Digitalisasi Pembuatan Laporan Stok Barang dengan Software Inventory

Umumnya, saat melakukan pengelolaan pada stok barang pada bidang usaha ekonomi terdapat dua jenis yakni perusahaan jasa dan dagang. hal yang merepotkan akan terjadi bila tidak ditangani dengan sistem inventory yang terintegrasi untuk mengotomatiskan dan mengefisienkan pekerjaan penting lainnya. Hal tersebut karena perusahaan dagang perlu mengelola barang yang akan didistribusikan ke pasar dan konsumen. Dalam membuat laporan stok barang harus teliti dan detail, karena dari isi laporan tersebut Anda memerlukan informasi terkait total jumlah barang dan lainnya. 

Saat mengontrol barang di beberapa pusat maupun cabang memerlukan tahapan dan sistem inventory yang tepat agar dapat mengontrol beberapa cabang dengan sekaligus. Maka dari itu sistem inventory perlu perusahaan dagang gunakan untuk membantu dan mengotomatiskan pergerakan bisnis Anda. Simak artikel ini untuk mengetahui pentingnya dan pembuatan dari laporan stok barang yang benar dan efisien!

Baca juga: Aplikasi Inventory Gudang: Manfaat dan Rekomendasi Terbaik

laporan stok barang

Daftar Isi

Pentingnya Pembuatan Laporan Stok Barang

Pembuatan laporan stok barang diperlukan perusahaan karena kegiatan ini tidak hanya bertujuan untuk mengetahui jumlah dari barang yang perusahaan miliki, namun juga menilai selisih kelebihan dan kekurangan pada persediaan barang dagang perusahaan. Perusahaan manufaktur perlu untuk membuat laporan stok barang selain untuk mengetahui jumlah dari persediaan bahan baku juga barang setengah jadi hingga bahan pembantu atau penolong. Pembuatan laporan stok barang memiliki tujuan untuk mengetahui jumlah barang dan menghitung kelebihan serta kekurangan dari suatu barang. 

Selain itu, untuk karyawan yang melakukan perhitungan pada stok barang merupakan petugas audit dari pihak internal. Cara ini merupakan kegiatan pencatatan stok barang yang lebih akurat sehingga ketika terjadi perselisihan saat opname stok barang maka akan berdampak pada jurnal penyesuaian. Maka dari itu pembuatan laporan stok barang dengan software inventory dari EQUIP dapat memantau persediaan stok secara real-time dan mengoptimalkan tingkat persediaan dengan mudah dan efisien.  

Baca juga: Software Inventaris Barang untuk Kemudahan Bisnis Anda

Cara Membuat Laporan Stok Barang

laporan stok barang
Sumber: canva.com

Dalam mengelola bisnis, khususnya perusahaan dagang perlu melakukan perencanaan serta mengatur arus barang dan laporan stok barang. Terdapat beberapa cara yang dapat perusahaan lakukan dalam mengatur dan mengelola stok barang agar tetap kondusif dan terhindar dari risiko kerusakan barang pada masa penyimpanan. Berikut beberapa cara membuat laporan stok barang yang efisien: 

1. Kelompokkan barang sesuai jenisnya

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan yaitu mengelompokkan barang sesuai dengan jenis barang. Anda juga perlu untuk menyortir barang tersebut berdasarkan jenisnya. Bayangkan jika Anda mencampur dan tidak mengelompokkan barang sesuai dengan jenisnya, Akan terjadi kesulitan saat Anda ingin menghitung jumlah barang maka terjadi tidak kondusif barang. Hal ini perlu dilakukan agar mudah untuk menemukan barang sesuai dengan jenisnya. 

2. Siapkan data barang

Selanjutnya, Anda juga perlu menyiapkan data dan Anda perlu memiliki karyawan yang extra teliti untuk mencatat barang dengan akurat. Dari data ini, Anda dapat mengetahui data transaksi dari penjualan periode fiskal yang sebelumnya terjadi. Selain itu, dengan menyiapkan data barang nantinya Anda dapat menentukan target pasar dan dapat memperkirakan penjualan untuk periode selanjutnya. 

