Jurnal Utang Usaha: Pengertian, Jenis, dan Contohnya

Setiap bisnis tentu memiliki utang pada pihak ketiga untuk menjaga keberlangsungan bisnis mereka. Dalam praktiknya, pemilik bisnis perlu untuk menjaga utang yang ada masih dalam kendali bisnis sehingga perlu melakukan pencatatan. Salah satu upaya untuk menjaganya adalah dengan pencatatan jurnal utang usaha.

Pengelolaan keuangan yang efektif menjadi kunci utama untuk keberlangsungan dan kesuksesan bisnis. Jurnal utang ini bukan hanya sekadar mencatat transaksi utang, tetapi juga dapat mengoptimalkan efisiensi operasional dan mempercepat pertumbuhan bisnis Anda. Berikut ini adalah penjelasan mengenai jurnal utang pada bisnis yang perlu Anda simak!

DemoGratis

Pengertian Jurnal Utang Usaha

Jurnal utang usaha adalah catatan atau dokumen yang berguna untuk mencatat semua transaksi kredit yang terjadi antara bisnis dengan pihak ketiga, seperti supplier, vendor, atau rekan bisnis lainnya. Jurnal ini mencatat setiap pembelian barang atau jasa dengan persetujuan pembayaran di masa mendatang atau melalui kredit. Oleh karenanya, jurnal ini sangat penting dalam menjaga utang bisnis dalam kendali.

Dalam pelaksanaannya, jurnal ini memainkan peran penting dalam mengelola keuangan bisnis. Dengan memiliki catatan yang akurat dan terperinci mengenai utang, bisnis dapat mengontrol aliran kas dengan lebih baik. Tidak hanya itu, bisnis juga dapat memastikan pembayaran tepat waktu kepada pihak ketiga dan mencegah risiko keterlambatan pembayaran atau sanksi hukum. 

Manfaat Jurnal Utang Usaha dalam Bisnis

jurnal utang usaha

Jurnal utang usaha merupakan bagian dari jurnal umum yang memungkinkan bisnis untuk melacak setiap utang kepada pihak lain. Misalnya, seperti informasi tentang jumlah utang, tanggal jatuh tempo, dan syarat pembayaran memudahkan dalam memonitor utang secara real-time. Dengan pemantauan yang akurat, bisnis dapat menghindari kelebihan utang, mengelola persediaan, serta mengoptimalkan pengeluaran.

Dengan mencatat semua transaksi utang, bisnis dapat mempertahankan kendali yang lebih baik atas kewajiban keuangan. Hal ini membantu dalam mengidentifikasi jumlah utang yang harus Anda bayarkan dan memastikan pembayaran yang tepat waktu. Dengan pemantauan yang cermat, bisnis dapat menghindari keterlambatan pembayaran, mengelola arus kas dengan lebih baik, dan mengurangi risiko keuangan.

Terakhir, pencatatan ini menyediakan data untuk analisis keuangan yang lebih mendalam. Bisnis dapat menggunakan informasi dalam jurnal untuk menganalisis tren pembelian, mengidentifikasi supplier yang paling efisien, dan mengevaluasi kebijakan pembayaran. Dengan analisis yang lebih baik, bisnis dapat melanjutkannya ke buku besar untuk proses akuntansi selanjutnya.

Jenis Akun dalam Jurnal Utang Usaha

jurnal utang usaha

Dalam praktiknya, jurnal utang usaha memiliki beragam jenis akun yang masing-masing memiliki karakteristiknya. Secara umum, tiap jenis ini berguna pada suatu kondisi tertentu, seperti saat penerimaan faktur hingga sebelum penerimaan. Berikut ini adalah penjelasan lengkap jenis jurnal utang yang perlu Anda ketahui!

1. Akun utang usaha belum ditagihkan

Istilah dengan nama lain account payable unbilled ini adalah akun dalam neraca keuangan bisnis yang mencatat utang yang belum terbayar kepada supplier atau penyedia layanan. Akun ini muncul ketika bisnis telah menerima barang atau jasa, tetapi belum menerima faktur atau tagihan resmi dari pihak ketiga. Pada saat kondisi tersebut, bisnis dapat mempersiapkan pembayaran meskipun bisnis belum menerima faktur.

Saat penerimaan barang atau jasa tetapi belum ada faktur, akun account payable unbilled akan tercatat dalam jurnal sebagai kewajiban yang perlu pembayaran. Hal ini memungkinkan pencatatan dan pemantauan kewajiban tersebut dalam sistem akuntansi. Penting bagi perusahaan untuk mencatat bahwa akun ini hanyalah sementara dan harus berlanjut dengan penerbitan faktur atau tagihan yang resmi

2. Jurnal utang usaha ditagih 

Jurnal ditagih atau account payable billed adalah akun dalam neraca keuangan bisnis yang mencatat kewajiban keuangan yang harus dibayar kepada penyedia layanan setelah menerima faktur atau tagihan resmi. Ketika bisnis menerima faktur, akun ini akan tercatat dalam jurnal sebagai kewajiban yang perlu pembayaran. Hal ini memungkinkan pencatatan dan pemantauan kewajiban tersebut dalam sistem akuntansi bisnis.

