Arti Repeat Order dan Tips Jitu untuk Meningkatkannya

Dalam dunia bisnis, mendapatkan pelanggan baru merupakan hal penting. Namun, mempertahankan pelanggan lama yang sudah pernah membeli produk atau layanan Anda justru lebih penting lagi. Hal ini kerap dikenal dengan istilah repeat order. Repeat order mengacu pada pelanggan yang melakukan pembelian kembali setelah melakukan pembelian sebelumnya. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat menggunakan sebuah software, misalnya software CRM sehingga dapat membantu upaya peningkatan pembelian kembali.

Selanjutnya, dengan software tersebut bisnis dapat melakukan analisis data pelanggan, membangun hubungan yang lebih baik dengan pelanggan, serta memperluas pangsa pasar dengan melakukan kampanye pemasaran yang tepat sasaran. Untuk lebih lengkapnya, akan dibahas pada artikel di bawah ini mengenai tips jitu meningkatkan repeat order

Daftar isi


    DemoGratis

    Arti Repeat Order

    pembelanjaan kembali

    Repeat order adalah pembelian kembali yang pelanggan lakukan setelah sebelumnya sudah melakukan pembelian produk atau layanan dari perusahaan Anda. Dalam bisnis, pembelian kembali menjadi ukuran penting dalam mengukur keberhasilan sebuah bisnis dengan produk atau layanan yang perusahaan anda berikan. 

    Dengan adanya repeat order, maka menandakan bahwa pelanggan sudah puas dengan produk atau layanan Anda. Akhirnya, mereka memutuskan untuk membeli kembali. Selain itu, repeat order dapat menjadi indikator penting dalam mengukur keberhasilan bisnis karena bisa menunjukkan kepuasan pelanggan dan kemampuan bisnis untuk mempertahankan pelanggan lama.

    Manfaat Repeat Order

    Mendapatkan pembelian kembali dari konsumen memiliki banyak manfaat bagi bisnis Anda. Maka, hal tersebut menunjukkan bahwa bahwa produk Anda telah konsumen sukai. Berikut adalah beberapa manfaat dari pembelian kembali:

    1. Hemat biaya operasional

    Mendapatkan pelanggan baru dapat membutuhkan biaya pemasaran yang cukup besar. Akan tetapi, dengan mendapatkan pembelian kembali dari pelanggan yang sudah pernah membeli produk atau layanan dari perusahaan Anda, biaya operasional dapat dikurangi. Maka, biaya pemasaran dapat ditekan dan fokus dapat dialihkan pada mempertahankan pelanggan yang sudah ada.

    2. Menciptakan pelanggan yang loyal

    Pelanggan yang melakukan pembelian kembali dapat menjadi pelanggan yang lebih loyal karena mereka telah mempercayai kualitas produk atau layanan Anda. Maka, dengan memiliki pelanggan yang loyal bisnis Anda akan menjadi lebih stabil dan dapat menghindari fluktuasi yang tidak diinginkan.

    3. Memperluas pangsa pasar

    Bisnis Anda dapat memperluas pangsa pasar karena pelanggan yang melakukan pembelian kembali akan mempromosikan produk atau layanan Anda kepada teman atau keluarga. Maka, hal ini dapat membantu bisnis Anda mendapatkan pelanggan baru tanpa harus melakukan biaya pemasaran yang besar.

    4. Memotong biaya pemasaran

    Dengan adanya pembelian kembali, biaya pemasaran dapat ditekan karena pelanggan yang sudah pernah membeli produk atau layanan Anda tidak memerlukan proses pemasaran yang intensif seperti pelanggan baru. Bisnis dapat fokus pada mempertahankan pelanggan lama dan memberikan pelayanan yang lebih baik, yang pada akhirnya dapat mengurangi biaya pemasaran.

    5. Mempertahankan pelanggan

    Dengan terus membeli produk atau layanan dari perusahaan Anda, pelanggan akan semakin percaya dan merasa puas dengan produk atau layanan yang Anda tawarkan. Akhirnya, hal ini dapat membantu bisnis Anda membangun hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan dan meningkatkan loyalitas mereka terhadap perusahaan. 

    Baca juga: Purchase Order, Pentingkah untuk Bisnis?

    Tips Jitu Meningkatkan Repeat Order

    pembelanjaan kembali

    Setelah mengetahui arti dan manfaat dari repeat order, maka ada beberapa tips jitu yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pembelian kembali pada bisnis Anda. Berikut adalah beberapa tips tersebut:

    1. Berikan pelayanan atau service terbaik

    Memberikan pelayanan atau service terbaik adalah hal yang penting untuk meningkatkan pembelian kembali. Pelanggan yang merasa puas dengan pelayanan atau service yang diberikan akan lebih cenderung untuk membeli kembali produk atau layanan Anda. Selain itu, jangan lupa untuk memberikan pelayanan yang baik dan responsif untuk menjaga kepercayaan pelanggan.

    2. Tingkatkan bisnis melalui program referral

    Program referral adalah sebuah strategi pemasaran yang mana pelanggan yang sudah ada akan mendapat insentif atau hadiah apabila berhasil mereferensikan produk atau layanan bisnis kepada orang lain. Program referral dapat meningkatkan repeat order, karena pelanggan yang sudah loyal akan lebih cenderung merekomendasikan bisnis kepada orang lain jika mereka merasa puas dengan pelayanan dan produk yang diberikan. 

