Tips Membangun dan Mengelola Bisnis Minimarket untuk Pemula

Mendirikan suatu usaha terutama bisnis minimarket merupakan hal yang patut Anda coba, terutama pada kehidupan bermasyarakat sekarang ini. Umumnya, ada banyak sekali pilihan usaha yang bisa Anda tekuni, mulai dari bisnis jasa, makanan, dan lain sebagainya. Hal ini juga berdasarkan dengan kebutuhan manusia yang tentunya membutuhkan perlengkapan sehari-hari sebagai penunjang kebutuhan hidup. Tentunya pengelolaan yang baik menggunakan sistem retail yang terbaik menjadikan bisnis sangat menguntungkan.

Kebutuhan tersebut juga sangat beragam dan biasanya dapat ditemukan pada minimarket. Hal ini membuat bisnis retail dengan sistem retail yang baik seperti minimarket mempunyai potensi yang cukup besar untuk prospek pelanggan kedepannya. Kehadiran bisnis retail yang dikelola sistem retail yang bekerja maksimal ini juga menawarkan sejumlah alternatif untuk para konsumen yang membutuhkan suatu produk yang tidak dapat ditemukan pada warung kelontong atau toko tradisional pada umumnya. 

Bisnis minimarket memiliki masa depan yang menjanjikan karena bisnis ini mampu bertahan ketika krisis ekonomi dan moneter terjadi, hal ini sangat berkaitan dengan tingkat konsumerisme yang ada di Indonesia. Sehingga investasi dengan mulai menggunakan sistem ERP retail untuk mengotomatiskan operasional retail merupakan pilihan yang tepat. Untuk mengetahui secara lebih jelas tentang usaha minimarket, simak artikel berikut ini!

Baca juga: Rekomendasi Software Terbaik untuk Bisnis Minimarket Anda

Peluang Membuka Bisnis Minimarket pada Masa Kini

Ketika hendak ingin membangun bisnis minimarket, tentukan terlebih dahulu tempatnya. Baik dalam kota atau pedesaan pun bisnis retail ini akan tetap laku, mengingat tingkat konsumerisme masyarakat Indonesia yang tergolong tinggi. Hal tersebut membuat usaha minimarket sangat menjanjikan dan menggiurkan untuk kedepannya. 

Walaupun bisnis minimarket tetap laku baik dalam perkotaan maupun perdesaan, perlu Anda garis bawahi bahwa segmen pasar dari kedua tempat tersebut berbeda. Masyarakat pedesaan daya belinya lebih rendah ketimbang daya beli masyarakat perkotaan. Terlihat dari sini, menyatakan bahwa segmen masyarakat pedesaan adalah masyarakat menengah kebawah. Barang yang dijual juga relatif mematok harga yang terjangkau dengan barang yang lengkap bagi mereka. 

Aspek penting lainnya adalah terdapat supplier produk dan barang bagi usaha minimarket. Tentunya harus mencari supplier dengan harga barang yang murah. Bangun kerjasama yang saling menguntungkan antara kedua belah pihak. Dengan mendapatkan supplier yang murah, maka Anda dapat menjual kembali dengan harga terbaik kepada konsumen. 

Langkah selanjutnya adalah menyiapkan modal usaha yang cukup untuk membuka bisnis retail ini. Seperti pembayaran gaji karyawan, membeli perlengkapan minimarket seperti rak, biaya pembangunan, biaya promosi, hingga biaya-biaya lain untuk menunjang bisnis. Hal utama lainnya adalah Anda perlu menyiapkan izin usaha minimarket dari rt dan rw setempat serta dinas agar bisnis retail ini mempunyai izin yang legal. 

 

Memulai Membangun Bisnis Minimarket di Pedesaan atau Perkotaan

bisnis minimarket
sumber: www.biaya.info.com

Bisnis retail satu ini bukan merupakan sebuah jenis usaha yang musiman. Prospek dan potensi usahanya pun menjanjikan oleh sebagian pebisnis pemula. Namun, untuk mendirikan sebuah minimarket dengan sistem waralaba yang sudah terkenal, Anda membutuhkan biaya modal investasi yang besar, sekitar ratusan juta rupiah. Belum lagi biaya sewa lokasi usaha serta biaya-biaya lainnya. 

Jika Anda memiliki modal yang terbatas, maka ada alternatif lain yang lebih memungkinkan. Membangun minimarket secara mandiri menjadi solusi alternatifnya. Mendirikan minimarket secara mandiri memiliki beberapa kelebihan seperti tidak perlu membayar fee atau royalti, modal awal sangat fleksibel disesuaikan dengan kemampuan. Kelebihan lainnya jika bisnis retail Anda memakai nama brand sendiri bisa saja di kemudian hari dapat diwaralabakan secara nasional. 

