10 Aplikasi Pembukuan Usaha Terbaik di Tahun 2024

Bosan dengan pencatatan keuangan manual yang memakan waktu? Ingin keuangan bisnis Anda terorganisir dan transparan? Kami telah menyusun daftar 10 provider aplikasi pembukuan usaha terbaik untuk membantu Anda dalam mengelola transaksi keuangan dengan lebih baik. Tingkatkan efisiensi operasional bisnis Anda, hemat waktu dan uang, dan dapatkan kontrol penuh atas keuangan bisnis Anda! Baca artikel ini untuk mengetahui lebih lanjut dan temukan aplikasi pembukuan yang tepat untuk bisnis Anda!

DemoGratis

Daftar Isi

Definisi Aplikasi Pembukuan Usaha

Aplikasi pembukuan usaha adalah perangkat lunak atau program komputer yang dirancang untuk membantu bisnis dalam mencatat, mengelola, dan melacak transaksi keuangan. Dengan menggunakan aplikasi pembukuan, Anda dapat mencatat dan mengorganisir pembelian, penjualan, pengeluaran, serta melihat laporan keuangan dengan lebih efisien. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk:

  1. Mencatat transaksi keuangan: Menginput data transaksi seperti pembelian, penjualan, pengeluaran, dan pendapatan.
  2. Melacak arus kas: Memantau pergerakan uang masuk dan keluar dari bisnis.
    Membuat laporan keuangan: Menghasilkan laporan laba rugi, neraca, dan laporan keuangan lainnya.
  3. Mengelola persediaan: Memantau jumlah stok produk yang tersedia dan membantu menentukan kapan perlu melakukan pemesanan ulang.
  4. Membuat faktur dan tanda terima: Membuat dan mengirim faktur kepada pelanggan, serta mencetak tanda terima untuk transaksi penjualan.
  5. Mengelola gaji karyawan: Menghitung gaji karyawan, membuat slip gaji, dan membayar gaji tepat waktu.
  6. Mengelola pajak: Menghitung pajak yang harus dibayarkan dan membantu dalam proses pelaporan pajak.

Manfaat Aplikasi Pembukuan Usaha

Aplikasi pembukuan usaha memberikan banyak manfaat dan keuntungan bagi Anda yang menggunakannya. Berikut adalah beberapa manfaat utama software pembukuan usaha:

  1. Meningkatkan efisiensi: Aplikasi pembukuan membantu Anda mengotomatiskan proses pencatatan transaksi keuangan sehingga menghemat waktu dan tenaga. Anda tidak perlu lagi melakukan pencatatan manual yang rentan terhadap kesalahan.
  2. Mengurangi kesalahan manusia: Dengan software pembukuan, risiko kesalahan manusia dalam pencatatan transaksi keuangan dapat diminimalisir. Sistem otomatis akan memastikan integritas dan akurasi data.
  3. Mempermudah pengambilan keputusan: Aplikasi pembukuan dapat menghasilkan laporan keuangan dengan cepat dan akurat. Anda dapat dengan mudah menganalisis kondisi keuangan bisnis Anda, memastikan ketaatan pajak, dan menyusun strategi finansial yang lebih baik.
  4. Meningkatkan kontrol: Program pembukuan memungkinkan Anda mengontrol hingga tingkat detail terkecil. Anda dapat membatasi akses ke data keuangan tertentu, serta melacak dan memonitor aktivitas keuangan yang mencurigakan.
  5. Meningkatkan profitabilitas: Sistem pembukuan dapat membantu meningkatkan profitabilitas dengan mengidentifikasi area yang dapat dioptimalkan untuk meningkatkan keuntungan.

Aplikasi Pembukuan Usaha vs. Keuangan vs. Penjualan: Mana yang Terbaik untuk Bisnis Anda?

