5 Rekomendasi Aplikasi Faktur Penjualan Terbaik untuk Bisnis Tahun 2023

Jika Anda mengoperasikan bisnis kecil atau menengah, Anda mungkin merasa bahwa menggunakan aplikasi nota atau faktur penjualan terlalu mahal dan tidak perlu. Namun, dengan biaya terjangkau dan manfaat yang besar, software faktur penjualan dapat membantu Anda menghemat waktu dan uang dalam jangka panjang. Software yang dirancang untuk membantu pengguna dalam mengeluarkan faktur penjualan secara otomatis ini, memungkinkan pengguna untuk mengelola operasional secara efektif. 

Inilah mengapa software faktur penjualan dengan sistem POS menjadi penting karena memungkinkan pengguna untuk mencatat penjualan secara otomatis dan mengelola data penjualan dengan mudah. Sistem POS memberikan kemudahan pada pengelolaan transaksi dan manajemen inventory di berbagai jenis industri. 

kelola umkm paling efisien

Manfaat Aplikasi Faktur Penjualan bagi Bisnis

aplikasi faktur penjualanDalam dunia bisnis, setiap detail keuangan harus tercatat dengan benar dan akurat. Oleh karena itu, menggunakan aplikasi faktur penjualan dapat memberikan manfaat besar bagi bisnis Anda. Beberapa manfaat yang akan bisnis Anda terima jika menggunakan aplikasi nota penjualan antara lain adalah:

1. Mempercepat dan memudahkan proses pembuatan faktur penjualan

Software faktur penjualan adalah solusi yang sangat bermanfaat bagi bisnis dalam membuat tagihan dengan mudah dan cepat. Software ini khusus untuk membantu bisnis dalam membuat faktur secara otomatis, pemantauan stok barang, dan pengiriman faktur penjualan secara langsung ke email pelanggan. Dengan menggunakan software ini, alhasil bisnis dapat menghemat waktu dan tenaga yang sebelumnya untuk membuat faktur penjualan secara manual.  

Dalam era digital saat ini, fleksibilitas dalam bekerja menjadi sangat penting. Dengan menggunakan aplikasi nota atau software faktur penjualan, bisnis dapat membuat dan mengirimkannya dari mana saja dan kapan saja. Hal ini dapat memungkinkan bisnis untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas, serta mempercepat proses penjualan mereka.

2. Meminimalisir kesalahan pencatatan dan perhitungan

Adapun selain keuntungan tersebut, aplikasi faktur penjualan juga memiliki kelebihan lainnya. Pertama-tama, aplikasi ini dapat mempercepat dan memudahkan proses pembuatan faktur penjualan. Selain itu, dengan adanya fitur penyimpanan data pada aplikasi nota penjualan, pengguna dapat dengan mudah mengakses data faktur penjualan yang telah dibuat sebelumnya. Sehingga, proses pencatatan dan pengambilan data faktur penjualan menjadi lebih efisien dan efektif. Dalam hal ini, dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi nota penjualan memiliki banyak keuntungan dibandingkan dengan pencatatan manual

3. Mengurangi risiko kehilangan atau tertukarnya dokumen faktur penjualan

Aplikasi faktur penjualan tidak hanya berguna untuk meminimalisir kesalahan dalam pencatatan dan perhitungan penjualan. Namun, aplikasi nota penjualan juga dapat membantu dalam mengurangi resiko kehilangan atau tertukarnya dokumen faktur penjualan. Hal ini disebabkan karena semua data yang terkait dengan penjualan, termasuk data pelanggan, barang yang dijual, jumlah barang yang dijual, dan harga barang, tersimpan secara digital dalam satu platform.

