4 Rekomendasi Aplikasi Inventory Gudang Terbaik untuk UMKM

Apakah Anda pernah mendengar kata aplikasi inventory gudang? Aplikasi inventory gudang adalah aplikasi yang berbasis web i iberfungsi untuk mengelola dan mencatat keluar masuk barang barang yang terdapat di gudang suatu perusahaan. Pencatatan dan pengelolaan inventory dapat berupa pencatatan barang yang masuk dari supplier, mutasi antar gudang, pencatatan barang yang keluar untuk pelanggan, dan perekapan beberapa laporan untuk membantu para pengambil keputusan di suatu perusahaan.

Aplikasi inventory menyediakan fitur yang akan mengadakan perubahan harga beli untuk kedepannya. Menggunakan metode average untuk memperbaharui harga modal dan menghitung rata-rata dari harga beli stok lama dan harga beli stok baru. 

Aplikasi inventory gudang

Manfaat Menggunakan Aplikasi Inventory Gudang

Ketika menggunakan software inventory gudang, maka Anda akan merasakan 5 manfaat dari penggunaan aplikasi ini dalam mengelola persediaan barang:

  1. Mempermudah perusahaan melakukan rekonsiliasi atau stock opname
  2. Mengurangi pengurangan biaya akibat human error
  3. Memudahkan perusahaan dalam mengontrol kondisi stok saat secara real time
  4. Perusahaan dapat menghasilkan laporan dan informasi bagi stakeholder dengan mudah
  5. Dapat memanajemen saldo dengan baik menggunakan aplikasi inventory gudang 

Mengapa Aplikasi Inventory Gudang Penting Bagi Usaha?

inventory
Sumber: pinterest

Aplikasi inventory gudang penting bagi usaha karena aplikasi ini easy to use, terdapat full source code PHP tanpa adanya enkripsi sehingga dapat dimodifikasi, sudah memiliki tampilan yang responsif untuk semua jenis perangkat baik komputer, tablet, maupun smartphone. Selain itu terdapat penulisan script yang rapi dan terstruktur agar Anda mudah mengerti. Oleh karena itu, keuntungan memakai aplikasi inventory gudang dapat menghemat waktu pekerjaan, mengurangi kesalahan dalam pencatatan data, perusahaan akan lebih tertata, dapat meningkatkan jumlah pelanggan, penjualan, serta profit perusahaan.

Baca juga: Saas Adalah Sebagai Pelayan Dan Pendukung Perkembangan Bisnis

4 Rekomendasi Aplikasi Inventory Gudang Terbaik di Indonesia

Sebagai pebisnis yang menjual produk barang, tentunya Anda memerlukan gudang beserta pencatatannya untuk menyimpan stok produk Anda. Memiliki fungsi untuk merekam jumlah barang yang keluar dan masuk di ruang inventory hingga penyimpanan data. Dengan menggunakan aplikasi ini, dapat mengurangi kesalahan yang terjadi saat penginputan data. Di Indonesia memiliki 3 software inventory gudang terbaik, antara lain:

1. HashMicro

Software aplikasi inventory gudang dengan fitur yang terlengkap dapat mengoptimalkan peningkatan bisnis Anda. Fitur-fitur yang ada pada HashMicro adalah operasional dasbor untuk melacak seluruh aktivitas terkait, manajemen barcode untuk mempercepat pelacakan produk, pelacakan nomor seri dan lot agar mudah menemukan informasi mengenai produk, notifikasi ketika persediaan telah mencapai batas minimum, estimasi persediaan di masa yang akan datang dengan akurat, dan laporan stock ageing untuk pengambilan keputusan terhadap perkembangan strategi inventory control. Oleh karena itu, HashMicro memiliki berbagai keunggulan yang baik ketimbang software lainnya.

