6 Cara Jitu Kendalikan Biaya Penyimpanan pada Gudang

Biaya penyimpanan merupakan faktor penting yang harus diperhatikan dalam pengelolaan gudang. Untuk mengoptimalkan keuntungan, perusahaan perlu mengendalikan biaya penyimpanan agar tidak melebihi batas yang diperlukan.

Salah satu cara yang efektif untuk mengurangi biaya penyimpanan adalah dengan mengelola gudang dengan baik. Dengan mengatur layout gudang yang efisien, memanfaatkan ruang penyimpanan secara optimal, dan mengatur rute pergerakan barang yang efektif, perusahaan dapat mengurangi biaya yang terkait dengan penyimpanan dan menghindari biaya penyimpanan yang berlebihan dan risiko kekurangan stok.

Dalam artikel ini, kami akan membahas enam cara jitu untuk mengendalikan biaya penyimpanan pada gudang. Dari pengelolaan inventaris hingga optimalisasi ruang penyimpanan, setiap strategi yang akan dibahas bertujuan untuk membantu perusahaan mengurangi biaya penyimpanan yang tidak perlu dan meningkatkan efisiensi operasionalnya.

Dengan menerapkan langkah-langkah yang tepat, perusahaan dapat menghadapi tantangan biaya penyimpanan dengan lebih efektif dan memperbaiki kesehatan keuangan mereka secara keseluruhan. Mari kita mulai dengan melihat strategi-strategi yang dapat membantu perusahaan mengendalikan biaya penyimpanan mereka dengan lebih efektif.

DemoGratis

1. Pentingnya pengelolaan persediaan yang efisien

Dalam rangka mencapai pengelolaan persediaan yang optimal, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Analisis healthy inventory levels

Analisis healthy inventory levels merupakan langkah penting dalam pengelolaan inventori. Dengan melakukan analisis ini, perusahaan dapat menentukan jumlah persediaan yang ideal untuk memenuhi permintaan pelanggan tanpa kelebihan atau kekurangan stok.

Healthy inventory levels dapat bervariasi tergantung pada industri dan jenis produk yang dijual. Oleh karena itu, penting bagi perusahaan untuk melakukan evaluasi yang berkelanjutan terhadap tingkat persediaan yang sehat.

Optimalisasi modal yang tertanam dalam inventori

Optimalisasi modal yang tertanam dalam inventori adalah strategi untuk memaksimalkan nilai modal yang diinvestasikan pada persediaan barang. Dalam mengelola persediaan dengan efisien, perusahaan perlu mempertimbangkan perputaran persediaan yang optimal, termasuk memastikan waktu siklus produksi dan pengiriman yang efektif.

Dengan mengoptimalkan modal yang tertanam dalam inventori, perusahaan dapat mengurangi biaya penyimpanan dan meningkatkan aliran kas.

Menghindari kerugian akibat persediaan berlebihan

Persediaan berlebihan dapat menyebabkan kerugian finansial yang signifikan bagi perusahaan. Selain biaya penyimpanan yang meningkat, persediaan berlebihan juga dapat mengakibatkan penyusutan nilai barang, kekurangan ruang penyimpanan, risiko kerusakan atau kadaluwarsa, serta tingkat kesulitan dalam memenuhi persyaratan perputaran modal.

Oleh karena itu, perusahaan perlu menghindari persediaan berlebihan dengan melakukan perencanaan persediaan yang cermat, meningkatkan koordinasi dengan pemasok, dan memantau permintaan pasar secara akurat.

Dengan melakukan analisis healthy inventory levels, mengoptimalkan modal dalam inventori, dan menghindari persediaan berlebihan, perusahaan dapat mengurangi biaya penyimpanan, meningkatkan efisiensi, dan mencapai keuntungan yang lebih baik.

2. Teknologi dalam kontrol stok barang

Penggunaan teknologi dalam kontrol stok barang dapat memberikan berbagai manfaat bagi perusahaan. Dengan memanfaatkan teknologi, perusahaan dapat meningkatkan efisiensi dalam pengelolaan persediaan dan mengurangi biaya penyimpanan yang tidak perlu.

Penggunaan sistem MRP untuk efisiensi persediaan

Salah satu bentuk teknologi yang dapat digunakan dalam kontrol stok barang adalah sistem Material Requirement Planning (MRP). Sistem MRP memungkinkan perusahaan untuk memprediksi kebutuhan persediaan berdasarkan permintaan pelanggan, sehingga persediaan dapat diatur dengan lebih efisien.

Dengan menggunakan sistem MRP, perusahaan dapat menghindari persediaan yang berlebihan dan mengurangi biaya penyimpanan yang tidak perlu.