 

Tips Membangun Bisnis Minimarket

Industri minimarket semakin bertumbuh akhir-akhir ini dengan semakin menjamurnya toko minimarket di setiap daerah. Selain memberikan kenyamanan dalam berbelanja, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam membangun bisnis minimarket atau toko kelontong yang sukses, berikut adalah beberapa tipsnya:

1. Tentukan konsep yang matang

Sebagian orang ada yang memilih usaha mandiri untuk mendirikan usaha minimarket dengan konsep dan nama milik sendiri. Namun, sekarang Anda bisa lebih mudah membuka usaha ini dengan sistem waralaba atau franchise minimarket yang menawarkan kerja sama.

Keuntungan membuka usaha dengan model franchise minimarket adalah kemudahan yang ditawarkannya seperti pemasaran, konsep, brand sudah dikenal publik, dan modal yang relatif lebih murah. Anda hanya perlu memberikan biaya tertentu yang dipotong dari keuntungan.

Memilih usaha waralaba membutuhkan modal yang jauh lebih murah dibandingkan membuka usaha minimarket sendiri. Maka dari itu, sebagai pemula, lebih baik jika Anda menggunakan sistem franchise atau waralaba sebagai tahap awal untuk memiliki minimarket. Setelah cukup dana, Anda bisa mengembangkan bisnis minimarket dengan brand sendiri.

Baca juga: Pahami Sistem Bisnis Franchise sebagai Peluang Bisnis yang Menjanjikan

2. Tentukan lokasi yang strategis

Tentukan lokasi usaha yang strategis dan dekat dengan pemukiman warga setempat. Misalnya dekat dengan pusat keramaian, berada di sekitar perumahan warga, hingga pinggir jalan raya yang ramai oleh lalu lintas kendaraan. Penentuan lokasi usaha ini sangat penting dan menentukan suatu kesuksesan pada bisnis minimarket rumahan.

Waspadai lokasi minimarket rawan banjir dan kemacetan. Minimarket seharusnya terletak di tempat yang sangat strategis. Orang akan mengenali minimarket anda jika letaknya strategis dan nyaman untuk singgah berbelanja.

3. Riset pasar demand yang dibutuhkan pada masyarakat sekitar

Tujuan utama sebuah bisnis minimarket adalah untuk memberi pelanggan apa yang paling mereka inginkan. Dengan menawarkan berbagai layanan dan produk di bawah satu atap, minimarket melakukan hal itu. Dalam masyarakat kita yang serba cepat, konsumen bersedia membayar banyak uang untuk beberapa menit tambahan.

Karena kenyamanan adalah nama permainannya, lokasi sangat penting. Salah satu keuntungan utama yang dinikmati dari minimarket yang memiliki tempat strategis adalah peluang untuk sukses berkelanjutan dan melayani berbagai jenis pelanggan.

Karena itu, Anda perlu menyadari bahwa lokasi akan mempengaruhi kesuksesan Anda. Penting untuk terlihat dan dapat diakses. Anda sebaiknya membuat keputusan yang tepat tentang lokasi Anda dalam hal jumlah pejalan kaki yang akan Anda tarik.

4. Jalin kerjasama yang baik dengan vendor

Vendor atau pemasok Anda adalah klien penting bagi Anda. Anda tidak hanya bergantung pada produk mereka, tetapi juga pada dukungan mereka. Dukung upaya dan aset pemasaran mereka karena pada kenyataannya kesuksesan Anda adalah kesuksesan mereka.

Mintalah materi di dalam toko, kemungkinan promosi atau inisiatif hubungan masyarakat apa pun yang dapat Anda dukung. Pelanggan yang mengaitkan Anda dengan merek yang sudah mereka kenal dan percayai akan membangun kredibilitas Anda sendiri.

Ini juga akan meningkatkan hubungan Anda dengan pemasok, membuat hubungan kerjasama Anda lancar dan menguntungkan, pada akhirnya ini akan menciptakan hubungan mutualisme antara Anda dan pemasok Anda.

6. Berikan produk yang berkualitas tinggi

Pelanggan akan selalu berdatangan jika barang dagangan dalam minimarket tersedia cukup lengkap. Tingkatkan kualitas dan juga kuantitas barang-barang untuk memenuhi kebutuhan pembeli. Jangan biarkan barang makanan yang terjual melebihi expired.

7. Gunakan teknologi untuk mengikuti zaman 

aplikasi trading minimarket
Sumber: www.equiperp.com

Sifat utama minimarket yang baik adalah memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan Anda. Anda tidak hanya harus menawarkan kepada mereka manfaat waktu dan kesederhanaan yang tidak berwujud, tetapi juga manfaat yang berwujud. Waspadai perubahan gaya hidup dan tren baru yang mereka ikuti. Misalnya, akibat pandemi saat ini, orang lebih sadar kesehatan daripada sebelumnya. Kerjakan ini ke dalam bisnis Anda dengan memperkenalkan merek sehat atau menawarkan pilihan makanan sehat siap saji, bukan hanya hot dog dan burger, misalnya. Terapkan  software trading terbaik dari equip untuk membantu Anda mengelola setiap hal yang Anda butuhkan secara otomatis.

