Panduan Sukses Mengembangkan Bisnis Food Truck

Bisnis food truck adalah salah satu inovasi yang menarik untuk berjualan. Food truck sendiri memiliki konsep menjual makanan lewat mobil berukuran besar, yang terdapat dapur kecil untuk menyiapkan makanan. Peluang bisnis food truck juga cukup menjanjikan, terlebih bagi para pebisnis kuliner. Uniknya, karena menggunakan sebuah mobil, food truck pun dapat berpindah-pindah lokasinya. Software F&B terbaik pun dapat menjadi pilihan yang tepat untuk Anda memulai bisnis food truck. sistem F&B membantu proses berjalan lancarnya bisnis food truck

Software f&b akan memudahkan pelayan bisnis food truck untuk lebih cepat dalam memproses menu yang konsumen pesan, dan proses pembayaran pun lebih mudah. Dengan menggunakan sistem ini maka kepuasan pelanggan Anda akan terjamin. Selain itu, software F&B dapat langsung memonitor stok tersebut dan menentukan berapa stok yang sesuai dengan kebutuhannya. Menarik bukan? Terapkan tips berikut ini untuk sukses memulai bisnis food truck!

Baca Juga: Manajemen Keuangan: Pengertian, Fungsi, dan Strategi Pengelolannya

bisnis food truck

Cara Memulai Bisnis Food Truck:

1. Modal

Cara memulai bisnis food truck yang pertama adalah modal awal. Jika Anda hanya memiliki modal kecil, Anda bisa melakukan beberapa usaha untuk menutupi kekurangan modal, atau mengajak dan mencari rekan untuk bekerja sama membangun bisnis. Besar kecilnya modal yang Anda miliki ini tergantung dari bagaimana usaha yang akan Anda jalankan.

Jika usaha yang Anda rintis telah berjalan, Anda bisa menyisihkan separuh keuntungannya untuk menjadi modal tambahan. Modal untuk bisnis food truck tentu tidak akan sebesar jika harus menyewa lahan/bangunan. Modal yang Anda perlukan adalah mobil box, meja dan kursi, karoseri (dekorasi mobil, peralatan makan/minum, peralatan dapur, dan genset.

Baca Juga: Kunci Sukses Memulai Bisnis F&B dengan Software POS

2. Menetapkan jenis usaha

Cara memulai bisnis food truck selanjutnya adalah menetapkan jenis usaha makanan atau minuman. Memikirkan produk secara matang merupakan hal utama sebelum memulai bisnis. Mengingat tempatnya terbatas, food truck umumnya lebih banyak ke makanan siap saji atau yang mudah mengolahnya.

Anda bisa memulai usaha kuliner dengan ketertarikan dan juga sesuai kemampuan. Selain itu, mulai lah usaha kuliner dengan usaha sesuai dengan ketertarikan sendiri, supaya Anda lebih niat dan juga berkomitmen dengan usaha yang Anda rintis tersebut.

3. Menentukan desain mobil

Supaya lebih menarik, Anda bisa melakukan modifikasi pada mobil, terutama bagian eksteriornya. Buatlah semenarik mungkin dengan cara mencari inspirasi di internet dan lihat variasi desain food truck yang unik. Desain food truck pun beragam, mulai dari sederhana, keren hingga vintage. Tapi ingat, jangan menjiplak! Sesuaikan juga dengan tipe makanan yang akan Anda jual.

4. Memilih lokasi bisnis food truck

Cara memulai bisnis food truck berikutnya adalah dengan menentukan lokasi atau “mangkal” yang strategis. Pilih tempat yang ramai misalnya, di event atau tempat nongkrong yang sedang hits. Jika tempat tersebut ramai, setidaknya semakin banyak peluang pelanggan yang bisa Anda dapatkan.

5. Aktif di media sosial

Media sosial berperan penting untuk promosi bisnis nggak terkecuali bisnis makanan dan minuman. Dengan media sosial, Anda bisa memberitahukan kepada pelanggan tujuan dan lokasi truck makanan Anda. Selain itu, melalui sosial media yang paling penting ialah meningkatnya jumlah penjualan produk Anda. Pemasaran melalui sosial media memudahkan Anda dalam mencari konsumen dan memberikan informasi yang menarik bagi calon konsumen. Dengan demikian calon konsumen akan tertarik untuk membeli produk bisnis food truck Anda.

6. Bergabung dengan komunitas penjual food truck

Saat ini, sudah banyak komunitas food truck di Jakarta sekaligus kota-kota lainnya. Melalui komunitas ini, Anda bisa mendapatkan kabar-kabar terbaru seputar food truck, festival yang sedang berlangsung, sekaligus janjian untuk berjualan bersama-sama yang tentunya lebih seru dan menyenangkan.

usaha street food
Sumber: Freepik.com

 

Rekomendasi dan Harga Mobil Food Truck

Harga mobil food truck sangat mempengaruhi besaran modal yang akan Anda keluarkan nantinya. Tak ada salahnya membelinya secara bekas, lalu melakukan modifikasi. Tetapi Anda tidak perlu khawatir, saat ini banyak pebisnis food truck membeli mobil dengan sistem kredit. Nah, sebagai pilihan, berikut rekomendasi mobil untuk usaha food truck:

Isuzu Traga

Kalau usaha food truck yang Anda jalani terbilang besar, maka Isuzu Traga menjadi salah satu pilihannya. Mobil ini memiliki bak yang luas sehingga memudahkan untuk membawa barang dagangan yang banyak. 

