Siap jadi UMKM Go Digital? Ini Langkah Mudah Memulainya

Di Indonesia, arti UMKM memiliki peranan sangat penting dalam perekonomian negara. Ini karena sektor UMKM adalah penyumbang ekonomi terbesar, paling banyak menyerap lapangan kerja, serta relatif tahan terhadap krisis keuangan. Bidang usaha semacam ini dari tahun ke tahun justru mengalami peningkatan. Ini menjadi bukti bahwa masyarakat masih berminat untuk menjalankan usaha UMKM dengan baik.

Namun, pada masa pandemi ini banyak sekali UMKM yang terpaksa harus gulung tikar karena tidak mampu beradaptasi. Tentu saja para pelaku UMKM ini harus mendapat dukungan dari semua pihak. Mengingat mereka juga memiliki peran begitu penting untuk menopang ekonomi bangsa. Tentu saja untuk bisa bertahan di tengah pandemi, para pelaku UMKM harus memiliki kecakapan digital. Karena masa ini menjadi masa yang paling sulit bagi para pelaku bisnis khususnya UMKM.

umkm

Pengertian UMKM 

Pengertian UMKM secara umum adalah singkatan dari Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Yang mana ini merupakan satu model baru dalam kegiatan perniagaan atau perdagangan. Ada juga yang mengartikan bahwa UMKM adalah suatu usaha perniagaan yang pengelolaannya dilakukan oleh individu atau perorangan serta badan usaha dengan lingkup kecil yang lebih dikenal dengan istilah mikro.

Berdasarkan peraturan undang-undang UMKM, pemerintah berasumsi bahwa penjualan tahunan rata-rata suatu bidang usaha adalah lima kali dari kekayaan bersih usaha tersebut. Definisi tersebut sesungguhnya lebih mengacu pada kinerja operasional, karena usaha dengan jumlah karyawan besar sekalipun dapat menjadi usaha kecil jika penjualan tahunan dan kekayaannya rendah. Sebaliknya, perusahaan bisa tergolong usaha besar jika penjualan tahunan dan kekayaannya besar, meski jumlah karyawan hanya sedikit.

Baca juga: Rekomendasi Software Terbaik untuk Bisnis Minimarket Anda

Perkembangan UMKM Dahulu dan Sekarang

Perkembangan zaman memang begitu hebat, hal ini juga terjadi pada UMKM, yang mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Berdasarkan data dari Kementerian Koperasi dan UKM RI, UMKM secara keseluruhan mengalami perkembangan dan pertumbuhan yang baik seiring berganti tahun. 

Dalam pengelolaan UMKM dahulu sangat berbeda dengan sekarang, para pelaku usaha masih melakukannya secara manual, contohnya dari mulai penjualan, pembayaran, bahkan sampai pengelolaan terhadap dana UMKM. Dengan minimnya informasi, para pelaku usaha masih sulit dalam menyebarkan pasar usaha mereka. 

umkm
Source: freepik.com

Majunya UMKM di Indonesia tidak terlepas dari perkembangan teknologi yang terjadi saat ini. Beberapa penelitian menunjukkan kalau salah satu faktor yang mendukung perkembangan UMKM adalah karena pemanfaatan sarana teknologi, informasi dan komunikasi, Para pelaku usaha mulai memanfaatkan sarana teknologi untuk melebarkan pasar usahanya, serta menggunakan aplikasi online dan media sosial untuk memasarkan produk yang dijual.

Bahkan zaman sekarang sistem pembayaran tidak lagi menggunakan uang tunai, melainkan menggunakan uang digital, hanya mengarahkan smartphone ke QR code yang telah disediakan oleh UMKM, maka pembayaran pun telah selesai dilakukan. Hal ini juga sudah tidak asing di sekitar kita, pelaku UMKM saat ini juga tidak perlu bersusah payah dalam mengelola keuangan, karena sudah banyak aplikasi yang ditawarkan untuk mencatat serta mengelola keuangan usaha.