Account payable billed adalah langkah terakhir dalam siklus jurnal utang usaha. Setelah faktur atau tagihan Anda terima, bisnis akan melakukan pembayaran sesuai dengan syarat pembayaran yang tercantum dalam faktur atau tagihan tersebut. Setelah pembayaran, akun ini akan berkurang saat terbayar secara penuh. 

Contoh Pencatatan Jurnal Utang Usaha

Setelah memahami pengertian dan fungsinya dalam pencatatan utang, langkah selanjutnya adalah memahami contoh dalam pencatatannya. Sama seperti fungsinya, kedua jenis ini juga memiliki pencatatan yang berbeda pula. Berikut ini adalah contoh pencatatan jurnal utang yang perlu Anda simak!

1. Akun utang usaha belum ditagihkan

pencatatan kredit bisnis

Pada tanggal 1 Januari 2023, bisnis menerima barang atau jasa senilai 10.000 tanpa menerima faktur atau tagihan yang terkait. Kemudian pada tanggal 15 Januari 2023, bisnis menerima barang atau jasa lainnya senilai 8.000 tanpa menerima faktur atau tagihan yang terkait. Dalam pencatatannya berlaku sebagai berikut:

2. Akun utang usaha ditagih 

pencatatan kredit bisnis

Pada tanggal 1 Januari 2023, bisnis menerima faktur sebesar 10.000 dari supplier atau penyedia layanan. Kemudian, pada tanggal 15 Januari 2023, bisnis menerima faktur sebesar 8.000 dari supplier atau penyedia layanan. Berdasarkan kondisi tersebut, pencatatan utang usahanya adalah sebagai berikut:

Hubungan Jurnal Utang Usaha dengan Diskon

Dalam pencatatan atau jurnal utang pada bisnis yang berkaitan dengan diskon memiliki dua metode. Kedua metode tersebut adalah metode gross atau kotor dan metode nett atau bersih. Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya mengenai dua metode tersebut.

1. Gross methods (metode kotor)

pencatatan kredit bisnis

Metode kotor (gross method) saat diskon pembelian mengacu pada pencatatan diskon pembelian setelah mencatat jumlah utang usaha yang sebenarnya. Dalam metode ini, jumlah utang usaha tercatat secara penuh terlebih dahulu, kemudian diskon pembelian sebagai pengurangan dari jumlah utang usaha tersebut. Berikut ini adalah contohnya!

2. Nett methods (metode bersih)

pencatatan kredit bisnis

Metode bersih (net method) ini adalah kebalikannya dari gross methods. Metode dalam pencatatan utang saat diskon pembelian ini adalah metode di mana diskon pembelian tercatat sebelum mencatat jumlah utang yang sebenarnya. Dalam metode ini, diskon terhitung terlebih dahulu dalam pencatatan jurnal sehingga jumlah utang usaha merupakan jumlah bersih setelah memperoleh diskon.

Accounting

Kesimpulan

Jurnal utang usaha adalah catatan atau dokumen yang mencatat semua transaksi utang antara bisnis dengan pihak lain, seperti supplier atau vendor. Dengan menggunakan jurnal ini secara efektif, bisnis dapat mengoptimalkan pengeluaran, mengurangi biaya, dan mencapai efisiensi operasional yang lebih baik. Oleh karena itu, penggunaan software akuntansi sangat penting untuk pencatatan jurnal ini.

 

Equip, sebagai provider sistem akuntansi terdepan, hadir untuk membantu Anda! EQUIP secara otomatis akan membuat jurnal utang usaha setiap kali Anda melakukan transaksi pembelian kredit atau pembayaran hutang. EQUIP menyediakan dashboard yang intuitif untuk membantu Anda melihat status keuangan Anda secara real-time, termasuk total hutang yang terutang dan kapan harus dilunasi, membantu Anda menghemat waktu dan tenaga yang biasanya dihabiskan untuk pencatatan utang usaha secara manual. Daftar sekarang dan nikmati demo gratis!

Ahmad Yusuf
Ahmad Yusuf
A highly creative and results-oriented individual with a knack for creating engaging content that drives impact.

Artikel Terkait

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Gabriella
Balasan dalam 1 menit

Gabriella
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami.
628111775117
×

Gabriella

Active Now

Gabriella

Active Now