Ketahui 7 Tips ini Sebelum Memulai Bisnis Toko Sembako!

Jika mendengar kata “toko sembako”, Anda pasti akan segera mengaitkannya dengan kebutuhan sehari-hari. Jika di data menggunakan sistem akuntansi yang baik, Hampir semua transaksi di toko sembako dilakukan oleh masyarakat sekitar. Meskipun kini sudah banyak minimarket atau supermarket yang tersebar di beberapa tempat, namun bisnis toko sembako atau warung kelontong masih tetap bertahan di tengah persaingan tersebut. Toko kelontong memiliki target marketnya sendiri yang membuatnya mampu bersaing dengan toko sembako modern Toko sembako yang didukung dengan perkembangan sistem dengan telah menerapkan sistem ERP retail yang mengatur secara menyeluruh, akan mempermudah toko tersebut menang dalam kompetisi dan persaingan yang ketat.

Seiring perkembangan dunia bisnis retail dan dengan hadirnya jaringan retail waralaba, tentunya telah menambah kompetisi yang lebih kuat bagi para pemilik bisnis ini. Namun, masih banyak pengusaha toko kelontong yang bisa bertahan di tengah iklim bisnis yang penuh dengan kompetitor yang kuat, hal ini tentunya berkat sistem retail yang sangat mumpuni. Jarang yang mengetahui bahwa penghasilan dari pengusaha toko kelontong sendiri cukup menggiurkan. Jika dikelola dengan baik menggunakan sistem retail yang mengatur keberlangsungan toko, dalam sehari para pengusaha toko kelontong dapat menghasilkan omset sekitar 1-3 juta. Dalam satu bulan mereka dapat menghasilkan keuntungan hingga puluhan juta. Sungguh menggiurkan, bukan?

Namun jangan salah, untuk memiliki penghasilan seperti ini para pengusaha toko kelontong harus mempersiapkan beberapa hal untuk memulai bisnis mereka. Apa sajakah yang harus Anda sediakan sebelum memulai usaha ini?

bisnis toko sembako

Buat Rencana Bisnis Toko Sembako yang Matang

Buat Rencana Bisnis Toko Sembako yang Matang
Sumber: Canva.com

Hal utama yang harus Anda lakukan adalah memiliki perencanaan bisnis yang matang. Meski terdengar simple namun faktanya banyak juga orang yang membuka usaha sembako namun akhirnya gulung tikar meski sudah memulainya dengan modal yang besar.

Hal ini tentunya karena tidak adanya persiapan yang matang sebelum menjalankan bisnis ini. Kurangnya perencanaan bisnis yang tepat serta perhitungan yang kurang baik menjadi dua alasan utama penyebab terjadinya kegagalan usaha sembako. Untuk itu sebaiknya lakukan perencanaan secara matang terlebih dahulu agar tidak terjadi kegagalan kemudian hari.

Baca juga : Usaha Sampingan: Simak Pengertian dan Ide Menariknya!

Pastikan Anda sudah memahami  hal-hal yang perlu Anda siapkan, faktor-faktor yang mendukung serta menghambat bisnis, dan lain sebagainya. Hal ini bisa Anda sederhanakan dengan penerapan sistem ERP retail yang mampu membantu meringankan kerja Anda. Rencanakan langkah-langkah yang akan Anda jalankan mulai dari perencanaan riset atau survei pasar, mencari supplier barang dagangan, menghitung modal, dan bersiap akan persaingan dengan pedagang yang sudah memulai lebih dahulu daripada Anda.

Siapkan Modal untuk Memulai Bisnis Toko Sembako

Siapkan Modal untuk Memulai Bisnis Toko Sembako
Sumber: Canva.com

Tidak perlu modal yang terlalu besar untuk menjalankan bisnis ini, karena usaha sembako sendiri bisa Anda jalankan dalam skala kecil maupun besar tergantung seberapa banyak modal yang Anda miliki. Sebagai grosir sembako Anda tentu harus memperhitungkan modal dengan sangat bijak. Pergunakanlah modal yang Anda miliki untuk membeli barang-barang sembako yang telah Anda tentukan menyesuaikan dengan budget yang ada. Jangan sampai pengeluaran Anda melebihi budget atau modal yang sudah Anda tetapkan. Karena hal ini bertujuan agar tidak terjadi pemborosan yang menyebabkan kerugian.

