9 Alasan Mengapa Usahamu Perlu Cloud POS

Cloud POS (Point of Sale) saat ini sudah banyak digunakan oleh bisnis, terutama pengusaha retail yang ada di Indonesia. Hanya saja, banyak bisnis-bisnis baru yang enggan atau belum menggunakan aplikasi ini. Hal ini karena banyak bisnis baru yang menganggap bahwa aplikasi POS sangat rumit.

Tapi sebenarnya aplikasi Cloud itu sangat mudah daripada aplikasi POS berbasis tradisional atau versi desktop. Aplikasi kasir ini menawarkan lebih banyak kemudahan dan fleksibilitas untuk para pengusaha retail, khususnya yang mempunyai beberapa cabang toko. Ini adalah sebuah sistem yang dapat anda integrasikan melalui sistem yang sebelumnya sudah ada. Lantas, kenapa bisnis membutuhkan Cloud POS?

Tidak sedikit pengusaha berpikir jika aplikasi POS sebenarya hanya untuk bisnis besar saja. Tentu saja, hal tersebut merupakan cara berpikir kurang tepat. Usaha kecil maupun menengah wajib menggunakan aplikasi POS berbasis cloud jika ingin maju. Dengan aplikasi tersebut, maka anda bisa mengatasi banyak keterbatasan dalam bisnis.

DemoGratis

Kelola Usahamu Kapanpun dan Dimanapun

pos cloud

Dengan menggunakan aplikasi POS berbasis cloud, maka anda tidak selalu harus berada dan melakukan monitoring langsung di toko atau tempat bisnis. Bisa jadi, anda ada janji bersama vendor atau mungkin ingin menyelesaikan urusan mengenai regulasi. Sehingga pemanfaatan aplikasi ini sangat praktis dan simpel.

Lain halnya, sebelum anda menggunakan software POS, maka semuanya harus dilakukan secara manual, mulai dari mengecek data manajemen inventory, dan sebagainya. Selain itu, pemilik usaha juga harus sibuk mendatangi toko atau gerai usaha atau harus selalu menghubungi karyawan.

Semua kerumitan di atas tentu saja tidak akan anda alami jika memakai software POS. Hanya dengan ponsel, anda bisa langsung mengawasi bisnis lewat jarak jauh, kapan saja dan dimana saja karena semua datanya sudah tersimpan pada sistem cloud.

Keamanan Data Transaksi Terjamin Menggunakan Cloud POS

Software POS berbasis cloud juga menawarkan jaminan keamanan data secara optimal untuk para pemilik usaha retail, karena semua data transaksi dapat anda simpan langsung dalam sistem cloud. Jadi, pengguna atau pemilik usaha tidak perlu khwatir semua informasi dan data yang telah ada simpan hilang, karena semuaya telah tersinkroisasi melalui media elektronik.

Akan tetapi, jika koneksi internet terputus, sistem POS berbasis cloud ini akan menyimpan data dengan cara offline secara otomatis. Selain itu, sistem POS juga menyediakan notifikasi tentang transaksi apa saja yang belum selesai. Mengingat pentingnya data transaksi bagi bisnis anda, inilah waktunya untuk beralih pada sistem POS cloud.

Investasi

Jika anda bandingkan dengan sistem POS secara konvensional, tentu saja biaya modal untuk sistem POS berbasis cloud lebih kecil. Apalagi anda bisa menggunakannya sebagai investasi jangka panjang. Jika Anda ingin menghemat biaya, meningkatkan fleksibilitas, dan menyederhanakan pengelolaan bisnis Anda, maka sistem POS berbasis cloud adalah pilihan yang tepat untuk Anda.

Pengelolaan Inventaris yang Efisien

Adanya POS Cloud system juga membantu usaha untuk mengelola inventaris atau stok barang secara efisien dengan cara maksimal. Pengelolaan inventori menjadi lebih baik jika anda memakai sistem POS. Pengurangan dan penambahan stok bisa tercatat dengan otomatis, pada produk yang masuk maupun keluar.

Sistem POS dapat mempermudah pengelolaan beberapa gudang dan toko cabang hanya dengan satu waktu saja. Anda bisa menyinkronisasi semua produk jualan anda berikut harganya. Semua pengaturan terkait persediaan terjadi dengan sistem terpusat, karenanya anda bisa mengetahui persediaan produk dengan baik.

Melalui sistem ini, bisa membantu mempercepat proses pencarian produk sesuai permintaan pelanggan.

