Aplikasi Sales Order: Manfaat, Jenisnya, dan Rekomendasinya

Aplikasi sales order atau aplikasi penjualan merupakan aplikasi untuk memantau penjualan yang sangat berguna bagi pihak perusahaan. Dengan menggunakan aplikasi ini secara tidak langsung mendigitalisasi alur penjualan secara lebih efisien. Yang mana siklus penjualan dapat bekerja lebih cepat dan optimal dengan sistem otomatisasi dan integrasi software CRM.

Selain itu kegunaan lainnya adalah untuk mengakhiri siklus akhir penjualan atau yang biasa disebut sales cycle. Aplikasi sales order juga mendukung fitur lain seperti manajemen prospek untuk membantu perusahaan memperoleh lebih banyak prospek dan mendorong pelanggan untuk melakukan pembelian kembali.

DemoGratis

Daftar Isi

Pengertian Aplikasi Sales Order

sistem sales oder

Aplikasi sales order adalah sistem yang membantu bisnis dalam mengelola pelanggan dalam siklus penjualan. Aplikasi ini bekerja dengan cara mengoptimalkan kinerja semua tahapan penjualan, mulai dari identifikasi prospek potensial sampai transaksi berhasil dilakukan.

Selain detail penjualan, aplikasi ini mencakup berbagai informasi penting seperti tanggal pembuatan, nama pelanggan, alamat pengiriman, tanggal pengiriman, metode pembayaran, metode pengiriman, dan berbagai informasi penting terkait logistik dan syarat penjualan. Aplikasi ini juga dapat terbuat secara internal untuk bertindak sebagai catatan atau arsip khusus.

Selain itu, aplikasi sales order ini juga didukung oleh kecerdasan buatan (AI) yang terintegrasi dengan omnichannel CRM. Dengan begitu, dapat membantu aplikasi mengotomatiskan proses dan terhubung ke software pendukung penjualan lainnya.

Cara Kerja Aplikasi Sales Order

Aplikasi sales order berperan sangat penting bagi suatu perusahaan untuk mengelola performa kinerja tim sales lapangan. Umumnya, ketika akan mengunjungi lokasi konsumen, tim lapangan akan meminta form tugas pelayanan (maintenance request) melalui aplikasi sales order yang perusahaan gunakan.

Nantinya supervisor akan menerima permintaan tersebut dan kemudian akan terkirim secara elektronik kepada tim lapangan yang akan bertugas.

Karena aplikasi sales penjualan, tim lapangan memfasilitasi semua informasi seperti perencanaan rute yang paling efisien dan penjelasan persyaratan layanan. Manager dapat melihat pembaruan secara real time dari hasil tim lapangan untuk memantau penjualan.

Dengan aplikasi ini, manajer tidak akan kesulitan untuk merotasi lokasi kerja dan juga mengganti tugas tim sales lapangan. Karena tim sales akan langsung mendapatkan perubahan tugas melalui aplikasi yang terinstal. Bahkan manger dapat memantau lokasi GPS mereka.

Manfaat Aplikasi Sales Order bagi Perusahaan

Nyatanya, aplikasi penjualan ini merupakan salah satu teknologi yang bermanfaat bagi pelaku bisnis untuk menciptakan sesuatu yang lebih baik dengan meningkatkan produktivitas dan menghemat biaya. Aplikasi yang baik tidak hanya memantau penjualan saja, tetapi memantau KPI perusahaan Anda terhadap hal yang berkaitan dengan operasional, tunjangan, logistik, dan tim administrasi. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan sistem pembelian yang berfungsi untuk mengelola pesanan dan mengontrol inventaris.

Jenis Aplikasi Sales Order

Dengan adanya berbagai aplikasi penjualan, Anda bisa melakukan pelacakan pada penjualan yang karyawan Anda lakukan. Sistem pelacakan dan pemantauan terhadap penjualan ini merupakan salah satu cara untuk memonitor kinerja karyawan sehingga dapat memantau peningkatan kinerja dan hasil penjualan perusahaan Anda. Berikut adalah jenis-jenisnya:

CRM

Aplikasi ini dapat Anda gunakan untuk melakukan monitoring terhadap penjualan dengan jarak yang jauh. Melalui aplikasi CRM ini, Anda mampu mengelola seluruh tim sehingga proses pekerjaannya dapat terlaksana dengan baik. Pada aplikasi ini terdapat fitur GP cloud, yang mana posisi tim akan terlacak dengan jelas oleh Anda.

