Tips Penting dan Sukses Kelola Manajemen Keuangan Perusahaan Anda

Manajemen keuangan merupakan aktivitas atau kegiatan utama perusahaan seperti pengelolaan, perencanaan, pemeriksaan, penganggaran, pengendalian dan lainnya. Manajemen keuangan adalah salah satu faktor penting yang dalam menentukan kesuksesan perusahaan. Penggunaan software akuntansi terbaik perlu perusahaan gunakan untuk mengelola keuangannya dengan baik, karena peran dari laporan keuangan menjadi krusial agar manajemen keuangan perusahaan terkelola dengan lebih baik. 

Saat ini, banyak perusahaan yang telah menggunakan software akuntansi terintegrasi untuk mendapatkan kemudahan dalam mengelola keuangan dan memudahkan pencatatan transaksi bisnis. Software akuntansi dari EQUIP dapat mengatasi permasalahan dan memudahkan dalam mengelola keuangan perusahaan. Simak artikel ini untuk ketahui pentingnya kelola manajemen keuangan perusahaan!

manajemen keuangan perusahaan

Pengelolaan Manajemen Keuangan harus baik dan benar

manajemen keuangan perusahaan
Sumber: canva.com

Selain perlu transparansi dan akuntabilitas, perusahaan memiliki pengelolaan keuangan dan pengelolaan pajak. Dalam pengelolaan keuangan perusahaan perlu memastikan bahwa penganggaran dana perusahaan berguna sesuai dengan rencana dan tujuan keuangan yang telah perusahaan buat dan atur. Pemasukan dan pengeluaran dana tersebut harus sesuai dengan anggaran yang telah ada dan tidak perusahaan gunakan untuk hal yang buruk. 

Selain pengelolaan keuangan atau kas, pengelolaan pajak sangat penting dalam manajemen keuangan bisnis karena berguna dalam mengoptimalkan beban pajak pada perusahaan. Karena pengelolaan pajak sangat berguna agar perusahaan tidak lebih dan kurang dalam membayar pajak. Maka dari itu, perusahaan perlu menggunakan software akuntansi terintegrasi untuk mempermudah pengelolaan keuangan tersebut, selain dapat Anda lakukan secara sistem yang canggih, software ini juga dapat melacak segala jenis transaksi yang terjadi sehingga operasional bisnis akan lebih terorganisir dengan baik. 

Baca juga: Fungsi Laporan Posisi Keuangan untuk Perkembangan Bisnis Anda!

Manajemen Keuangan Harus Transparansi

Setiap perusahaan perlu untuk mempunyai prinsip dalam keterbukaan terhadap keuangan perusahaan yang transparansi. Hal ini sangat penting, karena jika laporan keuangan perusahaan yang tertutup akan menyebabkan munculnya pikiran negatif seperti penggelapan dana yang memungkinkan pelanggaran itu akan terjadi. Maka dari itu, perusahaan harus transparansi karena saat manajemen dalam mengelola keuangan perusahaan terbuka hal ini dapat membantu setiap departemen agar dapat menjaga stabilitas pada keuangan perusahaan. Hal ini sangat perlu perusahaan perhatikan agar perusahaan terhindar dari hal yang dapat merugikan proses bisnis pada perusahaan. Untuk menghindari hal yang tidak Anda inginkan sekaligus memudahkan dalam kelola manajemen keuangan bisnis yang transparansi, perusahaan dapat menggunakan software akuntansi yang tepat untuk mempermudah pencatatan transaksi keuangan dan Anda dapat melacak segala jenis transaksi yang terjadi sehingga operasional perusahaan akan lebih terorganisir. 

Manajemen Keuangan Harus Akuntabilitas

Dalam mengelola keuangan dalam perusahaan, selain harus transparansi agar pengelolaan keuangan perusahaan berjalan lancar dan terhindar dari hal yang tidak diinginkan seperti penggelapan dana, manajemen keuangan bisnis juga harus akuntabilitas. Prinsip ini merupakan bentuk tanggung jawab dari seorang pengelola keuangan agar dapat melaporkan dari mana asal sumber dana tersebut. Selain itu, pengeluaran dana dipakai untuk apa saja serta keputusan apa saja yang perusahaan ambil terkait keuangan. Pihak manajer berhak mengetahui akuntabilitas keuangan dalam perusahan. 

Baca juga: Pengertian, Jenis, serta Contoh Margin dalam Dunia Bisnis dan Keuangan

Fungsi Penting Manajemen Keuangan yang Baik dan Benar

pengelolaan keuangan
Sumber: canva.com

Pengelolaan manajemen keuangan bisnis memiliki fungsi penting. Fungsi yang perlu manajer keuangan lakukan yaitu merencanakan dana, memanfaatkan dana, dan mencari dana dengan berbagai cara. Sehingga dapat memaksimalkan operasi perusahaan terutama proses pada manajemen keuangan. Hal ini, membutuhkan knowledge dari pasar uang dan informasi dari mana saja modal yang akan perusahaan peroleh serta keputusan yang tepat pada bidang keuangan yang perlu perusahaan buat. Berikut beberapa poin fungsi manajemen keuangan:

  • Perencanaan keuangan (planning)
  • Anggaran (budgeting)
  • Pengendalian keuangan (controlling)
  • Pemeriksaan keuangan (auditing)
  • Pelaporan keuangan (reporting)

Kesimpulan

manajemen keuangan perusahaan

Manajemen keuangan perusahaan merupakan pengelolaan utama yang sangat penting. Karena menjadi bahan evaluasi untuk menghindari hal yang tidak diinginkan terjadi pada perusahaan. Pengelolaan keuangan bisnis bertanggung jawab dalam mendapatkan dan menggunakan dana yang perusahaan perlukan untuk kegiatan operasional yang efektif dan efisien. Perusahaan dapat menggunakan software akuntansi terbaik dari EQUIP untuk memudahkan dalam menyederhanakan proses bisnis, selain itu meningkatkan produktivitas dan mendapatkan keuntungan bisnis secara nyata, karena software ini dilengkapi dengan berbagai fitur yang perusahaan butuhkan dalam proses pengelolaan finansial seperti, manajemen pembayaran dan faktur, manajemen nota debit dan kredit, pembuatan berbagai laporan keuangan, akaun analitik dan lainnya. 

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
+628111775117
×
Jadwalkan Demo Via WA