Tips Sukses Membuka Bisnis Showroom Mobil dengan Software Retail

Saat ini populasi kendaraan terus meningkat. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) terdapat 136 juta kendaraan di Indonesia per tahun 2020. Sehingga, membuka bisnis showroom mobil merupakan peluang yang besar dengan bantuan aplikasi retail terbaik. Ada dua jenis usaha showroom mobil yang dapat Anda coba yaitu bisnis mobil baru dan bekas. Apabila memiliki modal yang besar maka Anda bisa mendekati supplier pemegang merek untuk bekerja sama. Namun, jika Anda hanya memiliki dana yang terbatas maka tak ada salahnya untuk terjun ke usaha showroom mobil bekas. Pasalnya, membuka usaha mobil bekas memiliki keuntungan yang lebih besar ketimbang mobil baru. Hal itu disebabkan, Anda dapat menentukan sendiri harga jualnya.

Meskipun jenis usaha yang satu ini memiliki potensi yang besar untuk meraih keuntungan. Namun, jangan lupa adanya persaingan bisnis sejenis yang semakin ketat. Oleh sebab itu, untuk mempertahankan pelanggan gunakan software retail terlengkap yang dapat membantu Anda dalam mengelola manajemen konsumen seperti memberikan loyalty program bagi pelanggan setia. Perangkat lunak retail terintegrasi juga memampukan Anda untuk memberikan promo atau bundle bagi konsumen baru sehingga mereka tertarik untuk membeli mobil pada toko Anda.  Selain itu, Anda juga harus memperhatikan stok mobil yang akan di jual. Jangan sampai saat pelanggan datang ke toko atau ingin membeli secara online, ternyata mobil yang mereka inginkan sudah habis terjual. Sistem ERP retail dari EQUIP mampu mengelola manajemen inventaris sehingga perhitungan stok barang akan lebih mudah dan cepat dalam hitungan detik. Artikel kali ini akan membahas tips sukses membuka bisnis showroom mobil.

Showroom mobil

Memilih Lokasi Showroom Mobil yang Strategis

showroom mobil
sumber: liputan6.com

Sebelum memulai usaha hal yang paling penting adalah menentukan lokasi yang memadai dan strategis. Pastikan bahwa toko Anda berada pada lokasi yang sering dilalui oleh banyak orang. Sebaiknya, memilih tempat yang dekat dengan pusat bisnis, mall, perumahan, pinggir jalan raya, dan lain sebagainya. Selain itu, jangan lupa untuk menjaga kebersihan showroom mobil Anda sebab tempat yang kumuh sangat mempengaruhi daya beli konsumen. Anda juga tidak perlu memiliki showroom yang besar jika dana yang Anda punya terbatas namun pastikan tempat tersebut cukup untuk menyimpan dan memperlihatkan stok mobil. Sehingga, kegiatan bisnis akan berjalan dengan lebih maksimal.

Jual mobil yang berkualitas dan masyarakat minati

Selanjutnya, jual mobil yang berkualitas baik dan banyak orang sukai. Misalnya sejenis Multi Purpose Vehicle (MPV). Memasarkan mobil yang kurang peminat hanya akan menjadi penghambat Anda dalam meraih keuntungan. Jika Anda membuka showroom mobil baru maka upayakan untuk mendapatkan mobil dari supplier pertama karena selain lebih murah, nilai mobil dari pemasok pertama lebih tinggi. Namun, membuka showroom mobil bekas maka pastikan untuk mengecek semua mesin terlebih dahulu. Misalnya, apakah rem tersebut berfungsi dengan baik atau sebaliknya. Selain itu, berjualan dengan jujur merupakan kunci kesuksesan suatu usaha. Katakan kondisi produk apa adanya sehingga konsumen merasa tidak dibohongi. Terakhir, pilihlah mobil dengan tahun pembuatan yang tidak terlalu lama. Hal ini dikarenakan mobil keluaran terbaru memiliki performa yang lebih baik daripada mobil tua.