Cloud POS Dapat Terintegrasi dengan Berbagai Sistem

pos cloud

Baca Juga: 10 Aplikasi POS (Point of Sale) Terbaik di Indonesia

Software POS berbasis juga dapat berkolaborasi dengan banyak sistem. Antara lain, dengan sistem manajemen inventory, pembelian, sistem akuntansi dan lainnya. Integrasi melalui berbagai macam sistem tersebut dapat membuat operasional pada bisnis retail anda lebih sederhana, sekaligus dapat membantu meningkatkan penjualan.

Penyesuaian Skalabilitas dengan Cloud POS

Sebenarnya, tidak ada bisnis yang persis sama walaupun dari luar tampak mirip. Hal tersebut artinya, sistem pengelolaan setiap usaha tidak bisa kita pukul rata. Oleh sebab itu, berinvestasi pada sistem POS merupakan ide yang paling efektif, karena aplikasi kasir berbasis cloud dapat anda kembangkan berdasarkan kebutuhan bisnis.

Lebih Hemat Biaya dan Waktu

Misalnya, jika proses transaksi penjualan pada bisnis masih berlangsung secara manual. Ketika konsumen ingin bertransaksi, maka staf anda harus melakukan pencatatan terlebih dahulu. Namun saat kondisinya sedang ramai, maka bisnis anda tidak dapat menghindari antrean panjang. Sehingga memberikan pengalaman yang kurang menyenangkan bagi konsumen.

Apabila pencatatan transaksi anda tunda supaya pelayanannya menjadi lebih cepat, maka bisa saja ada transaksi penjualan yang lupa tercatat. Sehingga membuat data tidak valid dan rentan terjadi kecurangan. Namun hal demikian tidak akan terjadi jika anda memanfaatkan sistem POS dengan tepat. Hanya dalam waktu singkat, anda bisa memproses transaksi dengan kesalahan minimal.

Manajemen Karyawan Lebih Baik dengan Cloud POS

Dengan menggunakan aplikasi POS berbasis cloud, maka anda bisa dengan mudah melakukan manajemen karyawan. Apalagi untuk para pengusaha kecil dan menengah.

Melalui sistem POS ini maka anda bisa mengatur karyawan tanpa repot. Biasanya ada fitur yang dapat mendata waktu kerja karyawan, jam masuk maupun keluar karyawan, hingga mendata penjualan oleh karyawan. Hal ini nantinya berpengaruh terhadap perhitungan komisi.

Loyalitas Konsumen Meningkat

pos cloud

Dengan adanya sistem POS ini, membuat Customer atau pelanggan setia bisa lebih sering berkunjung ke tempat bisnis atau toko anda. Untuk menjaga loyalitas pelanggan, maka anda bisa menawarkan promo atau diskon khusus kepada customer.

Akan tetapi, bagaimana anda mengingat banyaknya kunjungan pelanggan? Tentu saja, karyawan anda tidak akan mampu menghafal seluruh pengunjung. Oleh sebab itu, penting sekali menggunakan sistem POS yang dapat berperan penting menyediakan data penjualan dan kunjungan.

Kesimpulan

POS

Dengan banyaknya kelebihan yang sistem POS tawarkan, tentu saja tidak ada alasan lagi untuk tidak menggunakan sistem POS untuk bisnis anda. Sistem POS cloud dapat membantu bisnis anda tidak ketinggalan zaman. Apalagi, semua hal yang anda lakukan menggunakan sistem POS menjadi lebih mudah dan praktis.

Saat ini ada banyak pilihan aplikasi POS berbasis cloud yang bisa anda gunakan. Software POS EQUIP dapat membantu bisnis anda menjadi lebih terorganisir. Dapat melakukan manajemen inventory, karyawan, dan mengatur keuangan lebih mudah.

Aplikasi POS EQUIP berbasis cloud juga dapat membantu anda untuk bisa mengelola banyak cabang toko. Jadi, tidak perlu khawatir lagi saat anda memiliki cabang usaha karena semuanya dapat dilakukan monitoring secara realtime melalui sistem POS.

Aplikasi Cloud POS dari EQUIP adalah pilihan ideal untuk bisnis, yang membuat anda lebih mudah mengatur operasional bisnis dengan cara real time dan terperinci. Untuk mengecek performa aplikasi POS EQUIPERP, anda bisa mencoba demo aplikasinya secara gratis!

Aruna Citra Dewi Kartini
Aruna Citra Dewi Kartini
A highly motivated and tech-savvy individual with a demonstrated ability to produce high-quality content that engages audiences and achieves marketing goals.

Artikel Terkait

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Gabriella
Balasan dalam 1 menit

Gabriella
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami.
628111775117
×

Gabriella

Active Now

Gabriella

Active Now