Baca juga : Apa itu Budget? Ini Pengertian, Jenis, dan Tips Penyusunannya

Perhitungan modal dengan teliti sebelum Anda mulai berbelanja untuk kebutuhan toko. Ingat, Anda tak hanya menghitung barang dagangan saja. Namun Anda juga perlu memperhitungkan kebutuhan untuk operasional. Apakah Anda akan menyewa ruko atau menggunakan rumah sebagai tempat usaha? Perlukah dilakukan renovasi? Barang apa saja yang harus Anda beli untuk menempatkan barang-barang dagangan? Catat semua kebutuhan untuk modal, Anda bisa simak tips mengelola keuangan usaha kecil, untuk memberikan gambaran bagaimana pengelolaan keuangan usaha kecil.

Anda juga bisa gunakan software akuntansi, pengatur keuangan terbaik, salah satu contohnya adalah Equip, Anda bisa dengan mudah dan praktis mencatat keuangan usaha Anda, baik itu pemasukan, pengeluaran hingga utang piutang. Setelah semuanya terhitung, baru Anda memperhitungkan barang dagangan apa saja yang berpotensi untuk dijual. Di awal pembukaan toko, sediakan barang-barang yang mendasar terlebih dahulu.

Tentukan Lokasi yang Strategis untuk Bisnis Toko Sembako

Setelah Anda selesai mempersiapkan perencanaan bisnis  dan mengelola modal, kini saatnya Anda mencari tempat untuk menjalankan bisnis sembako yang Anda miliki. Letak toko ini sebagai penentu awal kesuksesan bisnis kelontong Anda nantinya. Pilihlah area  pemukiman warga yang padat penduduk, hal ini karena dinilai lebih efektif untuk dijadikan tempat berbisnis, apalagi grosir sembako.

Padatnya masyarakat di daerah tersebut membuat permintaan serta kebutuhan pun juga meningkat sehingga Anda akan mendapatkan pelanggan yang cukup banyak. Jika Anda membuka warung sembako di tempat yang banyak penduduknya, sudah bisa dipastikan toko Anda akan ramai pembeli. Daerah perumahan juga merupakan salah satu tempat yang cukup strategis. Biasanya, di daerah perumahan banyak juga para penduduk yang membutuhkan keperluan rumah tangga yang bisa Anda sediakan.

Tentukan Lokasi yang Strategis
Sumber: Pixabay.com

Di saat toko swalayan atau market waralaba posisinya jauh dari daerah perumahan warga, ini bisa menjadi peluang bagi Anda untuk membuka toko kelontong di daerah perumahan serta membuat akses belanja bagi para penduduk semakin dekat dan mudah. Selain itu, suasana keakraban adalah salah satu daya tarik dari setiap toko kelontong. Dengan membuka toko kelontong di area perumahan, para pembeli dapat menyebarkan informasi tentang toko Anda ke tetangga-tetangga mereka dan pasti bisa membawa lebih banyak pembeli.

Membuka toko kelontong dekat dengan tempat-tempat umum bisa juga menjadi kesempatan bagi warung Anda untuk mendapatkan perhatian dari para pengunjung tempat tersebut. Mulai dari taman warga, area stasiun atau halte, sampai destinasi-destinasi wisata bisa menjadi tempat untuk membangun warung sembako. Banyaknya pengunjung di tempat tersebut membuat kebutuhan juga semakin meningkat sehingga toko kelontong Anda menjadi salah satu tempat yang bisa memenuhi hal tersebut.

Sebagai contoh sederhana, jika ada pengunjung yang kehausan, mereka bisa membeli minuman dari toko kelontong Anda. Intinya, pilihlah tempat yang strategis, di mana tempat itu memiliki traffic pengunjung yang akan membeli produk-produk yang Anda juga jual.

Cari Vendor dengan Kualitas Barang Terbaik

Anda harus mencari, menemukan dan memastikan bahwa Anda mendapatkan supplier ataupun distributor sembako dengan harga yang murah dan terpercaya. Hal ini bertujuan agar Anda bisa mendapatkan keuntungan yang besar ketika barang sembako yang Anda beli dari supplier tersebut terjual ke pelanggan. Serta pastikan juga supplier tersebut memiliki kualitas barang sembako yang bagus.Ini mungkin akan menjadi salah satu tugas yang tidak mudah karena banyaknya pilihan supplier untuk satu produk sendiri.

Selain itu sebagai pemilik bisnis toko sembako Anda tentu dituntut untuk terus melengkapi serta memperbarui segala jenis sembako di toko. Karena sembako yang lengkap adalah kunci kesuksesan usaha itu sendiri. Ketika Anda tidak melengkapi semua jenis barang di toko Anda, bukan tidak mungkin para pelanggan akan mencari grosir sembako lain yang lebih lengkap dari toko sembako milik Anda.