    3. Berikan produk berkualitas tinggi 

    Kualitas produk yang baik sangat penting untuk mempertahankan pelanggan. Misalnya, produk berkualitas tinggi akan membangun kepercayaan dan loyalitas pelanggan pada perusahaan Anda. Selain itu, hal tersebut dapat membuat mereka lebih cenderung untuk membeli kembali produk atau layanan Anda.

    4. Berikan promo atau penawaran menarik

    Memberikan promo atau penawaran menarik dapat membantu Anda meningkatkan repeat order.  Berikan diskon khusus atau promo khusus untuk pelanggan yang telah melakukan pembelian sebelumnya. Hal ini dapat memberikan insentif bagi pelanggan untuk membeli kembali produk atau layanan Anda.

    5. Mengumpulkan database pelanggan

    Mengumpulkan database pelanggan dapat membantu Anda membangun hubungan yang lebih baik dengan pelanggan dan meningkatkan repeat order. Salah satu upaya yang dapat Anda lakukan yaitu dengan menggunakan software untuk mengatasi hal tersebut. Misalnya, dengan menggunakan software CRM yang berguna untuk membantu bisnis meningkatkan repeat order dan memperluas pangsa pasar karena fiturnya dapat mengumpulkan data pelanggan dan menganalisis data personalized marketing.

    6. Respon komplain pelanggan dengan baik

    Memberikan respon yang baik terhadap keluhan pelanggan dapat membantu meningkatkan repeat order. Misalnya, Anda dapat menanggapi keluhan, ulasan, dan umpan balik yang pelanggan berikan dengan cepat dan memberikan solusi yang tepat untuk memperbaiki masalah yang pelanggan hadapi. Dengan begitu, dapat meningkatkan loyalitas dan kepuasan pelanggan.

    7. Adakan program VIP untuk pelanggan setia

    Adakan program VIP untuk pelanggan setia yang telah melakukan pembelian beberapa kali. Hal tersebut dapat berupa pemberian insentif dan keuntungan khusus untuk pelanggan setia. Selain itu, dapat juga dengan memberikan diskon khusus atau akses ke produk atau layanan eksklusif.

    8. Tingkatkan repeat order melalui regartering

    Retargeting adalah strategi pemasaran yang dapat membantu meningkatkan repeat order dengan cara menargetkan iklan pada pelanggan yang telah melakukan pembelian sebelumnya. Maka, hal ini dapat membantu membangun kesadaran merek dan membuat pelanggan lebih cenderung untuk membeli kembali produk atau layanan Anda.

    9. Manfaatkan personalized marketing

    Personalized marketing adalah strategi pemasaran yang dapat membantu meningkatkan repeat order dengan cara menyesuaikan pesan pemasaran dengan preferensi dan perilaku pelanggan. Selain itu, hal tersebut dapat dibantu dengan menggunakan software CRM. Dengan demikian, bisnis dapat mengumpulkan data pelanggan dan membangun strategi pemasaran yang lebih personal untuk meningkatkan repeat order.

    Baca juga: Aplikasi Sales Order: Pengertian, Manfaat, dan Jenisnya

    CRM

    Kesimpulan

    Dalam bisnis, repeat order sangatlah penting untuk meningkatkan penjualan dan keuntungan. Dengan menerapkan beberapa tips jitu untuk meningkatkannya, Anda dapat menciptakan pelanggan yang loyal dan memperluas pangsa pasar. Untuk membantu Anda memantau dan mengelola database pelanggan, Anda dapat menggunakan software pembantu seperti software CRM EQUIP

    Maka, dengan menggunakan software CRM EQUIP, Anda dapat memanfaatkan data pelanggan untuk meningkatkan pembelian kembali. Fitur-fitur seperti pengumpulan data pelanggan, analisis data, pengelolaan program referral, dan personalized marketing akan sangat membantu dalam meningkatkan repeat order dan mempertahankan pelanggan yang loyal. Coba demo gratis sekarang!

    Eka Mulia
    Eka Mulia
    Hello, I'm Mohammad Eka Mulia, a junior content writer passionate about crafting compelling stories and engaging copy to help businesses and individuals reach their target audience through effective content. I bring a fresh perspective and eagerness to learn and grow in content creation.

    Artikel Terkait

    Baca Juga

    Forbes
    Hospitality Product

    Sistem ERP EQUIP menyederhanakan proses bisnis kami mulai dari pengadaan hingga pengiriman barang.

    Coba Gratis
    One Mart
    Supermarket

    Dengan software EQUIP, kami bisa dengan mudah menyelesaikan setiap pesanan hanya dalam hitungan menit.

    Coba Gratis
    Bee Choo
    Beauty Treatment Product

    EQUIP memudahkan pengelolaan inventaris, keuangan, penjualan, pembelian di satu sistem sehingga mudah dilacak.

    Coba Gratis
    Icon EQUIP

    Gabriella
    Balasan dalam 1 menit

    Gabriella
    Ingin Demo Gratis?

    Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami.
    628111775117
    ×

    Gabriella

    Active Now

    Gabriella

    Active Now