Software Payroll Terbaik dan Fungsinya bagi Perusahaan

Software Payroll merupakan perangkat lunak yang penggunaanya memudahkan perusahaan mengelola dalam melakukan perhitungan dan pembayaran gaji kepada karyawan. Software ini penting untuk perusahaan karena dengan menggunakan metode ini, perusahaan akan dapat dengan  mudah mengatur segala pembayaran gaji pada karyawannya.

Dengan software ini, Anda tidak perlu kewalahan untuk menghitung segala pembayaran gaji pada karyawan karena segala prosesnya akan lebih cepat dan akurat. Hal tersebut terjadi karena menggunakan sistem yang nantinya akan secara otomatis melakukan segala perhitungan. Anda dapat menyimak artikel ini untuk memahami lebih lanjut! 

software payroll

Daftar Isi

Pengertian Software Payroll

Payroll dan software payroll adalah salah satu sistem atau software yang dapat memudahkan perusahaan dalam proses menghitung gaji karyawannya. Dengan software payrol ini, nantinya perusahaan akan dapat dengan mudah menghitung gaji karyawannya. Menghitung gaji karyawan dilakukan berdasarkan perhitungan dari data jam kerja maupun kehadiran yang sudah terintegrasi dalam sistem. 

Selain itu, dengan penggunaan software ini perusahaan akan mudah serta cepat dalam menghitung waktu lembur karyawan, tunjangan, insentif dan bonus. Saat ini banyak perusahaan yang telah menggunakan software ini karena kemudahannya sangat berperan pada perusahaan. Dengan penggunaannya HR dapat dengan mudah menghitung segala perhitungan gaji karyawan.

Baca juga: Siap jadi UMKM Go Digital? Ini Langkah Mudah Memulainya

Fungsi Software Payroll bagi Perusahaan

Penggunaan software payroll merupakan perangkat lunak yang membantu perusahaan dalam mengelola segala hal terkait perhitungan gaji karyawan. Terlebih mengingat fungsinya, terdapat beberapa fungsinya bagi perusahaan:

1. Mengelola data karyawan

Dalam hal mengelola data, teknologi ini memberikan solusi yang sangat lengkap akan fiturnya untuk pengelolaan setiap karyawan. Data yang ada berisi informasi lengkap yang berkaitan dengan segala pengelolaan gaji meliputi tanggal lahir, nomor rekening bank, remunerasi, dan lainnya. Manfaat dari fitur ini berguna untuk mengotomatiskan operasional perusahaan sehingga dalam hal proses penyimpanan akan data karyawan tidak lagi manual.

software payroll
Source: freepik.com

2. Memantau dan mengelola jam kerja karyawan

Nantinya, dalam penggunaan software ini, rincian dalam pendataan jam kerja setiap karyawan akan lebih mudah terpantau. Tujuan perusahaan menggunakan software ini yaitu demi meningkatkan produktivitas dan menjaga kedisiplinan setiap karyawannya. Karena pola kerja yang terpantau secara otomatis, proses akan lebih akurat serta memudahkan untuk melakukan prosedur pencatatan akan gaji setiap karyawan melalui software payroll ini.

3. Menghitung gaji

Penggunaan dari sistem ini membuat perusahan dapat melakukan perhitungan akan gaji karyawannya berdasarkan periode mingguan, bulanan, tambahan bonus hingga dalam jam lembur sekalipun. Dalam proses penggajian  karyawan, sudah saatnya Anda beralih menggunakan software ini melalui aplikasi payroll management yang menghitung gaji secara akurat berdasarkan waktu kerja, jam lembur serta kehadiran karyawan.

4. Menghitung BPJS

Perhitungan BPJS juga bisa dilakukan dalam penggunaan aplikasi payroll. Penggunaannya  menghasilkan manfaat yang cukup besar, karena dapat memetakan secara rinci dan akurat untuk pengeluaran akan gaji karyawan serta menghindari kesalahan data dari yang namanya human error. Saat ini, perhitungan yang dilakukan dengan cara manual akan menghabiskan waktu yang cukup lama, serta rentan terhadap human error.

5. Sistem pembukuan otomatis

Dalam pengelolaan dari sistem pembukuan Anda perlu menggunakan sistem payroll ini agar terencana dengan otomatis. Sebagai pengelola, Anda pun dapat mengatur sesuai dengan kebutuhan yang tujuannya untuk memudahkan kinerja dalam memberikan hak untuk setiap karyawan Anda. Penyesuaian dalam software payroll pada aplikasi payroll management  dalam fiturnya ini dapat menghitung secara akurat.

