Aplikasi Kasir Terbaik untuk Modernisasi Bisnis Anda

Perkembangan teknologi memungkinkan sebuah sistem modern yang dapat membantu operasional bisnis Anda. Sistem yang menjadikan bisnis Anda lebih handal tersebut dikenal dengan sebutan Point of Sale (POS). POS juga dapat disebut sebagai aplikasi untuk kasir atau sebuah cash register bisnis. Aplikasi ini digunakan di kantor atau lokasi bisnis di mana barang atau jasa dijual kepada klien atau pelanggan. Dengan memanfaatkan teknologi Internet, software POS  ini dapat digunakan pada toko online tidak hanya digunakan oleh gerai ritel fisik.

Aplikasi POS dapat mencatat semua transaksi penjualan menggunakan komputer dan menyimpan semua informasi penjualan di perangkat Anda atau di dalam cloud (sebuah database online), termasuk memasukkan informasi barang atau jasa yang dijual beserta harga, dan jumlah yang terjual.

aplikasi kasir terbaik

Daftar Isi

Alasan Penggunaan Aplikasi Kasir Terbaik untuk Bisnis

Apakah Anda pernah melihat mesin kasir dengan menggunakan sebuah tablet atau komputer? Mesin kasir tersebut tidak lain menggunakan sebuah aplikasi atau Software point of sales yang canggih. Semakin canggih dan berkembangnya teknologi, sistem tersebut dapat dengan mudah membantu Anda dengan manfaat dari fitur-fiturnya.

Namun, apakah Anda tahu apa saja manfaat dari aplikasi POS tersebut? Terdapat banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan aplikasi kasir toko atau POS. Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Efisiensi waktu

Seperti yang Anda ketahui jika usaha sudah berkembang Anda akan susah mempunyai waktu luang. Waktu yang Anda miliki amat sangat berharga. Jika tidak memiliki aplikasi kasir Anda harus mencatat semua transaksi penjualan secara manual. Anda pun harus menghitung stok setiap saat agar usaha dapat terus berjalan lancar. Sangat memakan banyak waktu bukan? Dengan aplikasi POS, laporan transaksi penjualan akan tersimpan secara otomatis dan dapat Anda lihat kapan pun Anda inginkan serta pencatatan stok barang yang akurat.

Sehingga Anda dapat menggunakan waktu Anda untuk keperluan lainnya yang lebih berharga seperti menghabiskan waktu bersama keluarga atau membuat inovasi dan kreasi baru dalam bisnis Anda.

Baca juga: SOP Menjadikan Bisnis Anda Lebih Professional

2. Peningkatan keuntungan

Bagi pengusaha, keuntungan adalah tujuan utama dari sebuah usaha, aplikasi kasir dapat membantu Anda untuk meningkatkan keuntungan. Dari manfaat – manfaat  yang aplikasi POS miliki seperti pencatatan transaksi penjualan, analisis keuangan yang lengkap, pengendalian kas, efisiensi waktu serta sistem keamanan secara tidak langsung ikut menunjang jalannya usaha Anda.

Software POS terbaik
Sumber: Canva.com

3. Pengendalian kas

Seperti banyak penjelasan lainnya, aplikasi kasir mencatat semua transaksi secara akurat dan cepat. Aplikasi kasir juga akan otomatis menjumlahkan semua total transaksi dalam satu hari, satu minggu, satu bulan bahkan tersimpan selama Anda memiliki aplikasi POS tersebut. Hal ini disebabkan aplikasi POS sudah terintegrasi dengan sistem akuntansi yang canggih.

Perhitungan tersebut membantu Anda untuk mengendalikan kas keuangan secara tepat. Kapan Anda harus membelikan kas Anda untuk stok, untuk menambahkan cabang, bahkan sampai melihat keuntungan yang Anda dapatkan.

4. Terintegrasi dengan berbagai channel penjualan

Aplikasi kasir yang baik dapat terintegrasi berbagai channel penjualan seperti ojek online. Anda dapat melihat produk Anda terjual di Aplikasi seperti Go food, Grab Food, Shopee food dan sebagainya. Dengan adanya integrasi seperti itu, harapannya adalah akan meningkatkan penjualan tanpa harus merepotkan karena sistem penjualan yang berbeda. 