Desainnya yang kokoh, dipercaya mampu membawa beban yang berat seperti bahan makanan, peralatan memasak, dan bahkan untuk tempat pegawai beristirahat sejenak. Dengan kelebihan ini, tak heran Anda harus merogoh kocek lebih banyak yaitu mulai dari Rp.160 jutaan untuk bekas. Kalau memilih baru Traga Pick Up FD harganya Rp.211.800.000 dan Traga Box mulai dari Rp.239.800.000.

Toyota Dyna

Mobil food truck berikutnya yaitu Toyota Dyna yang masuk dalam kategori truk ringan yang kokoh. Bila melihat spesifikasinya, truk Dyna sangat tepat dipakai sebagai mobil food truck terbaik. Berbekal bahan bakar Diesel dengan konfigurasi mesin 4 silinder, lengkap dengan Turbo Charger Intercooler, menjadikannya lebih bertenaga serta hemat bahan bakar. Luas kabin Toyota Dyna, sudah pasti sangat mendukung untuk memasukkan perabotan-perabotan penting di dalamnya. 

Daihatsu Granmax

Merk mobil ini menjadi salah satu kendaraan terbaik di kelasnya yang seringkali dijadikan untuk mobil operasional bisnis dan mobil untuk usaha. Alasannya tak lain karena harga yang terbilang ekonomis, dimensinya yang luas, spesifikasinya cukup mumpuni, dan konsumsi bahan bakar yang irit. 

Desain Grand Max yang kokoh juga jadi alasan mobil ini bisa kamu pilih untuk disulap jadi food truck. Harga mobil Grand Max terbaru mulai dari Rp.172,3 juta. Kalau mau lebih murah, kamu bisa membelinya dalam kondisi bekas karena bisa dimiliki mulai dari Rp.43 jutaan.

bisnis food truck
Sumber: Freepik.com

 

Analisa Bisnis Food Truck

Target pasar

Bisnis kuliner seperti food truck ini banyak penggemarnya, karena semua orang membutuhkan makan. Anda juga dapat menentukan konsumen Anda sesuai dengan keberadaan mobil keliling Anda. Misalnya saja di lingkungan kampus, sekolah – sekolah, pusat keramaian seperti pasar dan tempat hiburan.

Sehingga Anda dapat menjangkau konsumen dari berbagai kalangan masyarakat. Alasan lain yang menjadikan ide bisnis food truck ini ide usaha yang menarik untuk Anda coba, karena dengan sistem jemput bola maka akan sudah pasti target pasarnya lebih luas dan lebih banyak karena pelanggan berasal dari berbagai tempat.

Kendala bisnis dalam bisnis food truck

Kendala dalam menjalankan bisnis ini adalah rasa dari jenis kuliner yang Anda jual kepada pelanggan. Maka usahakan untuk membuat menu makanan yang enak dan menarik, serta sesuai dengan konsep yang Anda usung pada food truck.

Hambatan lain selain masalah tersebut, jika musim penghujan datang maka sedikit menghambat pekerjaan. Karena bila membuka mobil, maka air akan masuk. Dan konsumen juga tidak nyaman jika makan di luar ruangan dalam keadaan hujan.

Strategi pemasaran

Modifikasi mobil Anda semenarik mungkin, sehingga konsumen tertarik untuk mengunjungi usaha Anda. Selain itu pasang pula banner di sekitar mobil, agar masyarakat yang tidak sengaja melewati lokasi tersebut mengetahui keberadaan usaha Anda.

Tawarkan juga menu unik dengan harga terjangkau, Anda bisa meniru konsep food truck dari luar negeri yang mulai mengenalkan konsep drive thru. Sehingga kendaraan yang melewati food truck Anda, dapat memesan makanan tanpa harus menunggu lama.

Kunci sukses bisnis food truck

Kunci kesuksesan bisnis food truck adalah terletak pada kenyamanan, kebersihan, dan cita rasa masakan Anda. Perhatikan penampilan mobil Anda, sehingga konsumen merasa nyaman ketika makan di tempat Anda. Sediakan juga beberapa meja dan kursi lipat sebagai tempat konsumen menikmati jajanan Anda.

Kedua, jaga kebersihan makanan, peralatan dan lingkungan sekitar lokasi usaha, pilih lingkungan yang jauh dari tempat sampah maupun selokan. Untuk menjaga cita rasa masakan, pilih juru masak yang benar-benar  berkualitas, jika perlu gunakan seleksi yang ketat saat merekrut karyawan.

 

Kesimpulan

Bisnis food truck mungkin memang menjanjikan dan patut Anda coba. Apalagi minat pelanggan yang tinggi akan makanan dari food truck, sehingga akan banyak mendapatkan keuntungan. Walaupun memulai sebuah bisnis memang tidaklah mudah. Anda harus memiliki komitmen, ketekunan, dan kesabaran yang besar.

bisnis food truck 

Lengkapi juga dengan software F&B EQUIP  yang membantu Anda melacak penjualan dengan mudah, mengelola inventaris dengan cepat, mengatur proses pembayaran, menyederhanakan pembuatan laporan lengkap, dan banyak lagi. Konsultasikan segera dengan mengklik demo gratis.

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
+628111775117
×
Jadwalkan Demo Via WA