Kenali Ini Pengertian serta Perbedaan Wirausaha dan Wiraswasta

Saat ini orang masih sulit membedakan apa itu wiraswasta dan wirausaha. Sekilas nampak sama, tapi tahukah kamu apa itu perbedaan wirausaha dan wiraswasta? Ya, kedua istilah ini sebenarnya berbeda, karena pengertiannya juga cukup signifikan. Wiraswasta adalah sekelompok atau seseorang yang menjalankan sebuah usaha atau bisnis milik orang lain. Sehingga ia bekerja untuk orang lain dalam mengembangkan usahanya. Seorang wiraswasta tentu diharuskan mengembangkan dan memberikan manfaat lebih pada barang yang dia kelola.

Sementara wirausaha adalah seseorang atau sekelompok yang menjalankan sebuah usaha milik sendiri dan bertanggung jawab penuh atas usahanya. Wirausaha dapat dikatakan sebagai enterpreneur karena memiki usahanya sendiri dan mengembangkannya sendiri. Mereka tentu dapat mengoptimalkan bisnisnya menggunakan software bisnis dari EQUIP. Software untuk bisnis EQUIP dapat meningkatkan manajemen sebuah usaha secara optimal. Inilah yang membuat mereka harus menggunakan software bisnis. Oleh karena itu, untuk mengetahui perbedaan antara kedua istilah pelaku bisnis ini, silahkan baca ulasan di bawah ini!

DemoGratis

Pengertian Wirausaha

Wirausaha atau entrepreneur adalah seseorang yang menghasilkan bisnis baru, seorang entrepreneur akan menikmati sebagian besar keuntungannya dan menanggung resiko bisnis. Jadi, apabila kita sederhanakan maka pengertian dari wirausaha yaitu orang yang menjalankan usaha sesuai dengan gagasan-gagasan yang dimilikinya. 

Inilah yang kita kenal sebagai istilah pengusaha. Selain itu, seorang entrepreneur ini mempunyai tingkatan berbeda sesuai dengan skala usaha yang mereka jalankan. Entrepreneur biasanya kebanyakan mengelola bisnisnya sendiri, menciptakan inovasi, memanfaatkan setiap peluang usaha, sekaligus mencari solusi ketika bisnisnya bermasalah. 

Pengertian Wiraswasta

Berbeda dengan wirausaha, maka wiraswasta sebenarnya bukan hanya bekerja bagi diri mereka sendiri, melainkan juga untuk perusahaan. Sehingga usahanya tersebut sebagai sampingan, sebab ia tidak dapat melepaskan pekerjaan utamanya. 

Keahlian wiraswasta adalah mampu membangun jaringan, karenanya mereka dapat menciptakan sebuah lapangan pekerjaan, tapi bukan hanya bagi dirinya melainkan orang lain tanpa mengesampingkan pekerjaan tetapnya.

Seorang pebisnis ini bekerja bagi dirinya sendiri sekaligus melayani berbagai aktivitas perdagangan maupun pekerjaan. Dengan kata lain, entah itu menawarkan layanan atau menjual barang, semuanya dapat ia tangani sebab karakter wiraswasta adalah pandai mempromosikan jasa atau produk.

Perbedaan Wirausaha dan Wiraswasta

perbedaan wirausaha

Selain dilihat dari pengertiannya, perbedaan wirausaha dan wiraswasta juga dapat anda lihat berdasarkan tujuan, karakteristik, kepemilikan aset, fokus pekerjaan dan produknya. Berikut penjelasannya : 

1. Tujuan Wiraswasta dan Wirausaha

Salah satu perbedaan utamanya yaitu dari tujuan dalam bekerja. Jika wiraswasta bertujuan mengembangkan bisnis atau membantu bisnis orang lain. Dalam hal ini, artinya mereka ikut terlibat serta mengerahkan kemampuannya agar dapat menambahkan nilai produk bisnis orang lain. Di samping itu, pada aktivitasnya wiraswasta biasanya ikut membantu dalam menekan angka pengangguran dengan menciptakan lapangan kerja. 

Sementara itu, wirausaha bertujuan membuat layanan atau produk dengan model usaha yang matang, kemudian menjualnya. Ketika usaha yang ia jalankan telah berkembang baik, maka seorang wirausaha akan memerlukan bantuan pegawai. Ini artinya, mereka membuka lapangan kerja.

Bukan hanya itu saja, tetapi wirausahawan juga dapat membagikan jiwa dan skill kewirausahaan mereka kepada para karyawan. Supaya karyawannya suatu saat dapat mengembangkan sayapnya untuk terjun langsung ke dalam bisnis. 

2. Karakteristik Wiraswasta dan Wirausaha 

Kedua profesi ini juga dikenal memiliki jiwa play hard dan work hard. Karena, keduanya mempunyai jam kerja yang tidak tertuang dalam SOP. Sehingga biasanya memiliki jam kerja tidak menentu. Justru kedua profesi ini dapat bekerja hingga 8 jam lebih karena perlu mempersiapkan berbagai hal supaya pekerjaannya sukses.

Walaupun keduanya termasuk pekerja keras, namun ada beberapa perbedaan karakteristik antara wiraswasta dan wirausaha.