Baca juga: 7 Cara Sukses Promosi Produk bagi Pebisnis Pemula

 

Cara Mengelola Bisnis Minimarket agar Bertahan Lama

Sebuah bisnis pastinya memiliki tingkat risiko yang berbeda. Bisnis minimarket ini memang sangat mudah untuk Anda jalankan, akan tetapi mempunyai risiko yang cukup besar. Salah satu risikonya adalah persaingan yang semakin kompetitif, sehingga banyak juga minimarket yang mengalami kebangkrutan. Simak tips berikut agar bisnis Anda dapat bertahan lama! 

1. Promosikan bisnis anda pada masyarakat sekitar

Dalam perkembangan teknologi yang pesat, manfaatkanlah media sosial sebagai wadah promosi bisnis Anda. Selain tidak memerlukan biaya yang cukup besar, promosi melalui media sosial juga lebih efektif dan efisien. Contohnya adalah melalui jejaring sosial Facebook dengan target pengguna yang cukup besar. 

Hal selanjutnya adalah melakukan promosi jauh-jauh hari sebelum pembukaan minimarket. Perencanaan ini harus terlaksana dengan matang dan Anda bisa mencari ide promosinya terlebih dahulu. 

2. Berikan pelayanan & kualitas terbaik

Pemilihan produk untuk stok produk toko menentukan kualitas dari toko Anda, Hal ini haruslah sesuai dengan lingkungan tempat Anda membuka usaha. Daerah yang panas cenderung membutuhkan stok minuman yang dingin. Sementara, untuk kawasan perumahan dengan mayoritas keluarga muda akan membutuhkan perlengkapan kebutuhan sehari hari, produk perawatan bayi hingga cemilan anak-anak. Carilah produk dengan merek populer dengan peminat yang banyak, kemampuan dalam menjual banyak produk merupakan kunci dari kesuksesan sebuah bisnis retail. Selain itu kualitas pelayanan dari toko Anda menentukan bagaimana keberlangsungan bisnis Anda. Berikan pelayanan terbaik agar pelanggan merasa senang dan tertarik untuk kembali

3. Kelola dengan teknologi terkini

Semakin maju zaman, semakin banyak kebutuhan bisnis yang dapat menjadi lebih mudah karena adanya bantuan teknologi. Misalnya menggunakan aplikasi kasir dan juga software akuntansi untuk mencatat transaksi dan memantau kesehatan finansial bisnis Anda.

Jika zaman dahulu Anda mencatat transaksi dan melakukan pembukuan secara manual, saat ini teknologi telah membuatnya lebih mudah dan lebih baik.

Menggunakan  software trading yang baik dan menyertakan program loyalitas sangat penting. Ini membantu Anda melacak produk mana yang paling banyak terjual. Kemudian Anda dapat menawarkan promo yang menargetkan pembeli rutin agar mereka terus kembali ke toko Anda.

Contohnya adalah membagikan kupon berdasarkan produk populer yang Anda jual. Itu juga bisa menyarankan barang diskon terkait lainnya khusus untuk pelanggan tetap.

Anda juga perlu menggunakan software akuntansi yang memiliki fitur yang dibutuhkan minimarket Anda, dan kalau bisa terintegrasi dengan sistem kasir Anda sehingga seluruh data penjualan dapat diproses secara otomatis menjadi data finansial yang faktual dan sesuai dalam bisnis. Salah satu software akuntansi yang bisa Anda pilih adalah 

4. Jalin hubungan yang baik dengan pelanggan

Sebuah bisnis minimarket dirancang untuk menawarkan kebebasan kepada pelanggan untuk melakukan proses keputusan pembelian dengan cepat dan pada satu tempat. Komunikasi yang baik antara pelanggan dan karyawan Anda menghadirkan keuntungan besar bagi pemilik bisnis. Berikan bantuan kepada pelanggan dalam mencari informasi, mengevaluasi alternatif, membuat keputusan, sehingga mereka benar-benar membeli semuanya dalam toko Anda.

 

Kesimpulan 

Meskipun bisnis minimarket adalah sebuah tempat usaha yang menyediakan berbagai aneka ragam produk kebutuhan sehari-hari. Alangkah baiknya, jika melakukan inovasi juga terutama dalam hal promosi. Lakukan promosi dengan mengikuti tren yang berbeda dengan kompetitor. Hal ini agar bisnis Anda akan bertahan lama dan tidak mengalami kerugiaan. 

Tingkatkan efisiensi proses transaksi Anda dengan software trading dari equip. Kelola inventaris, program promosi, dan stok transfer dengan mudah hingga lakukan analisis penjualan pada semua cabang secara otomatis.

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
+628111775117
×
Jadwalkan Demo Via WA