Aplikasi Kasir untuk Kemudahan Bisnis Anda

Aplikasi kasir atau bisa disebut juga POS (Point of Sale) memiliki fungsi yang penting dalam bisnis. Strategi bisnis yang bagus tanpa pencatatan keuangan yang baik terutama dari kasir hasilnya juga tidak akan baik, karena ini ada kaitannya dengan perputaran keuangan bisnis. Sebagai salah satu aplikasi bisnis yang sangat membantu berjalannya usaha, sama halnya seperti program akuntansi, sistem kasir ini juga sudah termasuk kedalam kategori wajib dimiliki oleh setiap pengusaha. 

Bisa Anda bayangkan jika dalam bisnis semua kasir tercatat secara manual, maka butuh berapa lama waktu untuk mencatat semua transaksi yang masuk. Contoh saja kasir di Indomaret, untuk satu pelanggan membutuhkan waktu berapa menit untuk satu pembelian? Dengan solusi aplikasi POS, Anda dapat mencatat semua transaksi penjualan menggunakan komputer dan menyimpan semua informasi penjualan di perangkat Anda atau di dalam cloud

Sistem software kasir ini dapat menghitung total biaya, termasuk pajak, dan memberi tahu jika Anda perlu mengembalikan beberapa perubahan pada pelanggan. Dengan program aplikasi kasir ini, tugas Anda menjadi lebih mudah terutama dalam menghitung total penjualan, jumlah pajak penjualan, dan berapa kali barang terjual selama periode tertentu. Lebih lengkapnya anda bisa membaca artikel berikut.

Aplikasi kasir

Manfaat Penggunaan Aplikasi Kasir

Dilansir dari Brilio.net, terdapat beberapa keunggulan dari penggunaan aplikasi kasir. Setidaknya ada 5 manfaat dari penggunaan aplikasi kasir, berikut adalah manfaatnya:

1. Proses akuntansi lebih mudah

Menggunakan aplikasi kasir berbasis sistem online akan membuat semua proses pencatatan akuntansi menjadi lebih sederhana. Apalagi, tabel penjualan maupun pencatatan lainnya bisa terekam secara otomatis ketika terjadi sebuah transaksi. Hal ini tentu berbeda dengan mesin kasir yang konvensional, di mana biasanya pengguna akan menghitung banyaknya struk secara manual demi bisa mengetahui pemasukan hari itu. Dengan adanya mesin dan aplikasi kasir, maka pengguna akan lebih mudah menghitung pemasukan tersebut.

Kesalahan menghitung
Sumber: Canva.com

2. Menghindari kesalahan penghitungan

Penghitungan secara manual tidak jarang akan menimbulkan kesalahan, terutama human error maupun kesalahan teknis lainnya. Adapun penghitungannya tidak hanya berupa penghitungan transaksi, namun juga stok persediaan, sisa uang, dan sebagainya. Transaksi dan pencatatan penjualan rentan dengan kesalahan.

Pengguna bahkan perlu mengecek satu persatu secara manual sehingga terkesan tidak efisien. Oleh karenanya, teknologi aplikasi kasir tentu saja akan lebih menghemat waktu dan tenaga.

3. Mempermudah pembuatan laporan

Seberapa pentingnya aplikasi kasir juga dapat terlihat dari kemudahan setiap akuntan dan pebisnis dalam membuat berbagai laporan. Biasanya, setiap aplikasi akan menyediakan data khusus di mana pengguna hanya perlu mengunduhnya dan menjadikan sebuah laporan yang presisi.

Tidak jarang, laporan yang ada di aplikasi tersebut bisa Anda ketahui secara real-time setiap hari, dan jika akan menggunakannya pengguna dapat mengunduh laporan yang sudah tersedia. Dengan adanya laporan yang terintegrasi secara sistematis ini, pengguna juga bisa langsung menentukan strategi usaha maupun menganalisis laba dan kerugian.

4. Perawatan yang lebih hemat

Saat ini sudah banyak aplikasi kasir yang dapat Anda temui di berbagai platform digital. Pengguna bisa membeli dengan harga yang relatif terjangkau dengan paket dan fitur yang sesuai keinginan. Bahkan saking banyaknya yang sudah menjual paket aplikasi kasir ini, pengguna tidak perlu mengkhawatirkan biaya maintenance atau perbaikan jika ada kerusakan.

Karena sudah semakin banyak aplikasi kasir yang memiliki berbagai paket penjualan, maka semakin banyak juga vendor untuk menangani reparasi maupun berbagai perawatannya. Malahan, biayanya tidaklah sebesar yang Anda bayangkan karena banyaknya vendor tersebut.