Baca juga: Apa Itu ERP serta Manfaatnya Untuk Bisnis

Manfaat Software Payroll

Tentunya banyak manfaat dari penggunaan teknologi yang satu ini, perusahaan tidak perlu menggunakan waktu yang lama karena penggunaan dari software ini yang otomatis dengan bantuan sistem. Dalam perhitungan pun akan cepat dan akurat bahkan karena sistem yang otomatis hasilnya akan langsung keluar tanpa menunggu waktu yang lama.

Selain itu, penggunaan dari sistem ini menghemat biaya operasional perusahaan Anda. Bayangkan, jika Anda perlu merekap dengan banyaknya kertas dan dokumen secara manual setiap kehadiran, jam lembur, dan sebagainya. Dengan software tersebut, tentu saja aktivitas seperti itu dapat dikerjakan secara otomatis dan Anda bisa fokus mengerjakan hal penting lainnya.

Tips dalam Memilih Software Payroll

tips

Terdapat tips dalam memilih software payroll untuk perusahaan Anda, karena jika Anda memilih software dengan tepat tentu akan mempengaruhi dalam proses penerapannya pada perusahaan Anda . Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan:

  • Kelengkapan pada fitur harus mendukung proses penggajian perusahaan
  • Keamanan data perusahaan harus dapat terjamin pada
  • User-friendly dan dapat dengan mudah saat digunakan
  • Dapat memproses perhitungan dengan cepat dan akurat
  • Pengaksesan yang mudah oleh karyawan kapan saja
  • Software terupdate mengikuti perubahan yang ada
  • Harga dan sistem pembayaran yang kompetitif untuk menghemat biaya operasional perusahaan

Baca juga: Perbedaan Software Payroll dan Software HRIS yang Harus Anda Ketahui

Software Payroll Terbaik di Indonesia

Setelah memahami lebih dalam terkat penggunannya, tentunya Anda akan beralih menggunakan sistem ini untuk mempermudah segala proses khususnya penggajian di perusahaan Anda. Terdapat beberapa solusi dari software payroll terbaik di Indonesia:

HashMicro

HashMicro sebagai salah satu penyedia software terbaik Indonesia selain itu, HashMicro membangun sebuah sistem berbasis cloud yang mengotomatiskan proses end-to-end operasi bisnis serta solusi otomatis yang mendukung kegiatan operasional bisnis. Dari berbagai sistem ERP HashMicro memiliki software HR terlengkap untuk manajemen payroll terbaik yang dapat mengotomatiskan tugas HR dan administrasi karyawan Anda. 

Kelebihan software HR untuk manajemen payroll:

  • Aplikasi payroll yang dapat menghitung gaji secara akurat berdasarkan waktu kerja, jam lembur dan kehadiran karyawan.
  • Pembaruan otomatis dari database karyawan yang terupdate otomatis.
  • Proses instan seperti seluruh pengajuan cash advance, cuti, dan reimbursement dapat dilacak dan diproses secara instan.
  • Integrasi kalender yang memudahkan pemantauan meeting setiap karyawan.
  • Pelaksanaan evaluasi KPI yang mudah berdasarkan KPI setiap karyawan.

Baca juga: SaaS adalah Sebagai Pelayan dan Pendukung Perkembangan Bisnis

Kesimpulan

Dalam dunia era digital saat ini, banyak perusahaan yang mencoba beralih menggunakan software ERP untuk mengotomatiskan segala aktivitas operasional perusahaannya. Sehingga Anda tidak perlu memakan waktu lama untuk melakukan proses penggajian karyawan. Maka dari itu, saat ini Anda perlu beralih menggunakan HR software dan aplikasi payroll terlengkap untuk enterprise Anda. 

software payroll

Equip ERP sebagai salah satu penyedia layanan ERP terbaik di Indonesia memiliki beberapa modul yang dapat membantu bisnis Anda untuk lebih berkembang. Modul yang dapat Anda terapkan, seperti accounting, CRM, procurement, inventory, hingga point-of-sales. Demo gratis sekarang dan tingkatkan bisnis Anda ke level tertinggi.

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
+628111775117
×
Jadwalkan Demo Via WA