Baca juga: Mengenal Peran, Fungsi, dan Cara Memilih Vendor Terbaik

Perluas Relasi dengan Customer atau Masyarakat

dealer
Sumber: pelayananpublik.id

Semakin luas relasi yang Anda miliki maka akan lebih mudah langkah Anda untuk mengembangkan bisnis showroom mobil. Sampai saat ini memasarkan produk melalui mulut ke mulut masih menjadi strategi yang efektif. Sehingga, cobalah untuk membangun hubungan yang baik dengan pelanggan Anda karena bisa saja mereka akan menawarkan mobil yang Anda jual kepada orang lain disekitarnya. Selain menjalin hubungan dengan perseorangan, membangun relasi yang baik dengan pihak bank dan perusahaan pembiayaan adalah hal yang penting. Kedua perusahaan tersebut adalah yang paling berpengaruh dengan bisnis showroom mobil terlebih lagi jika Anda memiliki modal terbatas. Tidak lupa untuk memiliki koneksi yang luas ke toko spare part, bengkel, dan otomotif. Sebab jaringan ini turut menopang kesuksesan bisnis Anda. 

Lakukan Promosi secara Rutin

Selain melakukan promosi mulut ke mulut ada baiknya bagi Anda untuk memasang iklan di media cetak dan media sosial. Jika memasarkan produk melalui koran dan majalah membutuhkan modal yang besar maka promosi online dapat Anda lakukan dengan harga yang lebih murah bahkan gratis. Anda hanya perlu memikirkan bagaimana membuat iklan yang kreatif dan menarik minat banyak orang. Anda juga dapat memanfaatkan website yang menjual mobil sebagai tempat promosi.

Baca juga: Tingkatkan Penjualan Bisnis dengan Bantuan Brand Ambassador

Kelola Showroom Mobil dengan Baik dan Benar Menggunakan Software Retail

Penggunaan software sangat memberikan pengaruh yang baik bagi kegiatan bisnis. Jika dahulu segala sesuatu perlu dilakukan secara manual namun jika menggunakan perangkat lunak maka semua dapat berjalan dengan otomatis dan cepat. Salah satu software yang dapat Anda gunakan untuk mengelola bisnis showroom mobil adalah software retail dari EQUIP. Sebagai pelaku bisnis Anda dapat dengan mudah mengelola purchase request dari banyak cabang, kelola tender pembelian dengan perbandingan RFQ, rekonsiliasi bank secara otomatis, laporan menyeluruh seputar inventaris, terintegrasi dengan software CRM sehingga promosi di seluruh cabang dapat lebih terpusat. 

Lakukan Riset dan Pahami Tren Pasar

market research
Sumber: dreamstime.com

Cobalah untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya terkait permintaan dan penawaran mobil. Kenali mobil apa yang sedang ramai dibicarakan dan digunakan oleh banyak masyarakat. Tujuannya adalah untuk mengetahui serta mempelajari cara meningkatkan kualitas kepuasan konsumen yang telah ada, dan mencari alternatif cara untuk menarik pelanggan baru. Jika Anda telah melakukan riset dengan baik maka seharusnya bisnis showroom mobil Anda dapat berjalan dengan sukses. 

Tingkatkan Pengelolaan Keuangan Showroom Mobil dengan Software Akuntansi

Manajemen keuangan adalah hal paling penting dalam menjalankan bisnis. Tidak hanya berlaku untuk usaha showroom mobil saja. Sehingga, penting untuk mengatur keuangan bisnis Anda. Adanya laporan keuangan yang baik maka usaha jual-beli mobil dapat lebih mudah untuk berkembang. Gunakan software akuntansi dari EQUIP yang siap membantu Anda untuk melakukan pembukuan terhadap laporan keuangan seperti pemasukan dan pengeluaran, arus kas, pembuatan invoice, pengelolaan petty cash, pengecekan data, dan lain sebagainya. 

Kesimpulan

showroom mobil

Setelah melihat penjelasan di atas mengenai tips membuka showroom mobil mungkin Anda mulai tertarik untuk terjun pada bisnis yang satu ini. Terlebih lagi membuka usaha mobil bekas jauh lebih menguntungkan ketimbang mobil baru. Untuk mempermudah dalam menjalankan usaha tersebut gunakan software retail dari EQUIP. Sistem ini merupakan solusi paling tepat untuk meningkatkan efisiensi proses bisnis. Tingkatkan loyalitas pelanggan dan pengelolaan promosi yang dipromosikan, permasalahan dalam pencatatan stok barang, pengelolaan banyak cabang menjadi lebih mudah dengan software ERP retail terbaik. 

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
+628111775117
×
Jadwalkan Demo Via WA