Mengenal Apa itu Jurnal Pembalik beserta Fungsi dan Contohnya

Jurnal pembalik adalah suatu metode yang berguna untuk mempermudah proses pencatatan transaksi dan penyesuaian pada akhir periode akuntansi. Secara umum, jurnal tersebut dapat mencatat transaksi yang belum sempat tercatat secara lengkap dalam jurnal umum sebelum periode akuntansi berakhir. Hal tersebut karena transaksi-transaksi yang relevan akan melakukan pencatatan ulang ulang untuk mengakomodasi perubahan atau penyesuaian pada akhir periode akuntansi. 

Dengan demikian, jurnal pembalik dapat memastikan bahwa catatan akuntansi mencerminkan kondisi keuangan yang akurat dan meminimalkan kesalahan serta kelalaian dalam proses pencatatan. Jurnal tersebut umumnya terdiri dari akun-akun yang berkaitan dengan beban/utang yang masih harus perusahaan bayarkan. Misalnya, beban/utang perusahaan bayar di muka, pendapatan yang masih akan mereka terima, penerimaan pendapatan di muka, dan beban pemakaian atas perlengkapan.

Pengertian Jurnal Pembalik

Jurnal pembalik adalah metode pencatatan dalam akuntansi yang berguna untuk mencatat kembali transaksi yang belum sempat tercatat secara lengkap dalam jurnal umum sebelum periode akuntansi berakhir. Jurnal tersebut dapat berguna untuk mengakomodasi perubahan atau penyesuaian pada akhir periode akuntansi agar catatan akuntansi mencerminkan kondisi keuangan yang akurat.

Selain itu, jurnal ini biasanya dapat mencatat transaksi-transaksi yang belum tercakup dalam pencatatan akuntansi sebelumnya. Maka, proses pencatatan transaksi dan penyesuaian pada akhir periode akuntansi dapat menjadi lebih efisien dan akurat. Dengan begitu, laporan keuangan yang perusahaan hasilkan dapat memberikan gambaran yang lebih akurat tentang keadaan keuangan perusahaan.

Fungsi Jurnal Pembalik

Memahami fungsi jurnal pembalik adalah salah satu aspek yang penting dalam sistem akuntansi perusahaan. Fungsi utama jurnal tersebut untuk mencatat transaksi yang memerlukan penyesuaian pada akhir periode akuntansi, sehingga memudahkan proses penyesuaian dan meningkatkan akurasi laporan keuangan. Berikut beberapa fungsinya secara lengkap:

1. Mempermudah proses pencatatan transaksi

Pencatatan transaksi dalam jurnal pembalik memungkinkan transaksi tersebut tercatat secara tepat dan akurat, sehingga meminimalisir kesalahan pencatatan pada akhir periode akuntansi. Dengan pencatatan yang sistematis dan terstruktur, proses pencatatan transaksi menjadi lebih mudah dan dapat mengurangi risiko kesalahan pencatatan yang dapat berdampak pada akurasi laporan keuangan.

2. Penyederhanaan jurnal penyesuaian

Jurnal penyesuaian umumnya berguna dalam mengoreksi perbedaan antara waktu transaksi dan waktu pencatatan dalam akuntansi. Dengan menggunakan jurnal ini, transaksi yang seharusnya tercatat dalam jurnal penyesuaian dapat langsung tercatat pada akhir periode akuntansi, tanpa perlu melakukan penyesuaian yang rumit. 

3. Meminimalisir kesalahan pada saat membuat jurnal penyesuaian

Proses penyesuaian dapat kompleks dan memerlukan perhitungan yang cermat untuk mengoreksi kesalahan atau ketidaktepatan pencatatan sepanjang periode akuntansi. Dengan menggunakan jurnal tersebut, transaksi yang belum sempat tercatat secara lengkap dalam jurnal umum dapat melakukan pencatatan ulang pada akhir periode akuntansi. Maka, hal tersebut dapat mengurangi risiko kesalahan saat membuat jurnal penyesuaian. 

Baca juga: Pahami Cara Membuat Jurnal dengan Mudah

Beberapa Jenis Akun dalam Jurnal Pembalik

jurnal pembalik

Terdapat beberapa akun yang terdapat dalam jurnal pembalik untuk mengoreksi catatan akuntansi yang belum lengkap atau tidak akurat pada periode akuntansi sebelumnya. Akun-akun akuntansi ini memiliki peran penting dalam proses pembuatan jurnal untuk menghasilkan laporan keuangan yang akurat dan relevan. Berikut adalah beberapa akun-akun yang terdapat dalam jurnal ini:

1. Akun beban/utang yang masih harus dibayarkan

Akun tersebut berguna untuk mencatat biaya atau utang yang masih harus perusahaan bayarkan namun belum tercatat secara lengkap pada periode akuntansi sebelumnya. Dalam jurnal ini, akun ini berguna untuk mengoreksi jumlah biaya atau utang yang belum tercatat agar laporan keuangan mencerminkan kondisi yang sebenarnya pada akhir periode akuntansi.

