Pahami Pentingnya Financial Planning bagi Bisnis Anda!

Mungkin bagi beberapa orang untuk merencanakan keuangan bukanlah suatu hal yang mudah. Maka dari itu financial planning adalah jawaban dan solusi bagi mereka yang kesulitan terhadap hal tersebut. Memang setiap insan hidup perlu yang namanya literasi keuangan, namun ada kalanya Anda membutuhkan seorang financial planner untuk membantu bisnis atau perusahaan Anda mencapai tujuan keuangan yang Anda harapkan. Aplikasi ERP terbaik dari EQUIP mampu meningkatkan efisiensi manajemen bisnis Anda ke level yang lebih tinggi. Software akuntansi dari EQUIP mampu membantu Anda untuk mengotomatiskan pengelolaan keuangan yang terjadi dalam bisnis Anda. 

Saat ini sudah banyak sekali orang-orang yang berprofesi sebagai financial planner, hal ini berarti sudah banyak juga perusahaan yang membutuhkan jasa seorang financial planner untuk membantu merencanakan keuangan dalam bisnisnya. Karena dengan ini maka mereka akan membantu para kliennya untuk mengatur penempatan uangnya agar menjadi lebih bermanfaat pada masa yang akan datang. Berikut ini merupakan penjelasan lebih rinci mengenai apa itu financial planning. Namun sebelumnya jika Anda ingin mengotomatiskan proses penjualan bisnis Anda, software POS dari EQUIP adalah jawabannya. Dan dengan menggunakan bantuan dari aplikasi CRM terbaik ini mampu meningkatkan kualitas prospek bisnis Anda menjadi lebih terintegrasi.

financial planning

Daftar Isi

Pengertian Financial Planning

Financial planning adalah aktivitas yang dilakukan untuk merencanakan keuangan perusahaan dan sering kali dianggap benar jika Anda telah berinvestasi. Padahal financial planning tidak hanya sebatas berinvestasi saja, namun mampu menentukan keuangan perusahaan Anda tersalurkan dengan baik dan benar. Financial planning juga meliputi cost benefit analysis untuk mengurangi dampak risiko likuiditas perusahaan. Namun apa perbedaannya dengan financial planner? Financial planner adalah instansi atau individu yang memenuhi syarat untuk menolong klien menuju tujuan finansialnya. Seseorang dengan profesi ini memiliki tanggung jawab untuk menganalisa tujuan, tahapan, serta jenis investasi yang sesuai dengan kebutuhan klien. Seorang financial planner di Indonesia biasanya harus memiliki sertifikasi yang diakui oleh BNSP melalui dengan menyelesaikan program gelar profesi CFP atau Certified Financial Planner. Jadi perbedaan antara keduanya adalah jika financial planning adalah kegiatan yang dilakukan untuk mencapai tujuan keuangan perusahaan yang sehat. Sedangkan financial planner adalah seseorang yang berprofesi dan melakukan kegiatan tersebut.

Baca juga: Ketahui Pentingnya Pembukuan untuk Perkembangan Bisnis Anda

Pentingnya Financial Planning dalam Keuangan Perusahaan

financial planning
Sumber: Canva

Melakukan financial planning dalam suatu perusahaan merupakan langkah yang sangat penting untuk Anda lakukan. Karena dengan ini Anda dapat menetapkan tujuan yang jelas mengenai kemana keuangan Anda akan tersalurkan dengan baik yang mana hal ini akan membuat kesehatan keuangan perusahaan dapat terjaga. Selain itu Anda juga bisa menyederhanakan anggaran karena dengan membuat financial planning, Anda mampu mengatur autodebet Anda secara otomatis. Selain itu jika keuangan Anda sehat dan berjalan dengan baik maka akan banyak investor yang akan datang untuk berinvestasi pada perusahaan Anda.

Baca juga: Jurnal Umum: Pengertian, Tujuan, Fungsi, dan Cara Membuatnya

Manfaat Melakukan Financial Planning

Setelah mengetahui pengertian apa itu financial planning dan mengapa setiap perusahaan perlu yang namanya melakukan kegiatan tersebut. Berikut ini adalah manfaat yang akan perusahaan Anda dapatkan jika Anda melakukan kegiatan financial planning. Tentunya hal ini bisa Anda lakukan dengan lebih baik jika menggunakan jasa financial planner profesional.

1. Membantu perusahaan menetapkan tujuan keuangan

Setiap orang tentu memiliki tujuan untuk mengembangkan suatu bisnisnya. Tujuan tersebut Anda dapat realisasikan dengan perencanaan keuangan yang tepat. Tujuan tersebut dapat Anda realisasikan bila kondisi keuangan dalam keadaan sehat sehingga tabungan atau hasil investasi Anda bisa digunakan untuk merealisasikan tujuan-tujuan tersebut. SMART adalah kerangka kerja yang direkomendasikan untuk menetapkan tujuan yang benar-benar dapat Anda pertahankan dan capai. SMART singkatan dari: specific, measurable, attainable, realistic, time-bound. Ketika Anda mencapai tujuan yang lebih kecil, maka Anda akan memiliki rasa pencapaian dan kepuasan yang luar biasa. Hal ini akan membantu Anda tetap termotivasi ketika memulai rangkaian tujuan berikutnya.