Mysales

Ini merupakan aplikasi penjualan android yang mana dapat Anda gunakan untuk melakukan pelacakan GPS. Aplikasi ini juga dapat melakukan pengecekan kinerja penjualan, cek stok barang, serta taking order dan point of interest. Aplikasi ini memiliki fitur real time yang dapat dengan mudah terpantau menggunakan gawai android.

Sales Tracking

Aplikasi sales tracking merupakan aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk memantau penjualan. Dengan aplikasi ini, Anda dapat memastikan bahwa tim Anda sudah mengunjungi tempat yang seharusnya mereka kunjungi.

Hal ini dapat Anda lakukan menggunakan fitur real time dimana jika seorang dari tim Anda keluar dari lokasi kunjungan, maka pihak kantor dapat mengetahuinya dan memberikan pesan langsung kepada karyawannya.

10 Rekomendasi Aplikasi Sales Order Terbaik di Indonesia

Dalam memilih aplikasi sales order yang tepat, Anda harus benar-benar selektif agar sistem yang dipilih dapat memenuhi kebutuhan yang diinginkan perusahaan. Berikut adalah 10 rekomendasi aplikasi sales order terbaik di Indonesia yang dapat Anda pertimbangkan:

1. Aplikasi Sales Order EQUIP

Aplikasi sales order dari Equip adalah salah satu sistem sales order yang dapat Anda pertimbangkan. Sistem ini dapat membantu perusahaan untuk mengelola kegiatan penjualan, mulai dari operasional, menentukan strategi efektif, sampai menganalisis performa penjualan.

Salah satu kelebihan yang ditawarkan dari vendor ini adalah mampu menganalisis historis penjualan dan tren pasar untuk kemudian menghasilkan prediksi penjualan di masa mendatang. Hal ini memudahkan manajemen untuk menentukan langkah strategis terkait rencana penjualan yang akan dilakukan.

Vendor ini juga menyediakan fitur customer segment (RFM) analysis yang dapat mengelompokkan pelanggan berdasarkan beberapa kategori, sehingga perusahaan akan dapat lebih mudah untuk mengidentifikasi customer dan merancang strategi pemasaran yang disesuaikan untuk setiap segmen.

Lebih lanjutnya, berikut adalah beberapa fitur yang ditawarkan oleh sistem sales order Equip:

  • Mobile accesibility: Sistem EQUIP sudah mendukung untuk dapat diakses melalui mobile. Hal ini membuat aktivitas penjualan dapat dikelola dari mana saja.
  • Sales forecast & actualization: Fitur ini dapat memberikan prediksi dengan tingkat akurasi yang tinggi terhadap capaian penjualan.
  • Custom printout in quotation: Fitur ini dapat menyediakan opsi untuk mencetak penawaran terhadap kebutuhan spesifik dari pelanggan.
  • Sales loyalty management: Membantu perusahaan dalam mengelola poin loyallitas dari pelangggan.
  • Customer portal: Memberikan halaman khusus bagi pelanggan untuk dapat melihat status pesanan, riwayat pembelian, dan berkomunikasi dengan tim penjual.
Kelebihan Kekurangan
  • Layanan pelanggan yang responsif
  • Antarmuka yang intuitif
  • Dapat mengintegrasikan seluruh aspek penjualan ke dalam satu sistem utuh
  • Dapat diakses melalui mobile dari mana saja dan kapan saja
  • Durasi implementasi yang bervariatif sesuai dengan kebutuhan pelanggan

2. Salesforce

Salesforce adalah sebuah platform cloud-based yang menyediakan berbagai solusi bisnis, terutama untuk manajemen pelanggan (CRM). Aplikasi CRM ini memungkinkan bisnis untuk mengelola interaksi dengan pelanggan dan prospek dengan lebih efektif melalui berbagai fitur yang ditawarkan.

Salesforce memiliki integrasi dengan berbagai aplikasi bisnis lainnya dan memiliki kemampuan untuk disesuaikan sesuai dengan kebutuhan bisnis, sehingga menjadi solusi bisnis yang populer dan banyak digunakan di berbagai industri.

Kelebihan Kekurangan
  • Kemudahan integrasi dengan sistem lain
  • Kemampuan analitik yang mendalam
  • Harga yang relatif tinggi
  • Antarmuka yang tidak ramah pengguna dan sulit untuk dipahami
  • Layanan pelanggan yang kurang responsif

3. Zoho CRM

Zoho CRM adalah sebuah aplikasi manajemen hubungan pelanggan berbasis cloud yang memungkinkan bisnis untuk mengelola interaksi dengan pelanggan dan prospek dengan lebih efektif. Aplikasi ini menyediakan berbagai fitur untuk meningkatkan penjualan

Selain itu, sistem ini memfasilitasi perusahaan untuk memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik, seperti pengelolaan lead, manajemen penjualan, kampanye pemasaran, layanan pelanggan, dan analisis performa bisnis.