Dalam bisnis yang memiliki banyak transaksi penjualan, terkadang faktur penjualan dapat tertukar atau hilang karena kurangnya pengelolaan dokumen yang baik. Dengan menggunakan software faktur penjualan, pengguna tidak perlu lagi khawatir tentang kehilangan atau tertukarnya dokumen. Hal ini karena semua data tersimpan dalam aplikasi nota penjualan dan dapat dengan mudah untuk proses aksesibilitas

4. Mempermudah dalam mengelola dan memantau transaksi bisnis secara real-time

Aplikasi faktur penjualan merupakan alat yang sangat bermanfaat dalam mengelola dan memantau transaksi bisnis secara real-time. Dengan menggunakan aplikasi nota penjualan, pengguna akhirnya dapat dengan mudah melihat data penjualan secara real-time. Mulai dari jumlah barang yang terjual, pendapatan, hingga pelanggan yang melakukan pembelian.

Dalam bisnis yang memiliki banyak cabang, penggunaan software faktur penjualan dapat membantu pengguna untuk memantau transaksi bisnis di setiap cabang secara real-time. Dengan menggunakan aplikasi nota penjualan ini, pengguna dapat dengan mudah melihat data penjualan di setiap cabang dan memantau kinerja setiap cabang. Dengan demikian, pengguna dapat membuat keputusan bisnis yang lebih tepat dan efektif untuk setiap cabangnya.

5. Meningkatkan efisiensi dan produktivitas bisnis

Aplikasi faktur penjualan adalah sebuah solusi digital yang memungkinkan pengguna untuk membuat tagihan secara mudah dan efisien. Dalam aplikasi nota penjualan ini, pengguna dapat membuatnya secara otomatis dengan hanya beberapa kali klik. Hal ini tentu sangat menguntungkan bagi bisnis yang memiliki volume penjualan yang tinggi karena pengguna tidak perlu menghabiskan waktu berjam-jam untuk membuat faktur penjualan secara manual.

Aplikasi faktur penjualan juga dapat membantu pengguna untuk mengelola stok barang dengan lebih efisien. Dalam software faktur penjualan juga, pengguna dapat memantau stok barang secara real-time sehingga dapat menghindari kekurangan stok atau penumpukan stok yang tidak terjual. Selain itu, alhasil pengguna juga dapat memperoleh informasi tentang barang yang paling laku dan yang tidak laku sehingga dapat membuat keputusan bisnis yang lebih tepat dan mengoptimalkan pengelolaan bisnis mereka.

Baca juga: 12 Aplikasi Pencatatan Penjualan Terbaik di Indonesia

5 Aplikasi Faktur Penjualan Terbaik

Setelah memahami kemudahan tersebut, akhirnya kita akan tidak heran apabila software faktur penjualan memang menjadi hal yang wajib bagi bisnis. Selain karena mampu memberikan efektivitas, aplikasi ini mampu meminimalisir human error. Berikut 5 rekomendasi software faktur penjualan terbaik yang mungkin bisa Anda pertimbangkan:

Aplikasi Faktur Penjualan EQUIP

aplikasi faktur nota penjualan

Aplikasi faktur penjualan dari EQUIP adalah sebuah perangkat lunak yang menawarkan berbagai fitur untuk membantu pengelolaan proses penjualan dengan efisien. Dalam software ini, pengguna dapat dengan mudah membuat faktur penjualan, memantau stok barang, menjadwalkan pengiriman barang, membuat laporan penjualan, dan melakukan integrasi dengan modul lain.

Fitur pembuatan faktur penjualan memungkinkan pengguna untuk membuat faktur dengan mudah dan cepat, sambil menambahkan informasi pelanggan dan harga serta memilih metode pembayaran yang digunakan. Dalam hal manajemen stok barang, pengguna dapat melacak jumlah barang yang tersedia, memperbarui stok secara real-time, dan membuat laporan stok barang.

Software faktur penjualan ini juga memungkinkan pengguna untuk menjadwalkan pengiriman barang dan memantau status pengiriman serta mengirimkan notifikasi kepada pelanggan. Dalam hal pelaporan penjualan, pengguna dapat membuat laporan penjualan berdasarkan berbagai kriteria dan membantu pengguna dalam mengambil keputusan bisnis yang lebih baik.