Kelola Bisnis dan Keuangan Toko Sembako yang Baik

Kelola Bisnis dan Keuangan Toko Sembako yang Baik
Sumber: Canva.com

Bisnis apapun pasti memerlukan pengelolaan yang baik jika ingin bisnis tersebut berkembang menjadi lebih besar. Tidak hanya pengelolaan usaha dan operasional tapi juga pengelolaan keuangan. Pengelolaan keuangan yang baik akan memudahkan Anda dalam memonitoring semua pemasukan dan pengeluaran yang terjadi dalam usaha yang Anda miliki. Di era yang serba praktis seperti ini, Anda sudah tidak perlu pusing dalam mengelola keuangan usaha Anda. Gunakanlah software berbasis akuntansi yang dapat membantu Anda dalam mengelola keuangan usaha yang Anda miliki, sehingga Anda dapat selalu mengecek semua keuangan usaha Anda secara real time kapanpun Anda inginkan.

Baca juga : Aplikasi Akuntansi untuk Perkembangan Bisnis Anda

Promosikan Jualan Anda Kepada Masyarakat

Toko sembako yang sukses mulai dengan menerapkan strategi pemasaran yang tepat. Jangan ragu untuk melakukan promosi agar masyarakat lebih mengenal usaha Anda. Promosi bisa Andalakukan dengan berbagai macam cara, ada cara konvensional seperti menyebarkan pamflet dan brosur. Ada pula cara pemasaran yang lebih modern seperti menggunakan media sosial.

Di era disrupsi seperti sekarang ini, mempromosikan usaha melalui media sosial adalah pilihan yang tepat. Hampir semua orang memiliki gadget dan berpotensi untuk melihat iklan Anda. Buatlah event seperti soft opening sebagai upaya promosi. Berikan potongan harga untuk barang tertentu. Anda juga bisa menerapkan sistem tebus murah untuk barang A ketika pembeli telah berbelanja dengan nominal yang melampaui target.

Jalin Hubungan yang Baik dengan Konsumen

Jalin Hubungan yang Baik dengan Konsumen
Sumber: Canva.com

Coba Anda bertanya kepada diri sendiri, apakah Anda ingin berbelanja kembali ke suatu tempat yang mana memperlakukan Anda dengan tidak baik? Tentu saja tidak, bukan? Mungkin beberapa orang menganggap remeh soal hal kecil seperti tata krama yang baik dalam menyambut pembeli dan gesture kecil lainnya. Namun, hal-hal kecil seperti ini dapat mempengaruhi perkembangan warung Anda. Jika Anda menempatkan diri Anda sebagai pembeli dan Anda  menerima pelayanan yang tidak memuaskan, kemungkinan besar Anda tidak mau kembali ke tempat yang sama dan lebih memilih untuk berbelanja di tempat lain.

Baca juga : Aplikasi Kasir Terbaik untuk Modernisasi Bisnis Anda

Service atau pelayanan sangatlah penting untuk menciptakan reputasi yang baik bagi toko kelontong Anda. Tentunya juga dapat menambah potential customers untuk berbelanja di tempat Anda. Anda bisa memikirkan hal-hal kecil yang bisa Anda lakukan untuk membuat pelanggan merasa nyaman ketika datang ke toko kelontong Anda.

Mengaplikasikan 5S (Senyum Salam Sapa Sopan Santun) setiap kali Anda menyapa pembeli, selalu menyiapkan uang kembalian, sampai mengucapkan terima kasih dengan memberikan senyuman yang tulus akan sangat berpengaruh terhadap kepuasan dari pembeli.

Kesimpulan

bisnis toko sembako

Jika mendengar kata ‘toko sembako’, Anda pasti akan segera mengaitkannya dengan kebutuhan sehari-hari. Jika di data menggunakan sistem akuntansi yang baik, Hampir semua transaksi di toko sembako dilakukan oleh masyarakat sekitar. Meskipun kini sudah banyak minimarket atau supermarket yang tersebar di beberapa tempat, namun bisnis toko sembako atau warung kelontong masih tetap bertahan di tengah persaingan tersebut. 

Pastikan Anda sudah memahami  hal-hal yang perlu disiapkan sebelum membuka bisnis toko sembako, faktor-faktor yang mendukung serta menghambat bisnis, dan lain sebagainya. Hal ini bisa Anda sederhanakan dengan penerapan sistem ERP retail yang mampu membantu meringankan kerja Anda. Rencanakan langkah-langkah yang akan Anda jalankan dimulai dari perencanaan riset atau survei pasar, mencari supplier barang dagangan, menghitung modal, dan bersiap akan persaingan dengan pedagang yang sudah memulai lebih dahulu daripada Anda.

Afzal Ziqri
Afzal Ziqri
The Man Who Want To Know Everything and Share It. Business Inquiries : [email protected]

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
+628111775117
×
Jadwalkan Demo Via WA