Baca juga: Supply Chain Management adalah: Tujuan, Manfaat, dan Penerapannya

Karakteristik UMKM

Karakteristik UMKM merupakan sifat atau kondisi faktual yang melekat pada aktivitas usaha maupun perilaku pengusaha yang bersangkutan dalam menjalankan bisnisnya. Karakter ini yang menjadi ciri pembeda antar pelaku usaha sesuai dengan skala usahanya. Menurut Bank Dunia, UMKM dapat dikelompokkan dalam tiga jenis, yaitu:

1. Usaha mikro

Kriteria yang masuk UMKM pertama adalah usaha mikro, yaitu suatu usaha atau perusahaan yang memiliki aset bersih usahanya kira-kira 50 juta perbulan. Biasanya jenis usaha ini memiliki kekayaan yang berupa bangunan maupun perusahaan yang menjadi tempat usaha tidak masuk ke dalam kalkulasi.

Selain itu usaha mikro memiliki ciri-ciri tertentu. Seperti belum pernah melakukan administrasi keuangan yang sistematis, sulit mendapat bantuan dari perbankan, barang yang dijual selalu berubah-ubah serta bentuk usahanya relatif kecil. Sedangkan contoh UMKM yang termasuk ke dalam kriteria usaha mikro adalah warung kelontong, peternak,dan warung nasi serta usaha yang sejenis.

2. Usaha kecil

Usaha kecil juga merupakan kriteria dari sebuah badan usaha UMKM, yang mana usaha kecil ini merupakan satu usaha dikelola oleh personal namun tidak tergolong sebagai badan usaha. Kekayaan usaha yang tergolong usaha kecil biasanya berada di bawah 300 juta per tahun. Ini merupakan kekayaan bersih yang sudah dikalkulasi secara sempurna.

Usaha kecil juga memiliki ciri-ciri tertentu. Yaitu tidak memiliki sistem pembukuan, kesulitan untuk memperbesarkan skala usaha, usaha non ekspor impor serta masih memiliki modal yang terbatas. Dapat disimpulkan tentu usaha kecil memiliki progres bisnis yang lebih tinggi dibandingkan usaha mikro. Contohnya seperti industri kecil, koperasi, minimarket, toserba, dan lainya.

3. Usaha menengah

Sebuah badan usaha biasanya memiliki laba bersih atau kekayaan aset dari perusahaan mencapai 500 juta perbulan. Namun, sama dengan kriteria usaha yang lain kekayaan seperti tanah dan bangunan sebagai tempat usaha dalam jenis ini juga tidak dimasukkan ke dalam kalkulasi.

Usaha menengah biasanya memiliki ciri-ciri manajemen usaha sudah lebih modern serta melakukan sistem administrasi keuangan sekalipun dengan model yang sangat terbatas.

Selain itu tenaga kerja yang ada di dalam perusahaan dengan kriteria usaha menengah biasanya sudah mendapatkan jaminan kesehatan dan kerja. Sedangkan untuk perusahaannya sendiri maka minimal harus memiliki NPWP, izin tetangga dan legalitas yang lainnya. Contoh dari usaha menengah adalah usaha perkebunan, perdagangan ekspor impor, ekspedisi muatan kapal laut dan yang sejenis.

usaha menengah
Source: freepik.com

Contoh Jenis Usaha dari UMKM

1. Usaha agribisnis

Contoh usaha yang tergolong ke dalam UMKM yang pertama adalah usaha agribisnis. Ini merupakan suatu bisnis atau satu usaha yang ada hubungannya dengan penyediaan alat pertanian. Misal usaha menjual pupuk, bibit tanaman, zat pestisida dan yang sejenis. Biasanya usaha ini terdapat di daerah pedesaan. Mengacu pada modal yang minim dan progres usaha yang tidak menentu tentunya bisnis ini masih layak dijadikan sebagai jenis usaha UMKM.

2. Usaha kuliner

Bisnis makanan atau yang dikenal dengan bisnis kuliner adalah salah satu jenis Usaha Kecil Menengah (UKM).Contoh usaha kuliner UMKM, yaitu jualan cemilan, membuat restoran kecil, rumah makan, usaha kafe, jualan makanan, warung makan, kue pesta atau kue ulang tahun, cateringan dan lain sebagainya.

3. Usaha fashion

Contoh usaha UMKM yang ketiga adalah usaha fashion atau usaha yang bergerak dalam bidang jual beli pakaian. Pakaian menjadi kebutuhan pokok manusia yang juga harus tersedia. Usaha ini masuk ke dalam jenis UMKM karena sejatinya masih belum banyak orang yang membangun usahanya dengan sistem perniagaan tinggi. Sekalipun mereka tidak juga membangun bisnisnya dalam bentuk usaha kecil atau mikro. Karena sebagian besar usaha fashion ini biasanya bergerak dalam bentuk usaha menengah.

