Aplikasi Sales Order: Pengertian, Manfaat, dan Jenisnya

Aplikasi sales order atau aplikasi penjualan merupakan aplikasi untuk memantau penjualan yang sangat berguna bagi pihak perusahaan. Dengan menggunakan aplikasi ini secara tidak langsung mendigitalisasi alur penjualan secara lebih efisien. Yang mana siklus penjualan dapat bekerja lebih cepat dan optimal dengan sistem otomatisasi dan integrasi software CRM.

Selain itu kegunaan lainnya adalah untuk mengakhiri siklus akhir penjualan atau yang biasa disebut sales cycle. Aplikasi sales order juga mendukung fitur lain seperti manajemen prospek untuk membantu perusahaan memperoleh lebih banyak prospek dan mendorong pelanggan untuk melakukan pembelian kembali.

DemoGratis

Pengertian Aplikasi Sales Order

Aplikasi sales order

Aplikasi sales order adalah software yang membantu bisnis Anda dalam mengelola pelanggan dalam siklus penjualan. Aplikasi ini bekerja dengan cara mengoptimalkan kinerja semua tahapan penjualan, mulai dari identifikasi prospek potensial, tindak lanjut prospek, melacak kesepakatan, sampai melakukan transaksi.

Selain detail penjualan, aplikasi ini mencakup berbagai informasi penting seperti tanggal pembuatan, nama pelanggan, alamat pengiriman, tanggal pengiriman, metode pembayaran, metode pengiriman, dan berbagai informasi penting  terkait logistik dan syarat penjualan. Aplikasi ini juga dapat terbuat secara internal untuk bertindak sebagai catatan atau arsip khusus.

Selain itu, aplikasi sales order ini juga didukung oleh kecerdasan buatan (AI) yang terintegrasi dengan omnichannel CRM. Dengan begitu, dapat membantu aplikasi mengotomatiskan proses dan terhubung ke software pendukung penjualan lainnya.

Baca juga: Rekomendasi Software Terbaik untuk Bisnis Minimarket Anda

Cara Kerja Aplikasi Sales Order

Aplikasi sales order berperan sangat penting bagi suatu perusahaan untuk mengelola performa kinerja tim sales lapangan. Umumnya, ketika akan mengunjungi lokasi konsumen, tim lapangan akan meminta form tugas pelayanan (maintenance request) melalui aplikasi sales order yang perusahaan gunakan. Nantinya supervisor akan menerima permintaan tersebut dan kemudian akan terkirim secara elektronik kepada tim lapangan yang akan bertugas.

Karena aplikasi sales penjualan, tim lapangan memfasilitasi semua informasi seperti perencanaan rute yang paling efisien dan penjelasan persyaratan layanan. Manager dapat melihat pembaruan secara real time dari hasil tim lapangan untuk memantau penjualan. Dengan aplikasi ini, manajer tidak akan kesulitan untuk merotasi lokasi kerja dan juga mengganti tugas tim sales lapangan. Karena tim sales akan langsung mendapatkan perubahan tugas melalui aplikasi yang terinstal. Bahkan manger dapat memantau lokasi GPS mereka.

Baca juga: SOP Menjadikan Bisnis Anda Lebih Professional

Manfaat Aplikasi Sales Order bagi Perusahaan

Nyatanya, aplikasi penjualan ini merupakan salah satu teknologi yang bermanfaat bagi pelaku bisnis untuk menciptakan sesuatu yang lebih baik dengan meningkatkan produktivitas dan menghemat biaya. Aplikasi yang baik tidak hanya memantau penjualan saja, tetapi memantau KPI perusahaan Anda terhadap hal yang berkaitan dengan operasional, tunjangan, logistik, dan tim administrasi. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan sistem pembelian yang berfungsi untuk mengelola pesanan dan mengontrol inventaris. 

Jenis Aplikasi Sales Order

Dengan adanya berbagai aplikasi penjualan, Anda bisa melakukan pelacakan pada penjualan yang karyawan Anda lakukan. Sistem pelacakan dan pemantauan terhadap penjualan ini merupakan salah satu cara untuk memonitor kinerja karyawan sehingga dapat memantau peningkatan kinerja dan hasil penjualan perusahaan Anda. Berikut adalah jenis-jenisnya:

CRM

crm

Aplikasi ini dapat Anda gunakan untuk melakukan monitoring terhadap penjualan dengan jarak yang jauh. Melalui aplikasi CRM ini, Anda mampu mengelola seluruh tim sehingga proses pekerjaannya dapat terlaksana dengan baik. Pada aplikasi ini terdapat fitur GP cloud, yang mana posisi tim akan terlacak dengan jelas oleh Anda.

Mysales

Ini merupakan aplikasi penjualan android yang mana dapat Anda gunakan untuk melakukan pelacakan GPS. Aplikasi ini juga dapat melakukan pengecekan kinerja penjualan, cek stok barang, serta taking order dan point of interest. Aplikasi ini memiliki fitur real time yang dapat dengan mudah terpantau menggunakan gawai android.

Sales Tracking

Aplikasi sales tracking merupakan aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk memantau penjualan. Dengan aplikasi ini, Anda dapat memastikan bahwa tim Anda sudah mengunjungi tempat yang seharusnya mereka kunjungi. Hal ini dapat Anda lakukan menggunakan fitur real time dimana jika seorang dari tim Anda keluar dari lokasi kunjungan, maka pihak kantor dapat mengetahuinya dan memberikan pesan langsung kepada karyawannya.

