Inventory Control Efektif untuk Bisnis Anda

Saat ini, inventory control menjadi salah satu hal yang menyita perhatian pebisnis, khususnya mereka yang mempunyai persediaan banyak, seperti perusahaan distributor dan pengecer (retailer). Kenapa? karena hal tersebut akan berdampak pada pelanggan dan juga tingkat keuntungan yang mereka dapatkan.

Ingin tahu bagaimana inventory control dapat meningkatkan keuntungan dan kepuasan pelanggan Anda? Temukan jawabannya dalam artikel ini!
DemoGratis

Pengertian dan Pentingnya Inventory Control dalam Supply Chain

Apa Itu Inventory Control?

Inventory control adalah proses pengaturan dan pengelolaan persediaan barang yang dimiliki oleh suatu perusahaan. Tujuan dari inventory control adalah untuk menjaga keseimbangan antara kebutuhan pelanggan dan persediaan yang ada, sehingga dapat mencapai tingkat servis yang optimal.

Pada dasarnya, inventory control melibatkan pengawasan terhadap pembelian, penyimpanan, penggunaan, dan pembaruan persediaan barang.

Mengapa Inventory Control Penting bagi Bisnis?

Inventory control sangat penting bagi bisnis karena memiliki berbagai manfaat, di antaranya:

  1. Menghindari kekurangan stok yang dapat mengakibatkan kehilangan pelanggan dan penjualan.
  2. Mengurangi biaya penyimpanan dan investasi modal yang tidak produktif.
  3. Meningkatkan efisiensi operasional dengan mengoptimalkan penggunaan persediaan yang ada.
  4. Meminimalkan risiko kerusakan, kehilangan, atau keausan barang.
  5. Meningkatkan kepuasan pelanggan dengan memastikan ketersediaan produk yang mereka butuhkan.

Dengan melakukan inventory control yang baik, bisnis Anda dapat mengelola persediaan dengan lebih efisien, meningkatkan produktivitas, serta menjaga kelancaran rantai pasokan Anda.

Strategi untuk Mengelola Kontrol Persediaan dengan Lebih Baik

  1. Rencanakan dengan cermat: Identifikasi produk yang paling penting dan perkirakan permintaan yang mungkin terjadi. Buatlah perkiraan yang akurat berdasarkan data historis dan tren pasar.
  2. Prioritaskan pengadaan persediaan: Fokuskan waktu dan sumber daya Anda pada produk yang memiliki permintaan tinggi atau merupakan komponen penting dalam produksi.
  3. Menerapkan sistem pemantauan: Manfaatkan teknologi yang ada, seperti perangkat lunak inventaris atau sistem barcode, untuk memantau dan mengupdate stok persediaan secara real-time.
  4. Optimalkan pengelolaan gudang: Organisasikan persediaan sesuai kategori atau tipe produk, sehingga mudah untuk menemukan dan mengaksesnya. Gunakan sistem rak dan label yang jelas untuk memudahkan identifikasi dan pengambilan persediaan.
  5. Lakukan analisis permintaan: Identifikasi pola permintaan yang ada, seperti musiman atau tren pasar, dan gunakan informasi ini untuk merencanakan pengadaan persediaan yang lebih efisien.

Komponen Utama dari Sistem Kontrol Inventaris

Sebuah sistem kontrol inventaris yang efektif terdiri dari dua komponen utama yang penting dalam menjaga persediaan bisnis Anda teratur dan terkendali.

Integrasi Pemindai Barcode

Salah satu komponen utama dalam sistem kontrol inventaris adalah integrasi scan barcode. Dengan menggunakan scan barcode, Anda dapat dengan cepat dan akurat mencatat dan mengidentifikasi setiap item dalam inventaris Anda. scan barcode membantu mengurangi kesalahan manusia dan meningkatkan efisiensi pengumpulan data inventaris. Dengan integrasi pemindai barcode, Anda dapat dengan mudah melacak dan mengelola persediaan Anda secara lebih efektif.

Pelacakan Detail Produk dan Riwayatnya

Komponen lain yang penting dalam sistem kontrol inventaris adalah pelacakan detail produk dan riwayatnya. Dengan memiliki informasi yang lengkap tentang setiap produk, seperti deskripsi, data pembelian, harga, dan data lainnya, Anda dapat dengan mudah melacak persediaan dan mengambil keputusan yang tepat dalam manajemen inventaris. Pelacakan riwayat produk juga memungkinkan Anda untuk menganalisis tren penjualan dan mengidentifikasi produk yang paling populer atau lambat laku.

Teknik dan Metode Kontrol Persediaan yang Efektif

Dalam mengelola persediaan, ada beberapa pendekatan yang bisa Anda terapkan untuk meningkatkan efisiensi dan mengoptimalkan penggunaan stok.