5. Mudah menjangkau berbagai kalangan

Adapun pentingnya aplikasi kasir juga dapat terlihat dari penggunaannya yang dapat menjangkau siapa saja. Ya, selain mudah Anda dapatkan, mesin dan aplikasi seperti ini mudah dalam penggunaannya. Pengguna hanya perlu menekan layar gadget dan secara otomatis data akan terekam di sistem. Bahkan hal ini bisa menjadi salah satu strategi marketing. Jika pelayanan kasir menjadi lebih cepat, tentu para pelanggan juga akan lebih merasa puas.

Baca juga : Aplikasi Penjualan Barang: Pengertian dan Manfaatnya

Fitur dari Aplikasi Kasir

Untuk mengetahui fitur apa saja yang ada pada aplikasi kasir yang bisa saya cocok dengan kebutuhan bisnis Anda, mari kita lihat pembahasan di bawah ini.

1. Kas kecil dan buka tutup kasir

Pencatatan kas kecil dan buka tutup kasir

Aplikasi kasir online bisa mencatat modal awal kas harian saat buka kasir dan biaya pengeluaran untuk belanja modal atau pengeluaran-pengeluaran lain beserta dengan foto nota belanja. Saat tutup kasir aplikasi akan menampilkan rincian dan saldo kas akhir, serta daftar produk yang terjual.

Pengaturan kasir

Pengaturan buka tutup kasir lengkap, bisa di setting jumlah nominal saldo kas awal setiap buka kasir, setting maksimum pengeluaran belanja modal per hari, serta nominal kas kasir perlu atau tidak diinput sebelum tutup kasir dilakukan.

PIN dan ID card

Proses buka tutup kasir dijamin aman dengan otorisasi PIN atau cara cepat identifikasi kasir menggunakan QR code ID karyawan.

2. Metode pembayaran

Multi payment

Pembayaran satu transaksi dapat terlaksana dengan lebih dari satu jenis pembayaran. Kemampuan membedakan jenis pembayaran baik cash, edc, transfer bank, wallet, compliment, deposit, poin dan kupon yang terhubung dengan fungsi keuangan akuntansi.

Invoice

Pembayaran dapat diubah menjadi metode bayar invoice dengan pilihan jatuh tempo pembayaran.

Pembulatan pembayaran

Membulatkan tagihan/bill ke pecahan uang yang umum sehingga mempermudah pengembalian pembayaran. Contoh: tagihan/bill Rp. 10.260,- dibulatkan ke ratusan atau lima ratusan menjadi Rp. 10.300,- atau 10.500,-.

Pengaturan pembayaran

Fleksibel mengatur pembayaran dengan/tanpa pajak termasuk pajak promo (pajak sebelum diskon, pajak, harga termasuk) serta tambahan biaya layanan atau service charge.

3. Klasifikasi jenis order

Multi order

Mencatat berbagai jenis order (bungkus, delivery, meja, jasa) sehingga memperkuat analisa transaksi untuk peningkatan volume penjualan maupun efisiensi usaha.

Variasi harga jual

Mengatur berbagai kondisi harga jual produk, yaitu menjual produk yang tidak ada dalam daftar produk (custom amount), mengatur kasir untuk memberikan harga nego dengan batasan harga tertentu, menjual produk dengan jumlah pembelian minimum.

Harga khusus ojek online

Mengatur harga khusus untuk order melalui online delivery (gojek, grab, dll) sehingga harga yang dijual ke pelanggan langsung berbeda dengan harga yang dijual melalui online delivery. Memudahkan bisnis untuk mengatur profit dikarenakan adanya komisi penjualan oleh online delivery.

4. Void refund dengan otorisasi

Void (pembatalan order) dan refund

Order yang telah dipesan atau dibayar dapat dibatalkan kasir dengan persetujuan otoritas manager, semua order yang dibatalkan akan dicatat dalam laporan.

Otorisasi melalui PIN atau token manager

Semua pembatalan order maupun refund harus dilakukan kasir dengan persetujuan otoritas manajer dapat dilakukan manajer dengan PIN maupun melalui token yang dikirimkan melalui email manager.

Pengaturan refund yang lengkap

Refund dapat diatur dengan pilihan barang kembali ke inventory maupun tidak, serta pilihan pengembalian total, sebagian atau berdasarkan produk yang telah dibeli. Lengkap dengan pilihan refund menggunakan uang kas kasir atau kas outlet.