Aplikasi pembukuan usaha, aplikasi pembukuan keuangan, dan aplikasi pembukuan penjualan pada dasarnya memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk membantu Anda mencatat dan mengelola keuangan bisnis Anda. Namun, ada beberapa perbedaan di antara ketiganya:

  • Aplikasi pembukuan keuangan memiliki cakupan yang paling luas, dan dapat digunakan untuk mencatat semua jenis transaksi keuangan, baik yang terkait dengan usaha maupun pribadi.
  • Aplikasi pembukuan usaha dirancang khusus untuk membantu pengusaha dalam mengelola keuangan bisnis mereka. Biasanya, aplikasi ini memiliki fitur yang lebih lengkap dibandingkan dengan aplikasi pembukuan keuangan.
  • Aplikasi pembukuan penjualan berfokus pada pencatatan transaksi penjualan. Biasanya, aplikasi ini memiliki fitur yang lebih sederhana dibandingkan dengan aplikasi pembukuan keuangan dan aplikasi pembukuan usaha, dan digunakan oleh toko atau bisnis yang fokus pada penjualan.
Jenis Aplikasi Cakupan Fitur
Aplikasi Pembukuan Keuangan Luas, untuk semua jenis transaksi keuangan Pencatatan keuangan, laporan keuangan
Aplikasi Pembukuan Usaha Bisnis Pencatatan keuangan, laporan keuangan, manajemen persediaan, faktur, gaji karyawan
Aplikasi Pembukuan Penjualan Penjualan Pencatatan transaksi penjualan, faktur

Rekomendasi Aplikasi Pembukuan Usaha Terbaik

1. EQUIP

aplikasi pembukuan usaha equip

EQUIP menyediakan solusi ERP terpercaya dan terkemuka. Aplikasi EQUIP ini dibuat untuk menawarkan kemudahan dalam pengelolaan keuangan untuk berbagai industri dan bisnis.

Aplikasi pembukuan EQUIP dilengkapi oleh berbagai macam fitur menarik yang perusahaan anda perlukan untuk pengelolaan finansial. Beberapa fitur tersebut antara lain manajemen faktur, manajemen nota debit dan kredit, pembayaran, pembuatan laporan keuangan, akun analitik, rekonsiliasi rekening bank, manajemen multi mata uang dan lain sebagainya.

Fitur EQUIP:

  • Integrated E-Faktur: Memungkinkan pembayaran pajak untuk setiap pembelian menjadi lebih mudah dengan integrasi langsung dengan E-Faktur. Software pembukuan EQUIP terhubung secara otomatis dengan sistem E-Faktur, mengurangi waktu dan upaya yang dibutuhkan untuk pemrosesan pajak.
  • Built-in Professional Templates: Menyediakan berbagai macam desain template profesional untuk pembuatan invoice, struk, dan voucher. Dengan template yang telah disiapkan, pengguna dapat membuat dokumen-dokumen keuangan dengan tampilan yang menarik dan profesional.
  • Automasi Pembuatan Laporan: Memudahkan pembuatan laporan keuangan perusahaan yang lengkap dalam hitungan menit. Pengguna dapat membuat laporan transaksi, laba rugi, pengeluaran, dan lainnya secara otomatis, menghemat waktu dan tenaga dalam proses pelaporan.
  • Riwayat Transaksi: Otomatisasi pencatatan transaksi bisnis, memudahkan pengguna dalam penyimpanan dan pengecekan data transaksi setiap saat. Dengan riwayat transaksi yang tercatat secara otomatis, pengguna dapat melacak aktivitas keuangan perusahaan dengan lebih akurat dan efisien.
  • Manajemen Petty Cash: Memberikan kemudahan dalam pengelolaan petty cash perusahaan, memungkinkan pengguna untuk mengetahui pengeluaran perusahaan dengan tepat dan cepat. Fitur ini membantu dalam memantau dan mengontrol pengeluaran kecil yang sering terjadi dalam operasi sehari-hari.
  • Kemudahan Pembayaran: Mengotomatiskan pencatatan pembayaran dari pelanggan maupun pembayaran ke vendor dalam satu platform yang terintegrasi. Dengan demikian, pengguna dapat mengelola transaksi keuangan dengan lebih efisien dan akurat, serta memastikan bahwa semua pembayaran tercatat dengan baik.

