjutnya, discourse tentang bagaimana cara mempromosikan produk dengan efektif tentu juga menjadi bagian dari apa saja yang termasuk dalam ruang lingkup manajemen pemasaran. Promosi suatu produk, salah satunya, dengan memperkenalkan suatu produk melalui pembuatan iklan, banner, digital marketing, dan perusahaan pun bahkan dapat menggunakan motion graphic dalam proses promosi suatu produk kepada pelanggan. 

Distribusi

Perencanaan proses distribusi kemudian juga ikut termasuk dalam pembahasan ruang lingkup marketing management. Manajemen pemasaran perlu memikirkan serta mengatur strategi agar produk dalam bisnis dapat tersalurkan dengan baik. Faktor-faktor seperti biaya produksi, biaya distribusi, dll., juga tak luput dari kalkulasi penghitungan untuk dapat mencetuskan cara terbaik untuk mendistribusikan suatu produk dengan cost-effective. 

Evaluasi

Terakhir, proses evaluasi juga akan menentukan hasil dalam kegiatan pemasaran. Manajemen pemasaran perlu memperhatikan dan memperhitungkan banyak faktor agar dapat menentukan strategi marketing kedepannya setelah mengevaluasi hal-hal terkait strategi dan proses kegiatan pemasaran terdahulu. Proses evaluasi akan membantu dalam pembuatan serta pengembangan konsep untuk strategi pemasaran pada masa yang akan datang sehingga dapat mengoptimalkan kegiatan marketing dalam menjalankan bisnis.  

Kesimpulan

Setelah memahami definisi, ciri, serta ruang lingkup dari marketing management atau manajemen pemasaran, Anda dapat mulai mencari tahu serta mengaplikasikan penerapan strategi pemasaran yang cocok untuk bisnis yang Anda jalankan. Pertimbangan mengenai biaya produksi, biaya distribusi, brand image, riset pasar, perencanaan serta kerangka dalam kegiatan pemasaran akan sangat mempengaruhi bagaimana Anda akan mengimplementasikan strategi marketing yang serasi dengan tujuan pemasaran serta tujuan perusahaan Anda. Selain mengoptimalkan efektifitas kinerja bisnis Anda dengan memahami sistem manajemen pemasaran, Anda dapat menggunakan software marketing automation untuk memudahkan penerapan sistem manajemen pemasaran dalam bisnis. Dengan sistem yang terotomatisasi, Anda dapat dengan mudah melacak performa campaign dalam bisnis, membuat dan menyebarkan pesan marketing, serta mengintegrasikan dengan sistem-sistem lain, seperti CRM-Leads. Coba demo gratisnya di sini.

Artikel Terkait

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
628111775117
×

Aurel

Active Now

Aurel

Active Now