Baca juga: Manfaat E-Invoice untuk Kelancaran Dalam Berbisnis

Hambatan yang Sering Terjadi pada UMKM

Meskipun sering terjadi hambatan dalam sebuah bisnis UKM,  jangan Anda jadikan permasalahan ini sebagai penghalang, melainkan sebuah tantangan yang harus dilalui demi kelangsungan usaha Anda. Dari sekian banyak permasalahan UMKM yang terjadi di Indonesia, berikut beberapa permasalahan di bawah ini yang paling sering terjadi.

  • Modal terbatas

Permasalahan UKM paling utama adalah modal usaha yang terbatas. Akibatnya, para pengusaha tidak bisa menaikkan jumlah produksinya untuk mencapai omzet lebih banyak.

Para pelaku UMKM mungkin saja memiliki banyak ide bisnis untuk mengembangkan usahanya, namun harus terhenti karena tidak adanya modal tambahan. Jika ditelusuri ke belakang, banyak pelaku UMKM yang kesulitan untuk mendapatkan modal tambahan.

  • Belum memaksimalkan pemasaran online

pemasaran online
Source: freepik.com

Salah satu faktor yang menyebabkan pendistribusian barang UMKM kurang meluas karena pengusaha belum melakukan pemasaran online baik melalui website dan optimasi SEO maupun media sosial.

Mungkin, beberapa pelaku UMKM sudah memasarkan produknya secara online melalui media sosial, situs marketplace, dan lainnya. Akan tetapi, dalam prakteknya masih kurang maksimal. Sehingga, hasil yang didapat pun kurang maksimal.

Kurangnya pengetahuan sampai dengan adaptasi terhadap internet dan perkembangan teknologi yang dialami pelaku UMKM ini menjadi tantangan dan masalah yang harus dihadapi.

Baca juga: Pentingnya Penggunaan Digital Marketing dalam Aspek Bisnis

  • Pengelolaan keuangan tidak efisien

Memiliki arus kas yang kuat dapat membuat bisnis Anda berjalan. Karena, pada dasarnya manajemen keuangan berhubungan langsung dengan arus kas. Pengelolaan arus kas yang salah akan menimbulkan masalah pada bisnis Anda.

Itulah permasalahan yang sering terjadi saat ini. Tidak sedikit pada pelaku UMKM di Indonesia yang tidak memperhatikan pengelolaan keuangan bisnis. Hal tersebut tentunya berakibat pada pengelolaan keuangan tidak bekerja secara efisien.

Pengelolaan keuangan yang tidak efisien akan membuat masalah. Salah satunya menghadapi masalah perihal keuangan dengan adanya pengeluaran keuangan lebih besar dari pemasukan. Hal itu berarti bisnis Anda tidak menghasilkan pendapatan yang cukup dari pelanggan.

Baca juga: Aplikasi Jurnal Akuntansi: Pengertian, Manfaat, dan Fiturnya

Alasan Mengapa UMKM Perlu Go Digital

Di tahun 2022, strategi pemasaran modern tidak lagi hanya sebatas promosi offline saja, namun juga sudah banyak menggunakan teknologi agar bisa menjangkau pasar yang lebih luas. Maka, cara seperti ini disebut dengan go digital atau online. Artinya, suatu langkah yang menggunakan internet dalam memperluas jangkauan pemasaran.

Salah satu manfaat dari menerapkan go digital yang paling besar adalah bisa menekan biaya operasional. Untuk para pebisnis UMKM, biaya operasional seperti workshop, kios dan juga pemasaran yang dilakukan dengan metode offline akan sangat memberatkan mereka. Selain itu, Dengan menerapkan go digital, maka pebisnis UMKM tidak hanya berpotensi mendapatkan banyak sekali pelanggan, namun juga mulai memasuki babak persaingan baru dalam ranah industri modern dan lebih profesional.