Itu hanyalah segelintir fitur yang disuguhkan oleh EQUIP. Jangan lewatkan kesempatan untuk mengubah cara anda mengelola keuangan bisnis, coba demo EQUIP!

2. HashMicro

Software Pembukuan Usaha HashMicro

Penyedia software pembukuan usaha HashMicro juga bisa menjadi solusi terbaik tool berbasis smart ERP dengan memanfaatkan teknologi mutakhir. Software ini bisa membantu anda dapat mengotomatiskan sistem operasional bisnis harian, salah satunya untuk mengelola keuangan. Melalui penggunaan produk unggulan HashMicro, tentu saja perushaaan tidak perlu mengelola dan mencatat transaksi manual lagi.

Kegunaan software pembukuan usaha terbaik ini, salah satunya ialah dapat menghemat waktu sebab semuanya dapat anda lakukan denagn cara otomatis. Dengan menggunakan aplikasi ini, anda juga akan memperoleh informasi keuangan dengan cara real time, mempunyai tingkat akurasi tinggi di tiap cabang bisnis rintisan dan bisa meningkatkan keuntungan perusahaan, sebab memakai perhitungan budget secara akurat.

Program pembukuan usaha HashMicro juga menawarkan banyak fitur lengkap, guna membantu melakukan pengelolaan finansial perusahaan. Selain sistem pembukuan, aplikasi HashMicro menyediakan banyak pilihan solusi untuk usaha anda.

Fitur HashMicro:

  • Financial Dashboard: Fitur ini mencakup informasi seperti pendapatan, saldo kas, accounts receivable, accounts payable, dan lain-lain, memberikan gambaran yang jelas tentang kesehatan keuangan perusahaan.
  • Cash Flow Forecasting: Pengguna dapat mengelola kas perusahaan dengan lebih efisien dan mengantisipasi kebutuhan keuangan di masa depan.
  • Fast Bank Reconciliation: Secara otomatis mengimpor dan merekonsiliasi seluruh transaksi bank pengguna, mengurangi waktu dan upaya yang dibutuhkan untuk proses rekonsiliasi.
  • Accrual & Amortization: Meminimalkan kesalahan manusia dengan pencatatan dan perhitungan akrual dan amortisasi secara otomatis.
  • Budget Management: Memungkinkan pengguna untuk mengelola anggaran dengan fitur Budget Management serta Purchasing Management, dan mengatur approval matrix berdasarkan budget yang tersedia.
  • Analytical Reporting: Membuat laporan laba rugi, arus kas, neraca, perubahan modal, dan lainnya dalam hitungan detik.

3. Pawoon

Aplikasi pembukuan usaha terbaik lainnya adalah Pawoon. Anda tidak perlu waktu yang lama untuk melakukan set up awal agar bisa menggunakan mesin kasir, antara lain dapat menyimpan semua data transaksi dan mencetak struk pembayaran.

Kelebihan lainnya, anda bisa menggunakan produk aplikasi pawoon secara offline dan online. Seluruh data transaksi nantinya akan tersimpan pada aplikasi, lalu dapat anda pindahkan ke dalam sistem sesudah ada koneksi internet. Di samping itu, anda dapat mempermudah para pelanggan untuk melakukan pembayaran menggunakan beberapa pilihan metode pembayaran.

Pawoon adalah aplikasi pembukuan UKM yang mudah digunakan, menawarkan lebih banyak fitur yang canggih demi kemajuan bisnis, dan cocok digunakan dalam berbagai bisnis.

Fitur Pawoon:

  • Tampilan dinamis
  • Ragam opsi metode pembayaran
  • Laporan dan analisis mendalam

4. Moka POS

Moka POS adalah aplikasi pembukuan terbaik yang menyuguhkan kemudahan dan kepraktisan dalam hal penggunaan. Tidak hanya sebagai alat untuk transaksi, maka kasir digital mempunyai banyak fungsi, termasuk bisa mengatur pesanan menjadi lebih teratur.

Aplikasi MOKA POS adalah software pembukuan usaha berbasis cloud untuk membantu para pebisnis dalam mencatat pembukuan, mengecek transaksi, membuat menu, mengecek stok produk, dan memberikan laporan transaksi keuangan yang terbaru.