Baca juga: Mengenal Software ERP dan Tips Memilihnya

Aplikasi Sales Order Terbaik di Indonesia

Saat ini ada banyak aplikasi penjualan yang dapat merekap data Anda secara otomatis, mulai dari sistem CRM hingga ERP. Oleh karena itu, penting untuk menentukan sistem yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda. Jika perusahaan Anda menginginkan aplikasi untuk mengelola pelayanan pelanggan dan penjualan, aplikasi CRM adalah jawabannya. Sedangkan, sistem ERP baik untuk perusahaan Anda gunakan jika ingin mengelola dan mengefisienkan proses bisnis. Berikut adalah dua aplikasi penjualan terbaik yang dapat Anda gunakan:

Aplikasi Sales Order HashMicro

HashMicro merupakan perusahaan yang menawarkan sistem ERP yang didukung teknologi AI untuk hadirkan efisiensi tertinggi bisnis Anda. Sebagai penyedia solusi ERP terbaik, HashMicro menyediakan solusi otomatis yang mendukung kegiatan operasional bisnis Anda dan mampu memaksimalkan potensi perusahaan Anda bersaing pada pasar global. Maka dari itu, HasMicro mengambil kesempatan ini untuk membangun sebuah sistem berbasis cloud yang mengotomatiskan proses end-to-end operasi bisnis.

Aplikasi Sales Order EQUIP

Equip adalah perusahaan yang menyediakan layanan software yang inovatif dengan fitur terlengkap, dapat dikustomisasi sesuai kebutuhan bisnis Anda dan memiliki jumlah pengguna tanpa batas. Saat ini Equip sudah memiliki banyak kepercayaan oleh bisnis ternama di Indonesia. Equip mampu membantu industri food & bevarages, retail, dan trading. Selain itu, produk ini menawarkan aplikasi sales CRM, software accounting, CRM, procurement, dan inventory.

Zoho CRM

Zoho CRM adalah sebuah aplikasi manajemen hubungan pelanggan berbasis cloud yang memungkinkan bisnis untuk mengelola interaksi dengan pelanggan dan prospek dengan lebih efektif. Aplikasi ini menyediakan berbagai fitur untuk meningkatkan penjualan dan memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik, seperti pengelolaan lead, manajemen penjualan, kampanye pemasaran, layanan pelanggan, dan analisis performa bisnis. Selain itu, Zoho CRM memiliki integrasi dengan berbagai aplikasi bisnis lainnya seperti G Suite, Office 365, dan QuickBooks, sehingga memudahkan bisnis untuk memanfaatkan data mereka dari berbagai sumber. Zoho CRM juga tersedia dalam berbagai paket harga yang berbeda, sehingga cocok digunakan oleh bisnis dari berbagai ukuran.

SAP Sales Cloud

SAP Sales Cloud adalah sebuah aplikasi manajemen penjualan berbasis cloud yang dirancang untuk membantu bisnis mengelola siklus penjualan mereka. Aplikasi ini menyediakan fitur-fitur seperti pengelolaan prospek, manajemen pelanggan, dan analisis penjualan yang dapat membantu tim penjualan meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam menjual produk atau layanan mereka. Selain itu, SAP Sales Cloud juga memiliki integrasi dengan solusi SAP lainnya, seperti SAP S/4HANA, untuk membantu mempercepat proses bisnis secara keseluruhan. Dengan SAP Sales Cloud, bisnis dapat meningkatkan kolaborasi, mempercepat penjualan, dan memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik, sehingga dapat membantu meningkatkan performa bisnis secara keseluruhan.

Salesforce

Salesforce adalah sebuah platform cloud-based yang menyediakan berbagai solusi bisnis, terutama untuk manajemen pelanggan (CRM). Aplikasi CRM ini memungkinkan bisnis untuk mengelola interaksi dengan pelanggan dan prospek dengan lebih efektif melalui berbagai fitur seperti manajemen lead, manajemen penjualan, kampanye pemasaran, dan analisis performa bisnis. Selain itu, Salesforce juga menyediakan berbagai aplikasi terkait seperti aplikasi analitik, aplikasi pengembangan aplikasi (developer tools), dan aplikasi berbasis komunitas (community-based). Salesforce memiliki integrasi dengan berbagai aplikasi bisnis lainnya dan memiliki kemampuan untuk disesuaikan sesuai dengan kebutuhan bisnis, sehingga menjadi solusi bisnis yang populer dan banyak digunakan di berbagai industri.

Baca juga: Aplikasi CRM Terbaik untuk Membantu Bisnis Anda

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan tersebut penting bagi perusahaan untuk memiliki aplikasi sales order untuk menunjang keberhasilan bisnisnya. Karena dengan menggunakan aplikasi ini maka perusahaan tersebut mampu melacak segala bentuk penjualan yang terjadi dalam perusahaan. 

CRM

Anda dapat menggunakan Software CRM dari Equip untuk membantu Anda dalam melacak dan memantau kinerja performa penjualan bisnis Anda. Karena software ini membantu bisnis Anda untuk mengotomatiskan pengelolaan tim dan proses penjualan Anda dengan sistem CRM terlengkap. Sistem CRM Equip dirancang untuk mengotomatiskan pengelolaan prospek dan klien dari berbagai tipe industri dan perusahaan yang ada di Indonesia. Demo gratis sekarang!

Aruna Citra Dewi Kartini
Aruna Citra Dewi Kartini
A highly motivated and tech-savvy individual with a demonstrated ability to produce high-quality content that engages audiences and achieves marketing goals.

Artikel Terkait

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Gabriella
Balasan dalam 1 menit

Gabriella
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami.
628111775117
×

Gabriella

Active Now

Gabriella

Active Now