5. Meningkatkan loyalitas konsumen

Aplikasi kasir sangat membantu strategi marketing salah satunya meningkatkan loyalitas konsumen bagi toko Anda. Bagaimana caranya? Anda dapat meningkatkan retensi pelanggan Anda dengan memberikan diskon atau pesan khusus kepada pelanggan. Dalam aplikasi kasir ada fitur seperti yang dimiliki sistem CRM yang dapat mengatur pemberian diskon dan pengiklanan sehingga akan lebih terjadwal. Pengiklanan tersebut dapat berupa informasi produk toko terbaru, atau produk toko yang paling laris terjual. Dengan menggunakan fitur ini, Anda dapat menarik pelanggan Anda agar tertarik untuk datang kembali ke toko Anda. Otomatis aplikasi kasir telah menjadi sebuah alat yang membantu strategi marketing bisnis Anda.

Baca juga: Rekomendasi Software Terbaik untuk Bisnis Minimarket Anda

6. Adanya data yang akurat

Ketika usaha Anda sudah berkembang pesat tidak bisa Anda pungkiri pasti Anda ingin melebarkan sayap, pengusaha mana yang tidak menginginkan usahanya memiliki banyak cabang? Dengan keadaan seperti itu Anda harus memberikan kepercayaan usaha Anda berjalan di bawah tanggung jawab orang – orang terpercaya seperti karyawan dan lainnya. Tetapi apakah dengan orang – orang terpercaya maka usaha Anda akan aman? Belum tentu, solusinya dengan menggunakan aplikasi kasir.

Dengan aplikasi kasir Anda dapat mencegah kebocoran keuangan. Apa maksud dari kebocoran keuangan? Tanpa adanya aplikasi POS memungkinkan adanya ketidakcocokan antara jumlah uang yang masuk dengan stok yang keluar (fraud). Jika Anda menggunakan aplikasi kasir, Anda akan lebih cepat dan mudah untuk melacak data transaksi pada hari sebelumnya. Dengan mesin kasir konvensional, Anda akan kesulitan dalam mengecek data transaksi pada seminggu atau sebulan sebelumnya. Namun aplikasi kasir mempermudah Anda melakukan itu semua, sehingga Anda tidak perlu khawatir karena data jumlah uang yang masuk dengan stock yang keluar akan tepat. Anda juga dapat memantau usaha Anda kapanpun dan di lokasi manapun.

7. Meningkatkan manajemen persediaan barang

Aplikasi kasir dapat berguna untuk mengontrol stok persediaan Anda. Anda dapat melihat produk apa saja yang paling laris terjual di toko Anda. Dengan berdasarkan data tersebut, Anda dapat menyetok kembali produk yang sudah mulai menipis. Jadi Anda dapat mengantisipasi agar tidak kehabisan produk di tengah operasional bisnis Anda. Dengan begitu Anda tidak akan mengecewakan pelanggan Anda. Dengan menggunakan aplikasi kasir, Anda dapat melihat stok barang Anda saat itu juga. Hal ini bahkan tidak mampu mesin kasir terbaik lakukan sekalipun karena sudah memiliki fitur untuk memotong langsung stok barang.

Karena aplikasi kasir menyediakan fitur yang dimiliki sistem inventaris untuk mengontrol stok Anda, maka Anda dapat dengan mudah membuat laporan tentang stok barang. Anda tidak perlu kesulitan lagi. Terlebih lagi dapat mempermudah Anda mengetahui keuntungan dan kerugian bulan itu, ditambah dengan fitur yang dapat memudahkan Anda memperkirakan laba kotor yang akan Anda dapatkan bulan itu melalui jumlah penjualan dan total persediaan. Anda akan mengetahui apakah Anda untung atau justru mengalami kerugian.

Aplikasi kasir terbaik
Source: freepik.com

8. Dapat dikelola dari mana saja

Sebagai pemilik bisnis, tentu Anda ingin selalu terhubung dengan bisnis Anda dari manapun Anda berada. Di sinilah kelebihan aplikasi kasir daripada mesin kasir konvensional. Dengan fitur – fitur lengkap yang tersedia pada aplikasi kasir, maka Anda akan mendapatkan pemberitahuan dan juga mengelola secara langsung tentang penjualan harian, pemberitahuan tentang stok barang yang mulai menipis di toko Anda, atau informasi penting lainnya yang menyangkut tentang operasional bisnis Anda.

Baca juga: Sistem Barcode: Pengertian, Fungsi dan Kegunaannya

9. Mengurangi kesalahan dalam transaksi

Aplikasi kasir mengizinkan Anda untuk mengecek kembali produk – produk yang Anda input. Dengan begitu Anda dapat mengurangi kesalahan transaksi penjualan. Melakukan transaksi dengan mesin kasir konvensional staff Anda akan rentan dengan kesalahan. Aplikasi POS membantu Anda dan staf Anda untuk dapat mengurangi kesalahan transaksi penjualan tersebut. Bahkan Anda dapat memperbaiki kesalahan transaksi terakhir. 

