Tips Sukses Memulai Bisnis Ayam Geprek dengan Software F&B

Industri Food and Beverage merupakan salah satu industri yang mengalami perkembangan yang cukup pesat akhir-akhir ini. Banyak pebisnis yang kreatif dan melakukan inovasi menarik dalam bisnis ini. Salah satu jenis makanan yang marak yaitu Ayam Geprek. Banyak orang yang membuka bisnis ayam geprek mulai dari masyarakat biasa hingga artis-artis besar tanah air. Melalui hal tersebut dapat dibuktikan bahwa bisnis ayam geprek memiliki peluang yang besar untuk Anda yang sedang bingung ingin membuka bisnis apa. Agar bisnis Anda tidak kalah saing dengan bisnis-bisnis lain, Anda dapat menggunakan bantuan software Retail F&B. 

Bisnis ayam geprek merupakan salah satu bisnis yang berjangka panjang dan selalu masyarakat cari. Kebanyakan masyarakat Indonesia menyukai makanan pedas sehingga membuat peluang untuk bisnis ayam geprek sangat menjanjikan. Dalam pengelolaan bisnis ini akan sulit jika dilakukan secara manual, maka dari itu gunakan software F&B terbaik untuk mengefisiensikan bisnis ayam geprek Anda. Software F&B terlengkap ini bisa menjadi solusi bagi Anda dalam mengoptimalkan pengelolaan bahan, sistem POS yang mudah digunakan, hingga e-menu untuk meningkatkan retensi pelanggan. 

Anda juga tidak perlu khawatir karena cara pengolahan serta varian dari menu ayam geprek sangatlah beragam. Jadi, Anda tidak perlu takut kehabisan ide dalam mengolah ataupun memadukan menu ayam geprek dengan bahan lainnya karena menu ini sangat disukai oleh hampir seluruh kalangan masyarakat Indonesia. Permudah pengelolaan menu dengan software F&B dari EQUIP. Untuk lebih jelasnya, berikut ini merupakan beberapa cara memulai bisnis ayam geprek.

 bisnis ayam geprek

1. Buatlah Businesss Plan atau Konsep yang Menarik

Business plan bisnis ayam geprek

Seperti yang kita ketahui sebelumnya bahwa bisnis ayam geprek sangatlah banyak di Indonesia. Oleh karena itu, Anda harus membuat bisnis plan dengan konsep yang menarik sehingga bisnis ini memiliki unique value proposition di mata masyarakat. Nilai unik yang Anda miliki biasanya akan membuat masyarakat penasaran dan akan datang untuk mencoba bisnis ayam geprek Anda. Rencana bisnis tidak harus berbentuk dokumen lengkap namun merupakan sesuatu yang tersusun dari inovasi-inovasi dan adaptasi bisnis dari waktu ke waktu. Selain membuka pangsa pasar yang lebih luas, rencana bisnis yang baik akan membantu Anda dalam menghadapi berbagai persoalan yang mungkin muncul dalam bisnis Anda nantinya. 

Baca juga: Tips Membuka Usaha Bakso yang Sukses dengan Software F&B

2. Tentukan Lokasi yang Strategis dan Mudah Dijangkau Pelanggan

Lokasi bisnis sangat berpengaruh dalam jumlah pelanggan yang datang dan pendapatan yang akan bisnis dapatkan. Anda pasti ingin membuka toko yang akan dikunjungi banyak pelanggan. Oleh karena itu, Anda harus membuka lokasi bisnis yang strategis dan berada di pusat keramaian seperti sekolah, lingkungan kampus, mall, perkantoran, dan pemukiman padat penduduk. Namun, yang perlu Anda perhatikan yaitu modal untuk menyewa tempat tersebut. Biasanya gerai yang bertempat strategis memiliki harga sewa yang mahal sehingga Anda harus memperhitungkan secara teliti terkait modal yang harus Anda keluarkan. Jika rumah Anda terletak di tempat strategis, tidak perlu pikir panjang lagi segeralah buka bisnis ayam geprek di depan rumah Anda dan manfaatkan berbagai macam aplikasi online untuk memasarkan dan menjual bisnis ayam Anda. Gunakan juga software POS agar transaksi akan lebih mudah dan secara otomatis tercatat dengan rapi. 

3. Persiapkan Modal yang Cukup

Dalam membangun sebuah bisnis modal merupakan salah satu faktor penting yang harus Anda miliki. Anda harus mempersiapkan secara matang berapa modal yang dibutuhkan untuk membuka bisnis ini. Besaran modal di awal diperlukan modal dan perhitungan yang sama sehingga bisnis akan berjalan lancar. Jangan sampai dana yang dibutuhkan adalah modal usaha lebih kecil daripada kebutuhan bisnis. Hal ini akan menyebabkan Anda nantinya akan kebingungan dan panik saat mencari dana tambahan untuk menjalankan usaha tersebut. Berikut ini merupakan gambaran besaran modal yang harus Anda keluarkan dalam membuka bisnis ayam geprek: 

    • Peralatan untuk memasak: Rp 3.000.000,- 
    • Perangkat meja dan kursi: Rp 2.000.000,- 
    • Biaya menyewa tempat: Rp 4.000.000,-
    • Operational cost: Rp 10.000.000,-
    • Biaya tak terduga: Rp 1.000.000,-
  • Total biaya: Rp. 20.000.000,- 

Baca juga: 11 Langkah Utama untuk Kesuksesan Bisnis Fast Food Anda!