Kelebihan Kekurangan
  • Memiliki banyak fitur komprehensif
  • Memberikan analisis secara real-time terkait aktivitas penjualan
  • Harga yang relatif tinggi
  • Proses implementasi yang rumit dan memakan waktu yang lama

4. SAP Sales Cloud

SAP Sales Cloud adalah sebuah aplikasi manajemen penjualan berbasis cloud yang dirancang untuk membantu bisnis mengelola siklus penjualan mereka. Aplikasi ini menyediakan fitur-fitur seperti pengelolaan prospek, manajemen pelanggan, dan analisis penjualan.

Dengan SAP Sales Cloud, bisnis dapat meningkatkan kolaborasi, mempercepat penjualan, dan memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik, sehingga dapat membantu meningkatkan performa bisnis secara keseluruhan.

Kelebihan Kekurangan
  • Dapat terintegrasi dengan sistem SAP lainnya dengan mudah
  • Mengotomatisasi proses administrasi penjualan
  • Memberikan strategi penjualan yang lebih terarah
  • Harga yang relatif tinggi
  • Antarmuka yang kurang ramah pengguna
  • Konfigurasi sistem yang kaku

5. Program sales order Oracle

Program sales order Oracle adalah sistem yang dapat membantu perusahaan dalam membangun hubungan baik dengan pihak luar, seperti mitra, agen, dan lainnya. Selain itu, aplikasi ini dapat membantu mengotomatisasi proses penjualan mulai dari pemasaran hingga produk berhasil dijual dengan pelanggan.

Kelebihan Kekurangan
  • Memudahkan pelacakan aktivitas harian
  • Meningkatkan pengelolaan hubungan dengan pelanggan
  • Mampu mengotomatisasi proses penjualan
  • Kurang cocok untuk bisnis skala kecil dan menengah
  • Sistem yang kompleks dan membutuhkan waktu untuk mengimplementasi
  • Antarmuka yang kurang intuitif

6. Sistem CRM Pipedrive

Sistem CRM dari Pipedrive memiliki keunggulan dalam bidang pembuatan laporan. Aplikasi ini dapat membuat laporan dengan tingkat akurasi yang tinggi serta tingkat analitik yang mendalam terhadap aktivitas penjualan.

Meskipun begitu, aplikasi ini memiliki kekurangan yang tetap harus Anda pertimbangkan, seperti fiturnya yang kurang komprehensif untuk aktivitas bisnis. Selain itu, layanan pelanggan yang ditawarkan oleh Pipedrive masih kurang responsif sehingga menyulitkan komunikasi jika terdapat.

Kelebihan Kekurangan
  • Kemampuan analitik yang mendalam
  • Dapat mengoptimalkan proses konversi
  • Fitur yang kurang komprehensif
  • Layanan pelanggan yang kurang responsif

7. Aplikasi Sales Order HashMicro

Selanjutnya, aplikasi sales order dari HashMicro adalah sistem yang dapat Anda pertimbangkan untuk digunakan. Sistem ini terdukung dengan fitur-fitur komprehensif untuk meningkatkan efisiensi aktivitas penjualan dalam perusahaan.

Vendor ini menyediakan fitur yang dapat terintegrasi dengan marketplace, seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, dan lainnya. Hal ini akan memudahkan perusahaan untuk menarik pelanggan lebih banyak dengan menjual produk di marketplace.

Kelebihan Kekurangan
  • Tidak terdapat batasan pengguna
  • Memiliki fleksibilitas tinggi dalam melakukan kustomisasi
  • Layanan after sales yang memadai
  • Tidak membebankan biaya tambahan di tengah proses implementasi
  • Antrean demo gratis yang panjang

8. Nutshells

Sistem sales order selanjutnya yang dapat Anda pertimbangkan adalah Nutshells. Nutshells adalah aplikasi yang ramah pengguna dan mudah untuk digunakan. Aplikasi ini juga memiliki analitik yang intuitif sehingga memudahkan manajemen dalam meningkatkan konversi.

Kelebihan Kekurangan
  • Dapat meningkatkan efisiensi manajemen email
  • Analisis data yang intuitif
  • Fitur yang ditawarkan kurang lengkap
  • Layanan pelanggan yang kurang responsif

9. Maximizer

Terakhir, aplikasi sales order yang dapat Anda pertimbangkan adalah Maximizer. Aplikasi ini dapat meningkatkan produktivitas aspek penjualan, seperti menjaga hubungan baik dengan pelanggan, pemberian poin loyalitas, manajemen kontak, dan pembuatan laporan penjualan.

