Software inventori: Pengertian, Manfaat, Fitur, serta Rekomendasi Terbaik

Saat mengelola bisnis khususnya pengelolaan pada operasi gudang, Anda perlu memperhatikan sistem manajemen inventori terbaik yang mengatur pada persediaan juga yang berkaitan dengan aktivitas logistik perusahaan. Jika Anda mengelola inventori dengan baik, akan berpengaruh baik pada bisnis Anda serta memperoleh keuntungan. Selain itu, software inventori yang tepat dapat membantu bisnis untuk berkembang dengan baik. 

Penggunaan software inventori yang terintegrasi dapat mengatasi banyaknya kesulitan saat mengelola gudang Anda. Sebelum itu, Anda perlu mengetahui manfaat, fitur, serta rekomendasi software inventori gudang terbaik untuk  bisnis Anda!

software inventori

Daftar Isi

Pengertian Inventori dan Software Inventori

Inventory merupakan aset utama pada perusahaan. Inventori merupakan barang milik perusahaan yang tujuannya untuk dijual. Selain itu inventori merupakan produksi barang jadi dan termasuk bahan juga pelengkap yang akan digunakan dalam proses produksi. Persediaan barang yang masih dalam proses produksi, artinya persediaan ini menunggu penggunaanya dalam suatu proses produksi

Software inventori merupakan perangkat lunak yang dapat mengelola inventori dengan sistem melacak tingkat inventaris, penjualan, pengiriman dan lainnya. Penggunaan software inventori yang tepat dapat menghindari kelebihan maupun kekurangan pada stok barang. Dalam mengelola inventori, tentunya akan terjadi banyak permasalahan jika masih mengelola dengan cara manual. Maka dari itu, penggunaan software inventory terbaik dapat mengatasi permasalahan yang akan terjadi. 

Baca juga: Mengenal Procurement Management dan Fungsinya bagi Perusahaan

Manfaat Penggunaan Software Inventori

pengelolaan inventory

Saat menggunakan software inventori gudang yang tepat, Anda akan mendapatkan manfaat yang akan berpengaruh pada proses operasi manajemen inventory perusahaan. Berikut beberapa manfaat penggunaan software inventori:

1. Monitor perpindahan stok barang

Saat mengatur perpindahan pada stok barang, jika melakukan proses tanpa sistem tentunya perusahaan akan melakukannya dengan cara manual. Cara ini tentu akan memakan banyak waktu dibandingkan jika Anda mengandalkan sistem. Jika menggunakan sistem atau software inventori yang tepat Anda dapat mengatur dan mengawasi perpindahan stock management system barang dari satu lokasi gudang ke lokasi lainnya secara otomatis. 

2. Optimasi tingkat stok

Ketika mengatur dan mengelola stok barang Anda perlu memastikan tempat yang tepat untuk penyimpanannya. Selain itu, Anda juga perlu mengoptimasi tingkat stok juga memprediksi berapa jumlah barang pada stok awal juga saat stok barang mulai habis. Saat menggunakan sistem Anda dapat mengoptimalkan kontrol inventaris dengan notifikasi otomatis ketika stok mulai habis juga estimasi kebutuhan pada stok yang akurat. 

3. Operational dashboard

Dashboard operasional fungsinya untuk memonitor segala progress harian serta memastikan rencana yang telah dibuat sesuai dan konsisten. Selain itu, laporan progress harian juga dibuat dengan pencapain kinerja aktual. Penggunaan software inventori dapat memantau jumlah stok gudang, stock-in, stock-out, internal transfer melalui dashboard secara real-time

4. Memaksimalkan inventory control

Tujuan dari memaksimalkan inventory control yaitu, agar penyimpanan persediaan yang akan dibutuhkan tersedia tanpa menghabiskan banyak anggaran. Aktivitas ini berfokus pada level operasi serta penting dalam manajemen gudang. Selain itu, Anda dapat mencegah penimbunan stok barang pada gudang dengan memastikan produk-produk lama terjual terlebih dahulu.

Baca juga: 3 Aplikasi Toko Terbaik dan Manfaatnya untuk Bisnis Anda

Fitur-Fitur yang Wajib Ada Pada Software Inventori Anda

software inventori

Semua sistem manajemen inventori memiliki fitur-fitur yang cukup mirip. Diantaranya, memungkinkan penggunanya mengelola inventaris pada beberapa gudang dan sebagiannya mengelola stok barang pada satu lokasi. Berikut beberapa fitur utama pada software inventori terbaik:

QR/Barcode scanner

Salah satu fungsi fitur QR/barcode scanner yaitu menyimpan seluruh informasi berbagai barang atau produk yang sudah terdapat label barcode. Penggunaan QR akan memudahkan Anda karena barcode bekerja dengan cara otomatis, sehingga proses pelabelan berjalan dengan cepat. Selain itu, fitur ini memudahkan proses stock opname dengan mobile apps yang tentunya terdapat QR/barcode scanner. 