Analisis ABC dalam Inventory Control

Salah satu teknik yang umum digunakan dalam inventory control adalah analisis ABC. Dalam analisis ABC, persediaan diidentifikasi dan dikelompokkan berdasarkan nilai relatifnya. Barang dengan nilai tinggi (kategori A) akan diperhatikan dengan lebih cermat, sementara barang dengan nilai rendah (kategori C) akan diatur dengan lebih sederhana. Dengan menerapkan analisis ABC, Anda dapat mengoptimalkan pengelolaan persediaan dan fokus pada item yang memiliki dampak signifikan terhadap bisnis.

Menerapkan Metode LIFO dan FIFO

Metode LIFO (Last In, First Out) dan FIFO (First In, First Out) adalah dua metode yang umum digunakan dalam mengontrol persediaan. Dalam metode LIFO, barang terakhir yang masuk persediaan akan dijual atau digunakan lebih dahulu, sedangkan dalam metode FIFO, barang yang pertama masuk akan dijual atau digunakan lebih dahulu. Memilih metode yang tepat akan membantu Anda mengelola persediaan dengan lebih efektif, perhitungkan faktor-faktor seperti umur produk, perputaran persediaan, dan strategi penjualan.

Manfaat Safety Stock dalam Mengontrol Inventaris

Safety stock adalah persediaan tambahan yang disimpan untuk mengantisipasi fluktuasi permintaan yang tidak terduga atau keterlambatan pasokan. Dengan memiliki safety stock, Anda dapat menghindari kekurangan persediaan dan mengurangi risiko kehilangan penjualan. Safety stock juga memberikan fleksibilitas dalam menghadapi situasi darurat atau perubahan permintaan yang cepat.

Tantangan dalam Kontrol Inventaris

Terdapat berbagai tantangan yang mungkin dihadapi dalam kontrol inventaris, tetapi dengan strategi yang tepat, Anda dapat mengatasi semua hambatan ini. Inilah beberapa tantangan umum dalam kontrol inventaris:

  1. Tantangan kekurangan atau kelebihan persediaan: Kondisi persediaan yang tidak tepat, seperti kekurangan atau kelebihan persediaan, dapat menyebabkan masalah dalam operasional bisnis Anda.
  2. Kesalahan dalam pelacakan inventaris: Pelacakan inventaris yang tidak akurat atau tidak dilakukan secara teratur dapat menghasilkan data yang salah dan menyebabkan keputusan yang buruk.
  3. Perubahan permintaan pelanggan: Perubahan yang cepat dan tak terduga dalam permintaan pelanggan dapat menyebabkan ketidakseimbangan inventaris. Jika Anda tidak dapat menjaga inventaris dalam jumlah yang tepat, ini dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan dan reputasi bisnis Anda.
  4. Kesulitan dalam forecasting permintaan: Meramalkan permintaan pelanggan dengan akurat dapat menjadi suatu tantangan. Tidak dapat meramalkan dengan benar dapat mengakibatkan ketidaktepatan dalam pengadaan persediaan, yang pada gilirannya dapat mengganggu aliran produksi dan pengiriman produk.
  5. Tantangan dalam koordinasi dengan supplier: Mengkoordinasikan dan berkomunikasi dengan supplier dapat menjadi rumit, terutama jika Anda memiliki banyak supplier yang berbeda. Tantangan ini dapat menyebabkan keterlambatan pengiriman dan masalah lainnya yang mempengaruhi ketersediaan persediaan Anda.

Perbandingan Sistem Kontrol Inventaris Periodik dan Perpetual

Dalam mengelola inventaris, Anda dapat memilih antara dua jenis sistem kontrol: periodik dan perpetual.

Sistem Kontrol Inventaris Periodik

Sistem kontrol inventaris periodik adalah metode yang memerlukan pencatatan dan pengecekan inventaris pada waktu-waktu tertentu, seperti setiap bulan atau setiap akhir tahun. Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan sistem kontrol inventaris periodik:

  • Kelebihan:
    • Lebih sederhana dan lebih mudah diimplementasikan.
    • Biaya awal yang lebih rendah karena tidak memerlukan sistem pengawasan teknologi yang kompleks.
  • Kekurangan:
    • Tidak memberikan visibilitas real-time terhadap persediaan, sehingga sulit untuk mengetahui persediaan aktual.
    • Memerlukan penghitungan manual yang dapat meningkatkan risiko kesalahan dan kehilangan data inventaris.
    • Tidak efisien dalam mengidentifikasi kecurangan atau pencurian persediaan.

Sistem Kontrol Inventaris Perpetual, Mengapa Lebih Unggul?

Sistem kontrol inventaris perpetual, di sisi lain, adalah pendekatan yang memungkinkan pembaruan real-time dalam pencatatan inventaris. Berikut adalah beberapa alasan mengapa sistem kontrol inventaris perpetual lebih unggul:

  • Memungkinkan visibilitas real-time terhadap persediaan, sehingga Anda dapat mengetahui persediaan aktual kapan pun Anda membutuhkannya.
  • Mengurangi risiko kesalahan dan kehilangan data inventaris karena proses otomatisasi.
  • Memungkinkan identifikasi cepat terhadap kecurangan atau pencurian persediaan.
  • Meningkatkan akurasi pengelolaan persediaan dan mempermudah pemantauan kinerja bisnis.