Kelebihan Kekurangan
  • Layanan pelanggan yang responsif
  • Dapat mengotomatisasi pemberian poin loyalitas
  • Implementasi sistem yang agak sulit
  • Antarmuka yang kurang intuitif

10. Software sales order Koneksi

Koneksi adalah salah satu software sales order yang dapat Anda pertimbangkan. Sistem ini menyediakan berbagai solusi komprehensif yang dapat meningkatkan efektivitas dalam melakukan manajemen terhadap pelanggan.

Vendor ini juga dapat memungkinkan perusahaan untuk mengukur tingkat konversi, membuat strategi pemasaran, dan mengelola proses pemasaran dari awal hingga akhir. Sistem dari Koneksi juga didukung layanan pelanggan responsif selama 24 jam yang siap membantu pengguna jika menghadapi kesulita

Kelebihan Kekurangan
  • Pembuatan laporan secara otomatis dengan tingkat akurasi yang tinggi
  • Menyederhanakan manajemen data pelanggan
  • Menjaga proses komunikasi menjadi lebih efektif
  • Durasi implementasi yang variatif tergantung kebutuhan pengguna

Tips Memilih Software Sales Order yang Tepat untuk Bisnis Anda

Pada dasarnya, setiap vendor program sales order memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Hal ini yang perlu Anda perhatikan secara seksama dalam memilih sistem sales order. Berikut kami berikan beberapa tips agar Anda dapat memilih sistem yang tepat dengan kebutuhan bisnis.

  • Perhatikan kebutuhan bisnis: Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah melakukan pemetaan terhadap kebutuhan bisnis. Pemetaan ini dapat digunakan untuk memilih vendor yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.
  • Harga dan anggaran: Anda harus memerhatikan anggaran yang Anda sediakan terlebih dahulu dan
  • Perhatikan ulasan pengguna: Memerhatikan ulasan pengguna dapat membantu Anda untuk mendapatkan gambaran mengenai kinerja dan kualitas suatu sistem
  • Fitur yang ditawarkan: Pastikan sistem yang dipilih memiliki fitur komprehensif, seperti alur kerja otomatis menyediakan data real-time, dan visibilitas yang jelas.
  • Layanan pelanggan yang responsif: Pastikan bahwa sistem yang Anda pilih terdukung dengan layanan pelanggan yang responsif agar dapat dengan segera membantu jika sewaktu-waktu terdapat kesulitan saat menggunakan aplikasi.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan tersebut penting bagi perusahaan untuk memiliki aplikasi sales order untuk menunjang keberhasilan bisnisnya. Karena dengan menggunakan aplikasi ini maka perusahaan tersebut mampu melacak segala bentuk penjualan yang terjadi dalam perusahaan.

Anda dapat menggunakan software CRM dari Equip untuk membantu Anda dalam melacak dan memantau kinerja performa penjualan bisnis Anda. Karena software ini membantu bisnis Anda untuk mengotomatiskan pengelolaan tim dan proses penjualan Anda dengan sistem CRM terlengkap.

Sistem CRM Equip dirancang untuk mengotomatiskan pengelolaan prospek dan klien dari berbagai tipe industri dan perusahaan yang ada di Indonesia. Anda dapat mencoba memahami sistem Equip terlebih dahulu dengan mencoba demo gratis agar lebih mendapatkan gambaran mengenai sistem kami.

CRM
Aruna Citra Dewi Kartini
Aruna Citra Dewi Kartini
A highly motivated and tech-savvy individual with a demonstrated ability to produce high-quality content that engages audiences and achieves marketing goals.

Artikel Terkait

Baca Juga

Forbes
Hospitality Product

Sistem ERP EQUIP menyederhanakan proses bisnis kami mulai dari pengadaan hingga pengiriman barang.

Coba Gratis
One Mart
Supermarket

Dengan software EQUIP, kami bisa dengan mudah menyelesaikan setiap pesanan hanya dalam hitungan menit.

Coba Gratis
Bee Choo
Beauty Treatment Product

EQUIP memudahkan pengelolaan inventaris, keuangan, penjualan, pembelian di satu sistem sehingga mudah dilacak.

Coba Gratis
Icon EQUIP

Gabriella
Balasan dalam 1 menit

Gabriella
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami.
628111775117
×

Gabriella

Active Now

Gabriella

Active Now