Integrasi software inventori dengan operasional gudang

Selain penggunaan sistem MRP, integrasi software inventori dengan operasional gudang juga menjadi solusi teknologi yang efektif dalam kontrol stok barang. Dengan mengintegrasikan software inventori, perusahaan dapat memantau persediaan secara real-time dan membuat keputusan yang tepat dalam pengelolaan persediaan.

Hal ini dapat membantu mengoptimalkan penggunaan ruang penyimpanan, menghindari kekurangan persediaan, dan mengurangi risiko kehilangan atau kerusakan barang.

Baca juga: Solusi Gudang Terbaik di Indonesia

Barcode dan pemindai dalam mempercepat pencarian produk

Penggunaan barcode dan pemindai juga merupakan teknologi yang dapat meningkatkan efisiensi dalam kontrol stok barang. Dengan memberikan barcode pada setiap produk, perusahaan dapat dengan mudah melacak dan mengidentifikasi persediaan.

Pemindai atau scanner barcode juga memungkinkan pencarian dan penghitungan produk menjadi lebih cepat dan akurat, mengurangi waktu yang diperlukan dalam proses inventarisasi dan mempercepat layanan kepada pelanggan.

3. Pengelompokkan barang yang efektif

Salah satu cara yang efektif untuk mengendalikan biaya penyimpanan adalah dengan melakukan pengelompokkan barang. Dengan mengelompokkan barang berdasarkan karakteristik atau kebutuhan, perusahaan dapat mengoptimalkan penggunaan ruang penyimpanan dan meminimalisir risiko kerusakan atau kehilangan barang.

Pengelompokkan barang yang efektif memungkinkan perusahaan untuk:

  1. Menghindari pencampuran barang yang berbeda sehingga memudahkan dalam pencarian dan pengambilan barang yang dibutuhkan.
  2. Meminimalisir risiko kerusakan dengan menyimpan barang yang membutuhkan penanganan khusus secara terpisah.
  3. Mengurangi waktu yang dihabiskan untuk mencari dan mengambil barang dengan meletakkan barang yang sering diambil dekat dengan area kerja.
  4. Meningkatkan efisiensi dalam proses inventarisasi dengan melacak dan memeriksa kelompok barang secara terpisah.

Terapkan strategi pengelompokkan barang yang efektif untuk mengontrol biaya penyimpanan dan meningkatkan efisiensi operasional gudang Anda.

pengelompokkan barang

4. Teknik lot sizing dalam pengadaan persediaan

Teknik lot sizing memainkan peran penting dalam pengadaan persediaan. Dalam pengelolaan gudang, penting untuk memilih teknik yang tepat untuk mengatur ukuran pesanan persediaan.

Salah satu teknik yang umum digunakan adalah metode Lot-for-Lot (LFL). Metode ini melibatkan memesan persediaan dengan jumlah yang sesuai dengan permintaan aktual. Dengan menggunakan metode LFL, perusahaan dapat menghindari pemborosan persediaan karena memesan persediaan sesuai dengan kebutuhan yang sebenarnya.

Ini membantu mengurangi biaya penyimpanan material yang dapat timbul akibat persediaan yang tidak perlu atau terlalu besar.

Penerapan metode LFL (Lot-for-Lot)

Penerapan metode Lot-for-Lot (LFL) dalam pengadaan persediaan memungkinkan perusahaan memesan persediaan dengan tepat sesuai dengan permintaan aktual. Dalam metode LFL, jumlah pesanan persediaan sama dengan jumlah permintaan pelanggan.

Hal ini membantu menghindari pemborosan persediaan karena tidak memesan persediaan yang melebihi kebutuhan aktual. Dengan melakukan penerapan metode LFL, perusahaan dapat mengendalikan biaya penyimpanan material dengan lebih efisien.

Manfaat metode EOQ (Economic Order Quantity)

Selain metode LFL, metode lain yang juga dapat digunakan dalam pengadaan persediaan adalah metode Economic Order Quantity (EOQ). Metode EOQ bertujuan untuk mengoptimalkan biaya penyimpanan dengan meminimalkan biaya pemesanan dan penyimpanan.

Dengan menggunakan metode EOQ, perusahaan dapat menentukan ukuran pesanan yang optimal, di mana biaya pemesanan dan biaya penyimpanan mencapai titik terendahnya. Dengan mengoptimalkan ukuran pesanan persediaan, perusahaan dapat mengurangi biaya penyimpanan material secara signifikan.

Pengaruh lot sizing terhadap biaya penyimpanan material

Penggunaan teknik lot sizing dalam pengadaan persediaan memiliki pengaruh langsung terhadap biaya penyimpanan material. Dengan memilih teknik lot sizing yang tepat, perusahaan dapat mengoptimalkan frekuensi pemesanan dan ukuran pesanan persediaan.