Dalam mengadopsi sistem kontrol inventaris, penting untuk mempertimbangkan kebutuhan dan karakteristik bisnis Anda. Setiap bisnis memiliki kebutuhan yang berbeda, dan Anda harus memilih sistem yang paling cocok untuk mengelola inventaris dengan efektif.

Manfaat Software EQUIP untuk Kontrol Persediaan Anda

Jika Anda ingin mengoptimalkan proses kontrol inventaris bisnis Anda, menggunakan software yang tepat dapat menjadi solusinya. EQUIP, salah satu penyedia perangkat lunak terkemuka dalam hal ini, menawarkan sejumlah manfaat yang dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas Anda.

Bagaimana EQUIP Mempermudah Proses Kontrol Inventaris

Dengan menggunakan software dari EQUIP, Anda akan mendapatkan keuntungan dalam mengelola kontrol persediaan. Berikut adalah beberapa cara EQUIP dapat mempermudah proses kontrol inventaris:

  1. Mengotomatiskan Pencatatan Data: Dengan adanya fitur pencatatan data otomatis, Anda tidak perlu lagi melakukan pencatatan inventaris secara manual. Software EQUIP akan secara otomatis mencatat setiap perubahan persediaan, sehingga Anda dapat menghemat waktu dan menghindari kesalahan.
  2. Pelacakan Persediaan yang Akurat: Dengan sistem yang terintegrasi, software dari EQUIP memungkinkan Anda untuk melacak persediaan dengan lebih akurat. Anda dapat mengakses informasi tentang stok tersedia, stok minimum, dan stok yang akan habis secara real-time, sehingga Anda dapat mengambil keputusan yang tepat untuk pengadaan persediaan.
  3. Pengurangan Kerugian dan Kehilangan Persediaan: Dengan adanya fitur pelacakan persediaan yang akurat, Anda dapat mencegah kerugian dan kehilangan persediaan yang sering terjadi akibat kurangnya kontrol. Software EQUIP memungkinkan Anda untuk memonitor aktivitas inventaris dengan lebih baik, termasuk pemantauan transaksi masuk dan keluar serta pelacakan riwayat produk.
  4. Optimisasi Proses Pemesanan: Dengan adanya fitur pemesanan yang terintegrasi, Anda dapat mengoptimalkan proses pengadaan persediaan. Software EQUIP akan membantu Anda dalam menghitung kebutuhan persediaan berdasarkan permintaan dan mengirimkan pesanan secara otomatis kepada supplier, sehingga Anda dapat menghindari kekurangan persediaan.

Baca juga: Tingkatkan Efisiensi Gudang Anda dengan 10 Aplikasi Inventory Terbaik

Contoh Penerapan EQUIP dalam Kontrol Persediaan

Banyak bisnis yang telah merasakan manfaat yang signifikan setelah menerapkan software EQUIP dalam kontrol persediaan mereka. Salah satu contoh kasus sukses adalah perusahaan retail terkemuka di Indonesia. Dengan menggunakan software EQUIP, perusahaan berhasil mengelola persediaan mereka dengan lebih efisien, mengoptimalkan proses pengadaan barang, dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Hasilnya, mereka berhasil mengurangi biaya persediaan, menghindari kekurangan stok, dan mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Jika Anda ingin memperbaiki kontrol persediaan bisnis Anda, pertimbangkanlah untuk menggunakan software dari EQUIP. Dengan fitur-fitur dan manfaat yang ditawarkan, Anda dapat meningkatkan efisiensi operasional dan mengoptimalkan kinerja bisnis Anda. Anda akan melihat betapa berharganya menginvestasikan waktu dan upaya untuk mengadopsi teknologi terbaik dalam mengelola kontrol inventaris coba demo gratis sekarang!

Inventory

Memahami prinsip-prinsip kontrol inventori memberikan dasar yang kuat untuk mengimplementasikan strategi manajemen stok yang lebih efisien, termasuk penggunaan SKU, pengelolaan kartu stok barang, dan manajemen inventori multi-channel. Dengan menerapkan kontrol inventori yang efektif, organisasi Anda dapat memperbaiki kontrol kualitas gudang dan secara keseluruhan meningkatkan efisiensi dan mengurangi biaya dalam manajemen gudang.

Naira Ananda
Naira Ananda
I am a creative and efficient individual who thrives in fast-paced environments. I possess a deep understanding of technology and how to leverage it to create engaging content that resonates with audiences.

Artikel Terkait

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Gabriella
Balasan dalam 1 menit

Gabriella
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami.
628111775117
×

Gabriella

Active Now

Gabriella

Active Now