Tips Membuka Usaha Bakso yang Sukses dengan Software F&B

Usaha bakso memiliki potensi yang sangat bagus untuk Anda membuka bisnis usaha pada bidang kuliner. Agar bisnis kuliner Anda dapat terotomatisasi dengan baik, Anda bisa menggunakan aplikasi F&B terbaik dari EQUIP. Nyatanya bakso adalah sebuah makanan yang banyak masyarakat luas gemari. Baik masyarakat perkotaan maupun pedesaan menyukai jenis makanan satu ini, hal ini menjadikan usaha bakso seolah tidak akan pernah mati karena banyaknya peminat untuk membeli. Anda bisa menggunakan aplikasi inventory dari EQUIP untuk mengatasi permasalahan manajemen inventaris bisnis Anda. Terlebih lagi untuk memulai usaha ini, Anda memerlukan modal yang tidak terlalu besar. Anda dapat menggunakan aplikasi POS dari EQUIP untuk mengatur pengelolaan inventaris bisnis Anda.

Berikut adalah tips bagi Anda untuk membuka usaha bakso yang sukses dengan menggunakan bantuan software F&B paling unggul dari EQUIP untuk mengelola restoran atau cafe Anda. Optimalkan pengelolaan stok bahan, sistem POS yang mudah Anda gunakan, hingga e-menu untuk tingkatkan retensi pelanggan.

usaha bakso

Daftar Isi

  1. Tentukan Lokasi Penjualan yang Strategis dan Ramai Orang
  2. Buat Menu dan Harga Bakso yang Sesuai Dengan Masyarakat Sekitar
  3. Buat Bakso dengan Kualitas Terbaik dan Berbeda Dengan Pesaing
  4. Promosikan Usaha Bakso Anda
  5. Gunakan Software F&B Dalam Mengelola Usaha Bakso
  6. Kesimpulan

1. Tentukan Lokasi Penjualan yang Strategis dan Ramai Orang

Lokasi menjadi unsur yang penting untuk membuka usaha sebuah bisnis. Walaupun untuk memulai usaha bakso Anda dapat hanya membuat gerobak dan menjualnya dengan keliling. Untuk membuat usaha tersebut menjadi usaha yang maju, Anda memerlukan lokasi yang tepat agar usaha Anda ramai pengunjung. Contoh lokasi yang bisa Anda gunakan adalah seperti pasar, lokasi dekat sekolah atau kampus, stasiun, perkantoran, dan lain sebagainya. Hal ini bertujuan agar usaha Anda dapat terjangkau oleh masyarakat yang sedang melakukan aktivitas lainnya.

Baca juga: Manfaat Software ERP untuk Bisnis Makanan dan Minuman

2. Buat Menu dan Harga Bakso yang Sesuai Dengan Masyarakat Sekitar

Untuk menarik banyak pengunjung Anda juga dapat menyediakan beberapa variasi menu untuk pembeli. Anda dapat memberikan varian menu yang menarik dan unik, hal ini berguna agar pembeli tidak bosan dengan menu yang monoton saja. Anda bisa menambahkan varian seperti mie ayam bakso, bakso urat isi keju, dan lain sebagainya.

Selain membuat varian menu yang menarik, Anda juga harus menentukan harga bakso yang akan Anda jual nantinya. Harga yang akan Anda terapkan untuk dagangan Anda haruslah bersaing dengan harga pesaing Anda dan sesuai dengan pasaran. Jangan sampai Anda mematok harga yang terlalu mahal. Karena hal ini tentunya tidak akan diminati konsumen yang berujung tempat usaha Anda menjadi minim pembeli.

usaha bakso
Source: freepik.com

Baca juga: Software Restoran : Solusi Terbaik untuk Restoran Anda

3. Buat Bakso dengan Kualitas Terbaik dan Berbeda Dengan Pesaing

Untuk memulai usaha ini tidaklah mudah, karena ada banyak pesaing yang memiliki cita rasa bakso yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Maka dari itu Anda harus membuat bakso dengan bahan-bahan yang berkualitas tinggi. Selain untuk menjaga mutu dan kesehatan pelanggan Anda, menggunakan bahan yang berkualitas tinggi juga menghasilkan cita rasa yang berbeda pula. Hal inilah yang akan menjadi pembeda antara usaha bakso Anda dengan pesaing. Selain itu rasa menjadi faktor yang sangat penting apakan nantinya pelanggan akan melakukan pembelian kembali atau tidak sama sekali.

Baca juga: 5 Kesalahan Umum pada Proses Pengendalian Kualitas Produk

4. Promosikan Usaha Bakso Anda

Sama seperti usaha bisnis yang lain, untuk membuka usaha bakso Anda juga memerlukan berbagai strategi promosi. Hal ini bertujuan agar usaha Anda banyak pengunjung yang datang dan mencoba produk Anda. Memilih bentuk strategi yang tepat sangat berarti karena jika Anda memilih promosi yang salah dapat menyebabkan rugi bagi bisnis Anda. Untuk pertama kali Anda bisa membuat pamflet untuk Anda bagikan kepada masyarakat mengenai usaha yang sedang Anda jalani. Selain itu Anda juga bisa melakukan promosi seperti buy 1 get 1, atau memberikan souvenir atau potongan lainnya jika pembeli melakukan pembelian pada jumlah minimum yang telah Anda tentukan. Jenis promosi yang bisa Anda lakukan lainnya adalah dengan mempromosikan usaha bisnis Anda pada platform sosial media. Selain promosi yang dilakukan gratis, strategi ini juga memiliki jangkauan yang lebih luas bagi bisnis Anda.

Baca juga: Pentingnya Penggunaan Digital Marketing dalam Aspek Bisnis

5. Gunakan Software F&B Dalam Mengelola Usaha Bakso

Agar usaha yang Anda jalani dapat berjalan dengan lancar dan lebih efisien untuk dilakukan. Anda bisa menggunakan software atau aplikasi F&B terbaik di Indonesia untuk membantu Anda dalam menjalankan bisnis tersebut. Karena era yang semakin maju, maka penggunaan berbagai teknologi untuk menunjang bisnis Anda bukanlah hal yang asing lagi. Hal ini perlu Anda gunakan untuk mengatur stok barang, menghitung transaksi, melakukan strategi promosi, dan lain sebagainya.

Baca juga: Sistem POS Restoran: Pengertian, Manfaat, dan Tips Memilihnya

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan tersebut maka untuk memulai usaha bakso dapat dikatakan tidak semudah yang orang lain bayangkan. Karena Anda diharuskan siap dalam menghadapi tantangan-tantangan dari pesaing dan konsumen itu sendiri untuk pelayanan dan cita rasa bakso yang Anda sajikan. Selain itu usaha ini memerlukan bantuan aplikasi POS terbaik dari EQUIP yang dapat membantu Anda untuk membuat laporan keuangan, mengatur promosi, hingga mengelola inventaris bisnis Anda menjadi lebih praktis. Anda juga memerlukan aplikasi F&B terbaik karena dengan menggunakan aplikasi ini Anda mampu mengelola stok bahan dan supplier, mempermudah pesanan pelanggan, dan mendapatkan laporan transaksi secara real-time.

usaha bakso

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
+628111775117
×
Jadwalkan Demo Via WA