Baca juga: Siap jadi UMKM Go Digital? Ini Langkah Mudah Memulainya

2. Sebagai panduan keuangan

Manfaat memiliki financial planner juga bisa membantu Anda untuk mengatur keuangan, misalnya pengalihan aset dan sebagainya. Anda juga dapat berdiskusi segala hal terkait kondisi finansial Anda. Pada tahap ini, planner keuangan dapat membantu sejumlah hal yang berhubungan dengan rencana keuangan tersebut

3. Membantu dalam analisis kondisi pasar

Setiap klien memiliki tujuan dan karakteristiknya yang berbeda-beda. Maka dari itu mengan memiliki financial planner, maka Anda mampu memahami bagaimana kondisi perekonomian sekarang. Anda juga bisa mengetahui tentang kondisi pasar saat ini sehingga akan sangat membantu pada bidang finansial.

Baca juga: Segmentasi Pasar: Pengertian, Tujuan, dan Manfaatnya bagi Bisnis Anda

4. Manajemen keuangan yang terkontrol

Apabila rencana keuangan telah mulai berjalan, financial planner tak boleh lepas tangan dan membiarkan kliennya begitu saja. Perencana keuangan tetap harus melakukan pengawasan terhadap jalannya rencana tersebut. Manfaat lain dari financial planner adalah mendampingi Anda secara perlahan mengimbangi perilaku finansial sehingga membantu Anda mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Baca juga: Ketahui Fungsi Laba Sebagai Tolak Ukur Bisnis Anda!

5. Membantu dalam membangun aset

membangun aset
Sumber: Canva

Melakukan perencanaan keuangan juga dapat membantu Anda dalam membangun aset. Aset itu sendiri dapat berfungsi sebagai penambah pemasukan secara pasif. Nilai aset umumnya akan terus berkembang seiring waktu sehingga akan sangat bermanfaat di masa depan. Aset-aset yang dapat Anda pertimbangkan diantaranya properti, emas, tanah dan lain sebagainya. Aset properti sangat cocok dijadikan pemasukan secara pasif

6. Panduan dalam melakukan investasi

Perencanaan keuangan juga dapat membantu Anda merencanakan investasi. Investasi sangat penting di masa depan nanti. Imbal hasilnya bisa Anda gunakan untuk tujuan yang ingin diraih di masa depan. Anda bisa mengalokasikan dana Anda untuk Pendanaan Pinjaman, Surat Berharga Negara Ritel dan Reksadana dan lain sebagainya.

Baca juga: Aplikasi Akuntansi untuk Perkembangan Bisnis

Tipe-tipe Financial Planning

1. Robo-advisors

Tipe ini umumnya berguna bagi Anda yang membutuhkan financial planning sederhana. Karena tipe ini otomatis terkelola dengan memanfaatkan algoritma komputer. Rencana keuangan yang dapat robo-advisors buat juga mampu menyesuaikan informasi tujuan finansial yang Anda butuhkan. Umumnya tipe ini biayanya jauh lebih terjangkau dibanding dengan tipe yang lainnya.

2. In-persons financial planner

Anda dapat memilih untuk menggunakan jenis ini jika Anda membutuhkan perencanaan keuangan yang jauh lebih kompleks dan berlaku dalam jangka waktu yang sangat panjang. Alasannya karena jenis ini mampu membuat perencanaan yang lebih cocok dengan kondisi sesungguhnya. 

3. Online financial planner services

Tipe jenis ini merupakan gabungan antara robo-advisors dan in-persons financial planner. Dengan adanya jenis ini, Anda sebagai klien mampu mendapatkan perencanaan keuangan yang merupakan hasil dari perhitungan algoritma komputer sekaligus dapat berkonsultasi dengan seorang financial planner sungguhan melalui telepon, panggilan video, atau e-mail sekalipun.

Baca juga: Software Akuntansi Terbaik di Indonesia

Rencanakan Keuangan Perusahaan dengan Software Akuntansi

Dengan Anda melakukan digitalisasi financial planning perusahaan Anda, Anda akan mampu mengatasi permasalahan keuangan yang akan terjadi pada masa yang akan datang. Selain itu keuangan perusahaan Anda juga akan jauh lebih sehat jika Anda melakukan perencanaan dan mengalokasikan jenis keuangan Anda pada hal yang bermanfaat untuk Anda kedepannya. Salah satu bentuk untuk mendigitalisasi perencanaan keuangan adalah dengan memanfaatkan software akuntansi terbaik. Karena dengan ini keuangan Anda akan teratasi secara otomatis dan mampu meningkatkan akurasi keuangan bisnis Anda.

Baca juga: 5 Rekomendasi Aplikasi Keuangan untuk Efisiensikan Bisnis Anda!

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan tersebut maka dapat diartikan bahwa melakukan kegiatan financial planning adalah sesuatu yang sangat bermanfaat bagi bisnis Anda kedepannya. Selain bermanfaat untuk rencana Anda kedepannya, dengan melakukan financial planning Anda juga dapat berinvestasi dan mengalokasikan keuangan Anda kepada hal yang sifatnya lebih prioritas. Jika Anda ingin memperluas pasar bisnis Anda, Anda dapat menggunakan aplikasi akuntansi dari EQUIP yang mana dapat mengelola keuangan, pembuatan laporan keuangan, dan mengelola arus kas bisnis Anda menjadi lebih mudah.

financial planning

Demo gratis Equip ERP sekarang untuk bantu bisnis Anda naik level!

Artikel Terkait

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
628111775117
×

Aurel

Active Now

Aurel

Active Now