Ada beberapa layanan Moka POS yang dapat anda gunakan, antara lain laporan penjualan, CRM Basic, akses integrasi platform, program promosi, FB dan IG Shops, manajemen stok, e-wallet, meja, karyawan dan pelanggan.

Moka POS memiliki banyak kelebihan, antara lain program loyalitas customer dengan harga diskon, integrasi ke berbagai platform, membantu melakukan pelacakan cabang yang anda miliki, dan memantau stok ketersediaan bahan baku.

Fitur Moka:

  • Laporan penjualan yang komprehensif
  • Opsi pembayaran dan kode QR
  • Pendafataran mudah

5. QuickBooks

Aplikasi pembukuan usaha terbaik lainnya adalah Quickbooks. Software ini menyajikan beberapa keunggulan, seperti integrasi setiap fitur, akunting, pembukuan, hingga pengiriman invoice langsung ke pelanggan.

Aplikasi ini mempunyai tampilan menarik, yang memiliki daya tarik tersendiri di mata pelanggan. Selain itu, untuk berbagai macam laporan yang terdapat pada Quickbooks, anda bisa menggunakan laporan penjualan, dana pembelian, neraca, laporan laba rugi, dan lain sebagainya.

Selain itu, anda juga dapat mengelompokkan berbagai macam transaksi menurut kategori. Hal ini tentu saja dapat mempermudah anda menghitung laba rugi.

Anda juga dapat melampirkan file berupa foto setiap pencatatan. Dengan demikian, hal tersebut dapat membantu menyimpan berbagai macam bukti transaksi. Dalam hal ini, anda hanya perlu mendokumentasikan nota, struk belanja, kuitansi, atau lainnya, selanjutnya simpan dengan catatan transaksi pengeluaran secara bersamaa.

Untuk menggunakan Quickbooks, tidak bisa selalu gratis, karena untuk penggunaan jangka panjang anda harus membayar biaya berlangganan.

Fitur QuickBooks:

  • Kustomisasi invoice
  • Lacak income & expense
  • Mobile app
  • Sekuritas tinggi

6. FreshBooks

Freshbooks adalah salah satu pilihan aplikasi pembukuan yang berbasis cloud, dengan pemakaian yang cukup mudah apalagi untuk bisnis kecil. Aplikasi ini didesain secara khusus supaya terintegrasi dengan penyimpanan cloud.

Selain menyediakan fitur pencatatan keuangan dan pemasukan, aplikasi pembukuan usaha FreshBook juga menawarkan layanan untuk melacak pemasukan secara otomatis. Anda juga bisa menggunakan fitur invoice, report, time tracking, alarm pengingat pembayaran dan faktur pajak.

Aplikasi Freshboook tidak hanya sekadar software pembukuan biasa, melainkan aplikasi ini dapat membantu mengelola keuangan lewat pemasukan yang lainnya. Contohnya dengan mencatat penghasilan dari wiraswasta, freeancer, bisnis sampingan, dan lainnya.

Freshbook juga terdiri dari beberapa layanan bahasa berbeda, sebab tidak sedikit pengguna Freshbook dari berbagai negara. Jika anda ingin memakai Freshbook, maka anda harus melakukan pembayaran biaya berlangganan setiap bulan saat ingin menggunakan software ini untuk jangka panjang.

Fitur FreshBooks:

  • Kustomisasi Invoice
  • Otomasi Denda Keterlambatan
  • Pemberitahuan Pembayaran
  • Multi-Currency Billing

7. Wave

Wave adalah aplikasi pembukuan Amerika Serikat yang juga telah memiliki banyak pengguna hingga ratusan ribu lebih pengguna. Ada berbagai macam fitur yang dapat anda gunakan melalui aplikasi ini, antara lain dalam mengirimkan invoive, membuat kwitansi secara dan pencatatan keuangan secara online.