Baca Juga: Pentingnya Penggunaan Digital Marketing Dalam Aspek Bisnis

bisnis umkm

Langkah-langkah yang Bisa UMKM Lakukan untuk Berkembang Secara Digital

Dunia teknologi yang semakin maju membuat pemerintah mulai menggalakkan program UMKM go digital untuk mengikuti perkembangannya. Sebagai sektor usaha yang mendominasi ekonomi nasional, penting bagi UMKM untuk terus bertahan. Untuk itu Anda perlu menerapkan langkah mudah berikut agar bisa mengikuti gerakan UMKM online.

  • Riset pasar

Melakukan riset pasar penting bagi pelaku UMKM go digital agar peluang barang terjual menjadi lebih besar. Beberapa aspek yang perlu Anda perhatikan saat riset pasar adalah permintaan atas barang yang Anda jual di platform tempat berjualan.

Software ERP dapat membantu Anda melakukan riset pasar untuk mengetahui produk apa yang paling laris terjual. Dengan mengetahui demand produk, Anda bisa mulai merencanakan strategi penjualan berikutnya.

  • Riset kompetitor

Memiliki kompetitor dalam berbisnis bukanlah hal yang buruk ataupun menakutkan. Dengan mengetahui kompetitor, Anda dapat mempelajari strategi pemasaran yang tepat untuk produk serta mempertahankan loyalitas pelanggan. Bagaimanapun kita tidak boleh mengabaikan kompetitor bisnis kita. Melalui riset kompetitor kita dapat mengetahui celah-celah bisnis yang bisa kita masuki. 

  • Membuat akun media sosial

Media sosial adalah wadah yang dapat mempertemukan orang-orang dari seluruh penjuru dunia yang bisa berperan sebagai semacam curriculum vitae yang bisa memperkenalkan profil usaha anda secara global. Antara lain contohnya seperti: Facebook, Instagram dan Twitter adalah media sosial terbesar dan paling strategis untuk menampung profil usaha Anda.

Sistem ERP Cocok Untuk Dukung UMKM Go Digital

Saat ini, UMKM sedang marak di masyarakat. Pelaku UMKM sendiri sangat beragam dan bisa dari berbagai latar belakang. Walaupun mungkin terdengar ERP begitu besar untuk UMKM, namun jika kita bisa melihat lebih jauh maka akan mendapatkan manfaat yang sangat baik. 

Dukungan dari pemerintah yang saat ini sedang banyak digalakkan terkait UMKM dapat menjadi sebuah kemajuan dan dengan menggunakan ERP bisa meningkatkan fungsi bisnis untuk pelaku UMKM. Jika menggunakan sebuah sistem untuk masing – masing fungsi bisnis, mungkin akan memakan tempat kapasitas sebuah perangkat. 

Hal ini bisa menjadi penghambat jika semua data mulai banyak, maka perlu sistem yang dapat mengintegrasikan semua dalam satu sistem. Keuntungan dalam menggunakan ERP adalah bersifat real time, mengurangi duplikasi data, memasukkan data lebih mudah dan bisa langsung membuat laporan dari berbagai departemen atau divisi lainnya. 

Baca Juga: Apa Itu ERP dan Manfaatnya Untuk Bisnis?

Fitur Sistem ERP yang Bisa Membantu UMKM Semakin Lincah di Era Digital

enterprise resources planning
Source: freepik.com

Accounting

Salah satu masalah yang banyak UKM Indonesia hadapi adalah mereka tidak melakukan pembukuan pada manajemen keuangan mereka pada saat memulai bisnis. Hal ini sangat berbahaya, terutama bagi UKM yang tidak mempunyai modal besar karena mereka tidak bisa mengetahui keuntungan atau kerugian yang bisnis mereka dapatkan. Terutama dengan kemajuan teknologi saat ini sudah banyak software accounting yang mampu membuat proses pembukuan lebih optimal sekalipun Anda tidak mengetahui ilmu akuntansi secara mendalam.

CRM

CRM (Customer Relationship Management) adalah strategi bisnis yang memadukan proses, manusia dan teknologi. Membantu menarik prospek penjualan, mengkonversi mereka menjadi pelanggan, dan mempertahankan pelanggan yang sudah ada,pelanggan yang puas dan loyal.

Fungsi software CRM membantu perusahaan mengotomatiskan pengelolaan data pelanggan, identifikasi prospek, dan membuat berbagai rencana promosi dengan mudah. Seluruh informasi lengkap prospek dan pelanggan tersimpan dalam satu tempat, sehingga Anda dapat memahami kebutuhan mereka dan memberikan layanan yang terbaik.