4. Bentuk Rekan Tim Kerja yang Efektif

Bentuk rekan tim yang sesuai

Sumber daya manusia yang baik menjadi salah satu aspek penting dalam kesuksesan sebuah bisnis. Oleh karenanya, Anda harus membentuk tim kerja yang efektif dalam memulai bisnis. Yang terpenting dalam membentuk sebuah tim yaitu semua anggota tim memiliki visi yang sama. Jika terkait visi saja tidak satu pemahaman maka akan sulit untuk dapat mencapai tujuan yang ingin Anda raih. Pada awal merintis bisnis, Anda dapat mengajak orang-orang terdekat yang Anda percaya untuk menjadi satu tim bersama. Namun, Anda juga harus menyiapkan kontrak sederhana untuk mengantisipasi hal-hal buruk yang mungkin terjadi. 

5. Gunakan Bahan Baku yang Berkualitas

Bahan-bahan yang terbaik akan menghasilkan produk kuliner yang berkualitas dan memiliki cita rasa yang unik. Anda harus melakukan riset pasar secara saksama. Pilih supplier bahan baku dengan harga yang terjangkau namun kualitas yang baik. Dalam bisnis ayam geprek daging ayam dan sambal merupakan poin utamanya. Pilihlah daging ayam serta bumbu-bumbu terbaik agar makanan Anda dapat bersaing di pasaran. Bahan-bahan berkualitas juga akan membentuk cita rasa yang berbeda dengan bisnis ayam geprek lainnya yang ada di pasaran. Selain itu, para pelanggan akan mempercayai bahwa ayam geprek Anda enak dan higienis sehingga mereka akan datang lagi dan lagi. 

6. Promosikan Bisnis Anda dengan Baik

Jika Anda sudah berhasil mendirikan bisnis ayam geprek jangan lupa untuk mempromosikannya. Anda harus memberikan awareness kepada masyarakat luas bahwa ada toko ayam geprek baru yang Anda buka. Sebagai pebisnis Anda dapat melakukan promosi secara offline seperti pemasangan poster atau banner di jalan-jalan raya ataupun secara online dengan memanfaatkan sosial media seperti facebook, instagram, atau tiktok. Saat ini juga Anda dapat memasang iklan di sosial media dengan harga yang terjangkau dengan memanfaatkan fitur ads. Selain itu, buatlah materi branding yang bagus dan menarik serta berikan diskon kepada para pelanggan baru agar orang-orang tertarik melihat bisnis ayam geprek Anda. 

7. Maksimalkan Proses Bisnis Anda dengan Software F&B Terbaik

Software F&B
source: equiperp.com

Saat bisnis ayam geprek mulai ramai, Anda pasti akan kewalahan dalam pengelolaannya. Selain itu, banyak sekali pesaing dalam industri ini. Agar Anda memiliki daya saing yang tinggi dalam industri ini gunakan bantuan software retail dan software F&B terbaik. F&B system ini akan mengefisiensikan proses bisnis dari hulu sampai hilir. 

Software F&B terlengkap dari EQUIP akan membantu Anda dalam mengefisiensikan pengelolaan inventaris stok dan supplier, mempermudah pesanan pelanggan dengan fitur Guest Management, dan Anda dapat melihat laporan keuangan secara real-time dari seluruh cabang bisnis hanya dengan beberapa klik saja. F&B system ini juga memiliki modul-modul seperti CRM, purchasing, sales, inventory, dan accounting yang membuat pengelolaan bisnis F&B yang tadinya kompleks menjadi lebih sederhana. 

Baca juga: Tips Sukses Memulai Bisnis Frozen Food dengan Software Inventory

8. Jalin Hubungan yang Baik dengan Pelanggan

Membangun hubungan yang baik dengan pelanggan adalah suatu hal wajib Anda lakukan. Hubungan pelanggan atau customer relationship merupakan hal dasar atau penting yang setiap bisnis harus miliki, karena jika suatu bisnis tidak memiliki hubungan yang baik dengan pelanggan maka tidak akan terjadi penjualan dan apabila tidak terjadi penjualan maka bisnis tidak akan bisa berjalan. Cara menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan yaitu Anda dapat memberikan promosi atau diskon melalui member card atau banyak cara lain yang dapat Anda lakukan. Permudah pengelolaan pelanggan dengan menggunakan software CRM EQUIP yang terbaik.  

Kesimpulan

bisnis ayam geprek

Demikianlah beberapa tips atau cara yang bisa Anda lakukan saat ingin membuka usaha ayam geprek. Usaha ayam geprek adalah salah satu usaha yang memiliki banyak peluang karena makanan merupakan kebutuhan pokok dan cita rasa ayam geprek sesuai dengan selera masyarakat Indonesia. Memang persaingan dari usaha ini cukup tinggi sehingga Anda harus menjadi market leader dalam pasar. Untuk menjadi market leader, usaha toko bangunan Anda harus berbeda dengan yang lain. Efisiensikan usaha toko bangunan Anda dengan software retail untuk usaha F&B dari EQUIP. 

Software ini memiliki banyak modul-modul mulai dari CRM hingga pengelolaan inventory sehingga dapat menyederhanakan pengelolaan bisnis retail Anda. Keuntungan lain menggunakan software ERP retail EQUIP adalah Anda dapat melacak pesanan secara otomatis, mendapatkan laporan keuangan yang akurat, serta mudah untuk memantau persediaan bahan bangunan. Segera jadwalkan demo gratis dengan tim kami untuk mendapatkan kemudahan dalam mengelola bisnis ayam geprek Anda. 

Sepdia Qurrota Aini
Sepdia Qurrota Aini
A Junior Creative Content Writer at Hashmicro with passion for creative writing, relations and journalism.

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
+628111775117
×
Jadwalkan Demo Via WA