3. Kumpulkan nota penjualan dan pembelian

Mengumpulkan nota penjualan dan pembelian juga merupakan proses penting dalam kegiatan pencatatan stok barang. Anda juga perlu hati-hati dan teliti dalam menyiapkan data dan mengumpulkan nota penjualan dan pembelian. Human-error akan selalu terjadi tanpa Anda sadari, maka dari itu, Anda perlu menggunakan sistem inventory terbaik mengontrol dan melakukan pencatatan data dan mengumpulkan nota penjualan dan pembelian dengan akurat. 

Baca juga: Pentingnya Laporan Penjualan untuk Bisnis Anda, Simak Artikel Ini!

4. Lakukan forecasting

Setelah mengelompokkan barang sesuai jenisnya, menyiapkan data barang, dan mengumpulkan nota penjualan dan pembelian langkah selanjutnya yaitu membuat forecasting. Hal ini bertujuan untuk memperkirakan pergerakan stok barang yang ada pada gudang. Sehingga, ini merupakan tahapan yang perlu ada saat membuat laporan stok barang pada perusahaan dagang Anda. 

Baca juga: Apa Itu Forecasting Penjualan?

5. Lakukan pengecekan stok barang

Perusahaan dagang juga perlu melakukan pengecekan stok barang atau juga biasa disebut stock opname. Hal ini merupakan proses pengecekan fisik pada jumlah dan kondisi barang yang terdapat pada gudang. Dengan melakukan pengecekan stok barang, proses bisnis pada perusahaan akan berjalan dengan lancar. 

6. Berikan kode di setiap barang

laporan stok barang
Sumber: canva.ocm

Untuk mempermudah dalam memberi kebutuhan barang dengan kode tertentu yang diminta oleh pelanggan, Anda perlu memberikan kode pada setiap barang. Selain itu, jika Anda telah memberikan kode pada setiap barang hal ini juga akan mempengaruhi penataan yang baik pada barang di gudang Anda. Maka dari itu, memberikan kode pada setiap barang juga merupakan hal penting dalam melakukan laporan stok barang. 

7. Pisahkan stok lama dengan stok baru

Untuk memudahkan Anda dalam menghitung jumlah stok barang lama yang sudah terjual dan stok barang yang belum terjual, Anda perlu melakukan pemisahan antara stok barang lama dan baru. Hal ini bertujuan untuk mengklasifikasikan antar barang lama dan baru. Untuk memberikan kemudahan pada pengelolaan inventaris dan manfaatkan penggunaan software inventory terintegrasi dari EQUIP

8. Digitalisasi dengan software inventory

Setelah Anda melakukan beberapa cara diatas, dapat dipastikan pengelolaan dalam membuat laporan stok barang perusahaan dagang Anda akan berjalan dengan lancar. Tetapi, Anda juga perlu memikirkan bagaimana cara untuk lebih mengefisienkan dan mengotomatiskan pembuatan laporan stok barang bisnis Anda. Untuk itu, Anda dapat menggunakan software inventory terintegrasi dari EQUIP yang dapat memantau perpindahan stok dengan lebih terarah dan terpantau serta optimasi tingkat stok dengan mudah. Fitur software manajemen inventory dapat memudahkan Anda dalam mengelola inventaris pada perusahaan Anda.

Baca juga: Tips Mudah Cara Pembukuan Stok Barang dengan Software Inventory

Kesimpulan 

Pembuatan laporan stok barang merupakan hal penting yang perlu Anda buat untuk mendapatkan update terbaru mengenai stok gudang Anda hingga mutasi barang gudang Anda. Kegiatan stock opname penting untuk Anda lakukan secara rutin. Software inventory terbaik dari EQUIP dapat Anda gunakan untuk menghasilkan laporan valuasi inventaris barang secara detail dari berbagai gudang dan lokasi dengan waktu yang cepat dan efisien. Demo gratis Equip ERP sekarang untuk bantu bisnis Anda naik level!

laporan-stok-barang

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
+628111775117
×
Jadwalkan Demo Via WA