Untuk karakteristik dari wiraswasta, adalah berikut ini : 

  • Percaya diri, dan berani mengambil resiko. Walaupun belum memiliki atau tidak memiliki skill yang perlu mereka kuasai, umumnya wiraswasta menganggap jika hal ini merupakan tantangan.
  • Fleksibel, baik dari segi waktu kerja, aturan serta menyesuaikan kebutuhan orang. 
  • Passionate, artinya orang yang berprofesi di bidang ini melakukan berbagai hal, mereka akan mempelajari secara mendalam demi meningkatkan kemampuannya dalam pekerjaan lain.

Sementara itu, ada beberapa karakteristik dari wirausahawan, antara lain : 

  • Cepat melihat peluang. Misalnya saja, melihat tren yang viral di lingkungan masyarakat, lalu dimanfaatkan oleh wirausaha dalam mengembangkan dan menciptakan produk.
  • Tangguh, wirausaha biasanya tidak mudah menyerah saat mengalami kegagalan. Sebab masih banyak cara menuju kesuksesan.
  • Inovatif, apalagi ketika mereka merancang sebuah produk yang bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. 

3. Fokus Pekerjaan Wiraswasta dan Wirausaha

Fokus pekerjaan kedua profesi ini juga berbeda. Wiraswasta biasanya lebih fokus terhadap banyak pekerjaan. Di samping itu, biasanya mereka cenderung mengambil pekerjaan melalui visi dalam jangka pendek. Contohnya, seorang freelancer yang memiliki skil di beberapa bidang, antara lain video editing, desain grafis maupun fotografi. 

Berbeda halnya dengan wiraswasta, justru wirausaha biasanya lebih fokus terhadap urusan bisnis. Seperti dalam pembuatan strategi, rancangan, evaluasi dan pengembangan bisnis. Kegiatan yang kerap wirausaha lakukan umumnya lebih mengarah terhadap keperluan jangka panjang.

4. Kepemilikan Aset Wiraswasta dan Wirausaha

Perbedaan lainnya adalah dari segi kepemilikan aset dalam bentuk dana yang diperlukan untuk mengembangkan bisnis. Dengan menjadi wiraswasta tentu saja tidak hanya tergantung penuh terhadap kepemilikan aset, sebab wiraswasta biasanya bekerja bersama orang lain.

Contohnya, anda bekerja di jasa laundry, maka anda tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk membeli mesin pengering, mesin cuci, setrika. Anda bahkan tidak bertanggung jawab untuk menyewa tempat usaha. 

5. Produk Wiraswasta dan Wirausaha

Perbedaan lainnya dari kedua profesi ini adalah dari segi pembuatan serta pengembangan produk. Umumnya wiraswasta sangat mampu untuk berfokus terhadap berbagai macam produk sesuai minat, kemampuan, serta keperluan masyarakat yang ada di sekitarnya. 

Misalnya saja, anda seorang chef yang juga pandai dalam hal digital marketing. Jadi, selain anda bekerja sebagai chef di salah satu restoran, maka anda juga dapat menjadi freelancer dengan menjajakan jasa digital marketing.

Sementara itu, wirausaha biasanya lebih fokus terhadap produk yang mereka buat sendiri. Untuk wirausaha sendiri kuncinya harus inovatif dan kreatif. Terlebih dalam hal pembuatan produk yang ingin anda pasarkan. Tentu saja memerlukan banyak trial and error supaya laku di pasaran. 

Contoh Pekerjaan Wiraswasta dan Wirausaha

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa contoh pekerjaan dari kedua profesi ini : 

1. Pekerjaan Wiraswasta

Apabila ada salah satu dari keluarga anda bekerja menjadi wiraswasta, mungkin anda bingung apa saja pekerjaan wiraswasta, antara lain : 

  • Agen sekuritas atau asuransi.
  • Artis, penulis buku atau aktor.
  • Pekerja paruh waktu atau freelancer.
  • Jasa konsultan.
  • Investor.
  • Stake Holder (Pemegang Saham).
  • Dropshipper atau reseller. 

2. Pekerjaan Wirausaha

Sementara itu, profesi dari wirausaha sebenarnya tidak jauh dari seorang entrepreneur. Seperti merintis usaha dari nol, riset produk, mengumpulkan modal, mengembangkan strategi marketing dan melakukan berbagai macam usaha supaya bisnisnya bisa dikenal banyak orang.

Ada beberapa contoh wirausaha, antara lain seperti fashion designer, sebagai orang yang membangun bisnis butik baju, yang pemilihan barang, penjahitan hingga pemasaran dilakukannya sendiri. 

Kesimpulan

Bagaimana, kini sudah tahu kan apa saja perbedaan wiraswasta dan wirausaha? Anda tentu saja sudah memahami perbedaan antara wirausaha dengan wiraswasta. Perbedaan kedua profesi ini dapat dilihat berdasarkan aktivitas, kepemilikan dan tujuan usahanya.

Lantas, manakah yang anda pilih, apakah ingin menjadi wirausaha atau wiraswasta? Apapun profesinya, jika anda sedang membangun bisnis, maka penting memiliki software bisnis seperti akuntansi atau software kasir untuk mengelola toko/bisnis anda. EQUIP adalah platform akuntansi digital berbasis cloud yang juga menawarkan sistem kasir untuk mengelola bisnis anda menjadi lebih mudah. Coba demo gratisnya sekarang untuk keunggulan bisnis Anda.

Artikel Terkait

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
628111775117
×

Aurel

Active Now

Aurel

Active Now