Namun sayangnya, aplikasi ini tidak memiliki dukungan fitur inventory dan stok. Sebab memang aplikasi ini khusus untuk penggunaan di Kanada dan Amerika Serikat. Oleh karena itu, Wave mungkin bisa terlihat aneh apabila menggunakannya di Indonesia sebab hanya ada beberapa layanan dan fitur tertentu yang tidak bisa anda akses.

Fitur Wave:

  • Pelacakan biaya dan tagihan
  • Invoicing
  • Dukungan mata uang asing
  • Sekuritas tinggi

8. Sage One

Aplikasi pembukuan Sage, juga dikenal sebagai Sage One, merupakan solusi keuangan yang sangat cocok bagi pebisnis, terutama mereka yang menjalankan bisnis berskala kecil seperti toko, UKM, dan skala usaha serupa. Dengan fokus pada kemudahan penggunaan dan efisiensi, Sage One dirancang untuk menyederhanakan proses pembukuan dengan menyediakan rangkaian fitur lengkap yang mendukung dokumentasi, pengelolaan pajak, serta pelacakan pendapatan dan pengeluaran bisnis secara akurat.

Fitur Sage:

  • Dokumentasi Lengkap
  • Pelacakan Pendapatan dan Pengeluaran
  • Keamanan Setara Bank
  • Berbasis Cloud

9. Finansialku

Aplikasi pembukuan Finansialku menawarkan solusi yang dirancang untuk membantu individu dan pebisnis dalam pengelolaan keuangan dan perencanaan finansial. Dengan fokus pada pengendalian kondisi keuangan untuk mencapai tujuan finansial yang diinginkan, Finansialku menawarkan fitur-fitur yang memungkinkan pengguna untuk merencanakan, melacak, dan menganalisis keuangan mereka dengan lebih efektif.

Fitur Finansialku:

  • Pengelolaan Keuangan
  • Perencanaan Finansial
  • Konsultasi Finansial Online
  • Pelacakan Tujuan Finansial

10. Mekari Jurnal

Mekari Jurnal merupakan aplikasi software pembukuan yang direkomendasikan untuk usaha kecil dan menengah, berkat kemampuan otomatisasinya dalam proses pembukuan dan pelaporan keuangan. Sebagai aplikasi pembukuan berbasis cloud, Mekari Jurnal memudahkan pengguna dalam mengelola administrasi keuangan dan operasional bisnis dengan lebih efisien, memungkinkan akses kapan pun dan di mana pun melalui berbagai perangkat.

Fitur Mekari Jurnal:

  • Kontrol Akses Pengguna
  • Fitur Piutang Usaha
  • Pelacakan Aktivitas
  • Penagihan Otomatis
Accounting

Kesimpulan

Selain itu, penggunaan aplikasi pembukuan usaha memberikan banyak manfaat bagi bisnis Anda. Dengan aplikasi pembukuan yang efisien, Anda dapat menghemat waktu dan usaha dalam mengelola administrasi keuangan. Anda juga dapat mengurangi kesalahan manusia dalam pencatatan transaksi dan mengurangi risiko kehilangan data. Dengan memiliki kontrol yang lebih baik atas keuangan bisnis Anda, Anda dapat mengidentifikasi peluang dan tantangan yang mungkin muncul, serta membuat keputusan strategis yang lebih baik.

Pilihan vendor aplikasi pembukuan usaha terbaik sangat bergantung pada kebutuhan dan tujuan bisnis Anda. Salah satu aplikasi pembukuan terbaik yang dapat Anda pilih adalah EQUIP yang menawarkan fitur-fitur unggul untuk membantu operasional bisnis Anda. Oleh karena itu, jangan ragu untuk daftarkan diri Anda dan melakukan coba gratis sekarang juga!

Eka Mulia
Eka Mulia
Hello, I'm Mohammad Eka Mulia, a junior content writer passionate about crafting compelling stories and engaging copy to help businesses and individuals reach their target audience through effective content. I bring a fresh perspective and eagerness to learn and grow in content creation.

Artikel Terkait

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Gabriella
Balasan dalam 1 menit

Gabriella
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami.
628111775117
×

Gabriella

Active Now

Gabriella

Active Now