Baca juga: Sistem Barcode: Pengertian, Fungsi dan Kegunaannya

Product warranty & expiry tracking

Fitur pelacak ini memudahkan Anda untuk melacak masa kadaluwarsa pada produk-produk yang ada pada gudang. Jika Anda masih melacak dengan cara manual akan menghabiskan banyak waktu pada produksi barang. Maka dari itu, fitur ini dapat mempercepat proses produksi. Fitur ini juga memiliki notifikasi real-time seputar informasi garansi serta masa kadaluarsa dari produk atau bahan baku. 

Easy to use

Saat menggunakan fitur yang terdapat pada software, terdapat fitur yang mudah hingga cukup sulit untuk Anda gunakan dan pahami. Anda perlu menggunakan software easy to use untuk memudahkan kegiatan operasional perusahaan Anda. Maka dari itu, penggunaan fitur ini memiliki tampilan yang simple dan sistem yang dapat terkonfigurasi sesuai dengan kebutuhan perusahaan.  

Inventory forecasting

Saat mengelola gudang, tentunya Anda memerlukan informasi ketersediaan stok barang pada gudang Anda. Penggunaan dari fitur ini dapat mengupdate data ketersediaan stok barang secara real-time. Anda akan mendapatkan informasi dari fitur kapan dan dimana saja dengan fitur ini. 

In depth reports

Software inventory tentunya menyediakan fitur laporan. Karena laporan penting, maka fitur laporan sangat diperlukan. Maka dari itu, fitur in depth reports menyajikan berbagai laporan dari transaksi perusahaan khususnya laporan kegiatan di gudang. fitur ini menghasilkan laporan valuasi inventaris barang secara detail dari berbagai gudang dan lokasi dalam hitungan detik. 

UOM flexibility

terakhir, Anda pasti memerlukan fitur untuk mengetahui informasi detail terkait produk gudang Anda. Pada fitur ini Anda akan mendapatkan detail mengenai rincian produk secara akurat dan lengkap. Beberapa fitur lengkap software inventory EQUIP dapat memudahkan Anda dalam mengurus berbagai kegiatan produksi barang.

Baca juga: Terapkan Strategi Manajemen Produksi untuk Kelancaran Operasional Perusahaan

5 Rekomendasi Software Inventori Terbaik

pengelolaan inventory

EQUIP 

Software inventori EQUIP merupakan software terbaik di Indonesia. Selain cocok untuk UMKM hingga kelas enterprise gunakan, software ini memiliki beberapa fitur terintegrasi yang dapat memudahkan Anda untuk mengelola kegiatan operasional bisnis. Software ini menyediakan fitur yang dapat memantau stok barang, mengawasi proses pengepakan, scan barcode, serta melacak proses pengiriman pada barang. Beralihlah menggunakan software inventory terbaik dari EQUIP

Veeqo

Software inventory berbasis cloud ini tersinkronisasi dengan platform e-niaga yang populer seperti, amazon, eBay, UPS dan lainnya. Software ini cocok untuk bisnis yang memiliki beberapa cabang. Karena salah satu fitur nya yang dapat melacak inventory multi-gudang pada lokasi yang berbeda secara real-time

Zoho

Zoho inventory memiliki fitur manajemen multi-gudang yang dapat menyinkronkan seluruh platform penjualan Anda. Selain itu, Zoho memiliki fitur canggih lainnya seperti, scanner kode barang, manajemen pesanan dan pengemasan, serta melacak lokasi inventaris. Anda dapat menggunakan software inventory sesuai dengan kebutuhan bisnis. 

Netsuit

Software inventaris ini dapat Anda gunakan untuk berbagai jenis bisnis, mulai dari start-up hingga enterprise. Software ini terdapat 19 bahasa siap pakai juga berfungsi untuk semua jenis peran dari karyawan hingga manajer. Selain itu, juga dapat mengotomatiskan proses restock melalui notifikasi saat stok barang berkurang, mengatur tingkat minimum stock dan lead time.  

Stockpile

Software ini memudahkan Anda menambahkan stok dengan scan barcode. Stockpile dapat diakses oleh karyawan Anda. Setiap orang dapat melihat item yang tersedia, menandai item yang terjual dan yang sedang dalam pengemasan, serta menambahkan item inventaris. Maka dari itu, Anda perlu menggunakan software inventori lalu mencari software inventori terbaik yang dapat mengelola serta mengintegrasikan kegiatan operasional bisnis Anda. 

Baca juga: Mengenal Software ERP untuk UMKM dan Tips Memilihnya

Kesimpulan Software Inventori

Saat ini banyak perusahaan menggunakan software inventori gudang terbaik untuk membantu pengelolaan proses operasional bisnis mereka khususnya dalam mengelola gudang. Banyak software terbaik yang dapat Anda gunakan, salah satunya yaitu software inventory terintegrasi dari EQUIP yang merupakan software inovatif dengan fitur terlengkap. Selain itu, software ini dapat dikustomisasi sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda serta memiliki jumlah pengguna tanpa batas. Demo gratis Software Equip ERP sekarang untuk bantu bisnis mengelola stok secara real-time!

software inventori

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
+628111775117
×
Jadwalkan Demo Via WA