Hal ini membantu menghindari pemborosan persediaan karena pesanan yang terlalu sering atau terlalu besar. Dengan mengurangi biaya penyimpanan material, perusahaan dapat meningkatkan efisiensi dan mengoptimalkan keuntungan dalam pengelolaan gudang.

5. Strategi Minimalisasi Nilai Provisi Material terhadap Persediaan Tidak Efisien

Nilai provisi material merupakan salah satu indikator yang menunjukkan kerugian akibat persediaan yang tidak efisien. Nilai provisi material ini timbul dari penyusutan nilai barang, kerusakan, atau bahkan kehilangan barang.

Untuk meminimalisir nilai provisi material dan meningkatkan profitabilitas, perusahaan perlu menerapkan strategi yang tepat dalam mengelola persediaan. Artikel ini akan membahas beberapa strategi jitu untuk meminimalisir nilai provisi material terhadap persediaan tidak efisien.

    • Pemantauan Berkala dan Analisis Risiko Persediaan: Identifikasi persediaan yang tidak perlu atau terlalu besar. Dengan melakukan pemantauan yang rutin, perusahaan dapat mengidentifikasi barang yang berpotensi mengakibatkan pemborosan sumber daya dan meningkatkan biaya penyimpanan tanpa memberikan manfaat yang signifikan.
    • Pengelolaan atau Pembersihan Persediaan Berlebih: Jual persediaan yang tidak terpakai, adakan promosi, atau gunakan strategi lain. Menyadari bahwa persediaan berlebihan dapat menghambat efisiensi ruang dan menyebabkan risiko kerusakan atau kehilangan, perusahaan harus secara teratur mengevaluasi dan mengelola persediaan berlebihan.
    • Kebijakan Penyimpanan untuk Persediaan Idle: Kurangi biaya penyimpanan dengan tempat penyimpanan terbatas atau metode penyimpanan efisien. Dengan mengatur tempat penyimpanan yang lebih terbatas atau menggunakan metode penyimpanan yang lebih efisien untuk persediaan yang jarang digunakan, perusahaan dapat mengurangi biaya penyimpanan yang tidak perlu.

Dengan menerapkan strategi minimalisasi nilai provisi material, melakukan pemantauan berkala dan analisis risiko persediaan, serta mengelola dan mengurangi persediaan berlebih, perusahaan dapat meningkatkan efisiensi pengelolaan persediaan dan mengurangi biaya penyimpanan yang tidak perlu.

6. Peramalan yang Akurat

Peramalan akurat merupakan kunci untuk:

  • Mengoptimalkan kinerja produksi dengan mengantisipasi permintaan pelanggan dan mengatur persediaan secara efisien.
  • Menghindari risiko keterlambatan produksi yang berdampak negatif pada operasional perusahaan.
  • Mengurangi kerugian akibat stok kosong atau kelebihan persediaan yang tidak terjual.
  • Memaksimalkan keuntungan dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

Dengan menggunakan metode peramalan yang tepat dan mempertimbangkan semua faktor yang relevan, perusahaan dapat membuat keputusan yang lebih baik dalam mengelola persediaan dan produksi.
Peramalan yang akurat adalah keunggulan kompetitif yang penting dalam menghadapi pasar yang terus berubah.
Inventory

Kesimpulan

Dengan menerapkan keenam strategi ini, perusahaan dapat mengendalikan biaya penyimpanan secara efektif, meningkatkan efisiensi operasional, dan memaksimalkan keuntungan. Perencanaan yang cermat, pemanfaatan teknologi yang tepat, dan pengelolaan persediaan yang strategis merupakan kunci untuk mengoptimalkan dan mencapai kesuksesan dalam bisnis.

Memahami dan mengelola biaya penyimpanan gudang secara efisien adalah krusial dalam operasi gudang yang sukses. Integrasi informasi ini dengan pengetahuan tentang SKU, penggunaan efektif kartu stok barang, penerapan kontrol inventori yang efektif, serta strategi manajemen inventori multi-channel dan kontrol kualitas dapat secara signifikan meningkatkan efisiensi operasional dan mengurangi biaya keseluruhan.

Naira Ananda
Naira Ananda
I am a creative and efficient individual who thrives in fast-paced environments. I possess a deep understanding of technology and how to leverage it to create engaging content that resonates with audiences.

Artikel Terkait

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Gabriella
Balasan dalam 1 menit

Gabriella
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami.
628111775117
×

Gabriella

Active Now

Gabriella

Active Now