Purchasing

Purchasing merupakan sistem yang bermanfaat untuk mengontrol setiap proses pembelian yang terjadi di perusahaan dengan efisien. Anda dapat mengelola pengajuan pembelian pada setiap cabang dan mendapatkan penawaran terbaik dari supplier untuk menghindari peluang terjadinya tindak kecurangan.

Fitur tersebut memudahkan setiap kegiatan operasional perusahaan dengan sistem procure to pay. Sehingga perusahaan akan mendapatkan pengadaan barang atau jasa dengan kualitas terbaik.

Sales

Sistem Point of Sale (POS) merupakan salah satu fungsi yang ada Melalui sistem POS proses penjualan dapat dilakukan dan dicatat lebih mudah. Penjualan akan mencatat mulai dari siapa yang membeli, apa yang dibeli, mendapatkan berapa harga dan berapa diskon, dan menggunakan apa pembayarannya. Sistem POS yang baik akan terintegrasi dengan seluruh fungsi yang ada pada Sistem ERP. Sehingga seluruh data akan terintegrasi mulai dari POS sampai dengan Finance & Accounting Sistem.

Inventory

Fitur Inventory adalah sistem yang bermanfaat untuk pemantauan dan pemeliharaan inventaris yang disimpan oleh suatu perusahaan. Barang-barang ini bisa merupakan aset perusahaan, bahan baku, atau produk jadi yang siap dikirim ke klien atau konsumen akhir. Otomatisasi manajemen inventory akan membantu perusahaan menghemat waktu dan tenaga, supaya dapat lebih fokus kepada pengembangan bisnis. Jadi, dengan laporan inventaris yang lengkap dan detail, Anda bisa mengetahui produk mana yang paling laku terjual sampai yang kurang diminati konsumen Anda.

Software EQUIP ERP untuk Membantu UMKM Go Digital

Tahukah Anda bahwa EQUIP ERP dapat membantu permudah UKM untuk mengelola bisnis? Kini, Anda sebagai pelaku atau calon bisnis Usaha Mikro Kecil dan Menengah dapat membuat laporan keuangan, mengontrol stok yang akurat,  dan fitur canggih lainnya untuk memastikan Anda selalu mendapat pandangan menyeluruh terhadap inventaris Anda.

Lebih mudah dengan menggunakan EQUIP. Selain itu, EQUIP ERP dapat mempercepat pengelolaan data dalam jumlah yang besar dengan cepat dan tepat sehingga Anda dapat fokus untuk mengembangkan bisnis dan menghasilkan keuntungan lebih. Software EQUIP merupakan software yang inovatif dengan fitur terlengkap, dapat dikustomisasi sesuai kebutuhan bisnis Anda dan memiliki jumlah pengguna tanpa batas. Pastikan Anda sudah pakai software EQUIP ERP sekarang, software terlengkap dan terpercaya!

Kesimpulan

Saat ini pengembangan UMKM menjadi salah satu hal penting yang harus Indonesia perhatikan, hal ini bukan hanya menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah tetapi juga untuk masyarakat Indonesia secara keseluruhan.

UMKM adalah menjadi salah satu aspek penting dalam sistem ekonomi kerakyatan di mana memiliki peranan untuk menghilangkan kesenjangan antar golongan, pengurangan kemiskinan, meningkatkan perekonomian daerah, bahkan memberikan dampak positif pada ketahanan ekonomi nasional. Walaupun, ada beberapa permasalahan yang sering dialami UMKM di Indonesia dan masih menjadi pekerjaan rumah bagi sektor ekonomi. Jika tidak teratasi, maka UMKM yang sedang tumbuh bisa saja kalah bersaing, stagnan, bahkan gulung tikar.

umkm

Teknologi berperan untuk membantu para pelaku bisnis seperti mempercepat produktivitas dalam suatu usaha yang tentu saja akan mempengaruhi tingkat pendapatan. Salah satunya dengan sistem equip ERP untuk UMKM bisa menjadi pilihan terbaik karena tidak perlu menggunakan perangkat lunak yang terpisah namun bisa langsung terintegrasi dan mempermudah proses bisnis Anda.

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
+628111775117
×
Jadwalkan Demo Via WA