HashMicro

software & aplikasi faktur penjualan

HashMicro ERP adalah sebuah perangkat lunak enterprise resource planning (ERP) yang menyediakan software akuntansi yang terintegrasi dengan aplikasi faktur penjualan. Software akuntansi dari HashMicro ERP memungkinkan pengguna untuk membuat faktur penjualan dengan mudah dan efisien. Pengguna juga dapat menjadwalkan pengiriman barang kepada pelanggan dan memantau status pengiriman serta mengirimkan notifikasi kepada pelanggan. 

Software akuntansi dari HashMicro ERP juga tersedia dengan fitur pelaporan penjualan yang lengkap. Oleh karena itu, pengguna dapat membuat laporan penjualan berdasarkan kriteria tertentu, seperti produk, pelanggan, wilayah, atau periode waktu tertentu. Selain itu, software ini juga memiliki kemampuan untuk membuat laporan laba rugi, arus kas, neraca, perubahan modal, dan lainnya dalam hitungan detik.

Jurnal

Jurnal adalah sebuah perangkat lunak akuntansi yang menyediakan modul penjualan yang terintegrasi dengan aplikasi faktur penjualan. Aplikasi nota penjualan dari Jurnal memungkinkan pengguna untuk membuat faktur penjualan dengan mudah dan cepat. Dalam aplikasi ini, pengguna dapat menambahkan produk atau layanan yang akan, informasi pelanggan, harga, dan metode pembayaran yang berlaku. 

Moneypenny

Moneypenny adalah sebuah aplikasi bisnis yang menyediakan layanan manajemen keuangan untuk usaha kecil dan menengah. Salah satu fitur yang software ini tawarkan adalah aplikasi faktur penjualan. Software ini memungkinkan pengguna untuk membuat faktur penjualan dengan mudah dan efisien. 

Dengan menggunakan software faktur penjualan dari Moneypenny, pengguna dapat dengan cepat membuat tagihan dan mengirimkannya kepada pelanggan. Aplikasi nota penjualan ini memungkinkan pengguna untuk mengelola informasi pelanggan, produk atau layanan, harga, jumlah, dan tanggal penjualan. 

Sleek Bill

Aplikasi faktur penjualan dari Sleek Bill memiliki banyak fitur yang memudahkan pengguna dalam pembuatan faktur. Fitur-fitur tersebut antara lain mencakup pembuatan faktur penjualan yang sesuai dengan kebutuhan pengguna, seperti tata letak, warna, dan logo perusahaan. 

Selain itu, aplikasi nota penjualan ini juga dilengkapi dengan fitur untuk mengelola informasi pelanggan, produk atau layanan, harga, jumlah, dan tanggal penjualan. Seluruh informasi tersebut dapat diimpor ke dalam faktur dengan mudah.

Baca juga: Aplikasi Kasir untuk Kemudahan Bisnis Anda

Kesimpulan

equip POS

Aplikasi faktur penjualan adalah solusi manajemen keuangan yang efektif dan efisien bagi bisnis, terutama bagi usaha kecil dan menengah. Dengan software faktur penjualan, pengusaha dapat mengelola informasi penjualan dengan lebih mudah, cepat, dan akurat. Banyaknya manfaat-manfaat yang mereka miliki, membuat software ini memegang peranan yang sangat penting dalam bisnis.

Beberapa pilihan aplikasi tersebut bisa Anda pertimbangkan untuk keperluan bisnis Anda. Salah satunya EQUIP, yang didalamnya memiliki software faktur penjualan memudahkan pengusaha dalam mengelola informasi penjualan dengan lebih mudah, cepat, dan akurat. Dengan fitur-fitur yang lengkap, EQUIP memudahkan dalam pembuatan faktur penjualan dengan cepat dan efisien, memudahkan manajemen keuangan dan pengelolaan bisnis, serta meningkatkan efektivitas dan efisiensi bisnis Anda. Segera lakukan uji coba gratis bersama kami dan biarkan hasil yang berbicara!

Artikel Terkait

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
628111775117
×

Aurel

Active Now

Aurel

Active Now