10. Proses akuntansi jauh lebih mudah dan sederhana

Dengan aplikasi kasir, semua proses akuntansi dapat menjadi sederhana. Anda hanya perlu melihat pada tabel penjualan harian yang terekam secara otomatis saat adanya transaksi. Berbeda dengan mesin kasir konvensional di mana staff Anda akan berhadapan dengan ratusan struk yang menumpuk untuk melakukan perhitungan secara manual agar dapat mengetahui pemasukan saat itu.

Baca juga: Aplikasi Akuntansi untuk Perkembangan Bisnis

Rekomendasi Aplikasi Kasir Terbaik

Aplikasi kasir membuat para pebisnis tak perlu memasukkan harga produk satu per satu. Aplikasi tersebut juga bisa Anda akses secara mudah di perangkat apapun. Jika Anda saat ini sedang merintis bisnis, aplikasi POS adalah hal pertama yang harus Anda miliki. Untungnya, kini sudah banyak aplikasi kasir terbaik yang bisa Anda pakai buat menunjang bisnis. Apa saja sejumlah aplikasi itu?

Hashmicro POS

Rekomendasi aplikasi POS yang pertama adalah aplikasi dari HashMicro. Aplikasi kasir online berbasis cloud di Indonesia ini adalah salah satu yang terbaik yang ada di indonesia. HashMicro menyediakan aplikasi POS terbaik untuk perangkat berbasis Android dan IOS yang telah terpercaya oleh 350+ Client. 

software POS terbaik
Sumber: Canva.com

HashMicro POS memiliki fitur Customizable dan Configurable yang dapat dikonfigurasi sesuai dengan jenis, struktur, kebutuhan, dan tujuan perusahaan Anda. Kelebihannya dengan adanya fitur Customizable dan Configurable ini Anda selaku owner bisnis bisa dengan mudah menyesuaikan kebutuhan bisnis Anda. Selain kelebihan tersebut HashMicro juga memiliki Tim yang terdiri dari ahli bisnis dan teknologi yang berdedikasi untuk memberikan dukungan penuh kepada Anda.

EQUIP POS

EQUIP POS adalah sebuah program aplikasi kasir terbaik berbasis cloud yang membantu mengelola berbagai hal tentang membuat menu, melihat transaksi, hingga mengecek stok barang. Aplikasi POS ini hadir dalam bentuk aplikasi berbasis iOS serta Android. Sistem aplikasi POS ini mampu menyediakan laporan keuangan secara realtime dan bisa Anda pergunakan baik secara online maupun offline.

EQUIP POS
Sumber: equiperp.com

EQUIP POS hadir sebagai solusi aplikasi yang ramah terhadap UMKM, karena dengan menggunakan aplikasi ini, maka para pengusaha akan menghemat biaya pengeluaran dari pembelian. Keunggulan dari aplikasi EQUIP POS ada pada manajemen penjualan. Hal ini sangat mendukung bisnis untuk mempercepat proses transaksi penjualan dan menangani informasi pelanggan.

Adapun beberapa fitur yang EQUIP POS sediakan adalah: manajemen inventaris, staff, pelanggan, kemudian ada juga fitur penjualan online dan CRM dasar. Anda hanya perlu membayar mulai dari Rp 75 ribu per bulan untuk bisa menggunakannya. EQUIP ERP juga memiliki fitur demo gratis yang patut untuk anda coba.

Baca juga: Aplikasi Kasir untuk Kemudahan Bisnis Anda

Kesimpulan

Setelah membahas mengenai Aplikasi POS tentunya Anda sudah menjadi lebih paham dari sebelumnya, banyak sekali manfaat dan kelebihan dari Aplikasi POS ini karena dapat memudahkan dan mempercepat proses transaksi, mengelola produk dan lain sebagainya.dibanding menggunakan sistem kasir yang masih konvensional, aplikasi kasir ini lebih efektif dan efisien. Karena fitur pada Aplikasi ini lebih lengkap dan fleksibel, aplikasi ini sangat penting karena sudah menyesuaikan pada kondisi saat ini.

aplikasi kasir terbaik

Salah satu aplikasi kasir atau aplikasi POS yang berkualitas dan terjangkau adalah dari EQUIP. Aplikasi POS yang membantu Anda mengelola bisnis dengan baik, efisien dengan harga yang terjangkau. Cocok untuk penggunaan UMKM maupun bisnis menengah ke atas.

Afzal Ziqri
Afzal Ziqri
The Man Who Want To Know Everything and Share It. Business Inquiries : [email protected]

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
+628111775117
×
Jadwalkan Demo Via WA