Keunggulan yang ada HashMicro adalah:

  • Integrasi WhatsApp yang berarti pengguna dapat mengirim & menerima pesan WhatsApp langsung dari software kami, dan bahkan mengubah pesan tersebut menjadi tiket.
  • Kustomisasi dasbor yang easy to use & dapat dikustomisasi sehingga memberikan Anda visibilitas penuh ke seluruh operasional Anda.
  • Unlimited users dapat mengakses dan menggunakannya oleh sebanyak mungkin pengguna dalam satu entitas tanpa biaya tambahan.
  • Software yang HashMicro sediakan sudah berbasis web, pengguna dapat secara fleksibel menggunakannya melalui perangkat seluler dan browser apa pun.

2. EQUIP

Pencatatan inventaris dari EQUIP dirancang untuk memberikan kemudahan pada pengelolaan inventaris dari berbagai dunia industri dan tipe perusahaan. Oleh karena itu, EQUIP menyediakan fitur QR/barcode scanner untuk memberi kemudahan pada proses stock opname, adanya garansi produk dan pelacakan kadaluarsa secara real-time, memiliki tampilan yang mudah digunakan sesuai kebutuhan perusahaan, Anda akan mendapatkan rincian produk yang detail dan akurat, melaporkan valuasi inventaris barang dengan akurat, terdapat fitur update data ketersediaan stok barang, dan lain sebagainya.

Aplikasi inventory gudang dari EQUIP telah dipercaya oleh berbagai bisnis UMKM ataupun perusahaan skala menengah di Indonesia. Hal itu karena fiturnya yang lengkap dan harganya yang sanagt terjangkau. Hanya dengan Rp. 75.000/bulan, Anda telah dapat menggunakan aplikasi inventory untuk mengotomatiskan seluruh proses manajemen inventaris secara optimal.

3. Business inventory

Software penyimpanan gudang kali ini dapat membantu Anda untuk melacak ketersediaan atau inventory barang pesanan, penjualan, hingga mengurus pengiriman barang. Pada aplikasi ini juga dapat melacak keberadaan lokasi barang saat memindahkan dari gudang yang satu ke gudang yang lainnya, atau saat pengiriman dari supplier. Tetapi, sayangnya pada aplikasi ini tidak dapat diakses untuk semua perangkat, hanya perangkat iPhone dan iPad yang dapat mengaksesnya.

4. Netsuite WMS

Netsuite WMS adalah sebuah aplikasi yang membantu dalam menerima, menyimpan, dan menghitung produk berdasarkan pemindai barcode. Ini memungkinkan penggunaan ponsel untuk memindai kode dan memiliki keuntungan dalam membaca kartu pembayaran. Software manajemen gudang dari Netsuite sudah terkenal di seluruh dunia. Namun, Netsuite WMS memiliki harga yang jauh lebih mahal ketimbang EQUIP yang hanya Rp. 75.000/bulan.

Aplikasi inventory gudang Netsuite memiliki dashboard yang sederhana dan sangat mudah untuk pebisnis gunakan. Cara kerjanya juga sangat sederhana, cukup dengan memindai kode QR melalui perangkat gadget. Selain itu, fitur data real-time, sistem penagihan, manajemen inventaris, pemesanan dan pengiriman juga tersedia. Dengan aplikasi ini, data yang disimpan sangat terjamin keamanannya dan dapat diakses kapan saja untuk dibaca.

Kesimpulan

Aplikasi inventory gudang

Aplikasi inventory gudang memang memiliki peran penting untuk sebagian besar pebisnis dengan adanya sistem persediaan barang secara otomatis. Menggunakan aplikasi inventory dapat mempermudah segala aktivitas pencatatan dan pelaporan, serta mempercepat dalam mengambil keputusan bagi manajemen perusahaan. Selain itu, untuk mengetahui kinerja sistem dari software inventory gudang, maka Anda dapat melihat pengaplikasian milik EQUIP.

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
+628111775117
×
Jadwalkan Demo Via WA