5. Struk

Bill, checker, proses/dapur

Struk penjualan dan struk pembayaran, struk checker sampai dengan struk order proses dapur dapat di cetak di satu printer yang sama atau terpisah, jumlah cetak dapat ditentukan serta footnote untuk menampilkan pesan promosi untuk meningkatkan penjualan.

Label sticker

Digunakan untuk mencetak label sticker yang umumnya dipakai untuk menempel label di packaging minuman dan makanan, namun juga bisa digunakan untuk mencetak label proses order lainnya.

Struk Aplikasi Kasir
Sumber: Canva.com

Struk email, SMS, dan WA

Selain mencetak struk kertas, struk juga dapat dikirimkan ke email, nomer whatsapp dan sms. Mengurangi biaya kertas struk, mengurangi sampah sekaligus mempermudah pelanggan untuk menyimpan struk pembelian dan jumlah poin loyalty nya.

 

Software Aplikasi Kasir Terbaik di Indonesia

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang software aplikasi kasir terbaik di Indonesia yang bisa membantu kemudahan bisnis Anda, mari kita lihat pembahasan di bawah ini.

1. Hashmicro

Rekomendasi aplikasi kasir yang pertama adalah aplikasi dari HashMicro. Aplikasi kasir online berbasis cloud di Indonesia ini adalah salah satu yang terbaik yang ada di indonesia. HashMicro menyediakan aplikasi kasir terbaik untuk perangkat berbasis Android dan IOS yang telah dipercaya oleh 350+ Client. 

HashMicro memiliki fitur Customizable dan Configurable yang dapat dikonfigurasi sesuai dengan jenis, struktur, kebutuhan, dan tujuan perusahaan Anda. Kelebihannya dengan adanya fitur Customizable dan Configurable ini Anda selaku owner bisnis bisa dengan mudah menyesuaikan kebutuhan bisnis Anda. Selain kelebihan tersebut HashMicro juga memiliki Tim yang terdiri dari ahli bisnis dan teknologi yang berdedikasi untuk memberikan dukungan penuh kepada Anda.

2. EQUIP ERP

EQUIP ERP adalah sebuah program aplikasi kasir terbaik berbasis cloud yang membantu mengelola berbagai hal tentang membuat menu, melihat transaksi, hingga mengecek stok barang. Aplikasi kasir online ini hadir dalam bentuk aplikasi berbasis iOS serta Android. Sistem aplikasi kasir ini mampu menyediakan laporan keuangan secara realtime dan bisa digunakan baik secara online maupun offline.

EQUIP ERP hadir sebagai solusi aplikasi yang ramah terhadap UMKM, karena dengan menggunakan aplikasi ini, maka para pengusaha akan menghemat biaya pengeluaran dari pembelian. Keunggulan dari aplikasi kasir EQUIP ERP ada pada manajemen penjualan. Hal ini sangat mendukung bisnis untuk mempercepat proses transaksi penjualan dan menangani informasi pelanggan.

Adapun beberapa fitur yang EQUIP ERP sediakan adalah: manajemen inventaris, staff, pelanggan, kemudian ada juga fitur penjualan online dan CRM dasar. Anda hanya perlu membayar mulai dari Rp. 75 ribu per bulan untuk bisa menggunakannya. EQUIP ERP juga memiliki fitur demo gratis yang bisa anda coba.

Kesimpulan

Aplikasi kasir

Setelah membahas mengenai Aplikasi kasir online tentunya Anda sudah menjadi lebih paham dari sebelumnya, banyak sekali manfaat dan kelebihan dari Aplikasi kasir online ini karena dapat memudahkan dan mempercepat proses transaksi, mengelola produk dan lain sebagainya.dibanding menggunakan sistem kasir yang masih konvensional, aplikasi kasir ini lebih efektif dan efisien. Karena fitur pada Aplikasi ini lebih lengkap dan fleksibel, aplikasi ini sangat penting karena sudah menyesuaikan pada kondisi saat ini.

Salah satu aplikasi kasir atau aplikasi POS yang cukup berkualitas dan murah adalah dari EQUIP. Aplikasi kasir online yang membantu Anda mengelola bisnis dengan baik, efisien dengan harga yang terjangkau. Cocok untuk penggunaan UMKM maupun bisnis menengah ke atas.

Afzal Ziqri
Afzal Ziqri
The Man Who Want To Know Everything and Share It. Business Inquiries : [email protected]

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
+628111775117
×
Jadwalkan Demo Via WA