5 Tips bagi Pemula untuk Berjualan Online di Masa Pandemi

Saat pandemi sekarang ini, masyarakat harus bisa berjualan secara online. Hal ini karena  kebijakan pemerintah tentang pembatasan aktivitas yang membuat mobilitas masyarakat menjadi terbatas. Menurut laporan Tinjauan Big Data Terhadap Dampak Covid-19 2020 yang tersusun oleh Badan Pusat Statistik (BPS), penjualan online pada masa pandemi melonjak tajam. Perhitungan dari Maret 2020 tercatat sebesar 320% dari awal tahun menjadi 480% dibulan April 2020. Hal ini menandakan bahwa pola masyarakat telah berubah mengikuti perkembangan zaman menjadi lebih modern.

Salah satu masalah yang sering terjadi saat berjualan online adalah menumpuknya ketersediaan stok barang. Sehingga, ada baiknya jika Anda menggunakan software inventory terlengkap untuk mengatur stok barang. Selain itu, Anda dapat mengasilkan laporan valuasi inventaris barang secara detail dari berbagai gudang dan lokasi dalam hitungan detik melalui sistem inventaris dari EQUIP

Ada banyak sekali jenis barang yang bisa Anda jual seperti pakaian, makanan, dan lain-lain. Bicara mengenai berjualan secara online pada bisnis makanan tentunya Anda harus rutin melakukan pengecekan apakah produk tersebut sudah kadaluarsa atau masih layak jual. Gunakan software inventory terbaik untuk mendapatkan notifikasi real-time seputar informasi garansi dan masa kadaluarsa produk atau bahan baku. Dengan sistem yang canggih maka Anda dapat mengaksesnya dimana pun melalui perangkat seluler dan  mempermudah proses stock opname dengan mobile apps yang dilengkapi QR/barcode scanner dari software inventory terintegrasi.

DemoGratis

Apa itu Berjualan Online ? 

Berjualan online adalah segala jenis kegiatan memasarkan suatu produk atau jasa secara online. Setiap pelaku usaha yang sebagian ataupun semua aktivitas jualannya melalui jaringan internet, mereka menjalankan bisnis secara online. Pada era modern ini banyak sekali tempat yang bisa untuk berjualan online. Anda bisa membuat toko online sendiri atau berjualan di social media seperti Facebook atau Instagram. Tak sedikit juga penjual yang memanfaatkan sarana marketplace sebagai tempat penjualan onlinenya. 

Berikut ini adalah 5 Tips Berjualan Online : 

Perkembangan berjualan secara online mengalami peningkatan yang pesat selama beberapa tahun belakangan ini. Konsumen dapat dengan mudah menemukan barang yang mereka inginkan melalui online. Akan tetapi, meski peluang pada bisnis online terbuka lebar untuk siapapun, tidak semua mengalami keberhasilan. Untuk meraih keberhasilan tersebut membutuhkan usaha yang tinggi dan juga konsisten. Berikut ini merupakan tips untuk Anda agar dapat meraih kesuksesan bisnis online:

1. Menjual barang sesuai target pasar

Jangan coba untuk menjual barang secara asal-asalan. Pemilihan barang yang tepat sangat berpengaruh terhadap penjualan. Pastikan menjual sesuatu yang benar-benar sesuai dengan target pasar Anda. Sebagai contoh, jika target pasar Anda adalah anak-anak muda, maka Anda dapat menjual produk yang sesuai dengan selera mereka. Jika sudah memiliki target pasar yang tepat, Anda akan lebih mudah untuk menyiapkan konten promosi yang sesuai. 

2. Berjualan online dengan melakukan promosi yang baik 

Kita harus mempromosikan barang dengan cara cerdas dan tertarget. Dengan begitu, akan lebih mudah untuk mendapatkan pelanggan tetap, bahkan juga pelanggan baru yang bakal meningkatkan penjualan barang. Selain promosi yang baik, pastikan selalu bahwa kualitas produk selalu dalam keadaan terbaik. Hal ini akan meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap kita. Hal yang paling penting lainnya adalah menyiapkan konten promosi yang sesuai dengan target pasar Anda.

Artikel terkait: Pentingnya Penggunaan Digital Marketing dalam Aspek Bisnis

3. Jangan kecewakan konsumen 

Pembeli adalah raja, kekecewaan seorang konsumen bisa saja membuat bisnis seseorang menjadi hancur. Buruknya pelayanan juga bisa membuat performa bisnis menurun. Contohnya, jika ada konsumen yang kecewa atas pelayanan dan bisnis Anda pasti akan terlihat sangat buruk, maka konsumen tersebut tidak akan membeli produk Anda lagi dan lantas ketika ia diminta pendapat temannya tentang pengalaman membeli produk Anda pasti ia akan mengatakan bahwa pelayanan Anda sangat buruk. Jika hal ini sudah terjadi, maka penjualan Anda akan ikut menurun. Untuk membantu bisnis menjadi lebih baik, Anda bisa menggunakan  Software CRM-Sales

4. Foto produk dengan kualitas yang baik dan deskripsikan secara lengkap 

Karena berjualan online, maka seluruh promosi akan ditampilkan secara visual. Oleh karena itu, pastikan foto produk yang akan diunggah berkualitas baik yaitu tidak blur dan mendapat pencahayaan yang baik. Hal ini dilakukan agar konsumen tertarik dengan produk yang Anda tawarkan. Selain itu, Anda juga harus mendeskripsikan produk yang dijual secara lengkap agar dapat lebih muda dipahami oleh calon pembeli. Membuat tema foto produk yang unik juga dapat meningkatkan ketertarikan calon pembeli. 

5. Lakukan inovasi 

Kita sebagai penjual online harus berani melakukan perubahan atau inovasi demi kelancaran bisnis. Contohnya, jika Anda awalnya hanya berjualan melalui social media dan marketplace, cobalah untuk membangun toko online sendiri seperti website. Bisnis yang besar pastinya membutuhkan suatu sistem untuk mengelola persediaan stok seperti Software Inventory. Dengan membuat toko online sendiri maka Anda tidak harus mematuhi aturan yang ada seperti yang ada di marketplace maupun social media, termasuk soal fee dan juga ongkir. Inovasi lainnya yang perlu Anda coba adalah inovasi pada produk, cobalah terus mengikuti perkembangan tren yang ada. 

Baca juga: Mengapa Bisnis Grosir Merupakan Jenis Usaha yang Banyak di Minati?

Kesimpulan 

Saat pandemi sekarang ini, berjualan online merupakan aktivitas yang wajib Anda terapkan. Hal ini berhubungan dengan pola masyarakat yang cenderung berubah ke arah yang lebih modern. Marketplace dan social media adalah wadah yang bisa dimanfaatkan pelaku usaha untuk memasarkan barang jualannya. Poin penting dalam berjualan online adalah mempunyai manajemen bisnis yang baik dari proses perencanaan sampai proses pengawasan. 

EQUIP adalah perusahaan penyedia software inventory terbaik untuk perusahaan. Otomatisasi kegiatan operasional bisnis Anda dengan sistem ERP kami. Buat keputusan yang lebih akurat dengan dukungan fitur Business Intellegence dan kembangkan bisnis Anda ke level tertinggi. Mudahkan manajemen bisnis online Anda dengan demo gratis software EQUIP ERP.

Artikel Terkait

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
628111775117
×

Aurel

Active Now

Aurel

Active Now