5 Kunci Sukses dalam Memulai Usaha Rumah Makan untuk Pemula 

Usaha rumah makan menjadi salah satu bentuk usaha yang banyak orang minati. Selain karena makanan adalah salah satu kebutuhan pokok manusia, usaha ini juga terbilang sangat menjanjikan. Anda dapat menggunakan aplikasi software F&B dari EQUIP untuk mengelola rumah makan Anda. Maka tidak heran bahwa usaha jenis ini banyak digandrungi masyarakat luas.

Meski begitu, nyatanya untuk membuka usaha rumah makan tidak semudah yang orang banyak pikirkan. Banyak hal yang dapat terjadi buruknya mengalami kerugian jika tidak memikirkan hal-hal penting. Maka jangan membuka sebuah usaha hanya karena ikut-ikutan tren saja tanpa tahu bagaimana cara menjalankan usaha tersebut dengan baik. Dengan ini Anda bisa menggunakan aplikasi terbaik dari EQUIP sistem POS. Karena sistem ini sangat cocok untuk Anda gunakan, apalagi jika bisnis yang Anda lakukan adalah jenis usaha yang bergerak pada bidang food and beverage dengan sistem terbaik. Selain menggunakan sistem POS yang terbaik, berikut adalah 5 tips untuk memulai usaha rumah;

DemoGratis

Tentukan Konsep dan Signature dari Makanan yang akan Dijual

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan melakukan riset. Dengan melakukan riset maka Anda akan mengetahui tentang apa konsep yang akan Anda bangun berdasarkan target pasar dari usaha rumah makan Anda. Dengan ini maka Anda akan memiliki gambaran tentang interior maupun eksterior, ciri khas toko, dan signature dari toko Anda. Selain itu jualah makanan yang sesuai dengan karakteristik masyarakat sekitar dan target pasar Anda. Anda juga harus menentukan jenis makanan yang ingin Anda jual dan buatlah menu spesial dari resep original sehingga tidak ada pesaing yang dapat membuatnya.

Mempersiapkan Modal yang Cukup Untuk Membuka Usaha

Sama seperti membuka usaha bisnis lainnya, untuk membuka usaha rumah makan pun memerlukan beberapa modal yang tidak sedikit. Maka dari itu perlu bagi Anda untuk mengatur strategi yang tepat agar tidak menyebabkan kerugian bagi usaha Anda. Jika modal yang Anda perlukan terasa kurang, Anda bisa menutupi modal tersebut dengan mencari rekan untuk diajak bekerja sama dalam bisnis kuliner. Maka perlu melakukan perhitungan yang rinci dan sedetail mungkin mengenai barang dan kebutuhan yang harus Anda keluarkan. Dengan ini Anda bisa menggunakan aplikasi akuntansi EQUIP terbaik karena dapat mengatur keuangan yang bisnis Anda miliki. Dengan ini Anda dapat mengetahui anggaran pengeluaran dan pemasukan yang nantinya bisnis Anda jalani.

Baca juga: 6 Tips Sukses Menjalankan Bisnis Susu untuk Pemula

Tentukan Lokasi Usaha yang Strategis dan Mudah Dijangkau

Lokasi menjadi salah satu hal yang tidak kalah penting untuk membuka usaha. Karena jika lokasi bisnis Anda strategis dan mudah terjangkau, maka masyarakat luas dapat dengan mudah untuk mengenali usaha rumah makan Anda. Sebaliknya, jika lokasi yang Anda pilih sulit untuk dijangkau maka tidak menutup kemungkinan bahwa usaha Anda akan rugi dan gulung tikar karena pelanggan yang datang hanya sedikit. Semenjak booming nya ojek online, saat ini asalkan lokasi dari tempat makan Anda dapat terjangkau oleh kendaraan sepeda motor, maka pelanggan bisa datang dari mana saja karena mudah dijangkau.

Berikan Kualitas dan Layanan Rumah Makan yang Terbaik

Layanan menjadi garda terdepan dalam usaha rumah makan. Karena jika pelayanan yang rumah makan tersebut tampilkan tidak baik maka pelanggan tidak akan mengunjungi rumah makan Anda kembali. Maka dari itu Anda memerlukan tenaga kerja yang ahli dalam bidangnya. Bukan hanya memilih tenaga kerja yang mampu membuat masakan memiliki cita rasa yang enak. Namun Anda juga harus memilih tenaga kerja yang ramah dan sopan kepada pelanggan Anda.

Selain layanan kualitas dari bahan makanan Anda juga harus memilih yang terbaik. Karena jika Anda memilih bahan berkualitas tinggi, maka rasa yang dihasilkan juga tidak perlu Anda ragukan lagi. Hal ini bisa jadi pembeda antara Anda dengan pesaing jika bahan yang Anda gunakan berkualitas. Maka untuk mengatasi permasalahan tersebut Anda bisa menggunakan software F&B paling baik di Indonesia. Karena aplikasi dari EQUIP ini mampu mengelola stok bahan dan supplier terbaik untuk bisnis Anda.

Baca juga: Fungsi Branding sebagai Strategi Sukses Membangun Brand Bisnis

Promosikan Jualan Anda

Tips terakhir adalah melakukan promosi untuk meningkatkan penjualan bisnis Anda. Dengan melakukan promosi Anda mampu menarik lebih banyak pelanggan yang datang ke rumah makan Anda. Karena untuk membuat bisnis restoran yang besar, Anda memerlukan strategi promosi yang baik bagi bisnis Anda. Banyak sekali cara yang bisa Anda lakukan untuk berpromosi. Salah satunya adalah dengan menggunakan media sosial untuk mempromosikan jualan Anda. Anda juga bisa menyewa jasa influencer sosial media agar restoran Anda mereka review kepada para followers nya. Dengan hal ini followers mereka dapat menjadi pelanggan potensial bagi usaha Anda. Cara lain yang bisa Anda gunakan adalah dengan memasang spanduk di jalan untuk menarik pengguna jalan. Atau Anda bisa menyebar pamflet tentang rumah makan Anda kepada orang lain. Bentuk promosi bisa Anda sesuaikan dengan budget yang Anda miliki.

Kesimpulan

FnB

Berdasarkan penjelasan tersebut, Anda perlu mengikuti tips dan langkah-langkah tersebut. Hal ini agar usaha yang Anda jalani tidak rugi akibat minimnya pengetahuan mengenai usaha rumah makan. Selain itu dengan mengikuti tips tersebut mampu mendatangkan pelanggan yang lebih banyak ke rumah makan atau restoran yang Anda jalani. Maka dari itu Anda bisa menggunakan aplikasi POS dari EQUIP karena aplikasi ini mampu mencatat transaksi, membuat laporan keuangan, mengatur bentuk promosi hingga mengelola inventaris menjadi lebih mudah dan praktis.

Artikel Terkait

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
628111775117
×

Aurel

Active Now

Aurel

Active Now