2. Akun beban/utang dibayar di muka

Akun jurnal ini berguna untuk mencatat biaya atau utang yang telah perusahaan bayarkan namun masih harus teralokasi ke periode akuntansi yang akan datang. Selain itu, akun tersebut berguna untuk mengoreksi alokasi biaya atau utang yang sudah perusahaan di muka agar sesuai dengan periode akuntansi yang relevan dan dapat menghasilkan laporan keuangan yang akurat.

3. Akun pendapatan yang masih akan diterima

Akun yang berguna untuk mencatat pendapatan yang telah perusahaan terima namun belum sepenuhnya menjadi pendapatan pada periode akuntansi sebelumnya. Dalam jurnal ini, akun ini berguna untuk mengoreksi jumlah pendapatan yang belum sah agar laporan keuangan mencerminkan kondisi yang sebenarnya pada akhir periode akuntansi.

4. Pendapatan diterima di muka

Akun pendapatan diterima di muka adalah akun yang untuk mencatat pendapatan yang telah perusahaan terima  namun belum sepenuhnya menjadi pendapatan pada periode akuntansi yang relevan. Akun ini dapat membantu untuk mengoreksi pendapatan yang sudah perusahaan terima di muka agar sesuai dengan periode akuntansi yang relevan.

5. Beban pemakaian atas perlengkapan

Akun beban pemakaian atas perlengkapan adalah akun untuk mencatat pemakaian atau konsumsi perlengkapan oleh perusahaan dalam proses operasionalnya. Akun tersebut dapat mengoreksi jumlah pemakaian atau konsumsi perlengkapan agar laporan keuangan mencerminkan kondisi yang sebenarnya pada akhir periode akuntansi.

Contoh Jurnal Pembalik

Berikut adalah contoh jurnal pembalik yang dapat menjadi referensi bagi perusahaan Anda dalam memastikan pencatatan akurat dalam proses akuntansi. Jurnal tersebut dapat Anda gunakan untuk menghapus saldo beban/utang atau pendapatan/piutang yang masih harus perusahaan bayarkan atau terima di akhir periode. Kemudian, Anda dapat mencatatnya kembali pada awal periode berikutnya.

Contoh jurnal pembalik untuk akun beban/utang yang masih harus perusahaan bayarkan:

Pada akhir periode, perusahaan XYZ memiliki beban gaji yang masih harus perusahaan bayarkan sebesar Rp5.000.000. Maka, jurnal pembalik untuk mencatat beban tersebut dapat Anda hitung sebagai berikut:

Debit: Beban Gaji = Rp5.000.000

Kredit: Utang Gaji = Rp5.000.000

Contoh jurnal pembalik untuk akun pendapatan yang masih akan perusahaan terima:

Pada akhir periode, perusahaan XYZ memiliki pendapatan jasa yang masih akan perusahaan terima sebesar Rp3.000.000. Maka, jurnal pembalik untuk mencatat pendapatan tersebut dapat Anda hitung sebagai berikut:

Debit: Piutang Jasa = Rp 3.000.000

Kredit: Pendapatan Jasa = Rp 3.000.000

Dalam kedua contoh di atas, jurnal tersebut dapat Anda gunakan untuk menghapus saldo beban/utang atau pendapatan/piutang yang masih harus Anda bayarkan atau terima. Selain itu, Anda dapat mencatatnya kembali pada awal periode berikutnya untuk memastikan pencatatan akurat. Perhitungan dan penggunaan jurnal ini harus sesuai dengan kebijakan akuntansi perusahaan dan standar akuntansi yang berlaku.

Baca juga: Aplikasi Jurnal Akuntansi: Pengertian, Manfaat, dan Fiturnya

Kesimpulan

Penggunaan jurnal pembalik menjadi penting untuk memastikan pencatatan yang akurat dalam proses akuntansi. Fungsi jurnal tersebut, antara lain untuk mempermudah pencatatan transaksi, menyederhanakan jurnal penyesuaian, serta minimalisasi kesalahan dalam pembuatan jurnal penyesuaian. Oleh karena itu, penting bagi perusahaan untuk memahami pengertian, fungsi, serta contoh jurnal pembalik.

Dalam era digital saat ini, Anda dapat menggunakan software untuk mempermudah proses pencatatan dan pelaporan keuangan. Salah satu software tersebut yaitu software akuntansi dari EQUIP yang dapat membantu perusahaan dalam mengelola pencatatan akuntansi, termasuk penggunaan jurnal pembalik. Dengan software tersebut, penggunaan jurnal ini dapat dengan mudah Anda gunakan melalui fitur-fitur yang tersedia. Misalnya, pembuatan otomatis jurnal berdasarkan kebijakan akuntansi yang telah perusahaan tetapkan. Segera jadwalkan demo gratis disini!

Mohammad Alparidzy
Mohammad Alparidzy
Hello, I'm Mohammad Alparidzy, a junior content writer passionate about crafting compelling stories and engaging copy to help businesses and individuals reach their target audience through effective content. I bring a fresh perspective and eagerness to learn and grow in content creation.

Artikel Terkait

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
+628111775117
×
Hubungi Tim Sales

Aurel

Active Now

Aurel

Active Now